Takayama Old Town

Satu kota yang bisa kita singgahi sebagai daytrip dari Toyama atau Kanazawa adalah Takayama. Terletak sekitar 100km di selatan kota Toyama, Takayama Old Town adalah tempat wisata yang populer selain Shirakawa-Go.

Untuk menuju ke Takayama, paling disarankan adalah menggunakan kereta dari Toyama. Jika Anda datang dari Tokyo atau Kanazawa, naik Hokuriku Shinkansen hingga Toyama, lalu sambung Takayama Line dengan kereta JR Hida Limited Express arah Gero/Gifu hingga Takayama (90 menit).

Pastikan juga Anda tahu jam kereta terakhir untuk kembali ke Toyama (paling baik reserve seat dengan JR Pass kalau ada).

Takayama Station

Persinggahan menuju Shirakawa-Go

Takayama Station sekaligus juga terminal untuk Anda yang ingin ke atau dari Shirakawa-Go. Tinggal beli tiket Nohi Bus dan tunggu jam keberangkatan. Loket dan tempat tunggu bus ini persis di samping JR Takayama Station.

Bagi yang ingin menuju kota-kota lain seperti Gifu, Nagoya, dan Ogizawa juga bisa beli tiket bus di sini.

Takayama Old Town

Tempat wisata utama di Takayama adalah Old Town, satu kawasan pedestrian dengan bangunan tradisional Jepang yang masih dipelihara dan berfungsi.

Sebenarnya bisa jalan kaki dari Takayama Station, tapi karena hari masih siang dan mau hemat energi, kita pakai bus kota saja, paling sekitar 2-3 stop sudah sampai sih.

Di perjalanan menuju kawasan Old Town, ketemu Miyagawa River yang jernih begini. Wah pas dipakai buat celup-celup kaki.

Air jernih dan dingin, banyak ikan, celup kaki

Tinggal turun ke bawah menyusuri anak tangga, buka sepatu dan kaos kaki. Air kali yang jernih dan dingin ini sangat menyegarkan.

Cheers from Takayama

Old Town adalah tempat turis beli souvenir cantik-cantik: payung, kipas Jepang, pisau, hingga yang terkenal adanya pabrik sake yang terkenal.

Old Town

Old Town, Sake Factory, dan maskot Takayama

Hida Beef

Selain Wagyu beef yang mungkin sudah terkenal sedunia, ada jenis sapi lain yang hanya ada di daerah ini, namanya Hida Beef. Harganya lumayan mahal juga kalau dimakan dalam menu steak, kita bisa coba tasting dengan makan Hida Beef Nigiri sushi (¥600).

Hida beef dalam bentuk nigiri sushi, ¥600

Rasa dagingnya mantap, dan yang pasti empuk kayak sapinya gak pernah disuruh kerja keras.

Takayama Jinya

Terakhir sebelum kembali ke stasiun, kita mampir dulu di Takayama Jinya. Ini dulunya adalah kantor pemerintahan, sekarang jadi museum. Lumayan asyik masuk ke tempat ini, karena adem dan di luar lagi panas terik hehehe. Sekalian foto-foto dengan backdrop yang keren.

Salah satu ruangan dalam Takayama Jinya

Public Foot Bath

Jika sudah seharian jalan dan kaki pegal2, jangan lewatkan kesempatan untuk rendam kaki di public hotspring foot bath. Yang paling mudah dicapai ada di dekat JR Takayama Station, tepatnya di depan Takayama Ouan Inn. Keluar stasiun jalan ke arah kanan terus hingga dekat lampu merah.

Hotspring Foot Bath

Pas buat nunggu kereta jika jadwalnya masih cukup lama.

Cari Hotel Murah