Tateyama Kurobe Alpine Route

Pada bulan Maret hingga Juni setiap tahunnya, ada destinasi wisata di Jepang yang mendadak 'hidup'. Namanya Tateyama Kurobe Alpine Route. Ini adalah rute populer yang menghubungkan Toyama dan Shinano Omachi di dekat Nagano. Apa objek wisata yang dilihat? Dinding es setinggi lebih dari 10 meter sehingga wisatawan bisa melakukan Snow Wall Walk (yuki no otani).

Snow Wall (yuki no otani) Walk

Tahun 2017, rute ini dibuka tanggal 15 April, tapi saran saya jangan datang di minggu-minggu pertama karena kemungkinan bukan dinding es yang Anda lihat, tapi dinding lautan manusia.

Rute

Peta Tateyama Kurobe Alpine Route (sumber alpen-route.com)

Alpin Route ini kita selesaikan dalam satu hari, dari pagi sampai sore. Total perlu minimal 6 jam untuk menikmati rute satu arah ini. Kalau Anda ambil rute pergi pulang, perlu 8-9 jam.

Saran saya Anda pilih stay di Kanazawa, Toyama, atau Nagano. Bisa saja pilih pulang pergi dari Tokyo, tapi Anda akan beresiko pulang sampai Tokyo larut malam. Juga Kanazawa atau Toyama juga asyik utk eksplorasi (tunggu artikel dari Javamilk tentang Kanazawa dan Takayama), juga jika Anda ingin melanjutkan wisata ke Shirakawa-Go Village, Hida, atau Takayama.

Saya beri contoh jika Anda pilih menginap di Toyama. Kalau menginap di Kanazawa, tinggal tambah naik kereta dari Kanazawa ke Toyama (sekitar 30 menit dgn kereta).

Rute start dari JR Toyama...

Rute berakhir di Shinano-Omachi

Urutan transport dan tempat wisata yang kita lihat :

  • Toyama, naik Toyama Chiho Railroad, 67 menit, tiba di :
  • Tateyama Station, lanjut naik Tateyama Cable Car (7 menit)
  • Bijodaira, sambung Highland Bus (50 menit)
  • Murodo, tibalah di dinding salju Murodo Wall yang jadi icon tempat ini. Anda bisa menikmati snow walk selama yang diinginkan, termasuk makan siang di sini. Setelah selesai Anda bisa lanjut dengan Tateyama Tunnel Trolley Bus turun menembus gunung selama 10 menit.
  • Daikanbo, sambung Ropeway (Gondola)
  • Kurobedaira, naik cable car lagi
  • Kurobeko, sampai di sini opsi Anda adalah jalan kaki menikmati Kurobe Dam.
  • Kurobe Dam, naik trolley bus lagi
  • Ogizawa, ini titik terakhir Anda menikmati wisata, pulang naik Alpico Express bus ke
  • Shinano Omachi atau bisa ke Nagano.

Terlihat rute dan moda transport nya cukup banyak, makanya mahal.

Ticket

Perlu diingatkan kalau melalui rute ini tarifnya mahal untuk ukuran perjalanan sehari! Tarif satu arah ¥9000 jika kita beli tiket kombo Kurobe Option Ticket. Tidak dicover oleh Japan Rail Pass.

Kalau Anda ingin opsi rute pulang pergi (jadi sampai Kurobe Dam, kembali lagi ke Toyama) maka tidak bisa pakai Kurobe Option Ticket di atas. Pilihannya adalah beli tiket normal, atau sekalian beli Alpine-Takayama-Matsumoto Area Tourist Pass (¥17,500 utk 5 hari). Kurobe Option Ticket bisa dibeli di JR Toyama Station, JR East Shinjuku, JR East Tokyo Station, JR Office di Narita dan Haneda Airport, serta di JR Office Kyoto, Osaka, dan Kanazawa.

Perjalanan kereta dari Tokyo - Nagano - Toyama - Kanazawa menggunakan kereta Hokuriku Shinkansen yang tiketnya terpisah lagi. Tokyo-Nagano sekitar 1.5 jam, Tokyo-Kanazawa (2.5 jam) dengan Kagayaki Shinkansen. Anda beli beli tiket point-to-point atau kereta ini dicover jika punya JR Pass atau JR Hokuriku Pass (seat reservation mandatory).

Baca penjelasan dan cara naik shinkansen di artikel ini.

Cari Hotel Murah