Wisata Ziarah ke Lourdes

javamilk-eur

Ziarah ke Lourdes bisa menjadi salah satu stop saat Anda wisata keliling Eropa. Biasa bagi kebanyakan orang Indonesia datang ke Lourdes ikut group tour (yang biasa include tour guide dan pembimbing rohani), dan rutenya 80% berbentuk wisata rohani. Tapi kalau Anda hanya ingin menyelipkan Lourdes dalam perjalanan wisata, jalan ke Lourdes bisa dilakukan sendiri.

Basilica of Immaculate Conception

Transportasi ke Lourdes

Lourdes adalah kota kecil di negara Perancis. Ada bandar udara di dekat Lourdes (Tarbes–Lourdes–Pyrénées Airport, kode LDE), mesti cek karena penerbangan ke Lourdes tidak setiap hari ada.

  • Paris (Hop Airlines),
  • Roma Ciampino (RyanAir sekitar 70 Euro)
  • Barcelona dan Roma seasonal flight (daily bulan Mei dan Oktober).

Tetapi yang jadwalnya tiap hari pasti ada adalah menggunakan kereta. Biasa kita datang dari Barcelona atau Paris:

  • Dari Barcelona - Narbonne - Toulouse Matabiau - Lourdes, total 7 jam termasuk connection, tarif mulai 52€
  • Dari Paris Montparnasse - Lourdes, 4 jam 36 menit direct, tarif mulai 25€
  • Opsi Night train Paris Austerlitz - Toulouse Matabiau, sambung day trin ke Lourdes (jadwalnya seasonal utk night train)

Jika menggunakan kereta, kita akan tiba di Lourdes Station (Gare de Lourdes). Transportasi utama di kota ini adalah bus, tetapi jika Anda membawa koper besar dan dalam group sebaiknya naik taksi (sekitar 15 menit, tarif €30) hingga penginapan.

Lourdes City Bus

Pertama kali saya kesulitan menemukan informasi rute bus kota yang ada di Lourdes. Tapi untuk Javamilk, informasi telah berhasil saya kumpulkan. Bus kota dikelola oleh Moncitybus, tarif 1x naik adalah 1.20€, bisa beli tiket carnette (bisa 10x naik) seharga €10.

Ada beberapa rute bus, tetapi yang penting adalah nomor S5. Rute ini jalan dari depan stasiun kereta SNCF Lourdes - Maison Paternelle - St Michel Gate - St Joseph Gate dan putar kembali ke stasiun kereta. Arah putar bisa berbeda tergantung tanggal kalender, tetapi stopnya selalu sama.

Lourdes City Bus Route Map

Hotel di Lourdes

Untuk penginapan atau hotel yang paling strategis adalah yang paling dekat dengan Sanctuary of Our Lady of Lourdes, terutama St. Joseph Gate. Tinggal disesuaikan dengan budget, rata-rata hotel di sini ratingnya bagus2. Waktu yang paling ramai di Lourdes adalah sekitar bulan Mei dan Oktober, jadi Anda perlu secure hotel untuk bulan penting ini.

Itinerary di Lourdes

Untuk keperluan ziarah, Anda bisa siapkan waktu 2 hari 1 malam di sini. Jadi jika tiba dengan kereta sekitar jam 2-3 sore, kita bisa ikut acara hingga tengah malam, lanjut keesokan hari nya hingga siang. Sisanya jika ada waktu bisa dipakai untuk shopping oleh-oleh atau melihat kota Lourdes. Jika Anda bingung, bisa minta peta dan jadwal acara di Information Center (sebelah kanan setelah masuk St Joseph Gate). Juga cek jadwal di official website Lourdes Sanctuary.

  • 18.00 Misa (cek jadwal)
  • 21.00 Prosesi Lilin (Torchlight Marian Procession) di lapangan Basilica
  • 23.30 Adorasi di Grotto
  • 06.00, 06.45, 07.30, 08.30 Misa di Grotto
  • 08.30-12.30 dan 13.30-18.00, Merendam badan di The Bath
  • 09.30 International Mass (Minggu/Rabu)
  • 14.30 Rosario di Grotto
  • opsional Jalan Salib (Way of Cross) di Low Stations dan High Stations (all day)

Peta Lourdes

Untuk peta lokasi kapel dan grotto, Anda bisa cek di website resmi Lourdes, atau saya ada copy PDF map nya bisa download di sini.

Sumber: lourdes-france.org

Tempat yang perlu diingat adalah St Joseph Gate, Grotto (nomor 1 di peta), tempat permandian (12), dan tempat mengambil air suci (14) untuk dibawa pulang.

Prosesi Lilin

15 menit sebelum jam 21.00 malam sebaiknya Anda sudah berada di area lapangan depan Basilica. Sebelumnya bawa/beli lilin di toko dekat hotel atau dari kiosk di pintu masuk. Bawa rosario (dan jas hujan kalau ramalan hujan), lalu tinggal berdiri ikuti keramaian untuk doa rosario multi-language. Kemudian massa akan bergerak mengelilingi lapangan. Total waktu hingga selesai adalah sekitar 30-40 menit.

Grotto

Grotto atau gua adalah tempat dimana St Bernadette mendapat penglihatan Bunda Maria (apparitions). Di tempat yang sama ini mengalir air abadi dari sumber alami tiada hentinya. Dan sinilah tempat utama peziarahan umat Katolik di Lourdes.

Letaknya di samping Basilica, kita cukup jalan kaki menyusuri sisi kiri basilica hingga menjumpai deretan kursi doa. Antri (biasa tidak panjang) untuk bergantian masuk ke dalam gua kecil ini, kita bisa melihat sumber air yang dimaksud, serta berdoa di depan gua ini.

Grotto

The Bath

Selain doa rosario, mandi dari air Lourdes adalah hal yang sangat disarankan. Permandian (The Bath) ini buka dari pagi (pagi sekali paling sepi) sampai sore. Untuk pria dan wanita dipisahkan, tetapi lokasinya berdekatan.

Basically kita cukup mengantri ke dalam ruangan permandian, lalu akan diminta melepaskan semua pakaian hingga tinggal dalaman. Staff/volunteer akan memanggil satu per satu ke kolam permandian ini, kita akan dilindungi dengan handuk yg dipegang staff dan diminta membuka dalaman (aman gak ada yang lihat), lalu dipegang perlahan masuk ke dalam kolam.

Air kolam luar biasa dingin, pertama hanya sebatas kaki saja. Sambil membaca doa dari kertas yang diberikan, kemudian perlahan kita akan di-telentangkan hingga terendam air seluruh badan dan seketika juga diangkat lagi, proses selesai. Karena badan yang masih panas dan air luar biasa dingin, maka air di badan langsung menguap (ini penjelasan ilmiah saya), penjelasan spiritualnya yah karena ini air Lourdes. Tinggal pakai lagi baju tanpa perlu handukan, lalu keluar dari The Bath. Proses keseluruhan kira2 15 menit jika tidak pakai antri.

Summary

In summary Anda bisa jalan sendiri ke Lourdes tanpa perlu ikut tour. Walaupun sedikit repot, dan mungkin bagi yang tidak biasa ibadah dalam bahasa asing akan kebingungan, tapi semua prosesi bisa Anda ikuti dengan mudah.

Jika ada waktu, bisa singgah ke rumah tempat kelahiran St Bernadette (stop Maison Paternelle dengan bus S5), beli oleh-oleh (biasa botol kecil air suci atau rosario), atau naik ke bukit tertinggi Pic du Jer menggunakan tram (bus S4 dari St Joseph stop).

Pic Du Jer

Jangan lewatkan artikel-artikel lain tentang Panduan Wisata ke Eropa.