Tips Rental Mobil di New Zealand – Part 3

Pada bagian terakhir dari tips menyewa mobil di New Zealand, di sini saya tulis beberapa tips untuk menghemat biaya

1. One-way Hire

Pada umumnya jika kita menyewa mobil akan dikembalikan ke tempat yang sama. Namun bagi turis/wisatawan umumnya lebih suka menyewa mobil satu arah, misalnya ambil di Auckland dan dikembalikan di Wellington, atau bahkan mobil dikembalikan di Christchurch. Di sini istilahnya one-way hire, dan biasanya dikenakan biaya tambahan (surcharge).

Mengapa sebaiknya kita menyewa satu arah? Karena biasanya tidak mungkin kita mengunjungi sebuah kota sebanyak dua kali (saat pergi dan pulang), terlalu menghabiskan waktu dan ingat biaya bahan bakar di NZ cukup mahal (1 liter gasoline oktan 91 = NZD 2.10 per Oct 2011).

Tidak semua perusahaan rental punya jaringan luas. Kota seperti Auckland dan Christchurch sudah pasti banyak depot rental, tapi belum tentu ada di Queenstown. Jadi jika kita ingin one-way hire, pastikan rental punya depot di kota tujuan.



2. Relocation Deal

Sekarang bayangkan rute favorit turis. Umumnya kita tiba di Auckland lalu akan mencoba one-way ke selatan (Auckland -> Rotorua -> Wellington -> Picton -> Christchurch). Nah perusahaan rental mobil tentu saja akan memerlukan orang yang membawa mobil kembali ke utara. Karena menggaji sopir tidak ekonomis, opsi mereka adalah menggunakan kereta utk mengangkut mobil ini kembali ke depot asal, di mana biayanya juga tidak murah.

Nah, di sinilah terdapat istilah relocation deal. Kita boleh menyewa mobil untuk rute yang sangat diperlukan oleh perusahaan rental untuk mengembalikan mobil mereka. Harga rental mobil dengan relocation deal ini bisa setengah dari harga sewa biasa, bahkan tidak jarang dikasih gratis (betul, sewa mobil gratis!).

Rute ke utara biasa sering dijumpai relocation deal, misalkan dari Christchurch ke Picton, Christchurch ke Auckland, Wellington ke Auckland. Terkadang kita juga bisa dapat relocation dari Christchurch ke Queenstown atau sebaliknya.

Saya berhasil mendapatkan relocation deal 3 hari dari Queenstown ke Christchurch, hanya dikenakan biaya kebersihan sebesar NZD 5 perhari alias 150rb rupiah untuk sewa 3 hari. Dan mantapnya lagi mendapat sedan bagus, Holden (Chevrolet) Cruze matic dengan cruise control. Nyetir tidak melelahkan, hanya waktu beli bensin saja meringis :)

Karena namanya relocation deal, maka biaya sewanya saja yang dimurahkan, yang lain tetap ada biaya seperti isi gasoline dan insurance (optional). Jika relocation antar pulau, biasanya biaya ferry untuk mobil sudah di-cover juga (penumpang tetap harus bayar terpisah). Selain itu hari maksimal sewa dan kilometer sudah ditentukan, misalkan Wellington ke Auckland hanya bisa maksimal 2 hari dan 600km. Lebih dari itu akan dihitung sebagai sewa biasa. Jenis kendaraan juga tidak bisa kita pilih karena tergantung stock mobil yang tersedia, namun sudah diberi ancar-ancar, misalkan sedan atau 4WD, automatic/manual, dan tidak jarang campervan juga ikut relocation deal.

Jika tertarik model relocation ini, maka pastikan kita sudah mengatur dulu rute perjalanan kita beserta tanggalnya, baru bisa browsing relocation deal. Rata-rata setiap website perusahaan rental terdapat deal ini, atau cari di section Special offer. Bahkan ada perusahaan khusus yang menangani relocation, yaitu Transfercar.co.nz yang sangat bermanfaat. Coba browsing ke website ini, pasti ngiler :)

3. Fuel consumption

Mungkin di Indonesia kita tidak terlalu peduli dengan fuel consumption (FC) sebuah mobil karena harga bahan bakar kita yang murah. Namun di NZ, pastikan selain mencari harga sewa yang murah juga bandingkan FC antar mobilnya. Bisa jadi biaya sewa murah namun FC nya boros, sehingga tidak cocok untuk dipakai jalan jauh.

4. Diesel Tax

Untuk mobil bermesin diesel, misalkan 4WD dan Campervan, akan dikenakan lagi diesel tax. Ini pajak yang dibayar ke pemerintah karena alasan pencemaran udara. Biayanya tidak seberapa, namun dihitung per kilometer. Semakin jauh kita jalan dengan mobil ini, akan semakin besar biaya yang harus kita bayar sebagai diesel tax. Jadi jika tidak terpaksa sebaiknya stick to sedan dan gasoline :)

 

Penutup

Cukup panjang juga ya saya menulis artikel tips rental mobil di New Zealand, mulai Part 1, Part 2 tentang campervan, dan Part 3 ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan dream trip of your lifetime !

 

  • iwan

    terimakasih tipsnya sangat bermanfaat

  • Linda

    Kebetulan sy berencana ke NZ sept ini,dan ingin mencoba self driving. Terima kasih banyak atas info dan tips-nya.Benar benar membantu.

  • Juliana Lee

    Halo, saya butuh info untuk tempat rental mobil yang pernah Bapak gunakan jasanya namanya apa ya? Terima kasih sebelumnya.

  • Tonny

    Hi.. jadi lebih baik rent mobil manual atau automatic ya? consider track nya yg suka menanjak dan berkelok2…

    • http://javamilk.com/ alisanta

      Setahu saya mobil rental semuanya tipe otomatis. Mobil otomatis kuat nanjak juga kok, yg paling ekstrim saja kalau perlu dibantu dengan force gigi 1-2.