Tips

Hiking Lion Rock di Hong Kong

  • Published on
Klook.com

Hong Kong bukan hanya menawarkan suasana kota metropolitan yang sibuk dan cepat saja. Jika Anda suka explore yang sifatnya natural atau alam bebas, bisa pertimbangkan untuk hiking di Hong Kong.

Lion Rock 獅子山 adalah gunung di Hong Kong yang populer sebagai destinasi hiking penduduk lokal. Lokasinya yang mudah dicapai - dekat dengan Kowloon, ketinggian cukup menantang: 495 meter membuat pendaki yang sampai di puncak akan mendapatkan pemandangan spektakuler ke Kowloon dan Hong Kong Island di kejauhan.

Satu lagi, total waktu yang diperlukan paling hanya 2-4 jam sudah termasuk waktu kembali ke 'peradaban'. Jadi waktu Anda masih ada untuk wisata yang lain.

Berbeda dengan hiking di Lantau Island, perlu waktu sedikit lebih lama karena naik kereta MRT atau bus ke Tung Chung atau Mui Wo sekitarnya saja sudah perlu hampir 1 jam satu arah.

Lion Rock View photo source: discoverhongkong.com

Waktu yang paling tepat untuk mendaki tentu disarankan adalah sore hari sehingga Anda akan mendapatkan 2 scenes: day and night. Tetapi jika waktu Anda terbatas, mendaki di pagi hari juga enak.

Bagi turis tentu waktu tidak banyak, mungkin kesulitan mendapatkan hari yang 'cerah' dan 'visibility' bagus. Tetapi jika Anda bisa rencanakan dengan baik, mendaki di sekitar Juni-Juli biasa mendapatkan pemandangan yang bersih.

Lion Rock Country Park

Kawasan ini terbilang masih sangat alami, sebagian saja yang tergolong rapi. Sebagian besar Anda akan mendaki tangga batu yang dibuat minimum dan jalanan tanah.

Pepohonan juga cukup lebat walaupun tidak banyak pohon tinggi-tinggi. Masih saya jumpai kawanan monyet di sela-sela pendakian, walaupun tidak berbahaya.

Jika Anda menjumpai orang-orang tua dalam trail ini, umumnya mereka tidak naik sampai summit, hanya sampai tempat istirahat (pavilion) saja.

Persiapan

Tidak perlu extra gear untuk hiking di sini. Modalnya cukup botol air minum besar (bisa beli di Watson) dan sepatu hiking yang bagus. Stick tidak perlu, senter kalau Anda ingin hiking di malam hari.

Lion Rock Hike Difficulty

Mendaki Lion Rock hingga puncaknya dikategorikan dalam pendakian yang 'tidak mudah'. Jadi memang tergolong sulit dan memerlukan kondisi fisik yang baik. Terlebih mendekati puncak, tangga batu jaraknya semakin tinggi dan tidak beraturan.

Pastikan membawa air minum 1 liter ya karena hiking di kawasan ini adalah self-support.

Profile Ketinggian

Rute Hiking Lion Rock

Ada banyak variasi rute untuk melakukan hiking ini. Yang paling populer adalah naik dari area Wong Tai Sin. Beberapa opsi di sini tergantung seberapa lama waktu yang Anda miliki.

Rute klasik dan tidak kembali ke titik awal: start dari Fat Jong Temple dan selesai di Lion Rock Park Community Garden. Ini adalah rute yang saya pilih kali ini.

Waktu total naik hingga turun adalah 01:40 (in motion), kalau dihitung dengan waktu istirahat dan foto-foto adalah 2 jam 30 menit. Breakdownnya adalah mendaki sekitar 1 jam sampai atas, dan 40 menit-an untuk turun dgn santai.

Start dari A finish di B

Rute jika ingin lebih cepat selesai, start dari Lion Rock Park Community Garden (Point B) dan berakhir di titik yang sama.

Opsi lain yang mungkin akan saya coba lain kali adalah start dari Lion Rock Park Community Garden melewati Unicorn Ridge dan turun di Sha Tin Pass Estate.

Saya upload rute hiking saya di website Komoot yang dapat Anda ikuti.

Untuk mudahnya Anda juga dapat mendownload rute saya dalam format GPX melalui link ini. Bisa di-load ke sportwatch seperti Garmin, COROS, Suunto, atau jam lain yang support navigation.

Menuju Titik Pendakian Awal

Wong Tai Sin dipilih karena di sini terdapat stasiun MTR (Kwun Tong Line). Begitu keluar dari stasiun, dari pintu exit E, pilihan Anda ada 2: langsung gas pakai kaki atau mau hemat tenaga sedikit dgn lanjut dgn minibus.

Perjalanan jika pakai kaki memakan waktu 20 menit untuk menuju Fat Jong Temple, dan perlu diingat jalanannya walaupun berupa kawasan residential adalah menanjak dengan kemiringan 30 derajat.

Jika ingin pakai minibus, exit E stasiun MTR jalan lurus sedikit ke arah halte bus. Naik bus nomor 18M sekitar 10 menit. Anda perlu spesifik meminta berhenti di Fat Jong Temple karena standard minibus HK tidak berhenti kalau tidak bilang.

Fat Jong Temple ke pintu masuk Lion Rock

Fat Jong Temple

Fat Jong Temple ini bukanlah titik start official, Anda masih perlu menyusuri Shatin Pass Road ini sekitar 20 menit full di jalanan aspan menanjak. Sekaligus bisa menjadi cek engine.. kalau 20 menit perjalanan ini Anda sudah merasa sangat berat, sebaiknya menyerah saja karena nantinya bakal lebih berat lagi.

Yah, belum mulai masuk kawasan Lion Rock saja sudah diuji kemampuan fisiknya. Tetapi jangan menyerah karena malu dilihat orang yang lebih senior (baca: kakek dan nenek) yang ada di sepanjang rute ini dengan santai menyusuri jalan.

Tsz Chuk Pavillion - Shatin Pass Road

20 menit pendakian saya akhirnya sampai di Tsz Chuk Pavillion, berarti sudah mendekati pintu masuk Lion Rock Country Park. Saya lupa foto Pavilionnya tetapi foto di atas adalah gapura tepat setelah melewati Tsz Chuk Pavillion. Jangan naik tangga gapura itu, tetap ikuti jalan aspal sampai menemukan gerbang bertulis Lion Rock.

Jika ingin ke toilet, ini kesempatan terakhir, ada di Lion's Pavilion / Distance Post M101, karena setelah point ini tidak ada toilet lagi.

Gerbang Lion Rock Country Park

Mulailah hiking trail dengan kontur menanjak dan jalan tanah. Semakin ke atas batu-batu tangga itu akan makin jelek dan ada yang tinggal batu vertikal saja.

Jalan Tanah

Di pertengahan pendakian akan menemukan pemandangan ke Kowloon yang spektakuler. Sayang saya datang di hari berkabut, jadi samar-samar gedung-gedung yang terlihat.

Pemandangan dari lookout

30 menit setelah gerbang Lion Rock itu, tibalah saya di semacam junction. Ini tandanya perjalanan ke kepala singa tinggal 30 menit lagi (1km).

Tinggal sedikit lagi

Tambah ke atas, cuaca makin sejuk dan suara bising perkotaan sudah hilang. Sayangnya juga kabut bertambah tebal.

View Dari Lion Rock Head

Sampai di papan petunjuk Lion Rock (495m), berarti sudah tiba di tempat yang orang bilang Lion's Tail, ekor singa. Sedikittt lagi untuk menuju ke kepala singa, sekitar 6 menit lagi. Tapi di sini mestinya adalah tempat yang bagus mengambil foto jika cuaca bersih.

Tinggal sedikit lagi

Jangan buru-buru pindah, nikmati hasil perjuangan dulu sampai di sini.

Lanjut ke Lion Rock Head, kepalanya singa bagi orang yang suka berimajikasi batu-batu di sini, tertulis dengan jelas di papan supaya tidak memanjat. Banyak kejadian orang terjatuh baik karena terpeleset atau angin yang kencang. Main aman saja, moment diabadikan pakai mata kepala sendiri.

Lion Rock Head

Rute Turun

Menurut saya rute turun lebih extreem karena jarak batu sangat jauh di menit-menit pertama.

Perlu tenaga kaki yang masih kuat. Jadi pastikan Anda sudah istirahat cukup saat di atas tadi. Begitu terpeleset atau kaki lemah cukup fatal di sini.

Atau jika dibalik; Anda datang dari arah sebaliknya, berarti leg final ke Lion Rock Head adalah rute terberat.

Selebihnya jalanan lebih manusiwi, turunan agak landai dan jalanan tanah. Bahkan beberapa tempat ada kursi untuk duduk, dan sebuah rumah yang dibangun untuk shelter hujan.

Kontur Jalan saat rute turun

Rumah Istirahat

Sampai di Reunification Pavilion (回歸亭) yang lebih besar, dibangun sebagai peringatan kembalinya Hong Kong ke China pada tahun 1997, ada penanda Kowloon Pass di sini, di ketinggian 316 dpl. Saya menghabiskan sisa air minum di sini, istirahat kaki sejenak dan menikmati pemandangan kota di sini, dan memang perjalanannya sudah tinggal sedikit lagi.

Kowloon Pass

Finish Point

Kurang dari 20 menit, turunan saat enak dilalui, bahkan jalanan tanah sudah diganti dengan batu alam yang rata dan enak dilalui. Tibalah di exit Lion Rock Country Park, tepat di sebelah Lion Rock Park 獅子山公園.

Finish Line

Sampai di sini tergantung Anda ingin kembali ke Wong Tai Sin Station (jalan kaki sekitar 1km turunan) atau bisa ke Lok Fu MTR Station yang sama jauhnya.

Tetapi kalau saya, pas menemukan halte bus di Ma Chai Hang Recreation Ground (馬仔坑遊樂場). Jaraknya sekitar 300 meter dari tempat finish tadi. Halte ini dilalui oleh bus nomor 1, rute paling terjamin di daerah Kowloon karena pasti menyusuri sepanjang Nathan Road hingga selesai di Star Ferry Terminal. Mau berhenti di Mongkok atau Tsim Sha Tsui bisa pakai bus nomor 1 ini.

Saya start dari jam 06.40 di Wong Tai Sin MTR Station dan selesai di 09.50 di halte bus ini. Tidak terlalu lama juga kan, 3 jam, kaki lumayan pegel tetapi syukur tidak sampai lemas.

Jika Anda tertarik, silakan mencoba, dan tinggalkan komentar jika ingin sharing!

Cheers.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives