Panduan Jalan ke Penang

Penang adalah salah satu tujuan wisata utama di Malaysia setelah Kuala Lumpur dan Malaka. Banyak hal yang bisa dilihat di sini, tapi untuk orang Indonesia jangan lewatkan pula wisata kuliner di Penang yang bisa dibilang tidak ada yang tidak enak.

KOMTAR Penang

Pesawat Murah ke Penang

Untuk penerbangan murah ke Penang yang direct, pilihan cuma ada 1 yaitu menggunakan AirAsia : Jakarta-Penang, sekitar Rp 650rb-900rb satu arah. Karena cuma satu ini jadi untuk harga susah untuk dapat promo (walaupun sudah cukup murah).

Jika Anda tidak keberatan melakukan connecting flight via Bandara KLIA 2, kita bisa mencoba beberapa opsi dari maskapai lain.

  • Garudah Indonesia (Jakarta-Penang, transit di Medan Kualanamu). Tiket promo bisa dapat 98USD. Update: sepertinya pilihan ini tidak muncul lagi di website Garuda, tapi bisa dicoba di travel agent.
  • Jetstar (via Singapore), biasa tidak bisa lebih murah daripada AirAsia direct.
  • Tiger Mandala Airways (Jakarta-Kuala Lumpur LCCT), sambung AirAsia (KL-Penang). Coba opsi ini jika Anda ingin berangkat dalam masa 1-2 minggu ke depan (last minute). Update Juni 2014: Tiger tidak ada direct flight Jakarta-KUL lagi. Update Maskapai ini udah tutup.
  • Lion Air / Malindo Air, di website Lion kita bisa book Jakarta-Penang, dengan transit di KLIA2, pastikan Anda tidak memilih yang connecting cuma 1 jam karena tidak bakal keburu. Juga ada pilihan transit di Medan Kualanamu. Tips: Sebaiknya Anda book 2 leg terpisah CGK-KUL, dan KUL-PEN, dimana harga hampir sama tapi punya opsi transit lebih lama di bandara KLIA2.

Saran saya pilih Malindo Air dibanding AirAsia untuk penerbangan domestik Malaysia kalau harga tidak beda jauh. Malindo Air kurang lebih seperti Batik Air, jadi tiket sudah include bagasi, light snack, dan personal TV di tiap kursi.

Saya sendiri pernah mencoba menggunakan Jakarta-KUL pakai Tiger Mandala, sambung dengan sewa mobil nyetir sendiri ke Penang, karena untuk 4 pax hitungan saya lebih murah dan memang kepengen mencoba roadtrip.

Jika ingin lebih adventure, bisa coba ambil kereta dari Kuala Lumpur menuju Butterworth, harga RM 40 satu arah. Tiba di sini jalan kaki sedikit menuju Ferry terminal (RM 1.20) yang akan membawa kita menyeberang ke Pulau Penang.

Tiba di Penang

Jika kita tiba di Bayan Lepas Penang International Airport, perlu arrange transport untuk menuju hotel atau penginapan. Ada beberapa opsi

  • Taxi, biasa orang akan memakai taksi (tanpa argo), tarif sekitar RM 50 sampai Georgetown
  • Bus Rapid Penang, adalah bus umum dengan beberapa perhentian. Ambil nomor 401 dari airport menuju Komtar (pusat interchange bus di Georgetown). Tarif RM 2.70, perjalanan bisa sekitar 1 jam.
  • Sewa mobil. Penang cukup besar dan untuk convenience bisa pertimbangkan opsi sewa mobil (Avis, Europcar, dll) untuk pemakaian beberapa hari. Saya juga pernah sewa mobil pakai Bigthumbrent yang relatif lebih murah, mobil Viva manual RM90-100/day. Pickup dan dropoff di Penang Airport biasa akan dikenakan biaya tambahan.

Orientasi Area Penang

Bayangkan Pulau Penang (atau Pinang) ibarat pulau Singapore, jalanan cukup lebar, pusat kotanya cukup luas, maju, tertib, bersih, dan rindang.

Ada beberapa area utama di Penang yang menjadi daerah jelajah atau tempat tinggal turis.

  1. Georgetown, ini pusat kotanya. Didominasi gedung-gedung jaman kolonial, juga bangunan peranakan. Dicampur dengan gedung bank dan hotel tinggi, ada Pesiaran Gurney coastline (garis pantai), mall, semua jadi satu di sini. Hotel cenderung akan berkumpul di sini dari yang murah sampai yang mahal. Wisata kuliner biasa dilakukan di area jalan Burma. Satu landmark berupa gedung tertinggi yang bernama KOMTAR (Kompleks Tun Abdul Razak, lihat foto paling atas) ada di pusat kota sekaligus pusat interchange bus Rapid Penang.
  2. Batu Ferringhi, ibaratnya Nusa Dua di Bali, lokasi cukup terpencil (tapi ramai), penuh dengan high-end hotels dengan area pantai. Kalau Anda tidak mencari pantai, jangan tinggal di sini.
  3. Tanjung Bungah, dari Georgetown menuju Ferringhi akan melewati Tanjung Bunga. Umumnya berupa residential jadi lebih tenang, namun sekarang berkembang menjadi area pembangungan kondominium dan hotel.

Ada area lain yang mungkin tidak terlalu penting di bahas di sini seperti Bayan Lepas, selatan pulau dimana Airport berada.

Hotel di Penang

Untuk urusan tinggal, jika Anda tidak punya/sewa mobil sendiri, maka saran saya stick tinggal di area Georgetown. Kemana-mana setidaknya bisa jalan kaki atau menggunakan Rapid Penang bus.

Jika punya mobil atau cari suasana pantai, pertimbangkan opsi tinggal di area Tanjung Bungah (10-15 menit dari pusat kota) atau Batu Ferringhi (30-45 menit dari pusat kota) jika ingin punya hotel hadap pantai. Harga hotelnya relatif lebih murah untuk yang setara jika dibanding dengan hotel di kawasan Georgetown. Kawasan ini dilalui Bus Rapid Penang 101 rutenya dari Komtar-Tanjung Bungah-Batu Ferringhi.

Berikut saya list beberapa hotel yang cukup populer

Georgetown area

  • G Hotel Penang, 5*, mulai RM 550, lokasi premium di Pesiaran Gurney, persis di sebelah Gurney Plaza. Jika book di sini, make sure pilih sea-view room.
  • Sunway Hotel Penang, 4*, (Simak Review Sunway Hotel saya) mulai RM 300, di-manage oleh group Sunway bisa jadi jaminan mutu. Lokasinya sekitar 500 meter dari Komtar.
  • Traders Hotel, 4*, mulai RM 300, persis di sebelah Komtar jadi akses transportasi bus tidak masalah. Mall 1st avenue juga tinggal jalan kaki
  • Hotel Royal Penang, 4*, mulai RM 220, juga di kawasan Jalan Burma tetapi masuk ke jalan Larut.
  • Tune Hotel Downtown Penang, 2*, untuk budget hotel bisa coba Tune Hotel ini di Jalan Burma. Kuliner di sepanjang jalan ini bisa dijelajah dengan jalan kaki.
  • G Inn, 2*, mulai RM 110, budget hotel di Jalan Macalister dengan jumlah kamar terbatas. Lokasi tidak jauh dari klinik Loh Guan Lye Specialist Centre.

Tanjung Bungah - Batu Ferringhi Area

  • Four Points by Sheraton (4*), ini hotel yang saya tinggal (review di sini). Lokasi di Tanjung Bungah, 7 menit menggunakan mobil, juga dilalui Rapid Penang 101. Baru dibuka Oktober 2013 (dulu namanya Tanjung Bungah Resort, sekarang di-manage by Starwood Sherator). Rate mulai RM 250.
  • Copthorne Orchid Penang Hotel, 4* mulai 150, chain dari Millenium Copthorne group ini punya rate cukup murah untuk kawasan Tanjung Bungah.
  • HolidayInn Penang, (simak review saya). Punya akses pantai langsung, sangat nyaman.
  • Bayview Beach Resort, 4* mulai RM 300. Punya akses pantai ke Batu Ferringhi beach dengan harga yang cukup 'bersahabat'
  • Hydro Hotel, 4*, mulai RM 200, harganya cukup murah untuk lokasi Batu Ferringhi, ditujukan untuk family dengan adanya kolam renang. Juga punya akses ke Miami beach.
  • Hard Rock Hotel Penang, 5*  mulai RM 300, ibaratnya landmark di Batu Ferringhi. Lokasinya bisa dibilang paling ujung tapi menurut saya paling ramai. Seperti di Bali, tinggal di sini harus cobain pool-nya.

Tempat Wisata di Penang

Banyak orang akan meng-highlight wisata ke kelenteng (melihat patung Buddha atau Dewi Kwan-Im) atau melihat arsitektur rumah peranakan, tapi in my opinion tempat gini sudah biasa dilihat di Indonesia, jadi saya skip mentioning.

Bukit Bendera (Penang Hill)

Penang Main attraction menurut saya. Untuk menuju Bukit Bendera, jika harus naik tram dari Penang Hill Lower Station. Stasiun ini terletak di Ayer Hitam, naik Rapid Penang 204 atau pakai mobil/taxi. Bagi yang pernah naik tram Victoria Peak di Hong Kong akan merasa tidak asing, yah sesama jajahan Inggris pasti punya kemiripan.

Karena sudut yang cukup ekstim maka tram di-design untuk condong ke atas, walaupun duduknya tetap normal. Beda dengan Victoria Peak Tram yang masih setia dengan tram model jadul, Penang tram baru diganti tahun 2011 dengan design modern.

Tiket tram yang dioperasikan Penang Hill Railway adalah RM 30/dewasa dan RM 15/anak (RM 65 untuk 2A+1C) cash payment only. Antrian naik tram akan cukup panjang, bisa sekitar 30 menit baru dapat giliran.

Tips: Usahakan duduk di baris paling atas untuk uphill dan paling bawah saat downhill untuk best experience.

Penang Tram

Penang Tram, Sri Aruloli Hindu Temple dan Love Lock di Penang Hill

Tiba di stasiun atas Bukit Bendera, udara menjadi sejuk dan segar. Area ini cukup besar dengan adanya Botanic Garden yang bisa di-explore seharian. Tapi umumnya orang datang hanya untuk berfoto. Dari sini kita bisa melihat area Tanjung Bunga dan Georgetown. Perhatikan ada satu garis yang membelah laut, itu adalah Penang Bridge menuju Butterworth (mainland).

View dari Penang Hill bisa melihat Penang Bridge hingga Seberang Perai

Capek dan haus? Coba duduk di kafetaria di sini untuk menikmati es kacang atau minuman dingin.

Historic Sites

Ada beberapa yang bisa kita lihat di area sini, saya tandai di peta ini. 1-Fort Cornwallis, 2-Tugu Peringatan, 3-Clock Tower, 4-City Hall.

Jika bawa mobil, cukup cari parkir di Jalan Tun Syed Sheh Barakbah. Siapkan waktu sekitar 2-3 jam untuk menjelajah area ini, juga kaki karena area sebenarnya cukup luas.

Juga ada mural/lukisan di dinding yang menjadi spot foto menarik di Penang, di sekitar Lebuh Armenia Street dan Lebuh Ah-Quee. Gambar dinding ini lokasinya agak berjauhan tapi bisa didatangi satu-satu dengan jalan kaki. Jika ingin lebih cepat, bisa sewa sepeda.

Penang Mural

Fort Cornwallis

Jika di Malaka ada benteng, maka di Pulau Penang yang posisinya lebih rentan diserang juga dibangun sebuah benteng, namanya Fort Cornwallis.

Benteng ini dibangun oleh Captain Francis Light, patungnya akan terlihat saat kita memasuki kompleks benteng star-shapped ini (RM 2).

Tugu Peringatan (Cenotaph)

Sebuah memorial kecil dibangun untuk memperingati pejuang dalam perang dunia 1. Posisinya di coastline, akan terlihat saat kita mencari parkiran di sekitar Fort Cornwallis.

Bukan objek wisata untuk turis, tapi saya lihat interesting; very British.

Clock Tower

Juga tidak jauh dari Fort Cornwallis terdapat Clock tower yang tidak terlalu besar. Dibangun sebagai peringatan atas Diamond Jubilee Queen Victoria.

Pesiaran Gurney

Nama Inggrisnya: Gurney Drive. Satu strip coastline yang menjadi area public. Kita bisa menyusuri pedestrian ini menikmati suasana, sekaligus mencari makan. Ada sebuah mall besar dan lengkap di sini yaitu Gurney Plaza

Pantai

Untuk urusan pantai, sebenarnya lebih bagus Langkawi atau Phuket sekalian. Tapi hebatnya marketing Malaysia yah sekecil apa pun potensi objek wisata, tetap bisa 'dijual' ke turis.

Karena hotel Four Points by Sheraton yang saya tinggal juga punya view dan akses pantai di daerah Tanjung Bungah. Pantainya cenderung tenang, pasir tidak terlalu halus, tapi airnya bening dan bersih. Cocok buat turis yang mau duduk bengong atau jemuran.

Tapi yang paling populer adalah kawasan Ferringhi yang mempunyai pantai landai. Stay terakhir saya di HolidayInn Penang yang mempunyai akses pantai langsung.

Pantai Ferringhi

Kuliner di Penang

Untuk urusan makan, paling gampang adalah datang ke Pesiaran Gurney, di samping Gurney Plaza, mulai sore hinggal malam dengan adanya tempat makan yang mencapai puluhan stall.

Penang Street Food di Lorong Baru Macalister

Beberapa yang wajib coba :

  1. Cendhul, di panas terik minum es cendol memang melegakan. Yang paling terkenal ada di Penang Road, di dalam gang, tapi antriannya bisa meluber sampai jalan.
  2. Asam Laksa Air Itam
  3. Penang Char Kwayteow (ada di mana-mana)
  4. Kue Apom

Terlepas dari orang bilang seenak apa, sebenarnya bagi saya tidak terlalu istimewa makanan Penang. Dari beberapa tempat yang suka menjadi review orang, saya tidak menemukan 'getaran' saat makan. Tapi yah selera tiap orang kan beda.

Rumah Sakit di Penang

Penang sudah menjadi salah satu alternatif tempat berobat orang Indonesia. Jaraknya yang tidak jauh (tanya sama orang Medan), harga lebih murah dibanding Singapore, serta reputasi dan pelayanan yang cukup baik tentu cukup menggiurkan untuk kita yang mencoba second opinion atau mencari medical checkup atau treatment. Sambil berobat sekalian jalan-jalan dan makan enak, cepet sembuh kan :)

Beberapa rumah sakit dan klinik yang cukup terkenal di sini:

  1. Island Hospital, di Jalan Macalister
  2. Gleneagles Hospital
  3. Pantai Hospital Penang
  4. Loh Guan Lye Specialist Centre, juga di Jalan Macalister

Summary

Wah, cukup panjang artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata!

Cari Hotel Murah