Shenzhen

Javamilk Travel HK

Jika Anda berada di Hong Kong dan ingin coba bermain 1-2 hari ke Shenzhen, caranya cukup mudah dan ongkosnya tidak mahal-mahal amat.

Kereta ke Shenzen

Naik kereta KCR dari Hung Hom Station atau Kowloon Tong. Disarankan naik dari Hung Hom karena kereta masih kosong sehingga Anda bisa dapat duduk untuk perjalanan sekitar 45 menit ini (HKD 31.3 dengan Octopus Card). Kereta ini berhenti di ujung perbatasan Hong Kong yaitu Lo Wu, bisa juga Anda pilih untuk berhenti di Lok Ma Chau (perlu ganti kereta di Sheung Shui). Kedua station ini berbatasan dengan Shenzhen di tempat yang berbeda, Lo Wu berbatasan dengan Luo Wu dan Lok Ma Chau dengan Fu Tian, keduanya memiliki pintu imigrasi.

Begitu tiba di Lo Wu, Anda cukup ikuti keramaian karena semua orang yang turun di sini pasti mau ke Shenzhen. Di border ini kita akan di-stempel exit imigrasi Hong Kong. Siapkan kaki dan energi karena perjalanan dari Lo Wu hingga keluar dari stasiun Shenzhen (Luo Hu, nama sama spelling beda) saya perkirakan lebih dari 700m dan hanya bisa jalan kaki. Melewati imigrasi Hong Kong, jalan terus ikuti panah Shenzhen. Anda akan melintasi sebuah jembatan yang dipisahkan sungai yang menjadi batas wilayah dan berikutnya tiba di section imigrasi China.

Imigrasi dan Visa

Bagi yang belum punya visa China, dapat apply Visa On Arrival (VOA) di tempat ini. Ikuti petunjuk ke Visa Office, letaknya naik 1 lantai dari gate imigrasi. Cara apply VOA Shenzhen cukup mudah, isi formulir visa dulu, lalu ambil nomor antrian. Ruangan VOA ini tidak terlalu besar dengan 3 loket berjejer. Begitu nomor antrian kita dipanggil, datangi loket pertama untuk menyerahkan passport sambil diambil foto oleh petugas. Lalu pindah ke loket pembayaran, biaya VOA untuk WNI adalah RMB 160 (April 2011). Terakhir tinggal tunggu visa ditempelkan di passport dan dipanggil di loket ketiga. Proses VOA ini jika tidak ramai bisa kurang dari 10 menit, namun expect sekitar 30-60 menit.

VOA ini kadang ditiadakan jika ada event penting di China, jadi pastikan Anda sudah bertanya ke orang yang baru pulang dari Shenzhen atau riset di Internet. Jika memang tidak ada, terpaksa Anda harus apply visa China biasa, di Jakarta atau via travel agent di Hong Kong (proses 1-2 hari).

Proses VOA di Shenzhen juga ada di lokasi/port lain seperti dikutip dari wiki shenzhen. Namun jam kerjanya lebih pendek dari Luohu.

  • Luohu Port: 9:00am to 22:30pm (office hour)
  • Huanggang Port: 9:00am to 13:00pm, 14:30pm-17:00pm
  • Shekou Port: 8:45am-12:30pm, 14:30pm-17:30pm
  • Fuyong Port: 8:30am -5:30pm

Hotel di Shenzhen

Saya dengar ada yang sengaja tiap hari bolak-balik Shenzhen-Hong Kong, pagi sampai sore main di HK dan malam menginap di SZ untuk menghemat biaya hotel. Walaupun cara ini mungkin bisa irit (jika Anda sendirian dan punya visa multi entry China), namun secara waktu sebenarnya tidak terlalu efisien, kecuali hotel HK sedang full house dan harganya melonjak.

Memang secara umum, hotel di SZ harganya murah, setidaknya setengah dari harga hotel di HK untuk ukuran kamar yang sama. Harga berbintang 3 saja bisa didapat dengan rate mulai dari CNY 250-350, dan tentunya masih bisa berlari-lari di dalam kamar hotel SZ yang cukup luas, dibandingkan hotel HK yang taruh tas saja masih bingung mau disimpan di mana.

Untuk urusan menginap, rata-rata hotel SZ cukup bersih dengan pelayanan yang standar (‘sedikit’ lebih ramah dibandingkan HK). Seperti biasa, saya prefer tinggal hotel yang dekat dengan stasiun kereta metro dengan alasan kemudahan dan efisiensi.

Di Luo Hu sebagai pintu masuk utama Shenzhen banyak terdapat hotel. Enaknya tinggal di daerah ini adalah akses dari dan ke Hong Kong yang mudah, cukup jalan kaki dari imigrasi, juga dekat dengan kompleks shopping centre Luo Hu (mirip Mangga Dua) yang dikenal oleh ibu-ibu shoppers. Mulai dari Shangri-La Hotel (5*, USD 160) yang berada tepat di depan kompleks imigrasi dan stasiun Luo Wu, lalu di sebelahnya ada Prince Inn Hotel (3*, USD 30) yang pernah saya tinggal, ekonomis, luas dan bersih, walaupun pelayanannya pas-pasan. Juga tidak jauh dari sini ada Crowne Plaza (USD 120). Urusan makan mungkin tidak terlalu masalah karena banyak restoran di sekitar sini bahkan beberapa buka 24 jam.

Kamar PriceInn Hotel Shenzhen

Bisa juga Anda tinggal di wilayah CBD seperti di Fu Tian District, di mana tempat hotel mewah bintang 5 berkumpul, seperti Futian Shangri-La, ShenzhenAir International Hotel (USD 130), . Wilayah ini dijangkau dengan kereta metro, cocok untuk business atau meeting, namun kurang pas jika Anda datang khusus untuk shopping saja.

Atau mencari hotel yang dekat dengan Dong Men shopping street, seperti Sunon Holiday Villa (3*, USD 40, recommended) dan Days Inn Shenzhen (4*, USD 45), dan chain dari Hong Kong: Metropark Shenzhen (USD 60).

Note: semua harga di atas adalah perkiraan rate per malam untuk kamar ukuran double/twin.

Transportasi Shenzhen

Transportasi utama yang dipakai turis adalah Metro. Kereta yang jalan di bawah tanah ini sangat efisien, bersih, dan murah. Ada 4 line yang sudah beroperasi, namun yang kita pakai hanya line 1, mulai dari Luo Hu, melewati Laojie (Dong Men shopping), Huaqiang Rd (shopping elektronik), dan Window of The World station.

Harga tiket mulai dari CNY 2 untuk jarak terpendek. Untuk naik metro ini, kita perlu menukar uang menjadi token (seperti koin) berwarna hijau. Terdapat puluhan mesin tiket otomatis untuk membeli token ini, dan penggunaannya mudah pula. Pilih stasiun tujuan dan jumlah token yg ingin dibeli, lalu masukkan uang koin (CNY 1) atau uang kertas, token akan keluar di kotak penampungan beserta uang koin kembalian jika ada.

Jika pernah memakai Bangkok Metro, kurang lebih penggunaan token caranya sama. Token ini di-tap di reader untuk membuka gate masuk, simpan token, lalu turun ke platform kereta. Di akhir perjalanan Anda harus memasukkan token ke slot untuk membuka gate keluar. Nama Stasiun dan petunjuk arah sudah bilingual (Chinese dan English), jadi mestinya tidak kesulitan.

Tempat Wisata Shenzhen

Sejujurnya tujuan utama orang datang ke Shenzhen adalah untuk wisata belanja barang murah atau mencari barang elektronik (asli hingga yang aspal), benar? Jadi tempat seperti Window of the World (Shi Jie Zhi Chuang/Window of the World Metro Station) yang berisi replika landmark terkenal dunia seperti Eiffel Tower, dan Splendid China Cultural Village (Hua Qiao Cheng Metro Station, exit D) bisa jadi hanya perlu Anda lihat sekilas dalam sehari (sisa waktunya tentu untuk belanja).

Shopping centre pertama yang Anda lihat begitu keluar dari imigrasi Luo Hu, yaitu cukup naik eskalator 1x, langsung akan dihadapkan dengan Luo Hu Commercial City di sebelah kanan. Bangungan setinggi 5-6 lantai ini berisi ratusan toko-toko kecil yang bisa menghabiskan waktu seharian jika ingin melihat dan memborong barang. Mulai dari handbag bermerek (keasliannya tentu diragukan), koper (sepertinya jualan utama di sini), hingga pakaian jadi dan sepatu. Keahlian menawar ala Mangga Dua harus dikeluarkan di sini, jika Anda tidak bisa bahasa Mandarin cukup oper-operan kalkulator untuk menawar.

Juga ada Dong Men shopping street yang menjual merek-merek lokal. Untuk ke sini, naik metro line 1 dan keluar di Lao Jie station, ikuti petunjuk jalan atau tanya orang, kira-kira 5 menit jalan lagi untuk menemukan jalan ini. Dong Men terdiri dari beberapa jalan kecil yang khusus pedestrian, semakin malam semakin ramai dengan kawula muda. Barang yang dijual di sini cukup unik, karena merek lokal tentu cukup asing bagi kita. Salah satu merek yang mulai mengglobal adalah toko sport Li Ning (logonya mirip N*ke), kualitasnya lumayan dan designnya tidak kalah oke.

Selain itu, Shenzhen mempunyai beberapa mal-mal megah dan indah, namun rasanya tidak perlu dibahas di sini yah :) Berikutnya, ada satu lagi kawasan shopping, yang ini khusus menjual barang elektronik. Naiklah metro line 1 dan turun di Hua Qiang Lu Station. Cari pintu exit A, dan jalan terus sekitar 100 meter hingga menemui perempatan. Nah, begitu Anda belok kiri, akan langsung mendapatkan atmosfir yang berbeda, yaitu papan iklan sepanjang jalan produk elektronik.

Yang menjadi magnet utama adalah SEG Electronic Market, terletak di corner jalan Hua Qiang (akan Anda temukan pertama kali). Gedung berukuran raksasa ini, berlantai 10, isinya all about electronic. 2 lantai pertama berisi toko komponen kecil (seperti switch, transistor, IC, dll), mulai lantai 3 hingga 10 baru barang jadinya. 2 lantai khusus menjual notebook/laptop merek top seperti Acer, Lenovo hingga merek lokal yang bikin Anda terbengong-bengong karena designnya mirip Apple Macbook. Lalu ada lantai khusus menjual PC dan aksesorisnya (VGA Card, Disk drive, Harddisk), dan ada lantai khusus menjual aksesoris seperti sarung handphone, tas notebook, mouse dan keyboard. Tentu tidak ketinggalan ada lantai khusus handphone dan iPad beserta segala tiruannya. Rasanya begitu komplit, dan bisa menghabiskan waktu seharian untuk melihat dagangan mereka yang luar biasa banyak.

Maklum Shenzhen adalah basis produksi komponen dan gadget untuk dunia. Produk Apple seperti iPad atau iPhone diproduksi oleh Foxconn yang pabriknya tidak jauh dari Shenzhen.

Selain SEG Building, juga ada gedung atau shopping centre lain di sekeliling yang menjual produk elektronik sejenis. Yang penting Anda harus jeli dan tahu barang, mana asli dan aspal, serta memperhatikan kualitas yang dibeli. Selain laptop, barang elektronik tidak ada list price (kira-kira seperti elektronik Mangga Dua), jadi Anda juga harus pintar menawar (walaupun mestinya tidak bisa ditawar setengah harga.)

Cari Hotel Murah:
  • dahlia

    Terima kasih atas informasinya sangat berguna sekali untuk guidance saya kesana. Saya berencana tgl 20 July nanti akan ke China melalui shenzen selama 6 hari disana. Apakah bisa saya diinfokan kekota mana saja yang dapat saya kunjungi selama 6 hari didataran china tersebut. Mungkinkah saya bisa dari shenzen, lalu ke quangzo, beijing atau kota lain? kira-kira kota2 mana saja sesuai urutan yang mudah dikunjungi dari segi transportasi dan kembali ke shenzen sebelum kembali ke Jakarta.

    Ini merupakan perjalanan 1 saya ke China jadi saya sangat buta dengan tempat-tempat wisata disana kecuali dari informasi di internet.

    Terima kasih
    Dahlia

    • Alist

      @dahlia, Jarak SZ ke Beijing atau Shanghai sebenarnya sangat jauh, paling mudah adalah naik pesawat.

      Mungkin kalau saya boleh saran, fokus di Cina selatan saja, berarti seputaran Shenzhen (2hari), Guangzhou (2hari), dan Zuhai/Macau

  • Aie

    Hi,
    mau tanya nih ada sy ada rencana ke macau, hkg dan shenzhen pertengahan oktober utk tiket dan penginapan sudah beres. masalahnya visa ke shenzhen nya, katanya bisa VOA tp kok saya baca2 di internet katanya indo ga bisa ya..tolong info nya ya..

    thanks

    • Alist

      @Aie, VOA itu sangat tergantung dengan event yang akan berlangsung di China. Jadi jika ada event besar (seperti dulu Olympic atau Asian Games) maka kemungkinan VOA akan dihentikan sementara. Dan karena Oktober masih lama tentu belum ada informasi tentang ini.

      Nanti sekitar September coba browsing atau tanya orang yang baru pulang dari HK/SZ, jika masih bisa VOA maka cukup ke sana urus VOA. Worst case juga bisa apply visa saat di HK lewat travel agent.

      Namun jika mau aman dan berencana akan ke China lagi dalam 1 tahun, sebaiknya apply multi entry visa dari sini, visa tsb bisa berlaku 6-12 bulan.

  • dahlia

    Thanks atas advice, mohon infonya kalau tujuan saya dari Shenzen ke Guangzhou lalu ke Macau, naik apakah (train, bus atau boat) mana yang lebih effisien. dan baiknya dari Shenzen ke Macau dulu atau Guangzhou lalu kembali ke Shenzen.

    Saya tidak lihat bahasan tentang Guangzhou, apakah bisa kasih rekomendasi hotel dan tujuan wisata disana.

    Terima kasih sebelumnya

    Dahlia

  • Suli

    Hi Alist,
    Mohon informasinya saya berencana tgl 18 September akan ke china skalian mau ke hong kong juga selama 2 mingguan(1 minggu di china, 1 minggu di hongkong) melalui shenzen.

    waktu 1 minggu bisa saya pakai kekota apa yah kalo centralnya di beijing, trus ongkos pesawat dari shenzen ke beijing kira2 berapa?

    bagusnya sy dari shenzen langsung ke beijing atau ke hongkong dulu?

    sy tiba di shenzen sekitar jam 5 sore.
    komunikasinya sy cuma bisa pake bhs inggris.

    Ini perjalanan 1 saya ke China, saya buta dengan tempat-tempat wisata disana.

    Terima kasih banyak atas infonya

    suli

    • Alist

      @Suli, Beijing-Shanghai-Hangzhou-Shuzhou bisa menjadi 1 trip dalam 1 minggu (walaupun agak padat).
      SZ ke Beijing pesawatnya kira-kira 800rb-1jt.

      Visa China ada yang single entry dan multiple, jadi jika cuma punya single, harus selesaikan semua trip china dulu baru ke HK.

  • Vega

    Hai Alist,
    mau tanya dunk. Kalo akhir desember kira2 tgl 30 gitu bisa VOA gak ya? Atau harus pake visa China. Soalnya tanggung cuma 1 hari doank di shenzhen.
    Thanks ya.

    • Aming

      @Vega, Kalau bulan desember sudah bisa VOA.
      Kalau kamu ke Shenzhen nya rombongan nanti saya bisa menguruskan dari Hong Kong.
      jadi sekalian ikut shenzhen city tour terus nanti visa saya yang ngurus.

  • Jenny Lo

    Halo Alist

    Untuk Shenzhen Beijing Pake pesawat apa ya>>
    Harga yg diinfo 800 rb – 1 juta itu tiket return apa one way..
    karena saya cek harga airline harga dipertengahan agt hampir 400-500 usd.

    Apakah baiknya beli paket tour di shenzhen aja utk tujuan beijing 5 hari gitu..saya bawa keluarga.
    Mohn advicenya, terimakasih.

    Jenny Lo

  • Jenny Lo

    Halo Alist

    Untuk Shenzhen Beijing Pake pesawat apa ya>>
    Harga yg diinfo 800 rb – 1 juta itu tiket return apa one way..
    karena saya cek harga airline harga dipertengahan agt hampir 400-500 usd.

    Apakah baiknya beli paket tour di shenzhen aja utk tujuan beijing 5 hari gitu..saya bawa keluarga.
    Mohn advicenya, terimakasih.

    Jenny Lo

    [Reply]

    • Aming

      @Jenny Lo,

      ticket pesawatnya sudah beli belum ya dan rencana kapan ke Beijing..biar saya coba check-khan harganya.
      paket tournya saya juga ada..

      thanks/aming

  • http://www.bomanta.com Boma

    Hi Allist, oktober bsk Aku mau ke HK sam a istri n anak yg usianya 1 tahun,Ada Saran sebaiknya bawa stroller atau tidak ya,banyak yg suggest utk tdk bawa tp Aku pikir itu memudahkan utk mengistirahatkan anak ku,thanks buat Sarannya ya,keep travellin’

  • sandra vimala

    saya mau tanya kalau tur di shenzhen u 8 orang kena berapa apakah u visa nya gratis …bisakan saya diberi litenarynya u 2 hari 1 malam …makasih

    • Aming

      @sandra vimala,

      Rencana ke Shenzhen tanggal brp..??kalau 8orang untuk visanya saya uruskan dari Hong Kong saja.

      thanks / aming

      • sianti

        @Aming,
        saya berencana mengajukan VOA di LO WU, tgl 24 Des 2011 pesawat kami tiba jam 20.35 dan rencana kami akan langsung menuju ke shenzhen.apakah kamu bisa menguruskannya di Hongkong.
        rombongan kami 8 orang, apakah VOA bisa langsung kami dapat saat saya tiba di hongkong. berapa biayanya ?

  • vee

    Halo, kalo dari Bandara Hong Kong ke Xixiang, Shenzen naik airport express train, harus ganti KA di Tsing Yi atau di mana ya pak? Minta infonya ya. Terima kasih.

    • Aming

      @vee,

      setahu saya naiknya dari Louhu terus ke Xixiang nya naik subway.

  • Ecy

    Hallo….
    Mau tanya Sept ini saya & teman akan ke shenzhen hanya 1 hari, apakah VOA sudah bisa?
    Thanks

    • Aming

      @Ecy,

      Sekarang VOA nya sudah bisa.

      • Monique

        @Aming, apa betul ya VOA di Lowu sudah bisa di apply lg secara langsung per tanggal Sept 19, 2011 ini? krn ada temen awal Sept ke Lowu, masih gak bs utk apply VOA.

        • Aming

          @Monique,
          Sebenarnya 01 Sep 2011,VOA sudah di buka lagi,karena kebetulan tanggal 01 sep itu tamu saya masuk ke Shenzhen dan visa nya saya yang ngurus.

          Karena VOA itu tergantung sama petugas imigrasi, kalau syarat-syarat nya menurut petugas imigrasi kurang lengkap,maka mereka berhak menolak.

  • Monique

    Hi Aming,

    Ada email yg bisa saya contact kalau saya mau minta tlg utk VOA, kebetulan berangkat-nya minggu depan?

    Thanks
    Monique

    • Aming

      @Monique,

      ok, coba kirim email ke saya ya,ini email saya, alibabaholiday@yahoo.com
      emang rencana yang mau ke Shenzhen berapa orang..?

  • santi

    sy ada rencana mau ke Macsu,Hongkong,Shenzhen dan zhuhai rencananya sih
    5 orng bisa dijawalin enggak ya soalnya kami semua tidak berbahasa mandarin,Thank’s

    • Aming

      @santi,

      Maksudnya program yang cocok atau gimana ya..??

      Thanks/aming
      alibabaholiday@yahoo.com

      • santi

        @Aming,
        ya program yang cocok untuk kami ber 5 dengan harga yang hemat karena kami belum belum ada tiket karena dengan tour banyak tempat yang tidak perlu di kunjungi misalnya tempat obat dll.kalau bisa ada pemandunya yang bisa bahasa indonesia, dan rencana berangkatnya bulan februari 2012.

  • dimaz

    saya mau ke shenzen dari HK, kira2 kalo tour biayanya berapa ya? penginapan di shenzen saya yg booking saja. terima kasih.

  • shianty

    salam kenal pak,

    sy dan suami tgl. 9 nov 2011 berangkat ke hongkong , pak apakah visa shenzhen bisa dipakai untuk pulang pergi hongkong – shenzhen ( 3 hari )

    ditunggu reply nya pak, tq

  • ria imelda

    Saya tinggal di guangzhou, lalu ingin ke HK untk liburan, lbh aman naek bis ato train ya? Kalau naek train, apakah saya harus booking tiket di guangzhou east railway station?

  • ayum

    Haiii, salam kenal,,,
    Saya m k hk bulan desember, kl d hk dmn saya bisa beli barang branded yg reject (misal: lv, gucci) tp yang authentic, bukan palsu. Kan harganya jauh lebih murah. Tengkyuu,,,

  • http://soundrenaline-rsd.blogspot.com ratna

    mau tanya visa 160 RMB itu untuk berapa lama stay di china ? lalu apakah hanya bisa digunakan di daerah shenzen aja ? atau bisa digunakan di semua daerah di china termasuk beijing dll ? apakah di china / hk, macau terdapat seperti di indonesia ” kost ” / homestay dengan penduduk setempat ?

    kalau ke china itu nyaman bulan apa ya ? yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas ? dan kalau ke hk enaknya bulan apa ? soalnya kalau terlalu ramai juga tidak nyaman takut nya tidak bisa kemana2 karena antrian panjang ?

    terima kasih

    saya tunggu infonya

    ratna
    premanbwi@yahoo.co.id
    08121674541

    • Alist

      @ratna, Visa on Arrival hanya bisa 5 hari dan stay sekitar Shenzhen dan Guangzhou saja. jika ingin bisa ke wilayah lain seperti
      Beijing harus apply visa di embassy seperti biasa.

      - HK banyak kok hostel bisa untuk single, coba cari di hostelbooker.com

  • Aming

    saya rasa naik train lebih enak ya, jadi nanti turun,
    dan ticketnya harus booking juga di Guangzhou east railway station.

    Thanks / aming

  • Lilis

    saya rencana tgl 18 ke HK dan 19 mau ke shenzen-Guangzhou. Bisa tolong urusin VOA untuk 3 org ga (1 dewasa 2 anak2) . Dokumen apa aja yg harus dilengkapi dan biayanya berapa? thx

  • onedee

    bro/sis

    kami sekeluarga (2 dewasa + 2 anak ) berencana visit ke shenzhen tgl 30 Des 2011 dari HongKong. Apakah bisa langsung apply VOA di imigrasi HK? atau sebaiknya disiapkan di indo? kami sudah beli voucher hotel di SZ.
    (biaya bikin visa via travel agent disini sekitar 600rb an, kalo apply disana jauh lebih murah ya?)

  • imels

    Saya mau tanya.. tgl 26 – 31 dec ini saya mau ke hongkong, kalau saya ke shenzen tgl 29 Dec PP apakah VOA shenzhen buka?

    Bagaimana caranya ya? Mohon bantuannya..

    Thank u..

  • hendri

    Dear Alist
    saya rencana tgl 2-4 jan mau ke shenzen dari HK
    apakah VOA buka pada hari itu?
    kalau sy urus visa di HK di tempat kamu alamatnya dimana?
    kalau saya dari SZ ke Macau lebih baik naik apa ya?

    Thanks
    hendri

  • ika

    lebaran nanti (msh lama ya :D) 16 agust-25 agust aku n teman2 (sktr 10org) berencana ke guilin-hangzhou-guangzhou-zhensen-zhuhai. sudah benarkah rute itu? skr msh browsing tiket sih.. dr zhenzen ke zhuhai bs langsung apa lwt macau dl? kamu bs arrange tur apa aja? tur dg rute spt yg kami inginkan bs gak?

    • Aming

      @ika, wow, masih lama buanget.
      Kalau dari shenzhen ke zhuhai tidak usah melewati macau.
      biasanya 6hari 5 malam sudah cukup kalau guangzhou-shenzhen-zhuhai-macau dan juga hong kong.

  • antie chan

    klo dari shenzen ke macau..gak perlu visa VOA lg ya sist?klo pp bisa gak ya?jd ga nginep gitu…

    • Aming

      @antie chan, Kalau dari Shenzhen menuju Macau ga usah pake visa (karena macau free)
      tetapi kalau sebaliknya (dari Macau ke Shenzhen) harus pake visa..

      • antie chan

        @Aming, eh salah maksud aku dari shenzen ke guangzhou ko….hehehehe bisa pp gak n ga nginep?soalx aku cuma pny wkt bbrpa jam aja..

        • Aming

          @antie chan, dari Shenzhen-Guangzhou bisa pp kok, dan visanya juga sama.

  • Nengmira

    Hi salam kenal, saya mau ke hkg -gz-shanghai-beijing (dr tgl 8 feb – 22 feb)-balik jakarta dari beijing. Pertanyaan saya, apakah VOA shenzhen pd tgl sekitar 11 feb 2012 bisa, dan berlaku sampai tgl 22 feb 2012 (krn sy akan kembali ke jkt dr beijing tgl 22 feb)? Saya pergi berdua dengan adik saya. Kl saya butuh mengurus visa utk tgl 8 feb 12, bisakah alist/aming menguruskan untuk saya n adik saya? Berapa biayanya?

    • Aming

      @Nengmira, mengenai VOA sudah bisa akan tetapi nanti bisa masuk tidak nya tergantung sama petugas imigrasi.
      kalau lewat saya minimal harus 3 orang dan visa yang dari kami ini hanya bisa tinggal di Shenzhen selama 144 jam atau 6 hari.

      jadi saya minta maaf kalau 2 orang, saya tidak bisa menguruskan dari Hong Kong

  • bayu

    hi, salam kenal… rencana tgl 16-22 feb 2012 ini ke macau-hk maunya tanggal 19 feb ke shenzhen… VOA bisa ngak ya? thanks

    • Aming

      @bayu, mengenai VOA sudah bisa akan tetapi bisa masuk tidaknya nanti tergantung sama petugas imigrasi.
      emang rencana berapa orang yang mau ke Shenzhen, karena kami juga bisa menguruskan china visa skalian tour, akan tetapi minimal 3 orang

  • Kaka

    Hi saya mau tanya,bisa buat tur ke beijing dkk ga? Kurang lebih bajet 5-7jtan perorg utk bulan juni ini berangkat dari gz :) tmpt yg saya mau guilin,beijing,shanghai,dkk bisa ga?tolong reply asap ya,krna klo mmg ad tour guide dr indo yg brgkt dr g
    Gz saya mau ikut krg lbh 3-8org :) tq

    • Aming

      @Kaka, 5-7 juta itu dah termasuk ticket pesawat belom..?? karena klo termasuk ticket pesawat, sepertinya tidak bisa.

  • Kaka

    Oh.. Biasanya klo dengan tiket pesawat kena berapa y? Paling tiket pesawat gz-beijing saja kan?kalo beijing-sh-guilin bs pake kereta tidak?

  • Kaka

    Sekalian mau tanya klo mau booking hostel dihk saya booking hanya untuk 6 dewasa total orgnya(7 dewasa 2 balita) tapi pake kamar yg deluxe 3 bed private 2 kamar. Cukup g ya? Dan booking lewat hostel world.com bs dipercaya tdk? Krna biasa saya pKe Agoda. Biasanya sih saya on the spot,tp krna bawa anak2 saya agak takut klo pas tiba di hk tdk dpt tempat. Menurut anda bgma?

  • azie

    salam kenal,
    klu dari shenzen ke HK berapa jam ya?
    bisa naik train atau bus?
    thanks :)

    • Aming

      @azie, dari shenzhen ke hong kong klo naik train perkiraan 1jam, tapi klo naik mobil/bus tergantung macet ga nya.

  • Julia

    hai, boleh nanya nih, kami ber4 pengen ambil rute jalan ke Shenzhen, menginap di Luohu, baru balik ke Indo via Hongkong Airport (HKIA), transportnya apa aja ya pilihannya?thx seblomnya…

    • Aming

      @Julia, transportasinya bisa naik ferry, train dan juga mobil..

  • Yudis

    Halo mas! mau tanya, kalo dari shenzeng ke hongkong, perlu lewat imigrasi lagi ga yah? makasih!

    • http://Javamilk.com Alist

      @Yudis, tentu perlu lewat imgrasi

  • linda

    haii, mo tanya ya. saya ke shenzhen lewat KL. kalo nginap lebih baik di prince inn atau di sunon holiday villa? karna besok paginya saya langsung mau ke window of the world. jadi yang deket ke stasiun juga yang mana ya?

  • elis

    hi….
    mau nanya ni
    sy dr Singapore ke Hongkong
    * kalo dr HK ke Shen Zhen kan hrs pake visa bagi org indo
    klo sy minta visanya di HK bisa gak ya ?
    * kasi tau dong kalo hotel Shen zhen yg dekat dengan terminal n soalnya nanti pulang ke Hk lbh gampang
    * shopping mall nya yang mana brngnya murah / tempat belanja yang di kaki lima
    * misalnya ampe di HK bru kita cr tour untuk ke Shen Zhen , kalo gitu mahal gak ya ?
    * kalo di macau seneng gk tempat shoppingnya ?
    n mhl gk kalo tinggal hotelnya , krn sy denger orng bilang di macau hotelnya mhl , emangnya ada yang mura ga ya ?
    * kalo di HK belanja nya yg murah di mana ya ?
    * di HK hotel yang mura kira kira di mana ya ?

    Tolong di jwb ya
    soalnya gue gak perna pergi
    hee he he heee

    • Aming

      @elis,
      1) Visa China
      Mengenai visa china bisa apply waktu di imigrasi shenzhen, akan tetapi bisa masuk ga nya tergantung dari imigrasi.

      2) Ikut city tour
      Kalau ikut city tour lewat travel Hong Kong juga bisa, dan tidak mahal kok.
      kalau boleh tahu berapa orang, karena klo banyak sich saya bisa menguruskan, akan tetapi kalau hanya 1-2 orang saya tidak bisa.

      3) Hotel Macau
      Hotel macau memang mahal, akan tetapi yang paling mahal itu kalau hari Jumat-Sabtu & tanggal merah.

      4) Hotel Hong Kong
      Mau murah yang gimana..

      5) Belanja di Hong Kong
      Emang mau belanja apaan, klo souveir hong kong bisa di Mongkok Night Ladies Market

  • nana

    Saya bulan Mei ini rencana mau ke Macau dengan pesawat Jam 20.30 tiba di airport Macau. bila saya mau ke Shenzhen, sebaiknya melalui Zhu Hai atau Sekhou pada malam itu juga? Apakah di masih sempat buat VOA di Zhuhai dan Jam berapa tutup/buka kantor imigrasi di zhuhai, kendaraan apa yang cocok untuk sampai ke Shenzhen dan berapa biayanya?, Mohon balasannya segera. Tq

    • Aming

      @nana, Kalau dari macau menuju Shenzhen, mending naik ferry saja, karena kalau melewati zhuhai malah repot.

      imigrasi china tutup jam 12malam,

  • http://Hkgshenzhen Sandra

    Saya mau tnya kalo sy dr hkg mau ke madame ts, disney, ocean park dan tmpt patung Budha yg bsr bisa gak dlm 2 hari.
    Kalo dr hkg ke shenzhen bisa pulang hari atau hra nginap di shenzhen nya.
    Berhubung rute kami jkt hkg guangzhou jkt, mohon petunjuk sdh benar gak
    Kami bisa gak dr shenzhen naik kereta ke guangzhou
    Thanks Aming :)
    Sandra.
    Kalo boleh minta no tlpnya sekalian :)

    • Aming

      @Sandra, kalau ke Madame tussaud, disneyland, ocean park, patung budda, hanya sekedar photo mungkin bisa, tapi klo mau main ya ga bisa, kecuali mainya hanya 5 menit..hehhehe

      Hong Kong – Shenzhen bisa pulang hari (day trip)

      dari Shenzhen ke Guangzhou biasanya naik bus,
      oh ya, emang kamu berapa orang..?
      dan kalau kamu mau ke Guangzhou/Shenzhen harus apply visa, akan tetapi kalau kamu banyak org dan di shenzhen atau guiangzhou ikut tour dari kami, mengenai visanya bisa saya urus dari sini.

      ini alamat email saya.
      alibabaholiday@yahoo.com
      HP: +85268001318

  • dewi

    dear aming, sbl nya sy sdh pernah nanya dan tks jawabannya, tp jadwal sy berubah dari yg sbl nya, sy ber-5, 3 dws, 2 anak, berangkat 24 Agust-30 Agust, sdh ada tiket pswt jkt-hgk-jkt, sdh booking hotel di macau u satu malam 26 Agust (katanya bisa dibatalin, gratis), tadinya renc hanya ke hgk-macau, tapi skrg pengen juga ke-shenzhen, enaknya rutenya gimana ya, belum booking hotel di hongkong, saya agak pusing bikin rutenya, karena tiket pulangnya dari hongkong lagi…tks ya, ditunggu jawabannya, biar bisa booking hotel segera….sesuai advis Aming sbl nya, tks

    • Aming

      @dewi,
      klo rutenya seperti di bawah ini cocok ga, maksud saya suka ga:

      24/8: Arr-Hong Kong
      25/8: Hong Kong disneyland
      26/8: Hong Kong-Shenzhen
      27/8: Shenzhen
      28/8: Shenzhen-Macau
      29/8: Macau-Hong Kong
      30/8: Hong Kong-Jakarta

      Kalau ke Shenzhen harus pake visa, tapi kalau ikut tour saya (di Shenzhen) untuk visa saya yg akan ngurus.
      dan kalau mau beli ticket disnetyland, di tempat saya juga ada.

  • Dewi

    dear aming, satu lagi, kelupaan, tentang visa ke schen zhen, bisa ga kalau kita masuk dari macau ke shen zhen lalu besoknya keluar dari schen zen ke hongkong….. dan harga nya beda ya kalau VOA di schen zhen dengan urus visa di jakarta?

    • Aming

      @Dewi,
      mengenai visa bisa kok masuknya dari macau dan keluarnya dari shenzhen.
      kalau kamu ikut tour saya, kamu tidak usah mengurus visa di jakarta, karena di jakarta khan mahal.
      jadi kamu tinggal kirim nama lengkap dll sesuai yang di passport.

  • feni

    saya mau tanya, saya mau ke shenzhen
    hotel saya sudah punya
    saya mau ikut tour di shenzhen dan bagaimana pembuatan visanya. saya ke shenzhen dari hongkong. sebaiknya naik apa yah?

    • Aming

      @feni, kalau boleh tahu kapan dan berapa orang, oh ya mau berapa hari…
      kalau diatas 5 orang visa bisa saya buatkan di hong kong dan persyaratanya passport detail..
      dan kalau dari hong kong ke shenzhen bisa naik train, mobil dan juga bus..

  • astrid

    mau nanya nih, kalo di hongkong-shenzhen-macau biar bisa nyalain bb (bbm,twitter) lebih baik pake provider apa ya? provider indo sepertinya roamingnya mahal. kalo pake provider lokal hongkong apa bisa dipakai juga di shenzhen dan macau? atau punya info tentang provider indo yg murah? makasih ditunggu jawabannyaa

  • Novie

    Mau tanya

    Saya ber-8 mau pergi ke HKG, rencananya tgl 30Jun12 – 5Jul12, rencananya begitu saya sampai di HKG saya langsung mau ke Shenzen sampai tanggal 2 Jul12,bagaimana ya caranya, karena trip kali ini ada 4 dewasa-4 anak kecil.. Kalau mau ikut tur bagaimana? Apa bisa saya sekeluarga dijemput dari HKG Airport ? Klo bisa berapa biayanya ? Terima Kasih

  • Else

    Hi… salam kenal.
    Saya rencana ke Shenzhen tgl 13 Juli 2012, apakah saya bisa pake VOA aja dr Hongkong? Apa saja yang diperlukan utk itu. Thanks

    • Aming

      @Else, bisa pake VOA,
      dan bisa juga lewat travel di hong kong, tp minimal 5orang.

  • Fenny

    Saya mau ke Shenzen dari Hongkong. Kita berada di Hk tgl 03 Juli 2012 dan berencana ke Shenzen, kita ber-8 orang . kalau bisa buat visa dari hongkong berapa harganya ? dan apa syarat-nya ? Bagaimana caranya ?
    Thanks

    • Aming

      @Fenny,
      emailnya apa ya..? saya tak kirimkan harganya

  • Nurie

    Hallo..weekend ini saya mau ke Macau, Guangzhou,Senzhen n Hkg.. kalo saya apply VOA di Zhuhai lalu naik bus ke Guangzhou apakah bisa keluar dr China melalui border yg Senzhen? ato harus keluar lagi melalui border Zhuhai?
    di tunggu infonya yahh.. trims

    • FENDY

      @Nurie, Tidak masalah keluar dari border mana..yang penting 3 kota saja..Guangzhou/Shenzhen/Zhuhai

  • Zyonz

    Tolong di jawab ya
    1. Saya mau ke hongkong apply visa untuk ke Shen zhen di bulan ini .
    Jadi langkah langkah apply visa di hongkong bagaimana ya ?

    Tapi kata kakak ku yang ada di hongkong
    Kalo mau apply visa di hongkong
    Semua data data pribadi
    Misalnya foto copy akta kelahiran , passport
    Harus terjemahan ke bhs mandarin / eng
    Apakah ini bener ??????

    Kasi tau dong tempat wisatanya & tempat belanjanya di hong kong , Macau & shenzhen
    Tempat yang harus pergi gak pergi pasti rugi
    Saya disana Kira Kira 2 minggu
    Jadi Tolong kasi tau tempatnya

    Thank you

  • Leon

    Hi, Aming Pls help your advice ,
    saya kel besar 10 dewasa+5 anak-anak eta shenzhen tgl 21 tengah malam jam 23:05 ,saya sdh pesan hotel di century plaza area Lou Hu, bisa sewa mobil mini bus ngga sama kamu nganterin kami ke hotel,harganya brapa ? , klu ngga bisa baiknya naik apa ke hotel yach, trus besoknya tgl 22 mo city tour shenzhen sama kmu berapa biayanya, begitu juga klu city tour di hongkong, thanks

    • Aming

      @Leon, hi, harga paket tournya sudah saya kirimkan.. tolong di check

  • Marcellina

    Halo,
    Sebenarnya liburan ini rute sy sblmnya hkg-shen zhen-macau-hkg, tp terpikir mau ke guang zhou lwt shenzhen, dg VOA. Tlg advisenya dong, transportasi shenzhen-guangzhou apa yg plg efisien ?
    Thx

  • Dona

    Hi,say a bulan agustus rencana ke Shenzhen dr hk.kit a 10dewSa 4anak . Kalau dibuatin voa Shenzhen berapa biayanya Dan bias dibantu city tour di Shenzhen ?hotel apa yg paling dekat shopping mall tapi murmer.tq

  • anita

    hi aming yg baik..bisa bantu kasih advice ga’?
    saya punya rencana mau tur ke hkg kira2 bln november-des.
    rencananya hanya hk-jkt-hk (2 dwsa + 2 childs) 6 malam.
    kira2 agar ini menjd. liburan yg OK bisa kasih saya advice ttg :
    -tempat wisata
    -tempat menginap (family friendly, harga jgn mahal2 amat))
    -tempat belanja OK (murah dan bagus)
    -tempat makan
    -dll yg kira2 bakal jadi liburan yg asik
    (jadi kaya’ semacam detail rencana perjalanan gitu deh)
    trmksh sebelumnya ya..semoga kamu mau membantu saya..krn ini perjalanan pertama kami. kamu bisa kirim ke imel saya langsung…banyak2 trmksh yaaa..

  • Vony

    Hi aming :)
    Mau nanyang dong…kalau mau beli pernak pernik mural di Shenzhen di pasar apa yah?..kaya misalnya..lampu lucu lucu, hiasan hiasan…hehehe..need ur advise nih…

    • Aming

      @Vony, coba cari di pasar Louhu & Dongmen

  • Winnie

    Hi Aming,
    Mau tanya dong.
    Apakah ada link untuk saya mengupdate tgl2 event penting di china?
    Th dpn saya akan ke Shenzhen dari Macau dan akan kembali ke Jakarta dari Shenzhen.
    Ada yg mengatakan kalau saya tidak bisa dpt VOA, krn bandara Shenzhen ada di luar kota, jd hrs apply visa dr Jkt.
    Apakah benar begitu?
    Thanks.

    • Aming

      @Winnie, maksudnya tgl2 event gimana ya ?
      kalau china visa sich bisa apply di imigrasi china sewaktu mau masuk, akan tetapi di kasih ato tidaknya tergantung dari imigrasi.

      Kalau apply di Jakarta mahal khan, sekitar 700 ribu rupiah.
      Emang rombongan ibu ada berapa orang lho..?

  • Feby

    Hallo,
    Saya bs dirange tour untuk zhenzhen – guangzhou untuk tgl 21 – 25 agus? Saya dr macau naik ferry siang ke zhenzhen tgl21 agust.
    Untuk 4 org. 3 adult + 1 child
    Brp hrg paketnya included visa ?
    Ditunggu infonya. Ths

    • Aming

      @Feby, kami bisa arrange tour ke shenzhen dan juga guangzhou.
      Coba ibu krm email ke saya, alibabaholiday@yahoo.com
      agar saya bisa membuatkan paket tournya, oh ya hotelnya sudah book apa belom ?

  • effi

    kak minngu depan saya brgkt ke hkg tp pengen jalan ke shenzhen jg cm blm ad visa kami ad 19 org kira2 biaya bikin visanya disana n prosedurnya bgmn y?
    tolaong di reply secepatnya y kak…
    makasih sebelumnya….

    • Aming

      @effi, untuk pembuatan visa klo lewat kami hanya mengirimkan passport detail, tp harus join tour di shenzhen ya..
      dan walaupun join tour di shenzhen biayanya murah sekali.
      almt emailnya apa ?

  • hilda

    saya rencana mau pergi dari mdn-kl-shenzhen-kl-mdn. dari shenzhen rencana mau singgah ke hongkong juga. saya dengar voa berlaku dishenzhen dan dapat dibuat dibandara. apa ke hongkong buat vis lagi? naik apa bisa ke hongkong yg murah dan cepat yah? bisa tolong rekomendasikan hotel yg murah dishenzhen? dan travelnya kalo ada yg murah,daripada pusing khan? bisa tolong diemail segera balasannya? thx banget.

  • Ani

    Haloow…saya ada plan k hkg n cina. Visa cina sudah diurus d jkt. Yg saya mo tanya, apakah anda menjual tiket dr shenzhen ke shanghai? Sebenarnya Rencananya dr shenzhen to shanghai to macau to hkg. Or dr macau to shenzhen to shanghai to hkg. Sbaiknya better yg mana yah rutenya? Spy best price & best deal.
    Mohon bantuannya.
    Thx

    • Aming

      @Ani,kami ada jual ticket pesawat, untuk harga ticket, saya harus tahu penerbangan tgl brp.

  • Ica

    Saya Skrg sdh di HK blm sempat urus visa ke shenzhen…apakah voa bisa dipake keluar. Dr bandara shenzhen?krn sy akan balik Dr shenzhen ke KL….trm kasih atas infox…

  • rinna

    HI aming….
    mo nanya nih….
    kalo dari macau langsung masuk shen zhen lewat imigrasi mana? ada VOA -nya gak?
    denger2 VOA hanya tersedia di imigrasi luo hu, apa betul? thx

    • Aming

      @rinna, kalau dari macau masuk ke Shenzhen berarti bukan masuk imigrasi Lowu.
      tapi kalau dari hong kong ke shenzhen naik train bisa masuk lewat lo

  • Dian

    Halo.. Mau tanya
    Saya rombongan 7 org dr hongkong mau ke Shenzhen tdk menginap,bisa gak diurus utk 1 hari mengunjungi tempat2 shopping ( sutra& giok). Biayanya kira2 brp ya? Terima kasih.

    • Aming

      @Dian, saya bisa menguruskan tournya skalian visa entar saya yang akan mengurus dari hong kong.
      almt emailnya apa, biar saya bisa mengirimkan biaya + programnya.

      • Dian

        @Aming, emailnya ida.hayyu@yahoo.com ok sy Tungus respon secepatnya ya,krn tgl 17 sdh disana. Thx

  • Joe

    Hi sy berencana ke HK SZ, bias mints perincian untuk visa Dan tour di SZ.. Tq

  • mulyono

    bro,saya mau tanya kalo dari hk airport mau ke zhong shan sebaiknya naek apa dan berapa lama,?
    tx sblmnya

  • Marcellina

    @Aming, gitu ya hehehe
    Klu buat visa brp biayanya ya ? Sy mau bandingkan pake voa lwt shenzhen atau lgs hkg- guangzhou

    Thx

  • Aming

    @Marcellina, yang berangkat ada berapa orang ?