Sehari di Hong Kong Ocean Park

Published on

Salah satu tempat wisata utama jika kita ke Hong Kong adalah Ocean Park. Ibaratnya Ancol di Jakarta, Ocean Park adalah icon kebanggaan warga Hong Kong karena merupakan theme park yang dikembangkan mereka sendiri dan bisa dinikmati mulai dari balita hingga manula.

[

Untuk ke Ocean Park, saya sarankan untuk spare 1 hari supaya puas karena banyak yang bisa dilihat dan dinikmati, juga karena beberapa wahana antriannya cukup panjang.

Transportasi ke Ocean Park

Untuk menuju Ocean Park, terdapat rute bus khusus Ocean Park dengan nomor 629 (HK\$ 10.60), naiknya dari Admiralty Bus Terminal, cukup keluar dari stasiun MTR Admiralty exit B. Busnya beroperasi dari jam 9 sampai sore dengan interval sekitar 10-15 menit. Perjalanan dengan bus ini 20 menit, dan langsung tiba di stasiun bus depan Ocean Park.

Bus yang sama juga bisa dinaiki dari Central Ferry Pier (dermaga Anda mendarat datang dari Tsim Sha Tsui menggunakan Star Ferry), hanya jam keberangkatan bus dari sini lebih terbatas.

Anda bisa juga menggunakan bus regular nomor 72, 72A, 592 dari Causeway Bay, haltenya tepat di seberang SOGO Department Stores. Naik dari sini lebih murah yaitu hanya sekitar \$4.70. Jika naik bus ini, Anda harus turun begitu bus melewati terowongan bawah laut, dari halte ini masih perlu jalan sekitar 10 menit untuk menuju pintu masuk Ocean Park.

Tiket Ocean Park

Tiket masuk Ocean Park bisa dibeli secara online, disarankan terlebih saat peak season atau hari Minggu. Namun go-show juga bisa dengan antrian loket yang lumayan panjang.

Harga tiket adalah \$250 per orang, ini sudah pass masuk ke semua atraksi di dalam. Anak di bawah 3 tahun bisa masuk gratis.

[

Atraksi

Secara umum Ocean Park dibagi menjadi dua area besar. Yang pertama adalah area yang Anda temui saat masuk pertama kali. Di sini terdapat danau buatan (tempat musical show malam), dan yang satu lagi adalah area dibalik gunung. Untuk berpindah antar area ini harus menggunakan cable car, atau bisa juga menggunakan kereta Ocean Express yang menembus gunung (dibuat menjadi sebuah wahana seolah-olah sedang naik submarine).

Dalam keadaan normal, mestinya kita akan punya cukup waktu untuk menikmati semua wahana atau atraksi yang ada. Namun yang penting-penting yang menjadi favorit adalah:

  • Giant Panda Habitat, ini antriannya lumayan karena menjadi atraksi utama theme park. Setelah antri panas-panas, kita akan masuk ke ruangan besar berpendingin udara tempat 2 buah panda dari China sedang tidur-tiduran atau sedang makan bamboo.
    [
  • Sea World yang berisi akuarium raksasa,
  • Goldfish Treasures, membuat kita terkagum-kagum dengan puluhan akuarium berisi segala macam dan bentuk ikan mas.
    [

Dengan cable car atau Ocean Express train untuk menuju sisi di balik gunung, tempat di mana atraksi yang memicu adrenalin berada.

  • The Dragon
  • The Abyss Turbo Drop, kita diangkat setingga 62 meter, lalu dilepas dengan kecepatan hingga 65 km/jam, sensasinya hanya bisa dirasakan di dalam perut.
  • Flash, anda diputar 360 derajat sambil diputar lagi oleh lengan robot 360 derajat. Ini sangat recommended bagi yang menyukai tantangan. Tips: Jangan makan sebelum naik ini.
    [
  • Sea Jelly, tampilan ubur-ubur yang berwarna-warni mengikuti cahaya yang dikenakan padanya, pas dimasuki jika Anda ingin ngadem.
    [

Jangan lupa juga di akhir perjalanan Anda, menjelang penutupan theme park sekitar jam 7 malam terdapat show, letaknya di danau buatan Whisker's Harbour.

Mau tahu lebih banyak tentang Hong Kong? Javamilk mempunyai cukup banyak artikel tentang panduan jalan di Hong Kong.