Tips

Transportasi Bandara Incheon ke Kota Seoul

  • Last updated on

Incheon International Airport adalah pintu masuk wisatawan ke Seoul, Korea Selatan. Jika Anda tiba di sini, perlu tahu alternatif transportasi menuju kota Seoul di mana hotel atau penginapan Anda berada.

Public transport Korea tergolong bagus, reliable dan punctual. Ada pilihan dengan kereta atau bus untuk menuju pusat kota dari bandara Incheon.

Airport Express (Arex) Train

Pilihan tercepat adalah menggunakan kereta, yaitu Airport Express Line. Kereta ini pun ada 2 jenis, beneran Express/Non-Stop dan All-Stop.

Begitu Anda mendarat di Incheon misalkan Terminal 1, setelah ambil bagasi, cari papan petunjuk yang tulisnya "Airport Rail Road". Kira-kira perlu jalan sekitar 7-10 menit baru sampai stasiunnya.

Nantinya akan menemukan 2 percabangan: sebelah kiri "All-Stop Train" (warna biru) dan sebelah kanan "Airport Express" (warna Orange).

Gate-nya berbeda, dan pakai tiket yang berbeda. Jadi Anda perlu menentukan kereta mana yang akan dipakai.

Rute Incheon Airport Train

Express / Non Stop

Kereta Non Stop, start dari Incheon Airport Terminal 2 - Terminal 1 - langsung menuju Seoul Station dalam waktu 43 menit. Pakai kereta ini efisien jika destinasi Anda adalah sekitar Seoul Station, termasuk untuk transfer ke Myeongdong atau Dongdaemun.

Cabin Airport Express Train

Tiketnya bisa dibeli lewat mesin tiket saat Anda tiba di bandara (tidak bisa pakai T-Money Card), atau beli online lewat link ini.

Interval keberangkatan kereta Non Stop adalah setiap 40 menit sekali (update Juli 2023).

Kelebihan kereta ini adalah kursi yang hadap depan/belakang, dan tdk bercampur dgn komuter train. Jadi Anda akan dapat kursi jika beli tiket 1-2 jam sebelum pemakaian. Selain itu terdapat penyimpanan bagasi di tiap gerbong.

Airport Express Gate di Incheon

Begitu tiba di Seoul Station, Anda bisa transfer ke kereta metro (perlu T-Money Card untuk metro train) untuk menuju berbagai penjuru Seoul.

Arex Station di dalam Seoul Station

Sedangkan jika Anda tinggal di Hongdae atau Gangnam, mungkin bisa pertimbangkan pakai All Stop Train.

All Stop Train

Ini sebenarnya adalah kereta metro biasa, duduknya hadap-hadapan seperti kereta MRT, dan penumpangnya juga campur antara yang ke/dari bandara dan pekerja yang rumahnya memang di Incheon.

Arex All-Stop Gate di Incheon

All Stop Train

Karena sifatnya kereta komuter, jadi ada kemungkinan Anda tidak dapat duduk jika naik di jam sibuk kerja (pagi dan sore). Tapi mostly kereta ini recommended jika destinasi Anda perlu melakukan transfer ke metro yang lain, atau jika tinggal di sebelah selatan sungai Han.

Kereta jalur ini akan punya banyak stop, termasuk di Gimpo Airport (transfer line 5 dan 9), melewati Hongik University Station (transfer line 2) sebelum berakhir di Seoul Station. Total perjalanan sampai Seoul Station adalah 1 jam (sekitar 15 menit lebih lambat dari Non Stop Train).

Jika Anda punya penerbangan lanjutan dari Gimpo Airport ke Jeju Island atau Busan, biasanya harus transfer pakai kereta ini.

Misalkan destinasi Anda di Yeouido, bisa naik All Stop sampai Gimpo Airport, lalu tukar line 9 untuk kereta metro ke Yeouido.

Notes: jika Anda tiba di Incheon menjelang jam 11 malam, ada kemungkinan sambungan kereta di tengah kotanya sudah tidak beroperasi (karena last train biasa sekitar 23.30-12.00am), jadi opsi Anda cuma naik kereta sampai Seoul Station (atau stop sebelum2nya). lalu sambung naik taxi.

Sebagai gambaran, pikirkan Anda naik kereta dari Incheon paling lambat jam 22.30 malam, karena lewat dari itu berarti akan tiba di Seoul lebih dari 23.30 dan tidak ada sambungan lagi.

Airport Limousine Bus

Jika Anda jalan 1-2 orang dengan bagasi yang besar, bisa pertimbangkan menggunakan bus dari/ke Incheon Airport. Terutama jika destinasi melibatkan transfer metro (ada resiko naik turun tangga waktu transfer). Tiket bervariasi tergantung destinasi, berkisar 12,000 hingga 18,000 Won. Jadi lebih mahal daripada naik kereta sebenarnya, tetapi anda bisa duduk tenang point to point.

  • Jurusan Myeongdong, bus no 6001 via Yongsan, Seoul Station atau bus no. 6015 (via Mapo)
  • Tujuan Hongik University, bus 6002.
  • Tujuan Gangnam (COEX Mall), bus 6006, 1,5 jam.

Di Airport belinya bisa lewat mesin tiket, atau kalau kesulitan tersedia counter dengan staff di dekat bus bay.

Mesin Tiket Airport Bus

City Checkin Seoul Station

Jika Anda punya penerbangan dari Seoul menggunakan Korean Air, Asiana, atau Jeju Air, ada fasilitas city checkin di Seoul Station. Cari saja petunjuk arah "City Airport Terminal" jika Anda berada di dalam Seoul Station.

City Checkin Seoul

City Checkin Seoul

Bisa drop bagasi, mendapatkan boarding pass, sekalian clear imigrasi Korea. Setelah itu Anda bisa bebas jalan-jalan sampai waktunya tiba untuk ke Incheon Airport. Syaratnya ya harus punya tiket Airport Express Non-Stop, dilakukan minimal 3 jam sebelum waktu terbang dan menggunakan maskapai yang disebut tadi.

Baca juga: Panduan Jalan ke Korea Selatan.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives