Tips

Menghitung Budget Jalan ke Korea Selatan (Update 2023)

  • Last updated on

Jika wisata ke Jepang sudah sering Anda lakukan, mungkin negara berikut yang akan coba Anda kunjungi adalah Korea Selatan.

Mungkin bagi anak muda tujuannya berurusan dengan idola K-Pop, dan sebagian tidak mau repot memilih ikut group tour dari traval agent terkenal, tetapi sebenarnya wisata ke Korea bisa kita jalankan sendiri tanpa tour guide.

Lagi mempersiapkan jalan-jalan ke Korea?, saya tulis beberapa artikel panduan wisata ke Korea yang tinggal Anda ikuti.

Update: Mulai 3 September 2022, pemegang passport Indonesia sudah kembali bisa apply visa tourist dan masuk ke Korea tanpa perlu menunjukkan bukti vaksin atau test PCR negatif. Anda harus mengisi dan mendapatkan Q-Code.

Nah biasa pertanyaan pertama orang adalah masalah budget atau biaya hidup di Korea, biaya hidup di sini tergolong 'mahal'. Karena gaya hidup tiap orang berbeda, sebenarnya cost travelling jadi relatif. Tapi untuk kali ini mari kita hitung berapa ongkos liburan ke Korea tanpa tour.

Sebelum sampai pada hitung-hitungan, mari kita split budget wisata ke beberapa bagian. Di sini saya akan berangkat dengan asumsi wisata moderat, jadi gak ekstrim berhemat sampai instant noodle cup dan gimbap tiap hari. Intinya hitungan di sini bisa dipakai untuk anda jalan sendiri, bawa istri dan anak, atau bawa orang tua. Kalau mau cari yang wisata ke Korea dengan semurah-murahnya, mungkin ini bukan tempatnya hehehehe.

Tiket Pesawat ke Korea

Setelah era pandemi berakhir, memang perlahan harga tiket pesawat mulai turun. Tapi belum sampai level pre-pandemi, terlebih destinasi Seoul. Jadi kita hitung dengan perkiraan wajar ya, bukan tiket promo seperti AirAsia yang harus dibeli 6-12 bulan di muka.

Menggunakan AirAsia atau Scoot, tiket pesawat dari Jakarta - Seoul pp bisa sekitar 5,5-6jt, ini pun belum termasuk bagasi. Jadi saya sarankan jika maskapai full service harganya beda 1-1,5jt lebih mahal, tetap pilih yang full-service saja.

Maskapai seperti Singapore Airlines (SQ) dan Cathay Pacific (CX) ke Seoul berkisar 6,6jt-8jt jika di season yang tidak ramai.

Maskapai yang direct CGK-ICN seperti Korea Airlines (KE) dan Asiana saya pantau tidak pernah dibawah 8,5jt.

Mau lebih murah? Tunggu travel fair yang biasa diadakan sekitar bulan Februari-Maret atau September-Oktober, biasa ada diskon khusus atau cashback.

Lebih hoki lagi kalau bisa dapat tiket gledek dari Tiket dotcom atau Traveloka, tapi ini saya anggap kasus extreme, tidak semua orang bisa dapat, dan kalau dapat cuma 1-2 tiket.

Hotel Korea

Hotel di Seoul tersedia sesuai budget, bintang 2-3 dari 800rb-1,2jt pun bisa seperti Ibis Styles Myeongdong atau Travelodge Euljiro-3.

Group Hotel Skypark juga ada beberapa lokasi, misalkan di Skypark Central Myeongdong. Juga ada group hotel dari Lotte Group yaitu L7 misalkan L7 Hongdae.

Ada opsi juga kalau mau pakai Airbnb, populer untuk kalangan yang bawa keluarga. Harga kalau dapat yang 2 bedroom mungkin sekitar 1,2-1,5jt per malam.

Biaya Transport

City Bus efisien dan murah

Biaya transportasi menggunakan kereta metro dan bus di Seoul tergolong murah, sangat murah. Jika jaraknya masih dalam kota, biasa kena charge sekitar 1,250 Won (~15rb) per trip (under 10km), bisa kereta saja, atau kombinasi naik kereta sambung bus.

Paling jauh misalkan metro untuk ke Nami Island (60km dari Seoul), cuma keluar biaya kereta 2,250 Won (plus nanti biaya taksi ke dermaga).

Asumsi Anda mengunjungi 2-3 tempat perhari, biasa tidak menghabiskan lebih dari 10,000 Won. Jadi tidak perlu beli Seoul Metro Pass atau transport pass sejenisnya.

Modal Anda hanya beli T-Money card begitu mendarat, diisi dengan sejumlah uang (asumsi 10,000 won x jumlah hari Anda), biasanya sudah cukup bahkan bisa berlebih.

Jika Anda bawa anak (6-12 tahun), convert T-Money menjadi kartu tarif anak (child fare), nantinya biaya transport berkurang jadi sepertiga. Remaja (13-18 tahun) juga ada tarif diskon yang lebih murah dari kartu T-Money Adult.

Jika perlu ke Busan, maka perlu naik kereta KTX (semacam kereta cepat), tarifnya 600ribu rupiah satu arah.

Biaya Makan di Korea

Sekali makan yang normal rata-rata adalah 8000-10,000 Won. Ini adalah porsi makan yang kategori kenyang. Untuk berhemat, bisa makan gimbap (semacam sushi roll) sekitar 3000-5000 Won tapi ya ada rasa kurang puas nantinya haha.

Chicken Galbi

Makanan seperti ini seporsi 10000-13000 Won

Fried chicken seperti Lotteria dan KFC cukup banyak di Seoul (5000-8000 Won), tetapi begitu keluar dari kota, pilihan makan Anda jadi terbatas.

Perlu diingat juga, kalau restoran yang menyediakan side-dish (kimchi dan sayuran) misalkan restoran grill/barbeque, akan mewajibkan setiap orang yang duduk memesan 1 porsi makan.

Mau ngopi? Sangat mudah menjumpai cafe atau toko kopi di setiap belokan. Segelas Americano berkisar 2000-3000 Won. Mau murah bisa cari store Mega Coffee, 1500 Won untuk segelas Americano. Mau murah lagi? Beli sachet kopi Maxim/Kanu dan seduh sendiri, cost ~200 Won per serving.

Kopi jendela dan cafe banyak di semua area Seoul

Tempat Wisata Gratis

Selain Lotte World Theme Park (sekitar 500rb rupiah) dan Nami Island, rata-rata tempat yang Anda ingin kunjungi tidak perlu keluar uang alias gratis.

Museum pada umumnya gratis, seperti The War Memorial of Korea, bisa masuk ke dalam itinerary Anda.

Juga untuk ke Namsan Tower, bisa tidak perlu naik ke observatory-nya jika ingin berhemat, tetapi ya sayang jika dilewatkan karena tiketnya tidak terlalu mahal.

Untuk ke Palace (total ada 5 Royal Palace) sekitar 3,000 Won untuk ke Gyeongbokgung atau Changdeokgung. Palace yang lebih kecil tiketnya 1000 Won.

Changdeokgung Palace

Total

Oke saatnya saya buatkan tabel perhitungan budget atau expense selama di Korea, misalkan dengan asumsi 7 hari 6 malam, main di Seoul saja. Sudah dihitung menjadi cost-per-orang.

Asumsi 1 Won = Rp 12.5

Item Harga (Rp) Catatan
Tiket Pesawat 6,500,000 promo full service airlines
Hotel/Airbnb 3,000,000 Rp 500,000 per orang * 6 malam
Lunch dan Dinner 1,350,000 2*9000 Won * 6 hari
Breakfast dan Snack 300,000 4000 Won * 6 hari
Transportasi Lokal 750,000 10,000 * 6
Kereta Bandara 105,000 4,200 * 2
Internet 350000 sim card / wifi rental
Tiket Wisata 375000 30,000 Won
Total 12,730,000 30,000 Won

Oke, jadi dengan biaya 12 jutaan per orang, Anda sudah bisa berangkat wisata ke Korea (tepatnya Seoul saja).

Ini dengan perhitungan budget yang normal untuk saat ini (awal 2023), jadi kalau dapat tiket pesawat promo otomatis akan lebih murah lagi. Juga Internet jika bisa dipakai sharing beberapa orang akan lebih murah lagi.

Jika Anda ingin ke Nami Island, cukup tambahkan sekitar 300rb-500rb ke dalam perhitungan di atas.

Silakan di-compare sama jualan paket tour dari travel agent deh!

Satu lagi yang perlu ditambahkan adalah komponen biaya pengurusan visa ke Korea adalah sekitar Rp 850,000 per passport untuk single entry.

Happy Travelling!

Baca juga: Panduan Jalan di Seoul.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives