Jalan-Jalan di Paris

Prev: Jalan-Jalan di Venice

Daftar Perjalanan Hari ini di Paris:

  • Louvre Museum
  • Champ Elysees
  • Arc de Triomphe

Setelah semalam menginap di hotel Venice yang tenang, kami harus bangun pagi untuk mengejar penerbangan menuju Paris. Menggunakan low-cost airline Easyjet dari bandara Venice Marco Polo menuju ke bandara Paris Charles de Gaulle.

Untuk menuju bandara dari hotel atau dari stasiun St. Lucia, kita cukup jalan kaki sekitar 5 menit menuju terminal bus dulu. Dari sini bisa memilih bus kota atau bus shuttle khusus ke airport. Sebaiknya pilih shuttle airport langsung karena lebih cepat. Anda bisa melihat jadwalnya di website ATVO, sedangkan untuk pembelian tiket dapat langsung di terminal. Jarak tempuh dari terminal menuju airport sekitar 20-40 menit tergantung lalu lintas.

Venice memiliki 2 airport: Venice Marco Polo dan Venice Treviso. Jadi perhatikan nama aiport Anda saat booking pesawat. Marco Polo letaknya dekat sedangkan Treviso cukup jauh, sekitar 1 jam. Venice Marco Polo adalah airport yang lumayan kecil untuk kategori aiport di Eropa, tetapi modern dan banyak airline yang melayani bandara ini, termasuk EasyJet.

Penerbangan Venice – Paris memakan waktu 1 jam 45 menit dan kita tiba di Paris CDG Airport yang super sibuk. Dan satu lagi, selamat datang di dunia tanpa bahasa Inggris. Di bandara yang sangat luas ini, petunjuk jalan yang harus kita cari adalah penunjuk lokasi Metro (subway), jadi perhatikan baik-baik petunjuk jalan dalam airport ini.

Sampai di dalam stasiun Metro di airport CDG, mungkin akan sedikit kebingungan karena suasananya yang tidak biasa dan di mana tempat beli tiket metro. Anda bisa membeli tiket metro di mesin berwarna kuning yang mirip mesin ATM menggunakan kartu kredit, atau bisa beli di loket kantor SNCF. Bagi Anda yang melakukan booking tiket kereta SNCF lewat Internet, sebaiknya sekalian juga menukar dengan tiket asli di sini supaya tidak lupa.

Setelah tiket dibeli, maka ikuti petunjuk menuju platform kereta. Kereta yang melayani rute airport ini adalah kereta jalur RER line B. Anda dapat turun di stasiun Gare Du Nord atau Chatelet karena melayani interchange ke jalur lain. Bagi yang masih belum mengerti jalur kereta di Paris, selamat! Jalur kereta di Paris adalah jalur yang complicated bahkan bagi orang yang sudah datang berkali-kali. Silakan coba lihat metro map yang ada di sini.

Perjalanan kereta memakan waktu 30 menit lebih dan kami turun di stasiun Gare Du Nord. Sedikit terbengong-bengong juga karena stasiun ini besar sekali dan kami tidak memegang peta metro. Akhirnya dengan bantuan petugas yang baik hati dan bisa sedikit bahasa Inggris ia menunjukkan saya cara menuju stasiun tujuan.

Secara umum Paris memiliki 2 sistem utama kereta. Yang pertama adalah jalur Metro (logo M dikasih lingkaran) yang melayani pelosok kota dengan jalurnya yang diberi nomor line 1 hingga 14. Yang kedua adalah jalur kereta RER (logonya RER dikasih lingkaran) yang melayani jalur commuter dari pinggiran kota, jalurnya diberi kode huruf A hingga D. Untuk info resmi, Anda bisa baca di website RATP.

Untuk naik Metro, RER, dan juga bus kota memerlukan tiket yang biasa disebut carnet (dibaca: karnei). Tiket ini bisa dibeli di stasiun atau di toko swalayan atau kedai kopi. 1 pack carnet isinya 10 tiket dapat dibeli seharga 11 Euro. 10 tiket ini tidak harus dipakai sendiri, dapat dibagi dengan rekan perjalanan. Tiketnya kecil seukuran kartu domino, terdapat strip magnet di belakang. Setiap kali masuk gate stasiun, masukkan tiket ini ke dalam slot untuk divalidasi (terdapat tulisan print yang menandakan sudah dipakai)

Kita boleh memakai kedua jenis kereta ini, misalkan metro ke RER atau sebaliknya. Normalnya untuk zone dalam kota kita cukup pakai 1 tiket dan bisa interchange. Tetapi beberapa interchange mengharuskan kita untuk keluar dari Metro dan menggunakan tiket baru lagi untuk masuk ke RER. Pastikan Anda membaca papan petunjuk di dalam stasiun mengenai hal ini.

Tips perjalanan supaya cepat sampai tujuan adalah gunakan kedua jenis kereta ini se-efisien mungkin. Metro melayani banyak stasiun dan jalur sehingga cenderung lebih lama (karena banyak berhenti dan harus banyak tukar line) sedangkan RER melayani rute yang panjang dari pinggir kota ke pusat kota dengan jumlah stop lebih sedikit. Jadi sebisa mungkin pergunakan jalur RER dikombinasi dengan Metro untuk perjalanan yang jauh misalkan dari timur ke barat.

Hotel Belgrand yang kami booking terletak di depan stasiun Porte De Bagnolet. Dari Gare Du Nord, ambil line 5 menuju Republique, dan tukar line 3 untuk berhenti di Porte De Bagnolet. Hotel ini letaknya agak di pinggir walaupun masih di pusat kota. Walaupun kamarnya agak kecil, tetapi ada balkonnya (sebuah fasilitas langka untuk hotel murah di Eropa) yang bisa lihat jalan di depan hotel ini.
DSC05404

Setelah urusan hotel dan bagasi beres, saatnya explore kota Paris. Tujuan pertama adalah mengunjungi Museum Louvre, yang menyimpan ribuan koleksi seni termasuk sebuah koleksi paling terkenal di dunia: lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci.

Untuk menuju museum Louvre, kita harus memakai metro line 1 dan turun di Palais-Royal-Musée du Louvre station. Museum ini tepat berada di atas stasiun. Beli tiket masuk sebesar €9, kalau datang di malam hari harganya cuma €6. Bagi Anda yang beruntung bisa datang di hari Minggu pertama di awal bulan, museum menggratiskan tiket masuk.

Museum ini begitu luas dan panjang, sehingga Anda harus hemat langkah, dan cari tempat duduk di dalam museum jika capek. Tujuan utama orang ke museum ini adalah melihat lukisan Monalisa, tapi percayalah- ternyata lukisan itu tidak besar-besar amat dan (bagi saya) biasa saja. Jadi nikmati saja galeri lukisan dan patung di dalam museum.

Di museum ini kami memerlukan waktu hampir 2 jam, itu pun belum semua area dilalui. Pastikan membawa denah museum di tangan karena kita mudah nyasar dan kesulitan mencari jalan pulang.

Dari museum, perjalanan dilanjutkan menuju ke shopping district paling terkenal: Champ Elysees dan berpusat di Arc de Triomphe. Kami berhenti di metro stop Champ Elysees Clemenceau, awal dari jalan Champ Elysees dan ternyata jalan ini sangat panjang untuk bisa sampai ke Arc de Triomphe yang terletak di stop Charles de Gaulle Etoile. Jalan di sini sangat lebar, dan di sepanjang jalan banyak toko dan butik ternama termasuk toko Louis Vitton. Pedestrian sangat lebar, mungkin 8-10 meter lebarnya dengan suasana yang sangat nyaman.
DSC05428 DSC05442

Badan sudah lelah, kaki sudah pegal, ditambah hujan yang lumayan lebat memaksa kami pulang ke hotel untuk istirahat. Kami perlu mengembalikan energi karena besok masih harus main di Disneyland Paris.

Untuk urusan makan di Paris, menurut pengalaman saya tidak terlalu istimewa. Ya untuk fine-dining dan wine yang harganya mahal mungkin enak, tetapi selama di Paris kami menghindari restoran semacam ini. Kami bahkan menyukai makan kebab turki di dekat restoran, harganya cukup murah dan pasti kenyang!

>> Next: Jalan-Jalan di Paris (#2)

 
Hotel reservation - Venere.com
Enter a city  
  or select a destination
 
Select dates
 
Arrival: Departure:
Guests and rooms
 
Guests: Rooms:
 
  • destie

    hi…

    saya berencana mengunjungi paris…. tapi tidak dalam waktu dekat ini… untuk harga ticket pesawat kira berapa biaya yang harus dikeluarkan dan sebaiknya saya harus melalui penerbangan yang mana…trims tuk infonya…

  • elly

    HI, aku mo nanya, dr bandara naek kereta repot ga yah bawa2 koper?

    • shello

      @elly, bisa naik taxi, tapi mahal :) atau bisa naik bus Air France, bisa turun di Opéra, di Denfert Rochereau atau di bandara Orly, tergantung dimana hotel tempet kamu menginap.
      Naik kereta gak repot kok, kami kalau ke CDG, selalu naik kereta/RER B, lebih murah :)

  • shello

    Hi,
    Saya tinggal di Prancis, tepatnya di suburban (banlieu) Paris. Kalau mau lebih hemat lagi, lebih baik beli tiket Paris Visite pilihannya mulai dari 1 hari s/d 5 hari, Zona-nya juga bisa dipilih mulai dari Zona 1 (Hanya Paris) sampai Zona 5/6 (Disneyland), bisa dilihat di situs http://www.ratp.com. Tiket ini bisa dipakai untuk bus, metro, tram & RER, tergantung zona yang dipilih dan lebih hemat ketimbang beli 1 carnet.

    Selain kebab, ada juga Euro Chicken (seperti KFC tapi halal) di boulevard Sebastopol (dekat Châtelet – Les Halles), tidak terlalu jauh dari KFC. Dan rasanya lebih spicy ketimbang KFC :)

    • Theresia

      @shello,

      Hi ,
      Mau nanya dong pas sy klik di website http://www.ratp.com , di website ini pake bahasa perancis , dimana ssy tdk mengerti . Adakah dlm bahasa Inggris ? .

      Hotel yang murah dan baik di daerah mana ? .

      Terima kasih yah , atas bantuannya .

      Salam,

      • Shello

        @Theresia,

        Hai Theresia, website RATP ada beberapa bahasa, coba kamu lihat diatas pojok sebelah kanan yanga da tulisan Tourist Information ada gambar bendera beberapa negara, tinggal klik disalah satu bendera aja :D

        Kalau Hotel yang murah, tergantung didaerah mananya, di Paris atau di suburban-nya, saya gak terlalu banyak tahu hotel mana yang murah, mungkin kamu bisa klik di situs2 ttg hotel murah di eropa, saran saya, cari hotel yang dekat dengan stasiun metro, syukur kalau bisa dekat supermarket yang buka sampe jam 9 malem atau resto fastfood, kalo iseng pengen ngemil bisa lari sebentar. :D

        • andreas Dohardo Situmorang

          @Shello dan @alistmbak mau tanyaa…kan saya rencana mau ke europe ikut tour gtu..nah saya itu pergi sendiri dan status saya masih seorg mahasiswa..dan saya memakai rek tab orgtua utk mngurus visa nya..pertanyaan saya,biasanya bisa diterima ga si pengajuan visanya bt seorg yg masih mahasiswa mbak??tolong direspond nya..makasihhh

  • esa

    hi..
    enak bgt y bisa ke paris..tlg critain dunk sisi lain paris yg ktnya org nya ga ramah,bnyak copet?bener ga sich..trus stuju ga klu paris bener2 kota cahaya?mksh..

    • shello

      @esa,

      copet pastinya dimana aja, terutama di Eiffel (saya ngalamin sendiri, dompetnya hilang, untung 2 hari kemudian ditemukan sama petugas Eiffel, untung cuma uang aja yang hilang). Tergantung..ada yang ramah & gak segan buat ngebantuin, ada juga yang cuek aja. Yup, Paris, the city of light, terutama di daerah Champs Elysées :D

  • fitri

    wah, terima kasih atas info=nya mas, saya memang berencana ke paris dan rencananya akan menetap di sana 1-2 hari saja, dan ternyata bisa yah pilih2 objek wisata diatas dan hanya satu hari langsung selesai, mungkin besoknya bisa ke istana versailles sebelum melanjutkan ke negara lain. thanks berat mas.

  • ankko

    SAlam Kenal Nma saya ankko, ada yg mau saya tanyakan :

    1.Naik taxi dari CDG – Ke the ‘Arc de Triomphe, berapa ya?
    2. Naik RER berapa ongkosnya juga? dan ambil nomor berapa ke the ‘Arc de Triomphe?

    Terimkasih

  • Alist

    @ankko, Taksi dari Aiport ke Paris sangatlah mahal, expect di atas 40-50 Euro. Saran saya naik kereta saja RER Line B.

    Arc Du Triomphe ada di station Champs Elysees, dilayani metro line 1.

    • shello

      @Alist,

      sekedar tambahan yaa Mas, selain Metro line 1, bisa juga naik RER A turun di Charles De Gaulle-Etoile, keluar stasiun persis di depan Arc de Triomphe.

  • Angelis

    Hai Shello,
    Saya baru browsing article ini, kebetulan saya sudah booking tiket Medan-KL-Paris-KL-Medan untuk liburan ke Europe mulai 2 Mei-5 Juni dengan naik Air Asia, lumayan murah karena hanya Rp.6.000.000. Rencana saya mau ke Paris-London-Belanda-German-Swiss-Norway-balik lagi Ke Paris. Sebenarnya disetiap negara ini saya punya teman Orang asing yang sudah berkeluarga, jadi kemungkinan besar saya akan numpang dirumah mereka. Tapi melihat article ini, boleh juga mengikuti trik murah travelling ini.
    Pertanyaan saya kira-kira berapa budget makan sederhana perhari di Europa?
    Apakah sebaiknya beli tiket intern oropah sebelum berangkat kesana atau sebaiknya setelah disana saja. Mohon dibantu.

    Salam… and cheers
    Angelis

    • Alist

      @Angelis, Salam kenal, budget utk makan per hari sekitar 15-20 Euro, mestinya bisa lebih irit kalau bisa makan model roti-rotian.

      Untuk tiket, kalau punya jadwal yang fix, saya sarankan beli tiket jauh2 hari karena lebih murah dibanding beli on-the-spot.

  • septi

    Hai, saya berencana ke Lyon via Paris bulan September 2011. Bagaimana saya bisa ke Lyon dari Paris? dengan train? atau Bus?. Berapa harga tiketnya?. Apa ada tour Eropa yang memasukkan Lyon dalam itinerary-nya? Thanks yaaaa

  • Marny Kwan

    fantastic!
    anw kalo aku dan suami mau honeymoon ke sana ala backpackers itu kira2 bisa ga ya? dan pengajuan visa schengen utk ke paris itu HARUS di duta prancis apa bisa di duta belanda, or mana aja?

    tabungan yg di perlihatkan itu tabungan saya dan suami atau hny tabungan suami?

    dan kalo misalnya dari paris kami tiba2 ingin ke belanda… apa itu bisa dilakukan dengan hny mengajukan 1 kali visa schengen?

  • romance

    bisa juga kok pengajuan ke duta belanda,tabungan yg d perihatkan tabungan keduanya mba..1x visa schengen bisa kok ga perlu rumit..selamat berbackpacker ria ya ..have a fantastic moment.

  • agustin

    salam kenal. bagus blognya dan bermanfaat. Boleh tanya,dimana ya kalau mau beli winter coat dan longjohn bekas yang murah ? atau baru tp murah ? info ini untuk anak saya yg baru 2 mg di paris, jd msh awam.Nggak ketinggalan, dimana ya ada yg jual indomie di paris ? dia kangen berat…..tks ya .

    • lisa

      @agustin, klau pingin beli indomie di paris bisa kantin ambassad indonesia atau di toko gopal di la chappele metro no 2

  • Ida

    salam kenal. tahun depan aku mau ke Paris dalam rangka Exchange selama 1 bulan. mau tanya ? kalau mau lintas negara pakai kereta, lebih baik beli disana atau di Indonesia? trus beli tiketnya harus pakai Kartu kredit ya? Thanks

  • ila_ameyla

    hai…saya akan ke paris bulan 3 nie…saya masih cari hotel ug murah disana.boleh saya thu tempat menarik di paris dn bagaimana mahu ke tempat tersebut..tq

  • Nicole

    Hi, bole tny ya. Jika sy dr Roma rencananya sy mau ke Lourdes, bs tolong dijelaskan scr singkat sy hr naik apa,thx a lot ya

  • PAUL

    Bro, aku sudah masuk ke http://www.toureiffel.com untuk book ticket masuk ke summit eiffel tgl 28 Mar 2012 jam 16.00, tapi kenapa hanya bisa STEP 2 ya?

    Lift entrance ticket with access to the Summit 03/28/2012at 04:00 pm 2 Adult Ticket price : 26,80 €
    Total amount : 26,80 €

    ngak bisa masuk ke STEP 3 apalagi STEP 4…. apakah salah menginput Mobile Phone Number seperti ini : 6281318574xxx ?

  • erna rosita aldjufri

    buat temen yg mo ke paris…gabung yuk….aq ada saudara di paris daerah vity sur sainne…mo ke sana takut…karna terkendala bahasa, kbtln sekarang ada tiket gadura promo 739 $ pp.jkt – amsterdam

  • Jeremy

    Hai, Ada yang mau gabung back paker an ke Paris dan europe akhirJuni ini? silahkan kontak di email saya ya. Buat shello, apakah masih di Paris skrg? Boleh dapat emailnya?

  • Maya

    Halo, mau tanya2 dong,saya ada mau mampir ke Paris tapi tidak sempat main ke Disneyland nya.
    Kalo saya mau mampir ke Toko Suvenir nya Disney, ada ngak Tokonya yg di bagian luar Disneylan nya??
    Soalnya pengen banget beli pernak-pernik Disney….
    Tolong kabari secepatnya ya…..
    THX………

  • baby

    dear all,
    mau tanya dong cara pesan tiket easyjet? karena dari travel indonesia tdk bs membantu atau melayani penerbengan tsb,rencanannya saya dari venice ke paris mau naik easyjet.mohon info yaaa

    makaciiih