5 Tips Terbang Lebih Hemat dengan Jetstar

Bagaimana bisa terbang lebih hemat lagi dengan low cost carrier seperti Jetstar? Simak 5 tips di bawah ini.

1. Promo Fare

Jetstar cukup sering menawarkan terbang dengan harga promo (baca: tiket murah), terlebih untuk rute favorit seperti Jakarta-Singapore ($15), Medan/Surabaya-Singapore, atau yang lebih jauh misalkan Jakarta-Hong Kong ($125). Nah, usahakan untuk membeli tiket di saat promo seperti ini.

Berbeda dengan AirAsia yang menjual promo untuk terbang setidaknya 6-12 bulan ke depan, tarif promo Jetstar bisa untuk terbang 1-2 bulan ke depan karena mungkin pesawat masih banyak kosong. Tentu saja harus giat mencari dan menunggu momen yang tepat.

2. Lihat Kalender dan Jam

Terbang di weekend umumnya akan lebih mahal dibanding terbang di hari kerja seperti Senin hingga Kamis. Berpikirlah untuk mengambil cuti di hari seperti ini dibanding cuti di saat puncak libur Natal, tahun baru, atau Lebaran.

Juga pertimbangkan untuk pemilihan jam terbang. Terbang di jam 11am-15pm juga umumnya lebih murah karena bukan jam favorit untuk business traveler.

Untuk penerbangan yang perlu 2 leg seperti Jakarta-Hong Kong, Jetstar umumnya akan menawarkan beberapa pilihan jam terbang, yang paling mahal adalah yang transitnya hanya 2-3 jam. Tiket yang paling murah adalah yang perlu overnight transit; misalkan Jakarta-Singapore tiba di SIN jam 10 malam, next flightnya adalah besok pagi jam 7. Bermalam di dalam Changi Airport adalah sebuah pertualangan tersendiri, tinggal cari sofa yang empuk dan tidur (pastikan bagasi anda bisa di transfer otomatis atau bawa cabin baggage only).

3. Memilih Seat tanpa Biaya

Pada saat kita booking tiket pesawat dengan Jetstar/Valuair, kita akan ditawari untuk memilih kursi. Pemilihan kursi pada saat booking akan dikenakan biaya, kira-kira $5 untuk seat biasa dan lebih mahal untuk emergency exit row dan first two row. Umumnya untuk mencegah duduk terpisah kita akan memilih kursi di tahap ini.
Nah, sebenarnya kita bisa tetap memilih kursi tapi tanpa dikenakan biaya. Bagaimana caranya? Gunakan feature web check-in. Jadi saat beli tiket skip saja seat selection tersebut. Nanti mulai dari 48 jam sebelum terbang tinggal login ke website Jetstar dan pilih web check-in. Di sini selain kita diminta memasukkan detil passport juga dapat memilih kursi tanpa dikenakan biaya (tentu saja hanya common seat, bukan emergency row). Lumayan hemat $5 per leg.

4. Cabin Baggage

Model low cost carrier sekarang ini adalah akan mengenakan biaya terhadap bagasi yang kita laporkan untuk check-in. Nah, biaya ini cukup mahal bisa mencapai $9-$40 per penumpang untuk bagasi hingga 15-40 kg. Lebih berat dari itu tentu bayarannya lebih mahal.

Untuk menyiasati ini, pertimbangkan hanya membawa koper yang berukuran cabin. Beratnya biasa tidak boleh melebihi 10 kg dan hanya boleh 1 piece. Beberapa restriksi berlaku untuk cabin baggage, jadi pastikan Anda memperhatikan isinya. Misalnya tidak boleh membawa cairan berlebihan (shampoo, lotion, sabun cair) dan benda tajam.

Jika bisa mengepak koper dengan ukuran ini, lumayan kita bisa berhemat setidaknya $9 kan? Bahkan kadang jika petugas di gate keberangkatan menganggap kabin akan penuh, kita akan ditawarkan untuk memasukkan bagasi sebagai check-in.

5. Jetstar Voucher

Di forum-forum Internet kadang ada yang menawarkan untuk menjual voucher Jetstar. Pecahannya mulai dari $25 hingga $100 per voucher. Voucher ini didapat karena penjual pernah terbang dengan Jetstar dan mungkin mengalami gangguan (inconvenience) dalam perjalanan sehingga diberikan voucher.

Mereka akan menjual murah karena mungkin voucher tersebut akan segera kadaluarsa (masa berlaku voucher hanya 3 bulan sejak issued date). Anda perlu extra hati-hati terhadap tawaran ini, kalau bisa dinegosiasikan supaya bisa Anda pakai untuk booking dulu, baru bayar ke penjual. Namun kalau penjualnya terpercaya, lumayan miring jika Anda hanya bayar 60-80% dari nilai voucher.

Mungkin Anda punya tips lainnya? Silakan isi comment box di bawah.

  • nanda

    hahahaa hebat. penulis kayaknya sering pake jetstar buat traveling. asal jangan ngamuk aja yahh kalau ada schedule change…pesawat murah resiko juga banyak. hihihii

  • http://hotelmurahdiskon.com/ Hotel Murah Diskon

    Ya, biasanya semakin murah apa yang kita dapat, maka akan semakin besar pula resiko yang akan kita tanggung