City

Ferry Connection dari Hongkong Airport ke China Mainland

  • Published on

Hong Kong International Airport (HKIA) mempunyai fasilitas connection ke beberapa kota di China Mainland langsung, yang memungkinkan kita tidak perlu melalui imigrasi Hongkong dan bisa langsung menuju China. Demikian juga sebaliknya dari China Mainland bisa langsung terbang ke negara lain via HKIA tanpa perlu melalui imigrasi Hong Kong.

Berikut adalah peta dan kota yang bisa dituju saat kita mendarat di Hongkong Airport. Istilah kawasan super ini adalah Greater Bay Area.

HKIA GBA Connection

Misalnya jika Anda ingin mengunjungi Shenzhen, cara normalnya kan kita tiba di HK - lalu clear imigrasi - naik bus/kereta menuju kota - lalu naik kereta MTR dari Hung Hom menuju Shenzhen (Lo Wu atau Lok Ma Chau Port) - keluar imigrasi HK - masuk imigrasi China Mainland. Nah bayangkan waktu yang terbuang untuk melalui 2x imigrasi Hongkong padahal tujuan ke Shenzhen.

Jika kita pakai fasilitas Air To Sea ini, begitu mendarat - beli tiket ferry - naik ferry - masuk imigrasi China. Yep mudah dan lebih cepat, tentu trade-off nya adalah harus bayar lebih mahal untuk tiket ferry antar negara ini.

Perusahaan yang menjadi operator ferry ini berbeda tergantung destinasi Anda

  • CKS Ferry - untuk koneksi ke China Mainland seperti Shenzhen, Dongguan
  • TurboJet - untuk ke Macao Maritime Terminal
  • Cotai Jet - untuk ke Macau Taipa

Tiket Ferry

Disarankan untuk tidak membeli tiket sebelum Anda yakin flight Anda saat mendarat di Hongkong tidak delay. Jadi kalau saya suggest, saat Anda mau berangkat, misal dari Indonesia, beli tiketnya sesaat sebelum panggilan boarding. Atau ya beli on the spot saat mendarat lebih aman, karena sebenarnya tiket ferry jarang kehabisan (paling Anda akan ambil next available time).

Juga perlu minimum 60 menit waktu dari mendarat hingga keberangkatan ferry, jika Anda punya bagasi checkin yang harus di-transfer. Jika tidak ada bagasi cukup 30 menit.

Misal Anda mendarat jam 16.00, maka beli tiket ferry yang di atas jam 17.00. Amannya adalah 90 menit. Karena nanti operator ferry yang akan melakukan pengambilan bagasi checkin Anda dan dipindah ke ferry, bukan Anda sendiri.

Sebagai contoh tiket ferry dari HKIA Skypier ke Shenzhen Shekou adalah HKD 310 untuk kelas economy/standard. Untuk ke Macau harga tiket ferrynya adalah HKD297.

Prosedur Saat Mendarat

Begitu mendarat, Anda tidak boleh melewati imigrasi Hongkong. Langsung cari counter Ferry, yang di papan petunjuk biasa ditulis Air To Sea / Ferry, atau Connection to China Mainland.

China Mainland ke HKIA

Untuk rute sebaliknya, ada satu yang perlu Anda ketahui, kita bisa mendapatkan refund departure tax (karena tidak memakai fasilitas checkin HKIA).

Jadi misal Anda naik ferry dari Macau langsung ke HKIA, Anda cuma akan clear imigrasi Macau, dan akan tiba di area transit / airside dari HKIA. Begitu tiba, akan ada counter "Refund". Tinggal serahkan tiket pesawat Anda dan Anda akan menerima uang cash sekitar HKD 110 per ticket.

Btw tidak semua airlines support bagasi otomatis ini ya, umumnya hanya yang full-service. Jadi silakan refer ke halaman ini untuk informasi.

Happy travelling!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives