Hong Kong ke Guangzhou Shenzhen dengan Kereta Cepat

Klook Kode Kupon 2019

Jika artikel sebelumnya saya membahas tentang transportasi darat dari Hong Kong ke Macau - Zhuhai - Guangzhou, sekarang mari bahas transportasi kereta.

Hong Kong ke Shenzhen dengan kereta MTR

Kita punya 2 opsi untuk menuju Shenzhen. Pakai kereta model MRT biasa atau mau pakai High-speed train.

Prosedur menggunakan kereta MTR sudah saya jelaskan detil di artikel Shenzhen ini, basically Anda harus naik kereta jalur East Rail Line dari Hung Hom Station menuju Lo Wu atau Lok Ma Chau, lalu jalan kaki cross bridge untuk tiba di imigrasi China. Bayarnya dengan tap in tap out kartu Octopus layaknya kereta MTR yg lain. Begitu keluar dari imigrasi Anda sudah berada di kota Shenzhen.

Cara ini ditempuh jika Anda ingin masuk ke Shenzhen menggunakan Visa On Arrival (VOA), yg kadang bisa ditiadakan atau tidak mau diproses oleh petugas begitu melihat passport Indonesia. Juga menggunakan kereta MTR adalah yang termurah menuju Shenzhen (HKD $39.2 dari Hung Hom ke Lo Wu) dibandingkan naik High Speed Train (~HKD 77 West Kowloon ke Futian).

Exterior West Kowloon Station sumber foto : Indesignlive.hk

Hong Kong ke Guangzhou dengan High Speed Train

Menggunakan kereta cepat (HST) prosesnya berbeda dengan naik kereta MTR biasa. Kereta HST nya mirip seperti yang sudah beroperasi di China, model CRH dengan kecepatan 200km/jam untuk sisi Hong Kong dan 350km/jam begitu sudah di Shenzhen.

Dengan HST, kereta dari Hong Kong bisa menuju Shenzhen Futian, Shenzhen-bei (North), Humen, Qingsheng, dan berakhir di Guangzhou-nan (Guangzhou South Railway Station). Bahkan Anda bisa membeli connection train ke seluruh kota China dari Guangzhou, misalkan ke Guilin, Shanghai, bahkan Beijing.

Rute Kereta cepat sumber: wikipedia.

Untuk di Hong Kong Start perjalanan dari West Kowloon Terminal, terminal baru yang megah yang terkoneksi dengan Kowloon MTR Station dan Austin Station lewat underground tunnel.

Interior West Kowloon Station sumber foto : Indesignlive.hk

Beli tiketnya lewat ticket machine yang ada di dalam station, atau jika punya jadwal fix bisa beli online dari official website MTR. Tiket tersedia dalam beberapa kelas, untuk paling murah yaitu kelas 2 (ini sangat bagus dan nyaman), First Class, Premium, dan Business Class. Misalnya jurusan HK-Guangzhou ¥215 one-way untuk kelas 2, dan ¥323 untuk first class. (Harga tiket di-peg ke Yuan China walaupun bayarnya pakai mata uang Hong Kong).

Untuk diingat jika beli in advance, Anda harus collect tiket setidaknya 45 menit sebelum jam keberangkatan. Sebaiknya datang lebih awal juga untuk clear immigration.

Alur proses keberangkatan di stasiun ini kurang lebih adalah : melewati security check, turun ke level B3 untuk imigrasi Hong Kong, lalu imigrasi China, jika sudah lanjut ke ruang tunggu keberangkatan. Jika kereta sudah ready, kita baru bisa melewati gate tiket untuk turun ke platform di lantai B4.

Begitu naik kereta secara hukum Anda sudah di wilayah RRC (walaupun tanahnya masih di Hong Kong).

Oh ya, Anda harus sudah punya visa China jika ingin menempuh rute ini. Tidak ada Visa on Arrival seperti di Lo Wu station jika pakai kereta MTR.

Baca juga: Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong, Macau, dan Shenzhen.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama