Tips

Rute dan Tiket Termurah Tercepat dari Tokyo - Osaka

  • Published on

Jika Anda sedang berencana melakukan Wisata Hemat Ke Jepang, tentu akan sedikit 'kaget' dengan harga transportasi kereta JR Japan Rail Pass yang menjadi mahal, ¥50000 (5 juta rupiah lebih).

Nah sebenarnya tidak semua orang perlu membeli JR Rail Pass yang lengkap nan mahal itu, makanya dari pemerintah Jepang sengaja naikin harganya supaya Anda mencari alternatif lain. Ya, rute Tokaido Shinkanshen sudah terlalu penuh dari sisi kapasitas.

Jika Anda ingin tahu lebih detil saya sudah buatkan artikel yang lebih lengkap tentang Kereta Shinkansen dan Japan Rail Pass.

Kali ini saya bahas perbandingan tiket kereta beli satuan (one way) dan juga tiket pesawat domestik.

Tokyo Station

Tiket One-Way Tokyo-Osaka via Tokaido Main Line

Ini adalah jalur utama, sekaligus tercepat dari Tokyo ke Kyoto - Osaka atau sebaliknya dari Osaka - Kyoto ke Tokyo. Jika waktu adalah concern Anda, maka naik Tokaido Shinkansen adalah pilihan yang paling recommended.

Pencarian Tiket Kereta di Jorudan

Tiket untuk kereta jenis tercepat yaitu Nozomi ¥14,520 (reserved seat), untuk perjalanan 2 jam 30 menit. Sedangkan yang sedikit lebih lambat jenis Hikari Reserved seat 2 jam 54 menit seharga ¥14,200. Jadi sebaiknya jika Anda beli tiket one-way, langsung beli yang Nozomi.

Pesawat Domestik Tokyo - Osaka Murah Juga

Jika Anda ingin cara non-kereta, naik budget airlines bisa menjadi opsi. Pertama, pertimbangkan menggunakan bandara Haneda di Tokyo karena lebih murah transportasi bandaranya. Namun budget airlines banyaknya beroperasi dari Tokyo Narita Airport (perlu sekitar 1200-3000 yen untuk kereta).

Untuk tujuan Osaka, Anda bisa pilih bandara Kansai Airport (KIX), Itami (lebih dekat Osaka dan mudah ke Kyoto), atau Kobe Airport (UKB). Semua ada akses kereta menuju kota.

Low Cost Airlines di Jepang cukup banyak: Jetstar, Peach, Skymark. Tiket one-way tanpa bagasi bisa sekitar ¥4,000-¥6,000 (sekitar 500-600ribu rupiah). Yang penting perhatikan batasan berat dan ukuran bagasi kabin dan checkin karena cukup ketat.

Ada juga anaknya ANA Airlines yaitu StarFlyer. Cukup cari tiket murah menggunakan Skyscanner atau sejenisnya, Anda akan mendapatkan pilihan yang banyak untuk penerbangan 1 jam ini.

Pencarian Tiket Kereta Pesawat Jepang Murah

Jika Anda ingin coba naik domestiknya Japan Airlines, mereka punya tiket rahasia untuk turis, namanya Japan Explorer Pass, Tiket pesawat domestik JAL termurah sekitar 1,1-1,2jt per pax, sudah include bagasi.

Oh ya, untuk domestik route, Jepang itu sangat on-time juga bisa checkin 30 menit sebelum pesawat terbang, bahkan 20 menit sebelumnya jika tidak ada bagasi. Jadi waktu Anda bisa sangat efisien jika bisa planning naik kereta dengan tepat, tidak perlu tiba di bandara 2-3 jam sebelum keberangkatan seperti di negara lain.

Kesimpulan

Nah, jika Anda masih membandingkan dengan beli Japan Rail Pass semahal 5 juta rupiah tentu jomplang kan, kecuali Anda sering sekali naik kereta Shinkanshen baru bisa balik modal.

Pertimbangkan membeli Rail Pass yang lebih spesifik atau area nya lebih kecil karena lebih murah, ya tentu perlu di-riset dulu Anda ingin wisata ke mana saja selama di Jepang dan budgetnya perjalanan ke Jepang.

Happy Travelling!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives