Kereta dan Swiss Pass

Artikel sebelumnya : Panduan Jalan ke Swiss

Swiss, seperti kebanyakan negara Eropa lainnya, mempunya sistem transportasi yang sangat baik dan maju. Menurut saya bahkan salah satu yang terbaik di Eropa selain Jerman.

Alat transportasi utama di Swiss adalah kereta. Kereta telah menjadi urat nadi yang mengangkut jutaan orang termasuk wisatawan berkeliling seluruh wilayah Swiss. Menurut iklan turisme Swiss, di mana pun kita berada di Swiss, mau di kota maupun daerah pegunungan, pasti ada sarana transportasi dalam radius 1km, baik itu kereta, bus, atau kapal laut/danau.

Kembali lagi tentang kereta, sistem dan jadwal kereta sangat mudah dipelajari dan diikuti. Jadwal keberangkatan hampir selalu tepat kecuali ada gangguan cuaca buruk. Jalur kereta mencakup hampir semua kota di Swiss, untuk ukuran negara yang kecil, jaringan keretanya mencapai 20.000km sangatlah fantastis. Interval keberangkatan kereta juga sangat sering, jadi kita tidak perlu takut ketinggalan kereta. Misalkan rute Zurich-Bern atau Zurich-Luzern, minimal setiap 1 jam selalu ada keberangkatan.

Kereta Swiss dioperasikan oleh beberapa operator regional, masing-masing punya nama sendiri yang tidak terlalu penting Anda ingat, tergabung dalam satu rangkaian Federal bernama SBB-CFF-FFS. Peta jaringan kereta Swiss dapat Anda download langsung dari website Swiss Travel System.

Membeli tiket kereta juga cukup mudah. Anda bisa langsung membeli point-to-point saat mau berangkat di stasiun, atau juga bisa membeli ticket pass, kurang lebih seperti model all you can eat. Pass ini ada beberapa macam, yang bisa Anda baca di Official websitenya Swiss Travel System. Jadi Anda perlu riset dulu seberapa banyak penggunaan kereta untuk pindah kota, harga pass dibandingkan jika membeli tiket point-to-point (cek di SBB ticket shop)

Sebagai gambaran, tiket kereta di Swiss harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan kereta di Perancis atau Italia. Zurich ke Luzern dengan kereta selama 45 menit harga tiketnya CHF 23 one way, kereta Zurich ke Interlaken (2 jam) CHF 65. Kenapa bisa begini, kurang lebih karena kerumitan proses pembangunan jalur ini, ada yang harus menembus pegunungan, dan ada yang perlu melintasi jembatan, yang kalau di Indonesia pasti akan dibuatkan jalur memutar karena tidak mau repot mengerjakan jalur kereta yang rumit.

Ada beberapa macam pass, jadi harus pintar-pintar memilih sesuai dengan keperluan dan jadwal Anda. Dengan pass ini Anda bebas naik kereta, unlimited ride dengan rute ke mana pun asalkan masih dalam masa validity pass.

1. Swiss Pass
Ini adalah tiket yang paling favorit, tersedia untuk pemakaian 4, 8, 15, atau 22 hari berturut-turut, juga ada yang cover 1 bulan penuh. Swiss Pass juga mengcover jaringan bus dan tram di kota-kota utama (jadi Anda tidak perlu beli tiket tram dalam kota lagi), diskon 50% untuk kereta khusus dan cable car ke puncak gunung, juga mengcover tiket masuk ratusan museum di Swiss.

Harga Swiss Pass ini adalah CHF 266 (4 hari), CHF 384 (8 hari), CHF 465 (15 hari), CHF 536 (22 hari), CHF 590 (1 bulan) (harga tahun 2011).

2. Swiss Flexi Pass
Jika Anda tidak tiap hari akan menggunakan kereta, maka Flexi Pass mungkin menjadi pilihan ekonomis. Misalkan hari pertama di Zurich, lalu mau santai 2 hari baru lanjut berangkat ke kota lain, sebaiknya piliih Flexi Pass, yang tersedia mulai 3 sampai 6 hari pemakaian (CHF 254/308/356/405). Benefitnya hampir sama dengan Swiss Pass, hanya Anda perlu melakukan validasi tiket setiap hari mau menggunakan tiket pass ini.

3. Swiss Card
Pass ini sebenarnya tidak sesuai dengan namanya. Swiss Card berguna untuk kita yang tiba di Swiss menggunakan pesawat terbang. Swiss Card seharga CHF 186 meng-cover perjalanan kereta dari Airport menuju kota mana pun (dan transportasi dalam kota) tujuan menginap serta trip kembali menuju airport. Jadi sebenarnya hanya meng-cover 2 hari, dan itu pun khusus untuk trip dari dan ke airport. Selain itu, dengan pass ini kita bisa membeli tiket kereta point-to-point dengan harga 50%.

Konsepnya cukup sederhana, misalkan kita tiba menggunakan pesawat di Zurich Airport namun sebenarnya kita akan tinggal dan bermalam di Luzern. Dengan Swiss Card, transportasi dari Zurich Airport menuju kota Luzern akan di-cover, demikian pula dengan trip saat kembeli ke Airport (di hari berikutnya atau kapan pun asalkan dalam rentang 1 bulang setelah kedatangan).

4. Swiss Half Fare Card
Kalau yang ini ibarat membeli kartu diskon, Half Fare Card (CHF 110) berlaku 1 bulan, membuat kita bisa membeli tiket kereta dengan harga diskon 50%. Kartu ini bermanfaat jika kita tidak sering-sering naik kereta, bandingkan dengan Flexi Pass dulu yah.

5. Family Card
Nah, pass ini yang melegakan, karena harganya 0 alias gratis. Jika Anda membawa anak-anak di bawah umur 16 tahun, dan Anda sebagai orang tua membeli Swiss Pass atau Flexi Pass, otomatis boleh minta Family Card supaya anak-anak tidak perlu bayar lagi untuk coverage pass yang Anda miliki, sepanjang selalu jalan bersama-sama.

Setiap pass di atas tersedia dalam kelas 1 dan kelas 2. Harga yang saya tulis di atas adalah pass untuk kelas 2 karena normalnya kita cukup beli pass kelas 2.

Masing-masing pass ini masih ada tarif diskon jika beli untuk 2 orang atau lebih, namanya Saver Pass, asalkan selalu jalan/travel bersama-sama. Jika Anda berusia di bawah 26 tahun, tersedia juga Youth Pass, yang mendapat diskon 25% dari tarif pass di atas.

Perlu diingat bahwa beberapa kereta khusus, umumnya kereta yang naik gunung, misalkan jalur Wengen-Klein Scheidegg dan Jugfraubahn menuju puncak Jungfrau, tidak dicover oleh pass di atas, namun jika Anda sudah punya pass di atas dapat membeli tiket kereta khusus ini dengan diskon tertentu.

Swiss Pass atau tiket point to point dapat dibeli langsung di stasiun kereta seluruh Swiss, juga dijual di travel agent seluruh dunia, termasuk jika Anda mau beli di Jakarta. Tentu saja ada sedikit fee yang dikenakan namun tidak besar. Tiket point-to-point dapat Anda beli secara online (ada diskon khusus juga) dari website SBB Ticket Shop.

Kembali ke halaman utama Panduan Jalan ke Swiss

 
Hotel reservation - Venere.com
Enter a city  
  or select a destination
 
Select dates
 
Arrival: Departure:
Guests and rooms
 
Guests: Rooms:
 
  • Ara

    oiya terus saya sempat liat ada train pass utk 3 negara atau lebih tuh maksudnya apa ya? apakah lebih murah?

  • http://Website... Erneat

    Mungkin bisa sy koreksi, swiss card berguna untuk naik kereta dihari pertama dan hari terakhir di swiss. Saya dari Roma naik psawat ke Geneva, trus beli swiss card CHF 186. Selama naik kereta ke interlaken, kita brenti di spiez sebentar buat jalan2, lalu lanjut ke interlaken, kretanya gratis. Dihari kedua, Swiss card berlaku jadi half-fare card. Waktu dipake ke jungfrau, jadinya setengah harga. Dihari ketiga, kita naik kereta dr interlaken ke munich hanya bayar dr perbatasan swiss ke munich aja, selama masi didaerah swiss, Swiss card masi berlaku. Jadinya cuma bayar CHF 67. Oh ya, semua swiss travel card juga bisa jadi kartu diskon. Waktu saya sewa sepeda dapet diskon krn punya swiss card.

  • Linda

    Mas Alist,
    apakah harga tiket kereta swiss sama saja antara beli di tempat/di swiss dgn beli online? mohon info and thanks.

  • ika

    iya kabarnya beli online jauh lebih murah tapi harus delivery, nah saya agak trauma dgn sistem delivery, krn waktu order eurostar untuk perancis belanda mrk tidak bisa re-print tiket,krn mnrt mereka sudah di delivery, padahal tidak pernah sampai ke rumah saya
    Jadi dilema juga ni mau pesesn swiss saver pass, kalau boled ada yg bisa share experience yg sudah pernah menggunakan order online utk swiss pass

    terimakasih sebelumnya, ditunggu responsnya asap, karena sudah mendekati hari H

    BR

    • Alist

      @ika, Untuk tiket kereta Swiss order online, diskon hanya berlaku utk tiket point-to-point dan fixed date.

      Sedangkan tiket pass tetap dijual online dgn harga normal. Jadi jika plan beli pass, sebaiknya beli di tempat saja saat tiba di sana.

      • ika

        @Alist,

        tadi saya cek di website beda 100 sgd antara beli di swiss langsung dengan order online via trainticket,
        tapi daripada kita sudah bayar tp tiket tidak dideliver dengan pasti (seperti kasus eurostar saya dulu), jadi better saya beli langsung disana ya?
        saya rencana dari geneva, di airport langsung ada ya penjualan tiketnya
        oya mau tanya 1 hal lagi, base saya nanti di geneva, mungkin ga kalau sata travel sd ke zurich tp tidak nginap melainkan balik k geneva lagi

        trims b4 ya responnya cpt sekali :)

        • Alist

          @ika, Di Airport Geneva, langsung ada stasiun kereta dan bisa beli tiket kereta di sana.

          Geneva ke Zurich mungkin perlu 4-5 jam kereta, bisa saja sih tdk menginap tapi sepertinya waktu mainnya jadi cukup singkat. Dan kota-kota yang cukup layak dikunjungi seperti Luzern dan Bern.

  • ika

    @Alist,

    terimakasih ya infonya, sangat membantu
    iya, luzern dan bern cukup jauh juga ya dari geneva, lebih dekat dari zurich sepertinya ya..saya rencana bawa anak saya 5th, its ok ya dgn perjalanan itu (rencana awal okt 2011, sdh dingin spertinya ya)
    kok tulisannya belum nambah2 sih :), saya menanti-nanti nih udah 2-3 bulan lebih :)
    kmarin menggunakan swiss saver pass juga ya?
    kalau beli oleh2 suvenir termasuk jam tangan yg paling ekonomis dimana?
    rencana pulang dari frankfurt ni, kmarin sempet jalan ke munchen ya? :)saya salah pesen hotel untuk german, pesen di daerah rodemark kyknya cukup jauh dari city centre :(

    BR

    BR

  • yuli

    Terima kasih infonya. Walaupun sudah 3 tahun menetap di swiss, saya tidak bernah ngerti sistem kartu paketan seperti ini. Sangat berguna untuk teman2 yg ingin main ke swiss dan saat mereka menanyakan kepada saya, saya justru tidak tau aturan untuk turis. Sebagai tambahan informasi untuk half fare ticket (disini nyebutnya halb-tax) itu tidak berlaku untuk turis, hanya berlaku untuk resident. Swiss memiliki sistem transportasi terbaik di eropa, sedikit koreksi kalo sistem transportasi jerman masih kalah dibanding swiss dan jangan membandingkan dengan Perancis atau Italy, sangat jauh baik service apalagi ketepatan waktu. Makanya ada istilahnya “Swiss Time”.