Panduan Wisata ke Hokkaido

Lavender Farm di Furano

Jika liburan ke Tokyo dan Osaka sudah menjadi mainstream, mungkin saatnya Anda berpikir untuk mencari destinasi baru wisata ke Jepang. Selain Okinawa yang agak western di Selatan, ada Pulau Hokkaido di Utara yang layak dikunjungi.

Peak season Hokkaido adalah di musim winter sekitar bulan Januari sampai Maret, di mana resort ski terkenal (Niseko, Kiroro) menjadi magnet bagi pengunjung yang ingin menikmati limpahan salju di pulau yang terkenal dingin ini. Selain salju, onsen (hotspring) dan pemandangan alam adalah daya tarik yang bisa mendatangkan turis di segala musim.

Kota terbesar di Hokkaido adalah Sapporo, dengan bandara terdekat New Chitose Airport (CTS), bisa menjadi destinasi utama di Pulau Hokkaido. Selain Sapporo, pertimbangkan juga jalan ke kota Hakodate.

Hokkaido Island

Ada 2 cara menuju Sapporo di Hokkaido ini, dengan asumsi jika Anda akan datang dari Osaka atau Tokyo.

Hokkaido Dengan Kereta

JR Hokkaido Hayabusa Shinkansen

Cara pertama adalah dengan naik Shinkansen jika Anda punya JR Rail Pass (¥29,110 utk 7 hari) atau JR East South Hokkaido Pass (¥26,000 utk flexible 6 hari). Tanpa Rail Pass sebaiknya jangan naik kereta ke Sapporo karena bisa bikin kantong jebol, opsi lain adalah dengan pesawat.

Penjelasan tentang Japan Rail Pass bisa baca di halaman ini.

Perjalanan dari Tokyo menuju Shin-Hakodate dengan kereta Hayabusa Shinkansen (257 menit) lalu ganti kereta Super Hokuto Limited Express untuk menuju Sapporo (206 menit). Total waktu adalah sekitar 8 jam.

Super Hokuto Train, sumber https://flic.kr/p/kKu9R6

Memang waktu tempuh yang lama ini yang perlu pertimbangan walaupun kita bisa bebas streching di dalam kereta yang berjalan, tetapi akan menghabiskan waktu 1 hari perjalanan. Jika jenuh Anda bisa split perjalanan dengan main dulu di Hakodate 1-2 hari baru lanjut ke Sapporo. Jalur ini fully covered (gratis) jika punya Japan Rail Pass dan JR East South Hokkaido Pass. tiket jika beli point-to-point adalah ¥26,820 satu arah.

Hokkaido Dengan Pesawat

Tapi jika Anda tidak berencana membeli Rail Pass atau ada pertimbangan lain, maka naik pesawat adalah yang paling recommend karena waktu tempuh yang relatif lebih cepat dibanding naik kereta. Tapi tiket pesawat domestik di Jepang kata orang mahal... eits berarti orang itu belum baca Javamilk.

Di Jepang terdapat beberapa maskapai budget juga ala AirAsia; antara lain Vanilla Air, Peach Air, Skymark, dan Jetstar Japan. Untuk rute Tokyo ke Sapporo bisa didapat harga tiket sekitar ¥6000 untuk satu arah jika beli saat promo, belum termasuk biaya bagasi dan biaya lainnya. Rute bagasi mereka cukup ketat jadi Anda harus baca dengan teliti tentang jumlah piece yang boleh dibawa hand-carry dan berat checkin baggage.

ANA dan JAL, sumber foto: https://flic.kr/p/rbJUtQ

Sedangkan full service airlines Jepang adalah ANA dan Japan Airlines, yang harga normalnya ¥35000 one-way. Nah jangan berkecil hati.. ada tiket murahnya juga loh.

Untuk maskapai ANA (Air Nippon Airways) ada tiket yang namanya ANA Experience Japan Fare. Hanya bisa dibeli oleh orang bukan Jepang yang bisa menunjukkan tiket pesawat Internasionalnya (keluar dan masuk Jepang) dari maskapai mana pun. Harga tiket pesawat ini ¥10,800 satu arah untuk rute apa pun yang dilayani oleh ANA. Jadi mau dari Osaka, dari Fukuoka, bahkan Okinawa sekalipun bisa ke Sapporo dengan rate yang sama. Tentu saja tarif ANA sudah termasuk bagasi checkin dan meal service.

Japan Airlines (JAL) juga punya jenis tiket yang mirip, namanya oneWorld Yokoso/Visit Japan Fare. Harga tiketnya ¥10,800 per sector. Tapi selain harus bukan warga negara Jepang, syaratnya harus punya tiket penerbangan Internasional menuju Jepang menggunakan maskapai jaringan oneworld (kode maskapai AA/AB/AY/BA/CX/HG/IB/JJ/JL/KA/LA/MH/QF/QR/RJ/S7/UL/XL/4M).

Pesawat atau Hokkaido Pass?

Nah kembali ke pertimbangan Anda apakah ingin pakai pesawat atau dengan kereta, keduanya punya plus dan minus.

Jika Anda memilih mengunakan pesawat, dan ingin mengunjungi Sapporo sekaligus ke Furano, Asahikawa, atau Hakodate, pertimbangkan juga membeli JR Hokkaido Pass: 3 hari ¥16500, flexible 4 hari ¥22000. Hokkaido Pass bisa dibeli di sono langsung, jadi tidak harus dibeli sebelum tiba di Jepang. Ingat kereta di Hokkaido tarifnya mahal2 jika kita beli per trip, pass ini langsung balik modal kalau kita melakukan perjalanan round trip.

Opsi lain adalah dengan JR Rail Pass yang mencakup seluruh Jepang, harganya ¥29,100 untuk 7 hari. Tinggal Anda atur dan hitung mana yang lebih efisien dan hemat di kantong.

Hokkaido Bus Pass

Jika Anda merasa harga Hokkaido Train Pass terlalu mahal, mungkin ada alternative yg lebih murah, naik bus! Ada tiket paket yang namanya Hokkaido Inter City Bus Pass.

Pass ini dijual ¥4500 untuk pemakaian bus 3 hari, dan ¥7500 untuk 5 hari. Cocok untuk Anda yang ingin mengunjungi sekitar Sapporo, Chitose, Niseko, Otaru, hingga ke Asahikawa dan Furano. Rute bus antar kota bisa dilihat di peta bawah ini.

Rute yang dilayani Inter City Bus Pass

Jika berminat pakai pass ini, reservasi online di link di atas, lalu ambil saat tiba di Chitose Airport Bus Terminal atau JR Sapporo Station Bus Terminal. Pass ini hanya diissue sebanyak 5000 pcs untuk periode hingga 27 Maret 2017.

Perlu diperhatikan rute ke Hakodate tidak dilayani dgn bus pass ini.

Itinerary Wisata Hokkaido

Banyak tempat wisata yang bisa kunjungi di Pulau Hokkaido, jadi bisa saja Anda khusus ke Jepang dan hanya berwisata di Hokkaido seminggu tanpa perlu ke Tokyo Kyoto dkk.

Kota-kota yang menjadi sasaran turis di segala musim terutama adalah Sapporo, Otaru, dan Hakodate. Sedangkan Furano terkenal dengan ladang bunga lavender dan bunga matahari bisa dikunjungi di musim panas. Hotspring paling terkenal ada di Noboribetsu, beberapa jam perjalanan kereta dari Sapporo.

Peta Pulau Hokkaido dengan kereta

Oh ya, sebenarnya disarankan untuk menyewa mobil untuk menjelajah Hokkaido, terutama di sisi timur dan utara pulau, termasuk jalur lavender. Tapi sayangnya SIM Indonesia (termasuk SIM International yang diterbitkan Korlantas RI) tidak diakui di Jepang, jadi orang Indonesia tidak bisa sewa mobil di Jepang.

Next saya akan menulis itinerary perjalanan saya di Hokkaido, total selama 6 hari (sebenarnya adalah sambungan perjalanan saya dari Tokyo dan Kanazawa), mulai dari Hakodate di paling selatan, lalu ke Sapporo, Otaru, sekaligus ke Furano untuk melihat Lavender Farm. Silakan klik link di masing-masing kota ini untuk membaca detilnya. Jika link belum ada berarti masih dalan penulisan.

Masih ada lagi yang menarik seperti Lake Toya, Noboribetsu, Obihiro, disimpan dulu untuk next trip :)

Cari Hotel Murah