Parkir Inap Mobil di Bandara Soekarno-Hatta

Membawa mobil dan parkir di bandara kadang menjadi opsi yang layak dipertimbangkan jika kita melakukan short-trip wisata atau bisnis ke luar kota.

Kita bisa membandingkan biaya yang dikeluarkan jika menggunakan jasa angkutan bus DAMRI, tarif/argo taksi, serta jika membawa dan menginapkan mobil. Memakai bus DAMRI jelas paling murah namun bisa jadi memakan waktu paling lama. Taksi satu arah setidaknya di atas Rp 70,000 jika dari wilayah Jakarta Barat, di luar biaya tol. Bagaimana dikomparasi dengan membawa mobil?

Di Soekarno-Hatta Airport, tersedia dua lokasi parkir inap mobil secara official. Parkir ini relatif aman karena mempunyai gerbang satu lagi di luar gate parkir umum.

Lokasi pertama adalah di ex pool taksi, tepat di tengah antara Terminal 1 dan Terminal 2. Tersedia mobil antar jemput (free) ke terminal tujuan kita. Jadi setelah kita memarkirkan mobil, akan diberikan selembar kertas sebagai bukti parkir, serta nomor telepon. Saat kita mau ambil mobil lagi, cukup telepon ke nomor tersebut untuk minta di-pickup.

Lokasi kedua (yang sepertinya tidak lama lagi bakal digusur) adalah parkir Terminal 3. Setelah kita ambil karcis parkir umum, lalu melewati gedung terminal, nanti akan ada papan petunjuk arah ke area Parkir Inap. Struk parkir kita serahkan ke petugas jaga, dan petugas akan ganti memberikan selembar kertas tanda terima dan mencatat jam masuk. Lokasi ini sebagian adalah covered parking, jadi beruntung jika dapat slot ini karena mobil gak bakal gosong. Setelah itu tinggal naik Airport shuttle bus ke Terminal 1 atau Terminal 2 jika keberangkatan Anda bukan di Terminal 3.

Sebagai informasi, lokasi parkir inap lama di terminal 1 dan 2F sudah tidak ada. Kecuali Anda melakukan daytrip, jadi bisa parkir di tempat parkir umum, untuk lebih dari 2 hari saya sarankan parkir di lokasi parkir inap.

Berapa biaya parkir inap di bandara CGK ini? Perhitungannya cukup sederhana:

  • Blok 4 jam pertama adalah Rp 20,000
  • per jam berikutnya Rp 2,000 Rp 4,000 (per 1 Mei 2014)

Jadi pengalaman terakhir saya parkir sekitar jam 5 pagi dan mobil diambil keesokan harinya jam 9 malam, tarif parkir saya adalah Rp 90,000.

Update Per Mei 2014 tarif parkir bandara naik drastis. Untuk yang tidak menginap juga dikenakan tarif Rp 3,000 per jam. Sedangkan untuk menginap (semua mobil yang parkir lebih dari 24 jam), dikenakan Rp 20,000/4 jam pertama, lalu Rp 4,000 / jam seterusnya. Terakhir saya parkir 3 hari (sekitar 60-an jam), bayar Rp 270,000. Jadi sepertinya parkir inap sudah tidak ekonomis lagi.

Juga sebagai teaser, siap-siap dengan perluasan Terminal 3.

New Design of Terminal 3 (from: balingbalingmagz.blogspot.com)

 

  • Yudhi

    Perjamnya masih 2rb y ?

    • http://javamilk.com/ alisanta

      Masih Pak :)

      • jacky

        nanya donk..parkir inap full. bagaimana ya.,parkir di parkir biasa bisa tidak

  • que male

    Kalau saya parkir inap nanti pada tgl 10 agustus 2013, apakah akan penuh. Tq

  • ET

    apakah parkir inap yg ada covered parking hanya ada 1 di terminal 3 ? setelah menginapkan mobil klo mau balik ke terminal 3 naik apa ? berapa no telpon lokadi parkir inap terminal 3? thanks

    • http://javamilk.com/ alisanta

      covered parking hanya di terminal 3. di Bandara ini ada shuttle bus gratis yang keliling T1, T2, T3 setiap 15-30 menit sekali

  • reni

    klo parkir yg ditmp ex pool taksi itu 2rb/jam ya? lebaran ini kira2 naik g ya? tks.

  • Herawati

    Kalo mau parkir inap di bandara berapa no telp yg bisa kami hubungi ?

  • aaaaaaa

    ada shuttle bus mulai jam brpa pak yg pagi

  • ria

    ada no telp nya gak pak?

  • rahmi

    Sy pnh parkir inappropriate yg deket dg T GA, Lupe T brp…ktika di Pesawat sy baru lihat kunci n stink ttinggal, bgitu mdarat sy ke loss n found dan mohon bantuan koordinasi dg phk pkg, u mmastikan Mobil msh ada, n hanya blh keluar dg mnunjukkan ktp asli dg nama sy, ptugas lgsg ke lap n alhamdulilla msh ada sy monitor trs selama 4 hari di luar kota, sepulang dr luar kota sy lihat ban did kunci, Dan ternyataaaaaa……kunci sy msh tgantung…..dan pintu tdk tkunci, sy lupa krn tburu2…..alhamdulillah sy cepat mhub angkasa pura jet, serta bantuan petugas yg kunci ban tsb…..buat yg lain jgn ragu, aman…..

  • Dina K

    Kalau mau parkir inap pagi2 buta krn early morning flight sampai esok harinya, harus reservasi dulu kah?

    • http://javamilk.com/ alisanta

      tidak bisa reservasi karena parkir inap cenderung almost full sekarang. First come first serve.

      • Dina kosasih

        Apalah buka 24 jam?

        • http://javamilk.com/ alisanta

          yup 24 jam.

  • hafiiz

    Kl parkir di terminal 1 atau 2f tp nginep gmn ? Apa pengaruhnya ?

    • http://javamilk.com/ alisanta

      sebenarnya masalah keamanan saja. Parkir umum mobil banyak lalu lalang dan mudah diakses oleh orang-orang yang tidak jelas. Secara tarif, Parkir umum (di semua terminal) lebih murah (Rp 1000/jam) dibanding parkir inap (Rp 2000/jam) diluar hitungan blok awal.

  • Ellen

    kalo tarif parkir biasa, di terminal 3, 2 jam pertama 4ribu, selanjutnya 1000/jam atau 2000/jam bro? karena kalo memang parkir inap full, saya parkir umum aja, sambil berdoa semua aman2 saja :D

    • http://javamilk.com/ alisanta

      Parkir umum, tarif per jam adalah Rp1000. Memang secara long term
      Parkir umum yg paling hemat. Cuma yah masalah keamanan saja yg bikin khawatir.

      Saya kalau cuma daytrip atau 1 hari terbang pasti pakai parkir umum. So far aman saja.

      • Ellen

        makasih bro infonya.
        saya rencana sabtu sore brkt, pulang senin malam, hampir 3 hari ya… semoga dapat parkir inap terminal 3

  • hardi

    kalau saya mau parkir jam 2siang tgl 23des,n plng tgl 3jan,brapa biayanya pak?aman gak,n mobil kena panas atau hjn gakk?kalau hilang bakalan dganti gak pak?makasih