Membeli SIM Card Italia dan Paket Roaming Eropa

Last updated on

Jika Anda berencana untuk wisata ke Eropa, mempunyai akses Internet bisa jadi adalah hal yang penting (terlebih utk akses Google Maps). Mengandalkan wifi gratis dari hotel atau restoran bisa jadi tidak cukup, kita perlu melengkapi smartphone dengan paket data supaya bisa online terus.

Ingat! Membawa dan mengaktifkan data roaming SIM Card lokal Indonesia (Telkomsel, XL, Indosat ooredoo) sangat tidak disarankan karena tarif paket data perhari bisa di atas 75,000 rupiah.

Artikel SIM Card Italy adalah satu dari serangkaian artikel yang membahas kartu prabayar di Eropa. Untuk artikel tentang SIM Card Perancis silakan langsung buka linknya.

Kita beli SIM Card di mana tentu kembali kepada kebutuhan, apakah begitu mendarat di negara itu langsung mau bisa Internet, atau bisa 'tahan' hingga sampai di negara yang Internetnya paling murah. Sebagai info, Italia adalah salah satu negara yang operatornya punya tarif paket data Internet paling murah.

Italy SIM Card

Dengan asumsi Anda membeli SIM Card di negara Italia, ada beberapa pilihan operator utama: TIM, Vodafone, dan Wind. Kartu prabayar di Italy disebut Ricaricabile. Jika Anda hanya main di Italy saja, pilih kartu mana juga tidak terlalu pusing, tarifnya hampir sama. Kita perlu beli kartu dengan harga 10 Euro, di dalamnya akan dapat saldo €5 lalu beli paket data. Yang membedakan adalah kalau mau dipakai untuk roaming ke negara tetangga sesama Eropa misalnya ke Perancis, Belanda, Swiss, dsb.

Update: Per 15 Juni 2017, negara-negara yang tergabung dalam EU sepakat utk meniadakan roaming charge utk telepon, sms, dan data. Jadi SIM Card lokal yang kita beli (misal di Italia atau di Perancis), semua paketnya termasuk data bisa dipakai di negara EU lain tanpa harus membeli paket roaming lagi. Detil bisa dibaca di sini.

Setelah saya lakukan riset (berhari-hari) dan hitung-hitung, SIM Card Italia terbaik dan murah untuk roaming di Eropa adalah kartu TIM.

Ini adalah data terupdate tahun 2016 yang saya beli kira-kira paketnya adalah begini: starter pack (€10, saldo €5), lalu diisi paket data TIM International 1000 (€10). Sampai di sini nanti kartu prabayar ini sudah punya 3GB paket data yang berlaku 4 minggu khusus di Italy dan ratusan menit kredit telepon ke Italia dan ke negara Eropa. Kredit telepon ini bermanfaat juga kalau kita pakai utk telepon hotel atau call center rental mobil. Pakai dulu paket data kartu ini selama Anda jalan-jalan di Italia sebelum mengaktifkan paket roaming. Dan ingat Anda punya pulsa €5 yang bisa dipakai untuk telepon ke Indonesia.

Semua proses mulai dari beli SIM Card sampai paket data ini bisa dilakukan oleh petugas di outlet TIM, Anda cukup sebutkan paket yang ingin diaktifkan dan jangan lupa bawa passport.

Lalu supaya kartu ini bisa melakukan Internet Data Roaming ke negara Eropa lain, beli pulsa isi ulang (bisa dibeli di tabacci yang banyak di stasiun) sebesar €20. Setelah isi ulang sukses, aktifkan paket TIM in Viaggio Pass seharga €20. Dengan paket ini kita mendapat 500 menit telepon, 500 sms, dan 2GB paket data yang berlaku 10 hari di negara-negara yang berpartisipasi. Kecepatan yang kita dapat adalah 3G dan 4G tergantung lokasi.

Cara mengaktifkan paket TIM in Viaggio Pass jika Anda melakukan sendiri adalah dengan mengirim sms dengan text: TVPASS ON ke nomor 40916. Nanti akan dapat sms balasan seperti ini:

Di mana tempat beli SIM Card di Italia? Outlet TIM bisa kita temukan di stasiun kereta, seperti di Milano Centrale dan Roma Termini, jadi Anda bisa beli begitu tiba di pusat kota. Cuma mesti siap-siap antrian di outlet ini cukup lama (sama lah dengan antri di Grapari Telkomsel). Kalau di bandara Malpensa sepertinya tidak ada, tapi ada di Roma Fiumicino (FCO).

Ada paket roaming harian, in case 10 hari di atas tidak cukup, atau Anda hanya perlu pakai beberapa hari. Namanya TIM in Viaggio Full (biasanya sudah otomatis aktif bersama starter pack), tarif €4/hari mendapat 500 MB, 200 menit telepon, dan 100 sms per hari. Pulsa akan dipotong perhari pemakaian. Aktifkan dengan kirim sms TIMINVIAGGIOFULL ON ke nomor 40916.

Pengalaman saya dengan kartu TIM ini sangat memuaskan, jangkauan luas, minimal di semua kota besar Italia yang saya kunjungi (Milan, Pisa, Florence, Roma, Venice), walaupun tidak selalu dapat sinyal 4G, tapi speed yang didapat cukup oke. Juga saat roaming ke negara Spanyol, Perancis, Belgia, dan Belanda: no problem!