Taipei - Part 3

Artikel ini lanjutan dari Panduan Jalan ke Taipei - part 2.

Hari ini adalah hari terakhir saya di Taipei dan Taiwan, di mana malamnya akan terbang balik ke Indonesia. FYI, kali ini saya pakai pesawat Jetstar, transit via Singapore, tiket pulang pergi sekitar IDR 2,7jt per orang.

Jadi pagi-pagi setelah saya checkout dari hotel Royal Seasons Taipei, sebuah hotel yang cukup recommended, pertama adalah harus titip koper dulu. Daripada bolak-balik ke hotel, saya putuskan titip koper di locker Taipei Main Station. Harganya bervariasi tergantung ukuran loker, paling besar yang bisa muat 2 tas itu NT\$ 70 per 3 jam.

Itinerary hari ini :

  • National Martyrs' Shrine
  • Chiang Kai-Shek Memorial Hall
  • Shopping di Zhongxiao East Rd (Fuxing)

Martyrs' Shrine

Untuk wisata bangunan bersejarah, mari kita menuju Martyrs' Shrine, sebuah tempat memorial untuk pahlawan perang. Untuk ke sini bisa naik bus, tapi saya sarankan naik taksi saja untuk menghemat waktu.

Kompleks ini terbilang cukup besar, dengan design ala istana seperti di China. Gerbang depannya terlihat indah dengan warna merah khas Taiwan.

Gerbang Masuk

Di dalam sanctuary akan berasa sangat hening karena kita dilarang untuk berbicara keras. Ada beberapa bangunan yang berisi pigura nama pejuang (jumlahnya 390.000 menurut wikipedia), tapi yang menarik perhatian tentu bangunan utama.

Main hall yang indah

Kita bisa ikuti prosesi changing guard di gerbang utama, yang dilakukan setiap hari setiap jam. Tentara dengan pakaian biru akan perlahan memasuki kompleks dari gerbang, lalu bertukar peran menjadi penjaga.

Chiang Kai-Shek Memorial Hall

Satu lagi tempat yang must-visit di Taipei adalah Chiang Kai-Shek Memorial Hall (中正紀念堂). Atraksi utamanya adalah patung raksasa Jenderal Chiang Kai-Shek. Selain itu isinya berupa museum barang-barang bersejarah seperti surat tulisan tangan, replika ruang kerja, dsb.

Siapkan kaki dan hemat langkah karena kompleks ini lebih besar lagi dibanding Martyrs' Shrine. Saya ke sini juga pakai taksi, di mana sopirnya menurunkan di sisi Great Piety Gate yang jalannya paling pendek. Sedangkan gerbang utamanya sisi utara dinamakan Liberty Square yang punya akses ke MRT/metro Chiang Kai-Shek Memorial Hall station.

Shopping Time

Sisa waktu hingga sore saya dan istri pakai untuk cuci mata. Lokasi yang dituju adalah Zhongxiao East Road (Metro: Zhongxiao Fuxing station), di mana terdapat lebih dari 1 SOGO department store di sini, serta toko lain di sepanjang jalan raya Zhongxiao.

Jika masih kurang puas, sebelum menuju Airport, di seberang Taipei Main Station tempat kita akan naik airport bus, terdapat shopping centre Shin Kong Mitsukoshi, tepatnya di Zhongxiao West Rd.

Jika Anda niat, bisa naik pesawat Eva Air edisi Hello Kitty, di mana ruang tunggu di Taipei Airport pun punya gate design Hello Kitty!

Penutup

Ini adalah akhir dari artikel saya tentang Panduan Jalan ke Taiwan, meliputi Taipei, Kaohshiung, Chihpen, Roadtrip ke Hualian dan Taroko Gorge.

Semoga bermanfaat bagi Anda, cheers!

Cari Hotel Murah