Di mana beli tiket pesawat?

<< Prev page: Panduan Jalan Hemat ke Eropa

Mencari tiket pesawat murah ke Eropa memerlukan ketekunan dan kesabaran mencari iklan promosi, tidak setiap saat tersedia tiket murah ini. Untuk penerbangan ke Eropa, saya menggunakan beberapa cara untuk mendapatkan tiket termurah:

  • Baca koran, terutama Kompas, cari promosi paket Free & Easy karena lebih murah.
  • Hubungi travel agent via telepon atau datang ke kantornya langsung. Minta penerbangan dengan connecting-flight (direct flight biasanya lebih mahal). Setelah saya survey, ternyata beli tiket di agent Singapore lebih murah dari pada beli di Jakarta, terutama jika lagi ada promosi. Di jaman e-ticket ini, Anda cukup pakai internet untuk booking, bayar pakai kartu kredit, selesai deh. Berikut list website travel agent di Singapore:
    • http://www.chanbrothers.com/flight/
    • http://www.ctc.com.sg/
    • http://www.zuji.com.sg/
  • Gunakan Internet Web Flight Aggregator untuk mencari gambaran harga tiket dan tujuan. Biasanya website seperti ini tidak lebih murah dari travel agent, jadi jadikan referensi saja pesawat apa terbang ke kota apa jam berapa. Setelah itu barulah masuk ke website masing-masing airlines untuk mencari promosi dan harganya.
    • www.Expedia.com
    • www.Kayak.com
  • Cari ‘promo fare’ di website airlines, bahkan Singapore Airlines (SQ) dan Malaysian Airlines kadang banting harga.
    • www.cathaypacific.com
    • www.singaporeairlines.com
    • www.malaysiaairlines.com
    • www.etihadairways.com
    • www.thaiair.com
    • KLM
    • www.emirates.com

Yang saya pakai waktu itu ChanBrothers,  Singapore-based travel agent, walaupun saya tinggal di Indonesia, karena mereka punya special promotion banyak airlines dan dapat diakses via web. Ya, Internet yang kencang adalah keharusan dalam hal mengatur perjalanan. Waktu itu saya menemukan promo dari China Eastern Airlines (MU). Untuk mempercepat komunikasi setelah email bolak-baik, teleponlah langsung ke Singapore untuk reservasi/konfirmasi. Jangan takut telepon ke Singapore mahal. Pakai VOIP seperti Indosat Flat 016, semenit cuma Rp 800 dari ponsel, atau Esia juga ada tarif seperti ini, sama saja kan seperti menelepon teman?

Yang perlu Anda booking pertama adalah tiket dari Jakarta/Singapore/KL ke satu kota hub di Eropa. Nantinya jika ingin menggunakan pesawat terbang untuk antar kota di benua Eropa tinggal menggunakan low-cost airline seperti RyanAir dal masih banyak pilihan lainnya. Kota Hub Eropa yang utama adalah London, Frankfurt, Amsterdam, Paris, dan Roma. Sebisa mungkin pilihlah kota tersebut karena selain harga tiketnya relatif murah, anda tidak perlu transfer pesawat lagi. Bayangkan jika ingin berangkat ke kota Barcelona, Anda harus transit 2 kali, misalnya : Jakarta-Singapore-Amsterdam-Barcelona!

Sebagai info, tujuan  Paris, Amsterdam, Frankfurt, dan London biasanya harga tiketnya sama, tetapi saya sarankan untuk pilih London, Amsterdam, atau Frankfurt. Jangan coba-coba mendarat di CDG Paris jika Anda blank bahasa perancis. Dan perhatikan waktu yang diperlukan untuk transit atau connecting flight, (Cathay transit di Hong Kong, China Eastern di Shanghai, Etihad di Abu Dhabi, KLM di Amsterdam, dll).

Ingat baik-baik beberapa istilah penting ini:

  • Return Flight. Selau beli tiket pulang-pergi. Membeli tiket one-way pasti jatuhnya lebih mahal, kecuali menggunakan low-cost airlines. Tentukan tanggal berangkat dan tanggal pulang langsung.
  • Connecting Flight. Ini berarti Anda akan transit di airport dan menunggu beberapa jam untuk melanjutkan perjalanan. Bisa jadi termasuk ganti pesawat. Bagasi Anda akan ditransfer otomatis. Pastikan cuma perlu 1 connecting flight (2 connecting biasanya menghabiskan waktu banyak)
  • Stop-over. Ini adalah fasilitas ‘rahasia’ yang tidak banyak orang tahu di saat booking. Jika Anda ingin tinggal satu malam atau lebih di kota ‘connecting flight’, maka ini dinamakan stop-over, bukan transit lagi. Baca terms and conditions di website airlines untuk jelasnya. Contohnya Jakarta ke Shanghai, connecting di Hong Kong. Jika ingin jalan-jalan di Hong Kong, Anda tidak perlu beli tiket terpisah CGK-HKG dan HKG-PVG, tetapi carilah airlines yang mempunyai hub di Hong Kong, dan minta stop-over sebanyak yang diinginkan (biasanya tidak lebih dari 7 hari). Tidak semua airlines ada fasilitas ini.
  • Open Jaws. Ini berarti pergi dan pulang tidak harus dari kota yang sama. Contohnya Anda beli tiket pp Bangkok ke London, tetapi pulangnya dari Amsterdam Schipol ke Bangkok (Urusan London ke Amsterdam berarti lain soal). Metode ini bisa jadi pengiritan karena Anda tidak harus kembali ke kota asal di akhir perjalanan. Dan lagi-lagi tidak semua airlines ada fasilitas ini.

Pada perjalanan saya Maret lalu, saya pakai China Eastern Airlines dari Singapore Changi (SIN) ke London Heathrow (LHR), connecting di Shanghai Pudong (PVG). Return flight (pakai open-jaw) dari Frankfurt (FRA) ke Shanghai (PVG), pakai fasilitas stop over selama 4 hari, kemudian kembali ke Singapore Changi (SIN). semua cuma pakai 1 return tiket, total harga termasuk pajak SGD 990 per pax (equiv. EUR 490).

Mungkin as per Juni 2008 tidak ada lagi yang dapat semurah ini karena Oil Surchange sedang tinggi-tingginya, tapi pastikan ingat trick di atas.

Murah kan?


DE_b2c_C_468x60_de

Sebagai gambaran, harga tiket ekonomi pesawat ke Eropa Barat pada saat tulisan ini dibuat (Juni 2008) menggunakan airline standard (KLM, MAS, Etihad) adalah berkisar USD 950 – 1300 per orang including tax dan fuel surcharge. Menggunakan Singapore Airlines (SQ) adalah USD 1800-USD 2500, mahal memang tetapi sebanding dengan pelayanan dan in-flight entertainment yang didapat.

>> Mencari rute penerbangan internal Eropa, Kereta, dan Hotel

 
Hotel reservation - Venere.com
Enter a city  
  or select a destination
 
Select dates
 
Arrival: Departure:
Guests and rooms
 
Guests: Rooms:
 
  • Siti Sitawati

    Hallo Alisanta,

    Saya terkesan dengan tulisan anda, sangat berguna buat yang ingin jalan ke Eropa dengan budget mepet seperti saya.
    Kami sekeluarga ada rencana ke Eropa. Walaupun masih tahun depan, saya coba cari info dari sekarang sekedar dapat gambaran berapa kira-kira biayanya.

    Untuk masalah tiket ke Eropa, memang bisa lebih murah dengan cara yang anda tempuh. Saya sudah coba contact Chan Brothers, tapi kelihatannya ada masalah dengan teknis pembayaran dan issue ticket berhubunga karena posisi saya di Jkt.
    Mereka bilang ada masalah di website mereka dengan pembayaran credit card on line.

    Mohon sharing bagaimana dulu teknis pembayaran dan issue ticket-nya, apakah dalam perjalanan ke Eropa nanti kita perlu mampir ke kantor mereka untuk ambil tiketnya?
    Terima kasih sebelumnya.

  • alist

    @Siti Sitawati : email booking mereka sebenarnya ada kalimat sbb:
    “For passengers who are overseas, we accept payment by telegraphic transfer.
    (Minimum processing time : 7 working days) – Reservation will be rejected if not fulfilled minimum processing time.
    Note: Please charge additional S$30.00 for payment by T/T to cover T/T administrative charges. ”

    Berarti mereka terima pengiriman uang via bank.
    Memang waktu itu mereka tidak mau terima kartu kredit saya, dan saya meminta bantuan teman di Singapore untuk datang ke kantornya bayar (tunai). Tiketnya cuma berupa e-ticket, jadi bisa minta mereka kirim via email dan di-print begitu pembayaran sudah dianggap valid.

  • ariwidio

    setelah coba cek ke chan-brothers sy temukan china eastern airlines memberi penawaran termurah ke london S$665 dgn transit di shanghai, yg mau sy tanyakan apakah harga yg tercantum hanya untuk 1kali jalan? maaf kalo pertanyaannya terdengar bodoh.. :)

  • Silvy

    Info tiket ke eropa yg murah, coba cek juga ke travell agent di mall citraland (dwidaya kalo ga salah). Saya pikir disana juga tidak mahal. Harga retour kira2 800-an us dolar. Flight dg malaysia air.

  • kidon ginting

    Saya sekeluraga dua dewasa dua anak2 mau ke amsterdam Belnada bulan pertengahan bulan juni dan pulang pertengahan bulan juli. Saya mau mencari tiket murah dan ada discount buat anak2. Mohon bere info

    • ragil

      @kidon ginting, pak saya mau jual tiket garuda jkt – amsterdam PP untuk selama bulan juni tp saya hanya punya 1 tiket dan saya mau jual 7 juta nego. teman saya juga punya 1 tiket yg sama persis, akan ttp saya gak tau dia mau jual atau tidak tiketnya. kalo bapak tertarik hubungi saya di email saya cakra30@yahoo.co.id.

      • connydhia

        hallo ginting saya baca email kamu kaget juga ,apa iya tiket yg kamu beli bisa di pakai sama orang lain,sedangkan itukan sdh nama kamu .mohon penjelasannya dong sbnrnya saya tertarik juga sick karna dlm waktu dkt rencananya saya juga mau berangkat ke amsterdam but visanya susah bgt….gmna ya???????

  • alist

    @ariwidio: sorry telat balas, untuk semua airline (bukan low-cost), harga yang tercantum adalah harga return (pp). Jadi China Eastern S$665 adalah harga return, tapi belum termasuk harga surcharge dan tax.

    @kidon ginting: kalau yg berangkat ada 4 orang, coba cek harga promo di website singapore airlines, khususnya promo “4 must go”, CGK-AMS return sekitar USD 1200/pax. Option lain menggunakan Qatar Airlines langsung dari website mereka.

  • ima

    Hallo, saya ingin menanyakan mengenai asuransi perjalanan. Kakak saya yg tinggal di Jakarta akan berangkat ke suiss desember nanti. Dimanakah bisa mendapatkan asuransi perjalanan dan berapa harganya. Utk informasi kakak saya akan berlibur di suiss selama 40 hari. Terima kasih banyak untk informasinya.

    • FIZA Makassar

      @ima, coba hubungi AIA FINANCIAL, untuk Travelasuransi, tanya aja di information telepon kantornya

  • alist

    @ima: Asuransi perjalanan dapat dibeli di travel agent. Hampir semua agent menjual asuransi ini. Harganya berkisar 30-100 USD bervariasi dan tergantung lama stay di Eropa. Untuk detilnya silakan tanya ke travel agent terdekat.

  • ronal balderima

    hallo, mas, saya ingin bertanya, saya berencana kunjungan/sekalian summer course jerman bulan juni-agustus 2009, saya mau nanya bagaimana cara mengurus visa schengen itu? jaminan keuangan yang di maksudkan itu apa dan berapa euro total uang jaminan untuk mendapatkan visa itu?
    terima kasih mas atas informasinya.

  • alist

    @ronal balderima: Ambil formulir di kedutaan negara Schengen (Italy, Netherland, France, dll) lengkapi persyaratan dokumennya. Jaminan keuangan yang diminta adalah fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.

    Bagi yang berusia dibawah 20 tahun kayaknya diminta surat keterangan dari orang tua dan juga referensi tabungannya. Untuk lebih jelas dan detil bisa ditanya di kedutaan negara yang dituju.

  • http://terminaltiket.co.cc Dian

    Hai Alist..
    postingnya keren, informatif banget.. tika cuman mau nambahin aja, banyak temen2 kita yang berkeinginan untuk jalan2 keliling eropa tapi kendalanya, kartukredit tidak memiliki cukup limit untuk membelanjakan tiket-tiket pesawat yang diperlukan. Saya nemuin ada satu website, yang menurut saya bisa membantu: pelayanan tiket pesawat secara online melalui yahoo messenger
    langkah2 yang pak alist telah kemukakan memang sangat kita perlukan untuk mengetahui rute dan alternatif harga dan maskapai yang akan kita pakai. Setelah mendapat gambaran maskapai yang akan di ambil, kita bisa dibantu layanan international airlines flight yang saya sebutkan tadi. Begitu selesai transfer, tiket dan reservasi lainnya seperti hotel dan land arrangement akan di kirim via email…
    jadi tetap tidak perlu meninggalkan tempat duduk.
    semoga bermanfaat
    Dian

  • maria dachi

    hi alist, thanks buat tulisannya sangat membantu buat orang yg kayak saya, senang jalan tp gak suka pakai tour, just inform teman” ada tambahan untuk sekarang pakai airasia xl itu KL- london idr 5.5 jt pp tp pas promo. kalo mo sekalian jalan ke KL loh.

  • Agchnes

    Hai Alist,

    Tolong info nya dong,keluarga saya ber4 rencana mau ke Belanda via London.Pertanyaannya,kalau hanya transit(mereka pake air asia) apa perlu juga visa Ingris??
    Terimakasih u info nya.

    Agchnes

  • alist

    @Agchnes Tetap Anda mesti mengajukan visa UK karena kategorinya bukan transit, melainkan connecting dan masuk ke wilayah Inggris.

    Sama saja seperti kalau pakai KLM ke Inggris, pasti transit di Amsterdam, juga harus mengajukan visa Schengen.

  • http://exxonmobil alist

    alist,
    tanya lagi, untuk mengajukan visa, kita perlu bukti return tiket pesawat kita. berarti pada saat kita ajukan visa, tiket sudah kita bayar. kalau seandainya worst to come visa kita ditolak, cost tiket pesawat bisa refundable ngak ? karena setau saya, booking via internet harus bayar in advance juga kan ? tks ya……

  • alist

    @alist @Vonny Memang ini resiko mengajukan visa. Sebenarnya mereka cuma mau ada bukti booking airline, tapi karena airline sekarang maunya kita cepat bayar tiketnya bisa jadi tiket harus dibayar sebelum berita visa diterima/ditolak. Apalagi beli tiket via Internet pasti harus bayar langsung. Ada beberapa class ticket yang bisa di-refund jika batal berangkat, tapi umumnya tiket murah tidak ada refund.

    Sekali lagi, ini resiko kita jadi usahakan semua dokumen lengkap dan meyakinkan.

  • Astri

    Saya pernah baca buku karangan seseorang yang pernah tur ke Eropa. Dia punya teman di salah satu negara dan dia bisa minta temannya itu untuk invite dan mengurus keperluan untuk kedatangannya, sama seperti kita mengurus visa sendiri. Apakah dengan begitu kita nggak perlu mengurus visa lagi di sini? Saya juga kurang jelas gimana prosedur untuk invitation seperti itu. Mohon penjelasannya kalau mas Alist tau. Terima kasih.

  • Riris

    Mo nanya,
    untuk ngurus visa schengen itu kira2 biaya yg keluar brp ya??
    trus ngurus berapa lama??
    satu lagi, utk periode terbang awal mei sampe awal juni ke belanda kira2 high season ga??
    terima kasih sebelumnya ya..
    soalnya belum pernah pergi k luar negeri..

  • WILLIARDI

    Terimakasih, tulisannya sangat membantu. saya berencana mau pergi ke jerman pada bulan juni. & saya coba membooking chanbrother.com & ada promo spesial ekonomi sgd$330 saja. wah saya bener-bener kaget. yang saya ingin tahu, itu harga 1 orang atau 2 orang? karena saya issued 2 orang, kok murah sekali ya, spesial ekonomi maksudnya apa ya? beda nya dengan ekonomi? terus untuk pesawat china eastern nyaman & aman tidak?

    maaf ya banyak tanya, terimakasih sebelumnya.

  • Rachma

    Halo lagi Alist,
    Saya ada rencana ke PAdua, Italy untuk mengikuti sebuah konferensi tanggal 1-4 Sept nanti. Tapi baru bisa confirm jadi atau tidaknya akhir Juni ini. Bagimana saya kira2 harga tiketnya dibanding dengan harga yang ada saat ini? Kira2 harganya jadi naik berapa persen dr harga sekarang? Waktu memang sangat mepet:( tapi mau gimana lagi?
    Pernah coba travel service dari Lonely planet gak? Bagus/baik gak?
    thx ya..

  • yusdiana

    Halo…
    Tolong informasi dong mengenai jasa pengurusan visa ke Belanda. Masalahnya waktu saya tidak banyak, sementara saya sudah beli tiket pesawat untuk keberangkatan tgl 30 Juni ini. Antriannya masih panjang di Kedubes Belanda.
    Tolong ya informasinya…

  • FIZA Makassar

    Hallo..rencana thn depan sya ke Istanbul ( Trip kantor )&pingin lanjut ke Bbrp negara di Eropa, dari Istanbul saya ke Budapest dulu, kebetulan disana ada teman lalu ke Italy, swiss, perancis,luxemborg, belgia, inggris, belanda dan pulang ke Indo.itu sdudah benar ya urut2annya??)pertanyaan saya
    1.Saya akan ngurus visa schengen sebaiknya di kedutaan mana?. kita ngurusnya pada 1 kedutaan saja khan? (kalau Visa istanbul ada travel yg urusin), apakah saya harus memberitahu pada petugas kedutaan negara2 mana saja yg akan saya kunjungi?? dan harus memperlihatkan ticket pesawat/ booking hotel?

    2.Dari istanbul ke budapest bisakah by darat saja?? waktu tempu berapa hari ya?

    3.transportasi antar negara yang murah pakai apa? kereta atau Bus?

    4.Booking ticket Bus atau kereta apa perlu?

    5.Di belanda dan budapest saya tinggal di teman/ keluarga. apakah saat urus Visa surat/ undangan mereka akan diminta? paling dibawah semingguan saya tinggal di mereka.itu harus pakai surat seperti apa sih bunyinya?

    terima kasih atas infonya

  • ellya ratna

    halo alist,

    saya mau tanya donk. saya ada rencana liburan ke shanghai akhir tahun dengan keluarga. saya tak sengaja menemukan website ini. saya tertarik sekali membaca artikelmu, yang bagian stop over gitu. alist , airline apa yang ada hub nya ke hongkong. soalnya saya ingin stop over di hongkong beberapa hari dari perjalanan saya dari jkt ke shanghai. mohon bantuannya ya, terima kasih loh…mohon dibales segera.

    • Alist

      Hi juga, utk stopover di HKG, bisa coba dgn Cathay Pacific (CX). Harga mungkin lebih mahal 100 USD, tapi dapat stopover di HKG.

      Di website Cathay, pilih option “Multi-city/stopover”

  • hadi

    kalo mau beli tiket ke inggris beli dmn yah??maaf saya bingung..trs apakah perlu ada penjamin disana??soalnya saya mau liburan aja kaya..backpacker,,

    • Alist

      @hadi, Banyak pesawat yang melayani rute ke London, misalnya Lufthansa, KLM, Emirates, Qatar, hingga yang murah seperti AirAsia (berangkat dari KL).

      Untuk visa, jika apply sebagai turis maka cukup melampirkan bukti booking hotel dan rekening tabungan pribadi.

      • connydhia

        please infonya dunk….saya mau brgkat ke belanda dgn ibu saya tp ibu saya blm punya paspor,tp saya akan scptnya urus paspor buat ibu saya,dan yg saya ingin tanyakan ini apakah mudah dapatin visanya sdgkan yg saya dgr saat ini agak sulit???dan pesawat apa yg termurah utk saya berdua dan transitnya dimna aja.apakah ada kmngkinan kalo bln juli bisa berangkatmya.tks.

  • robert

    Halo Pak Alist,
    Kalau pakai air asia dr KL ke London aman nggak ya?
    thanks

  • Vina

    Pak Alist, artikelnya sangat membantu. Jd pengen ke eropa.
    Ada yg mo aku tanya
    1. ketika apply visa, brp rekening tabungannya utk 2 mgg? ak baca seh 75 euro/day. itu fix ato hrs dilebihin?aku rencana ala backpacker dg perhitungan traveling dg dana pas2an. jd kurang PD neh dg bukti rekening. Kecuali klo perhitungan 75 euro/day itu pure ga pake tambahan laen.
    2. kedutaan mana yg lebih ‘ramah’ dan cepet utk apply visa?
    3. apa setiap dapet visa, kita otomatis dpt visa multi entry?

    tx b4

  • http://www.henryaredha.page.tl henry

    maaf mas alist,jadi ikutan nanya,gara2 baca artikelnya,bagus banget dan sangat2 membantu banget,buat kita2 yg buta perjalanan ke luar negeri.ku mo minta tlg dijelasin mksd dr “sponsor”,”jaminan keuangan” dan “asuransi perjalanan” maaf mas alist pertanyaanku terlalu awam,ama ku punya teman di paris, apa ku juga harus booking hotel, soalnya untuk penginapan mungkin ku tinggal di rumah temenku, dan dijemput dibandara yang ku tuju.dan untuk perjalanannya pesawt alangkah baiknya ku harus dari mana dulu mas alist, mohon panduannya ya mas alist.maaf mas alist terlalu bnyk,tapi ku bener2 awam,mohon saran dan panduannya mas alist.sebelumya terima kasih.

  • eta

    Mo numpang nanya neh

    saya mo ke san fransisco tgl 9 nov 2009 dan transit di taipei selama 9 jam..apa kah saya perlu visa taipai juga…utk visa USA saya sudah punya.

    terima kasih dan saya tunggu infonya

  • SYARIFUDDIN SILABAN

    saya butuh tiket pesawat jakarta-medan dan sebaliknya untuk 6 orang berangkat 19-12-09 dan kembali 03-01-10. mohon info. tks

  • http://www.sdastudio.multiply.com ninuk

    hai alist,
    berencana mau ke amsterdam, lanjut paris. dari paris ke dubai bisa gak ya? etihad adanya paris abu dhabi, tapi abu dhabi ke dubai pake apa ya? local airlinesnya apa ya?
    tky

  • avan

    saya ad rencana ke singapore en stay dsana 3-5 hari
    posisi di malang , mungkin bakalan brangkat dari airport juanda SBY
    yg saya ingin tanyakan ,
    1. perkiraan tiket pesawat SBY-SING brapa ya ?
    2. pernah gak stay di hotel yg dket wilayah changi , kalo boleh tau per night sekitar brapa yg kelas biasa aja maksutnya ?
    3.ada saran gak supaya perjalanan saya ini lebih murah ?

    thnk

  • citra

    saya ada rencana pergi ke costa rica,untuk menghindari visa transit di USA (karna kalo ke costa rica fligth mesti go thru USA)
    nah sebagai option lain saya coba utk stop over di salah satu negara di eropa.pertanyaan saya karna harus ganti pesawat menuju ke costa rica.pertayaan saya apakah di slah satu negara di eropa itu (spain ato amsterdam) juga diperlukan visa transit?walaupun kita tidak keluar dari airport?

    ditunggu respons nya,
    thanks…

    • Alist

      Sepertinya hal ini mesti ditanyakan ke airlines dulu tentang bandara yang dijadikan transit. Ada yang bisa transit tanpa perlu lewat imigrasi, ada yang tetap harus lewat imigrasi.

      Setelah itu, double-check lagi dengan pihak kedutaan supaya tidak menimbulkan masalah. Cari nomor telepon embassy negara transit dan tanyakan masalah ini.

      Setahu saya transit di London tidak perlu visa transit, asalkan transit di airport heathrow dan airlines yang sama (misalkan BA)

  • wiston

    saya ada tiket airasia ke singapura untuk 2 org, brkt tgl 18 Jan 2010 ada yang mau beli
    Tq

  • anjar

    Salam
    Mas Alis, mau nanya nih. Saya ada temen orang Belgia yang mau nyariin kerjaan di Belgia. Sebaiknya saya mengajukan visa apa ya. Trus harga tiket return indonesia – belgia berapa ya?
    Trims

  • victor

    Dear Alist,

    mau tanya, rek tabungan minimum berapa y agar visa di approved? Saya ada rencana mau jalan2 seperti mas Alist, dalam rangka honey moon. Sperti kebanyakan pertanyaan yg sudah diajukan, apakah mungkin Visa di tolak oleh kedutaan? Dan apakah surat jaminan dari perushaan saya bekerja di Jakarta bisa menjamin visa di approved? terima kasih mas Alist. Have a nice day

    regards,
    Victor

  • riri

    hai Alist,

    mau tanya tentang TWOV (trnasit without visa) di UK, karena temen saya rencana berangkat 2 feb 2010(airasia) dan visa uknya tidak di prove, apakah bisa mereka menggunakan TWOV yag dimaksud kedutaan UK itu untuk langsung melanjutkan perjalanan ke amsterdam dalam waktu kurang dari 24 jam di bandara yang sama?..mohon infonya karena mereka masih meragukan apakah akan lanjut untuk mengurus visa schengen atau mengubah jadwal penerbangan

    trims

    • Alist

      @riri, Berdasarkan peraturan, sebenarnya bisa saja diberikan hak transit without visa. Secara prakteknya, saya tidak berani menjawab dengan pasti karena belum pernah melakukan hal ini. Lebih baik ditanyakan langsung ke kedutaan Inggris di Jakarta.

      Airasia tiba di bandara Stansted, dan pesawat ke Amsterdam mungkin berangkat dari airport lain (Heathrow atau Gatwick), jadi sebaiknya pastikan dulu ke kedutaan.

      Bisa jadi juga pihak AirAsia akan menolak keberangkatan Anda jika tidak mempunyai UK Visa. Jadi confirm dulu mengenai hal ini.

  • http://kucingtengil.blogspot.com miawruu

    Thanks bgt sharingnya. Sangat sangat berguna bg yg pgn keluarnegeri tp blank ttg penerbangan hehehe
    Mau tanya,kalo keinggris bisa brp jam ya dg pesawat?kl pake KLM, berapa ya biayanya?thanks

  • Mieke

    Hai alist,saya mau tanya,kalau saya mau ikutan au pair ke perancis,apakah bs menggunakan visa schengen? Lalu,sebaiknya saya pilih rute penerbangan yg mana ya? Saya bener2 blank soal penerbangan ke luar negri.. Trima kasih..

  • vita

    alisttt,,,
    akhir juli saya dan kedua org tua ada rencana ke pariss,,krn ini penerbangan internasional pertama saya,,kira2 apa ajah yg saya butuhkan??dan maskapai apa ajah yaa yg ke pariss,,saya sii rencana maw cari yg termurah aja,,toloongg ya infonya,,tengkyuuu so much alist,,,

    • Alist

      @vita, Ikuti saja persyaratan utk mengajukan visa ke kedutaan Perancis. Utk maskapai, banyak kok pilihan ke Paris. Tidak ada istilah termurah, jadi memang harus rajin browsing satu per satu website maskapai karena mereka punya promo sendiri-sendiri.

      Biasa yang Timur Tengah sedikit lebih murah, seperti Emirates, Etihad, dan Qatar. Selain itu Lufthansa dan KLM juga cukup murah dgn transit di bandara masing2.

      • andra

        @Alist,
        Hallo Mas, mohon lebih dijelaskan klo kita transit atau stop over di Dubai apa harus mengajukan visa uni emirat juga ? dan misal disana 1 hari artinya connecting flightnya tetap pakai pesawat yg sama dgn jadwal yg berubah dan tanpa ada tambahan biaya kecuali utk stop over tsb ?
        Mohon penjelasan
        Terima kasih

  • merry

    hai gue ada rencana ke eropa timur neh juni ini, please please info dunk, tiketnya beli di mana ya? gue uda coba buka web chanbrothers tapi kok ribet ya? berapa ya tiket PP , sekitar berapa gitu. thanks banget ya teman2, God Bless U

  • arce

    hello,

    saya rencananya ada keperluan bisnis ke german – hannover di Awal Maret 2010. Ini kunjungan pertama saya ke eropa dan setelah dari germany, saya merencanakan tour ke beberapa negara sekitar germany. apakah ada saran negara mana saja yg sebaiknya dikunjungi dalam waktu 5 hari?

  • eRJi

    Hi Mas Alist…

    Rencana saya akan ke Belanda, cari low price ticket dmn ya ?
    Estimasi Maret dan return Juni 2010
    Dan kalo saya dari Jkt – Ams transit di Frankurt ( by Lufthansa )
    apakah harus mempunyai visa Jerman ?
    Apakah visa Schengen bisa digunakan ?

    Makasih ya ….

    • Erry

      @eRJi,
      Hallo Erji,

      Kebetulan saya tinggal di Belanda dan keluarga saya / Kami sudah sering kali pp Jkt-Amsterdam / Jkt-Dusseldorf. Biasanya Emirates airlines paling murah dgn tujuan Jkt-Dusseldorf Germany (dekat dengan perbatasan Jerman – Belanda. Kalo anda sudah punya visa Schengen anda tidak memerlukan visa Jerman lagi. Karena visa Schengen sudah melingkupi beberapa negara di Eropa.

      Baru saya pulang dari liburan dari Indonesia menggunakan Lufthansa & transit di Frankfurt. Duh… ga ga lagi deh… Gate untuk pindah pesawat sangat berjauhan jaraknya apalagi kalau berpergian dengan anak2 yg masih kecil. Belum ditambah kalau2 ada delay pesawat, bord di bandaranya membingungkan. Kalau saya boleh compare saya lebih comfort pakai Emirates, service, fasilitas didalam pesawat, makanan, dll memuaskan. Perbandingannya tiket ekonomi dgn Emirates kurang lebih sebanding dgn business class by Lufthansa, Malaysian Airlines / KLM. Meskipun transit time di Dubai agak lama (3 jam-an)tapi dibanding service yg disediakan oleh Emirates kami sangat puas!.

      • http://nieuwverhaal.multiply.com eRJi

        Hi Mas Alist ..bedankt ..
        sy sdh di Holland sejak 15 april lalu..skrg tgal di Ravesnwaaij ( 15 km dr Tiel )
        sy juga pake emirates transit Dubai ke Dsldorf… bagus servicenya, murah jg pricenya… tp ya ampuuun… goyangnya dr jakarta – Dubai
        Dubai – Dsldorf … ga tau knp ..jd slm sekian belas jam itu kyk naik pesawat domestik di sini…tp alhamdulilah selamat…
        sy plg Juli dr dsldorf ..
        makasih ya Mas Alist..salam buat keluarga…

  • wenny

    Dear Alist, saya mau tanya tgl 10 April – 18 April saya mau ke Milan tiga hari lalu ke Spanyol 4 hari, Pulang ke Indonesia seminggu lalu tgl 25 April – 1 Mei saya berangkat lagi ke Milandan Paris. Problemnya kepergian saya itu adalah undangan dari dua media yang berbeda. Paling praktis saya mengurus Visanya kemana ya mas? Oya Paspor saya masa berakhirnya 10 Oktober 2010, sebaiknya saya perpanjang dulu untuk pengurusan Visa atau tidak? Terima Kasih banyak. Saya tunggu jawaban secepatnya. Salam, wp.

  • berfa

    Aku ada rencana mau kerja di Fujairah UAE, kira2 berapa yach harga tiketnya dan apakah perlu visa juga? soalnya menurut temenku yang ada di FujairaH, ngga usah buka visa di UAE Embassy jakarta…buka visanya saat berada di Konjen Indonesia UAE aja…apa betul, saya takut dapet masalah mengenai administratif Keimigrasian.

  • andra

    Dear Mas Alist,
    Sy pengen persis ngikutin model mas Ke Eropa pakai China Eastern Airlines, nah tolong ceritakan :
    1. Jika Stop over di Shanghai & Jaws di Frankfurt ada tambahan biaya ?
    2. Apakah saat transit di Shanghai ganti pesawat utk lanjut ke London ? jenis pesawaatnya apa ?
    3. Haruskan saya mengajukan visa China saat transit & Stop Over di Shanghai ?
    Thanks

  • rusminah

    Dear Mas Alist.. seru bgt baca postingannya.. memberikan pencerahan buat saya lg kebingungan mencari flioght buat keropa..ini pengamalan saya akan ke eropa. Begini, Juli ini saya akan berangkat ke Oslo (Norway) untuk melanjutkan sekolah saya. saya mo tanya airlines apa yang bisa saya gunakan?. sebaiknya beli di jakarta atau di singapore? Kalo mo stop over sebaiknya dimana? sebenarnya saya interest di Belanda. Terima ksih banyak ya mas infonya =)

  • Rini

    Dear Alist, apa bisa perpanjang visa di negara tujuan? Saya terlanjur minta visa kunjungan /schengen 1 bulan dari negara Swiss, sekarang ternyata saya butuh waktu lebih lama untuk mengunjungi Jerman (Hannover). Bagaimana cara agar permohonan perpanjangan visa saya bisa dikabulkan? Apa bisa saya minta tambahan 2 bulan lagi di sana?
    Terima kasih banyak sebelumnya, saya tunggu infonya.

  • erin

    Dear Sir Alist,
    saya ada rencana ke Jerman awal September tahun 2010., bisa minta tolong informasikan harga tiket paling murah Jakarta-Frankfurt one way, kalau bisa yang Rp 4.000.000 :)
    tolong yaa keuangan saya terbatas sekali.
    sekedar info, kemarin saya rencana berangkat mei, saya sudah cari tiket dan dapat malaysian airlines seharga Rp 3,700,000 untuk one way penerbangan bulan mei.
    saya ingin sekali dapat tiket one way dengan harga segitu lagi :)
    terimakasih
    mohon balasannya

  • ferra

    bulan juni ini sekitar tanggal 20 juni saya mau berangkat ke jerman tolong informasikan return tiket yang sangat murah ke negara tersebut yang akan saya kunjungi. karena sejauh ini saya cari tiket masih mahal dan saya bingung sekali sementara keuangan saya terbatas tolong sekali… terima kasih by. ferra

  • Turkiyeliyim

    Dear alist….

    Saya sudah baca informasi dari anda dan teman2 lain, saya menunggu2 ada yang menanyakan tentang keberangkatan ke Turki…ketika ada yang menanyakkan tapi tidak di balas.
    Saya sangat butuh informasi tentang keberangkatan ke Turki…
    Saya berencana akan berangkat awal bulan september ini (sekitar tanggal 8) dan kembali sekitar tanggal 15 september. Dalam rangka beasiswa
    Kendala saya adalah…belum pernah ke LN yang sejauh ini,
    1. saya ingin menanyakan jenis visa apa yang harus saya urus?
    2. kalau dalam rangka beasiswa ini, apakah ada kemungkinan untuk ditolak? dokumen apa sajakah yang harus di urus untuk mendapatkan visa?
    3. Saya ga pernah coba cara diatas dalam pemesanan ticket,abis..gaptek sih. Biasanya langsung ke travel agent (tapi cm sebatas KL, Malaysia) and thats easy. Kalau ke turki, cuma iseng cari2 pakai “mobissimo travel” lumayan nawarin harga yg murah ke Sivas, Turkey. Waktu saya lanjutin, ternyata harus berangkat dr singapore coz dan itu pakai Zuji as travel agent dan harga tiketnya sekitar 14 juta (secara saya fresgraduate, duit nya dari mana ya?)
    4. Rencana yang lain adalah ingin ke Turki buat liburan sekaligus ingin survey universitas di tiap kota, seperti Istanbul, angkara dan terakhir di Sivas. Visa nya bagaimana, apa beda dgn visa pelajar?

    Thanks,
    Turkiyeliyim

  • soraya

    Mau tny donk saya ada renacana mau pergi liburan ke jerman kira2 harga akomodasi dari mulai tiket pesawat p-p smp hotel na brpan ya?! Lbh baik saya pake tour apa pergi sendiri?! Hrg na lbh mahal yg mana?! Saya minta saran na yaaa… Thx

  • marwanti

    bagus bgt informasinya…..pengin jg keliling eropa terutama ke italy roma…..tp gak tau caranya…..setelah baca ini sedikit tau…..kapan jalan2 ke eropa lagi?….tawarin dong ke teman2 semua, n tour leadernya mas alist aja…..yg ikut tour pasti seneng krn bisa murah n terjangkau dan banyak negara yg bisa dikunjungi…. so pasti dr yg ikut mas alist minimal bisa dpt tiket gratisnya…..mantaaapppsssss…..

  • Turkiyeliyim

    Bener tu…setuju.
    Kenapa kita ga buat group travel aja…jadi bs trip bareng2 kan dengan harga tiket yg murah.

    Bagus tuh idenya!

  • afiah

    sy jg setuju ingin trip bareng2 yg murah tour leadernya mas alist,aku daftar ya……hub aku 08161930024

  • afiah

    kl ada yg murah mas alist ala backpecer saya daftar untuk 8 orang ya

  • yoesnita

    Saya juga tertarik, kalo ada tour bareng saya ikut ya, ber2 dengan suami

  • Alist

    @yoesnita, Dear Ibu, kita mengadakan program di bulan september mendatang. Informasi lengkap bisa buka http://www.jalaneropa.com

  • hana

    Halo..mau nanya ni,aku skrg tinggal d inggris dan lg hamil..2 minggu yg lalu ortu-ku apply visa untuk family visit 2 bulan tp ditolak,alasannya mrk kuang puas dengan riwayat kerja bpk saya dan mrk takut kalo ortu-ku ga balik indo lg..aku mau-nya appeal untuk visa mrk,brp persen kemungkinan ortu-ku bs dapat visa? aku sdh jelasin klo semua biaya aku yg tanggung. thanks

    • arya

      @hana,

      coba baca kembali apa alasan VFS menolak famili visa dari ortu, dan kita cukupi kekuranganya.
      Dari pihak Bapak sebaiknya buktikan bahwa bpk punya pekerjaan di Indo, dan mintakan surat dari instansi tempat dia bekerja.

      Dari pihak kamu dan suami kamu yang jadi sponsor, juga sangat mempengaruhi, apakah suami kamu ambil benefit dari pemerintah dan juga kamu bekerja atau tidak.
      Jika kamu bekerja dan tidak ada catatan benefit sebelumnya saya kira tidak masalah, tapi kalau kamu tidak bekerja dan suami kamu keuanganya dianggap belum mampu memenuhi standart untuk menanggung ortu kamu dan apalagi kehamilan kamu itu diketahui dan mempengaruhi mereka, maka terpaksa kamu harus appeal.

      Jika appeal kamu memuaskan ECO dan ECM dijakarta, karena kamu kasih dok lengkap. Maka mereka akan luluskan visa secepatnya.
      Tapi jika tidak maka berkas orang tua kamu akan dikirim ke London dan kamu harus menunggu proses sampai appeal hearing ditetapkan dan keputusan ada di tangan AIT.
      Waktunya antara 6-15 bln.

      Untuk persentase.. sorry, no body knows? tergantung bagaimana kamu mempersiapkan diri untuk appeal. Sabar dan doa….

      Ada opsi lain, mungkin bisa pakai tourist visa .. jika tidak ingin menunggu lama, dan ortu sudah kangen. Tapi appeal tetep kamu lanjutin karena itu gratis dan tidak mempengaruhi.
      Karena appeal kamu hanya memberikan copy dari berkas dan setahu saya berkas yang asli sudah dikembalikan ke orang tua kamu ketika pemberitahuan visa ditolak, jadi kamu bisa menggunakannya kembali untuk apply tourist visa, dan waktu apply kamu juga harus kasih tau alasan ditolak dan jangan lupa sertakan copy dari surat dari ECO yang memberikan ijin ortu buat appeal.

      Good luck ya…

  • ratih

    mo tanya dunk…ada yg tau ga cara ngurus visa buat k abu dhabi?suamiku ada course 1bulan di abu dhabi…kl visa suamiku sdh diurus oleh officenya tp buat aku dan anakku msh bingung soalnya ga dpt sponsor dr abu dhabi…ada yg bilang pk tourist visa tp kudu naik emirates…sdgkan suamiku ga pk emirates trus tgl berangkatnya jg blum keluar…pgnnya dpt tourist visa ke abu dhabi dlu jd bisa nyesuaiin brgktnya ma suami trus dgn pesawat yg qt pilih…help anyone…

  • Ellyn Brahmana

    Mr Alist… Setelah membaca pengalamannya, rasanya pengen banget ke eropa. Biasanya kalo saya jalan ke LN (paling jauh sich ke China) saya rancang sendiri. Kalo ke Eropa hanya saya kuatir sekali untuk pengurusan visanya dan apakah benar pengurusan visa schengen nya lebih mudah ke negara Belanda? Kemudian kalo saya dari INA dan langsung ke Frankfurt-Jerman (saya coba liat via internet n hrg tiket cenderung lebih murah via Frankfurt) pdhl pengurusan visanya melalui kedutaan Belanda, bagaimana? oya kami ber-4 n kira kira berapa dana ya yang harus ada di rekening selama 3 bulan, apakah benar 30 jt per orang?

    • Alist

      Visa di-apply di negara Schengen yang menjadi tujuan utama, bisa yang paling lama atau negara pertama yang dituju.

      Mengenai harga tiket, sebenarnya tergantung promosi. Namun memang hub seperti Frankfurt dan Amsterdam biasanya lebih murah dibanding ke kota seperti Milan atau Barcelona.

  • nanang tanamal

    Yang di katakan transit tidak keluar dari pelabuhan. (Tidak melewati Imigrasi pasport control). Jadi tdk di perlukan VISA

  • hanna yuanita

    mas, aq mau tanya step2 awal apa saja yg hrs disiapkan u/ berangkat ke belanda…??
    apa saja berkas2 yg hrs disiapkan di indo selain visa,npwp,pasport,dll
    jwban mas akan sangat membantu sekali…mksh sblmnya

  • Risa

    Mas, aq mau tanya dunk, pengalaman waktu naik China airline gimana?
    aq ada rencana mau ke Frankfurt (pp) alternatif lain tiba di Frankfurt, kembali ke Jakarta dari Swiss.
    Maximum berat koper yg diperbolehkan dan berapa lama transitnya?
    Terima kasih banyak sebelumnya yah

    Salam
    Risa

    • Alist

      @Risa, Saya pernah naik China Eastern (MU), bukan China Airlines. Maximum koper standar saja yaitu 25Kg, transit di Shanghai (dulu saya ke London) adalah sekitar 6-7 jam, jadi bisa ngider2 kota.

  • Risa

    Beda yah China Airlines n China Eastern, Mas boleh japri engga? pingin banyak yg ditanya euy

  • Bintang

    Honestly ini pertama kali saya berencana akan ke Eropa , khususnya Amsterdam dan France …. mohon sangat bantuan nya apa saja yang harus saya persiapkan dan lakukan untuk berangkat dan selama disana , dan bagaimana caranya mendapatkan ticket murah dan penginapan murah serta menemukan lokasi tempat belanja berharga miring .

    Mohon banget bantuan dan advisnya .

  • vivi

    sis mau tny sy mau booking emirates, dia kan transit di dubai…
    saya rencana ingin bermalam di dubai 2 mlm, nah kan stop over tuh, itu bgmn caranya yaa? kita lgs beli tiketnya? ato krm email dl kita kasi tau kl kita mau bermalam ato gmn ya sis?
    mohon pencerahannya
    di fare condition nya tertulis begini:
    2 STOPOVERS PERMITTED ON THE PRICING UNIT – 1 IN EACH DIRECTION LIMITED TO 1 FREE AND 1 AT USD 50.00. NOTE – INFANT IS FREE.
    saya agak bingung (gak ngerti) scr blm pernah stop over jd gatau caranya, mohon di reply,tq yaa

    • Alist

      @vivi, Dari fare condition memang memungkinkan utk melakukan stopover di Dubai.
      Tiket tetap di-book rute fullnya, misalkan Jakarta-London; tetapi karena ada 2 leg di sini, pilih flight yang berbeda pada hari yang berbeda.
      Jadi cukup inform travel agent utk book ticket tersebut dengan memilih rute, misalkan Jakarta – London dengan rute tgl 1 Jakarta-Dubai, Tgl 3 Dubai-London.

      Sebagai informasi, setahu saya Dubai perlu visa lagi jika ingin bermalam, silakan cek dengan Emirates apakah bisa arrange transit visa atau mesti apply visa.

      • vivi

        @Alist,
        thanks uda di reply yaa….
        btw masi kurang ngerti, hehehehe
        aku kmr coba2 klik booking sndr lgs ke web nya n bukan via travel agent…
        rute ku jkt-istanbul ,Turki
        jd dr jkt-dubai… lnjt lg dubai-istanbul….
        dismua choice penerbangan ada 2 mcm yg satu nunggu sktr 4 jam, satu lg nunggu sktr 11 jam….
        aku td coba rubah , utk bagian dubai-istanbul (tdk bs)
        krn di option mereka sudah pasang2kan connectionnya….
        apakah kl stop over itu hrs via travel (mksdnya kl booking sndr via web bgini ga bs?)
        soalnya mereka uda lgs pasang2 in jkt-dubai, lgs disatuin ama dubai-turki nya….
        jd pas bag dubai-turki nya bgmn kita bs mundurin 2 hari bgtu yaa?
        aku jg td cb lg klik2.. itu jd spt udah pasangan bgtu….
        apakah bgtu yaa?

        • Alist

          @vivi, betul utk stopover ini tidak bisa dengan mudah dilakukan dari web.
          Bisa dicoba dulu dengan memilih multi city booking, 3 leg, jakarta-dubai lalu dubai-istanbul, dan pulangnya langsung Instanbul-Jakarta. Terakhir lihat harga ticketnya apakah sama dengan memilih langsung Jakarta-Istanbul-Jakarta, jika sama berarti sudah dianggap stop over.

          Tapi kalau harganya 2x lipat, berarti harus book via travel agent.

  • susy

    mau tanya sy rencana mau ke europe ambil paket tour air asia gimana ya caranya bikin visanya krn sy di banjarmasin , biaya biki visa berapa ya kalo boleh tau
    mungkin ada info travel yg bisa ngurusin,

    trims

  • Eric

    Mas aku mau nanya nih. Aku udah punya Visa ke Jerman yang berlaku mulai tanggal 1 Oktober nanti. Aku bisa ga beli tiket buat tanggal 30 September.? Maaf kalo pertanyaannya sedikit bodoh karena ini baru pertama kalinya mau ke sana.
    Mohon penjelasannya.

    • Alist

      @Eric, mestinya tidak masalah, yang penting tiba di imigrasi sana adalah tanggal 1 October.
      Salam,

  • christine

    good day’

    mas alist saya mau tanya dunk, klo ngurus insurance anulerring plus travel insurance itu biasanya dmn ya klo dijakrta? trus biasanya kena brp payment klo stay untuk 3 minggu.Thank you

  • ai

    mas saya mau nanya. kalau pesan e-ticket dari orbitz.com dari indonesia, apakah aman? saya memesan sing-LA. apakah saya harus menelfon ke singapura seperti yg anda lakukan?

    • Alist

      @ai, tidak perlu, mestinya sudah berbentuk e-ticket tinggal di-print utk dibawa ke airport.

  • iput

    Saya ada tiket Qatar Airways berbagai jurusan. Harga nego. Ada yang berminat.

    • weiwei artha

      @iput, saya rencana ke san fransisco feb 2011..ada flight yg murah?

  • Sesil

    Permisi, Mas saya mau tanya, kalau saya berminat ke turkey sekitar agustus/september 2011, ada tips supaya dapet penerbangan murah tidak?
    turkis airlines berapa pp?atau ada saran yang lebih murah?dan soal penginapan kalau rencana mau backpack ke istanbul, ada info soal penginapan?kalau ada rencana backpack ke negara mediterania
    (turkey,greece,spain,italy,maroko,iran) mohon info karena saya sangat tertarik sekali

    • mety

      @Sesil, kalau tidak keberatan mety boleh enggw ikutan jalan jalan? mety tertarik sekali,minta infonya,trima kasih

      • Sesil

        @mety,
        g dah akan ke turki agustus ini, naik turkish airlines, benernya transit dalam perjalanan ke barcelona.
        naik turkish airlines ternyata berhak dapat tur gratis dr pihak airlinesnya asal waktu delaynya antara jam 9-15 atau 12-15
        rutenya sekitar blue mosq, hagia sophia, topkapi palace, dkk.
        dan ternyata ada metro dari bandara langsung ke pusat kota.
        visanya on arrival 25 usd kalau buat di indonesia bisa tp lebih mahal 50 usd.
        btw krn kurang puas(cuman bentar d turki) mungkin next year g mau kesana lg brg temen2.
        ada yg minat backpack brg2?terutama ke negara yg visa on arrival or non visa d luar asia, krn g dah cukup mabok pas urus visa schengen ke spanyol tahun ini.sebulan lebih sdr boo!
        kalau ada yg minat backpack bareng ajak2 ya email aja countesscecil@gmail.com

  • jamaluddin

    saya mau ke german tanggal 27 des 2010 dan return tanggal 23 januari kira kira pernaerbangan apa ya yang murah untuk bulan itu,

  • http://amilia25.multiply.co/photos Rosa Amilia

    kayaknya banyak juga yg minat ke istanbul-turky
    sy rencana 2bulan (mai-juni) tp masih belum tau gunakan pesawat apa,
    Mas kl gunakan pesawat yg TRANSIT, apa kita juga harus urus koper2 kita?? atau kita tinggal “pindah badan” aja??
    Apa turky itu jd free visa 1 bulan? info internet simpang siur..
    Yg punya into perjalanan ke turky, silahkan email sy amilia.amilia@yahoo.com

    thx

    • PS

      @Rosa Amilia,

      Qatar Airways lumayan murah untuk pergi ke Turkey, compared to Turkish Airline. Saya baru pergi sama family akhir Dec 2010 sampai awal Jan 2011.
      Transit in Doha, pindah terminal, ada bus yang langsung antar dari pesawat ke terminal for transit.
      Di airport Jakarta koper langsung diurus, jadi tidak perlu diambil dan check in lagi di Doha. LAngsung dikasih 2 ticket: Jakarta-Doha, and then Doha-Istanbul. Kalau transit more than 8 hours dikasih voucher makan.
      The visa is not free, tapi bisa apply on arrival, around USD $25, maximum stay kalau tidak salah 1 bulan.

  • dendutzcute

    @iputz mo tanya dunk sy mo ke amsterdam bulan januari pertengahan..qatar ada flight k ams ga? Klo ada mohon infonya harganya…tlg d email denura78@yahoo.com bagi ada yg tau info tiket termurah..big thanks!

  • akbar

    mas setelah saya baca yang anda tulis sangat2 bermanfaat sekali.., saya rencanany januari tahun depan mau liburan k jerman, yang ingin saya tanyakan krn ini flight pertama saya ke eropa, penerbangan yang paling murah ksana pakai maksapai apa y? makasih mas

  • bona

    pak carax gunakan fasitas open jaws gmn ya ?
    soalnya saya rencana ke eropa (jerman balik dari madrid)
    terima kasih bantuannya

    • Alist

      @bona, Mas coba buka website airlines lalu coba lakukan booking, biasanya ada pilihan multi-city booking, lalu masukkan detail rute dan tanggal misalkan Jakarta-Munich dan Madrid-Jakarta.
      Jika harga tiket yang keluar tidak 2x lipat lebih mahal dibanding harga normal, berarti rute tersebut bisa open-jaw.

  • endri

    Salut untuk web anda, sangat membantu dan informatif.
    Mas, rencananya saya akan ke german sekitar bulan oktober 2011 dan ini adalah kali pertama saya ke eropa. Saya mengikuti saran anda untuk cek harga di chan brothers melalui websitenya dan sekitar SGD$1300-an Singapore-Frankfrut-Singapore dengan Emirates harganya sama dengan yang ditawarkan emirates nya sendiri didalam websitenya.
    Saya cari alternatif lain melalui CTC, tiket termurah ternyata dengan China Eastern. Kemudian saya email ke CTC untuk cek availabilitynya dan saya juga cek ke webnya China Eastern ternyata tidak ada sama sekali.
    Kira2 saya bisa cari dimana lagi ya mas?
    Rencananya tujuan saya adalah munich, tapi kira2 flight kemana yg hemat ya? sebelumnya saya pilih Frankfrut karena merupakan tujuan internasional dan berharap ada promo tiket yang kemudian saya bisa lanjutkan dengan Ryan Air ke Munich.
    terimakasih atas pencerahannya.

    • http://www.christylize.com chris

      @endri, aku bulan agustus 2011 berangkat, jadi ini juga lagi cari2 hehehe, aku coba di travel agent juga segitu harganya.

  • Ayu

    mas mohon info..
    sy pny temen yg mau s2 di inggris. nah dia pngen nti sy mengunjungi dia di inggris, biar sy jg tau rasanya ke LN (ini mungkin jd perjalanan pertama sy). apa sy harus ada travel insurance?dan visa apa yg sy harus apply klo hanya akan tinggal 1 mgg disana?
    trims bgt sebelumnya,,mohon bantuannya mas :)

  • http://www.christylize.com chris

    thx infonya kereennn…
    mo nanya nih mas, aku mo apply sendiri visa german dan UK, bisa gak ya sehari selesai?

  • ika

    saya berencana akhir thn 2011akan berngkt ke San Fransisco/ San Jose. Bisa tolong bantu rute mana yang harus saya lewati jika dar jkt?
    mana yg lebih bagus jkt-singapore-tokio-SF atau jkt-KL-taipei-SF ???tolong dibantu ya….

  • ridwan

    mas, saya sudah ada tiket jkt-amsterdam, pengin ke italia, paris dan german, saya harus bagaimana mas? oh ya, perlu info hotel ‘super murah’ di amsterdam. berangkat dengan keluarga 7 orang. tks

  • olivia

    pls help dong…pengen ke hongkong dec 2011..enakan pake flight apa yah yang murmer?
    thx banget yaa

  • vera

    Hi, sy rencana mau ke jerman pertengahan maret 2011, brdsrkan syarat dokumen utk pengurusan visa schengen, ada dokumen spt akte kelahiran,sdgkn akte kelahiran sy hilang dan utk pengurusannya sy hrs ke daerah asal sy, sdgkn bln ini sy sdh akan mengajukan visa tsb (dokumen yg lain sdh lengkap). Sy nti tinggal dgn teman di jerman, trus sy ke Belanda jg tinggal dgn teman,apakah sy hrs meminta sponsor dari kedua teman sy ? soalnya katanya pengurusan sponsor jg agak ribet di jerman dan belanda krn mrka jg hrs ada foto copy rekening tabungan, hrs pnya kamar kosong, dsb. Mhn bantuannya ya mas… Danke..Thank you…

    rgds,
    vera

  • jeany tabita

    hai mbak, what a nice info deh. saya mau berangkat febuari ini ke itali/venice. dadakan banget emang. mau tanya deh kalo open jaws itu yang ada maskapai apa aja yah. trus kalo cheap flight semacam ryanair itu berangkatnya darimana aja sih? gak mencakup asia yah?
    makasih

  • maria ling_kwee

    hi… orang tua saya ada rencana untuk mengunjungi adek yang sekolah di hanover, jerman pada bulan Maret ini, tapi adanya keterbatasan dana, apakah bisa dibantu naik pesawat apa? karena orang tua saya punya keterbatasan untuk bisa komunikasi dalam bahasa inggris. dari jerman, mereka rencananya akan mampir di singapure untuk mengunjungi saudara, bagaimana mencari tiket yang murmer? thanks b4….

  • lal

    hi mas…

    Share dunk, sy sudah wawancara dikedutaan belanda dan tinggal nunggu di approve, saya mau tanya klau sy beli ticket pesawat emirate via kantor emirate langsung itu harus bayar langsung atau ada time limitnya? Dan klau visa ditolak bisa kembali gak uangnya.

  • endri

    dear chris,
    hahahahaha… lagi cari tiket juga toh? sudah dapat?
    dapat info nih dari teman di garuda tiket kelas termurah itu kelas “V” Jakarta-Amsterdam-Jakarta bisa didapat dgn harga USD.800.
    Kalau dari amsterdam-munich nya naik apa yg murah ya?
    Menurut anda mendingan langsung ke aja ke german atau dgn garuda ke amsterdam ya?? mengingat kalau conecting beda flight agak repot ya.
    trims sarannya.. Selamat berjuang mencari tiket!!

  • yesi oner

    hi mas Alist..
    mau tanya nih. aku ada rencana mau ke German tahun 2011 ini.
    kira2 bulan berapa ya untuk dapet harga tiket murah ??
    makasih sebelumnya

  • Bulan

    Mas alist, saya ada rencana liburan ke eropa (belanda, jerman, perancis, inggris) selama setengh bulan antara juli sd november nanti. ada usul waktu dan rute yang terbaik? Juga naik pesawat apa dan berapa biayanya? Trims

  • Sesil

    Halo all,

    g akan ke turki agustus ini, naik turkish airlines, benernya transit dalam perjalanan ke barcelona.
    naik turkish airlines ternyata berhak dapat tur gratis dr pihak airlinesnya asal waktu delaynya antara jam 9-15 atau 12-15
    rutenya sekitar blue mosq, hagia sophia, topkapi palace, dkk.
    dan ternyata ada metro dari bandara langsung ke pusat kota.
    visanya on arrival 25 usd.
    btw krn kurang puas(cuman bentar d turki) mungkin next year g mau kesana lg brg temen2.
    ada yg minat backpack brg2?terutama ke negara yg visa on arrival or non visa d luar asia, krn g dah cukup mabok pas urus visa schengen ke spanyol tahun ini.sebulan lebih sdr boo!
    kalau ada yg minat backpack bareng ajak2 ya email aja countesscecil@gmail.com

    • ayu

      @Sesil, gw mw donk..kabarin gw yah..dan hm,,,gw mw yg murah hihihi.thx

    • winliner

      @Sesil, thanks infonya,,, mau dong bareng2 ntar kalo berangkat lagi tolong infonya ya.. sya senang berkelana apalgi aklo ada yang murah,, mantap euy…thanks

    • winliner

      email gw: winliner@gmail.com. thx

    • Eni

      @Sesil, salam kenal…boleh ikut lagi dunk kl ada travel ke turkey tpi yg murah ya,,,heheheee

    • Syachran Pawenney

      @Sesil, mau dunk saya lagi cari teman jalan bareng ke europe klo da info kabarn ya

      • sinat

        @Syachran Pawenney, eh jalan bareng yok tahun depan ke eropa, gak enak sendirian add pin saya kalo mau bareng 261B2286

  • liana

    Halo, tolong tanya ya…Kebetulan bulan ini saya akan mengadakan perjalanan dari shanghai ke surabaya via taipei. Di taipei saya harus transit selama 10 jam, apakah saya bisa keluar bandara sembari menunggu jam keberangkatan? apakah saya harus mengurus transit visa taiwan, bagaimana caranya? Thank you.

  • http://Website... Name…

    bln december nanti sy mau ke inggris kira2 harga tiketnya brp ya? N yg paling murah berangkat dr jakarta atw dr mana?

  • Pipit

    Hai, saya berencana bersama kel( anak umur 10,3) in gin ke honking n pulangnya kalobs ke sin.kemungkinan awal tabun 2012. Saya td tertarik dengan konsep stop over. Bisakah diberikan info,mencari pesawat n hotel yang low price. Terimakasih Atas info n bantuannya

  • eka

    haiiiii..

    tolong tanya yah..sy rencana mau ke eropa pertengahan desember 2011.
    rencananya mau ke paris, amsterdam, jerman n swiss. nah lebih baiknya dr jakarta lgsg kemana dl? paris or milan?
    trus untuk transportasi antar negara2 tsb, lbh baik menggunakan apa? train or bus?
    klo info station bus gitu bisa didapat drmana yah?

    thanksss infonya..
    butuh banget nehhhh…

  • cha cha

    tolong saya donk…… saya dr jayapura papua…..gimana cara urus visa yg benar,,,,, tahun lalu saya urus visa kedutaan amerika tapi di tolak…..krn ga ngerti ada sepupu saya yg bantu urus….tp kecewa sekali datang jauh2 ddr papua hampir sebulan di jkt baru di pgl inteview tp visa di tolak…saya rencana awal tahun mau ngajukan visa lagi…dan mau ngurus sendiri aja,,, mohon bantuannya supaya surat2 apa saja yg dibutuhkan krn takut ga lengkap dan minim tabungan brapa byk? makasih sebelumnya,,,,gbu

  • omega

    mau nanya donk,,kalau harga tiket infant GIA domestik berapa sih sebenarnya ya??dan kalau over bagasi sebaiknya urusnya di travel atau di airport?dan brp per KG nya kalau dengan GIA jakarta-Medan? makasih banyak bantuannya.Salam

    • roberto sinaga

      @omega, : klo harga tiket biasanya ber variasi,klo aq sich biasanya naik garuda di level 900 an,klo over bagasi akan di urus di airport,tp bisa g bayar kok dengan cara nebeng ama orang yg disamping waktu cek in..hehehhee(modal berani..)..biasanya per kg 75 rb,lumayan kan…
      horas

  • nadilah

    mau nanya dong, rencana tahun depan bulan mei mau ke Europe kira2 3 orang. Paket tour apa ya yang murah dan katanya kalau pesan dari jauh2 hari lebih murah. Mohon infonya! Thankyouu..

  • andri

    mau tanya donk, kalau ke georgia kira2 pake airlines apa ya yang murah

  • Anggia murti

    Saya sudah liat di travel agent di Singapore. murah sih dibanding dengan travel agent dr jakarta. tetapi agak sedikit ribet yah. katakanlah saya mau ke bangkok berarti saya hrs ke singapore dulu dan pulang juga dari singapore. Ada ga yang pulangnya langsung ke jakarta? terima kasih :)

    • roberto sinaga

      @Anggia murti, banyak skrg yang direct flight,coba cek garuda dan air asia..klo ke bangkok lion air jg ada

  • hendra

    eh tanya dong,gue kan mau ke inggris tepatnya manchester trus klo dr indonesia ke sana biar agak murah gmn cos gue blank gk tahu sm sekali

  • eny

    mau nanya sy msh bingung dengan yg stop over itu bs dijelaskan lg. gini sy ada rencana ke hongkong dari surabaya trus msh bingung mau milig transit malaysia apa singapura trus klo kita mau stop over itu carax gimana dan misalx dari surabaya ke KL naik air aia likx pesawat yg bs stop over itu apa aja.tlg diblas di email makasih

  • kiki

    thx buat infona, cuman iya masih bingung ma fitur
    stop-over and open-jaw mesti cari2 info lagi gimana dapet fitur ini………..

  • nunu

    halo halo..
    gimana ya caranya beli tiket open jaw?
    pingin naik SQ berangkat dari Jakarta – London, terus pulangnya dari Paris – Jakarta..
    thanks a lot ya..

    • http://Javamilk.com Alist

      @nunu, coba saja browsing di website SQ, pilih Multi-City booking dan isi rute tsb. Jika harga yang diberikan masih masuk akal (bukan 2x harga normal), berarti itu tiket open jaw.

  • tia

    hello helooo
    mau tny dong……klo akhir maret ini mau ke inggris enaknya pake penerbangan apa yg murah meriah tiketnya utk pp……?
    Trs sebaiknya kesana dr indo bw poundsterling or usd jg…..ato tukar disana sekalian ?
    Maaf ya bnyk tny…soalnya saya bener2 blm ngerti dsna gmn…hehehe….
    makasih sblmnya :)

    • roberto sinaga

      @tia, naik fly emirates saja,klo bisa bawa poundsterling aja dr indo,karena disana nantinya makan waktu utk money chargerny..

  • bobby

    saya tanggal 25 februari mau ke korea stop over siang/pagi waktu hongkong 2 hari, tgl 29 februari kembali ke surabaya dari korea, mohon info harga tiket. thx

  • angelin

    halo mas…saya merencanakan utk mengunjungi italy,france n german utk pertengahan agustus 2012 ini.
    dan stlh saya browsing saya mendapati tiket qatar airlines sekitar usd 2.600 pp dari medan-roma utk 2 org…apakah termasuk “ok”??

    dan apbl sudah membeli tiket pesawat sudah bisa dipastikan visa kita juga pasti akan keluar??

    makasih sblmnya ya =)

  • bunga

    kalu ad info tour keliling kota promo,e-mail ke aq ya,..

  • http://nuraenifitri.wordpress.com Fitri

    Mau tanya, klo dari salah satu kota di Britain (Cardiff), lalu ingin berkeliling negara2 eropa lainnya, bagaimana cara pengurusan visa Schengen nya?
    Terima kasih.

  • rosdiana

    mau donk join klo ada tmn2 yg mau backpacker ke eropa soalnya aku lg cari tmn jln….

  • paul

    turkish airlines jkt-istanbul stopovernya dimana ya?|

    • http://Javamilk.com Alist

      @paul, turkish yah rutenya cuma Jkt-Istanbul, pasti stopovernya di Instanbul kalau mau ke destinasi Eropa

  • Ikki Shobirin

    Gan..ane berencana berangkat ke Barcelona, insya Allah akhir Mei nanti..
    ada panduan kesono gak? tiket murah dan mudah gitu..
    budget PP max sekitar 20 jeti..
    gimana? ada ndak gan?
    tengkyu ya gan..

  • Ikki Shobirin

    gaan..ane ikki dari malang..
    ane berencana ke barcelona, insya Allah sekitar akhir mei..
    ada panduan dapet tiket murah kesono, tappi mudah gitu?
    transit gimana gitu..
    mohon bantuannya ya gan..
    gracias..

  • Leonardo

    Mas bro, gw mau nanya nih. Gw skrg lagi study di Paris, rencananya juli nanti mau liburan ke Indo. Kalo mau beli ticket roundtrip harga murah gimana? Gak musti berangkat dari Paris kok, dari kota2 di Eropa juga gak papa. Merci bcp

    • http://Javamilk.com Alist

      @Leonardo, coba cek KLM atau Lufthansa, mestinya under $1200 pp dari Paris.

  • deetry

    @alist, saya pengen minta nomer HP dri mas alist untuk saya tanya2 lebih detail lagi gmana cara klo mau tinggal di suatu kota di eropa .. thanks

  • william

    mw tanya ni, rencanany skitar tahun 2013 bsok, pengen jalan ke eropa. pilihan arrivalnya di frankfurt germany. bulan yang paling cocok supaya dapet tiket murah itu bulan apa ya? trus maskapai yang paling murah buat pp jg ap ya kira2? hehe thx b4..

    • ridha

      @william,
      hi will slm knl aj.aku jg pgn jln2 ke eropa tp yg murah meriah hy blm tau tptnya kpn yg jls bkn thn ini.kali aja dah dpt infonya tlg share ya

  • http://randyalfatih.blogspot.com randi

    teman2 mau tanya 3 bulan lagi saya akan berangkat ke trondheim norwegia….
    kira2 ada yang bisa menunjukkan rutenya ndak????terutama yang murah…terimakasih ….

  • nurul asry hidayah

    waah infonya guna bangeet ^^ insyaallah 2013 mau trip ke London,Spain,Italia,Amserdam and frankfurt pengeen banget kalau budgetnyaa cuma 49 juta/2 orang..July 2012 kemaren sy tour travel ke Paris,Brussel,Amsterdam Koln jerman biayanya perorang 48jt/org :( dan gak bebas bangeettt terikat jadwal cuma lewat dooang gk smua tempat kita masukinnn T____T mau tanya yang via singapore tour klo lebih murah brangkatnya trus dr jktnya naik pesawat beda apa udh include? karena klo di double biayanya sama aja dunk klo brgngkt via jakarta?

  • alist

    @Astri, Surat invitation dari orang yang tinggal di Eropa hanyalah salah satu dokumen persyaratan untuk mengajukan visa. Jadi Ibu tetap harus mengajukan visa di kedutaan sini, dilampiri surat invitation tersebut.

    Kadang staff kedutaan akan minta orang itu untuk mengirim faks langsung invitation ke kedutaan.

    Tapi kalau untuk keperluan tour atau turisme, sebaiknya tidak pakai surat invitation. Lengkapi saja semua persyaratan yang diminta.

  • alist

    @Riris, Kalau mengurus sendiri harganya adalah 60 euro (dikonversi ke IDR). Waktu proses tergantung embassy masing-masing, berkisar dari 10 hari kerja hingga sebulan.

    Bulan Mei hingga pertengahan juni adalah ‘shoulder’ season, berarti gak murah2 banget tapi gak semahal summer.

  • alist

    @WILLIARDI, Harga yang tertulis di chanbrother adalah harga per-orang dan di sana belum termasuk fuel surcharge dan tax. Juga harga ini tidak berlaku utk semua tanggal. Baca term and conditions utk lebih detil. Hitungan kasarnya adalah dikali 2 utk menjadi harga nett, tapi biasanya kurang dari itu. Contact chanbrother utk harga nett nya.

    China Eastern akan transit di Shanghai, baru terbang ke Frankfurt. Pesawatnya lumayan nyaman kok dgn boeing 737-400, hanya saja tidak ada personal tv.

  • riris

    @alist, nanya lagi dong..
    kalo summer season yg anda maksud itu bulan2 berapa ya?
    trus mohon dijelaskan step2 mengurus keberangkatan ke luar negeri..
    sprti visa, paspor atau npwp..
    trus visa schengen itu berlaku untuk berapa lama?
    terima kasih atas infonya ya..

  • alist

    @riris, Summer berarti pertengahan Juni hingga pertengahan Sept.

    Utk Pasport dan NPWP mungkin bisa urus lewat biro jasa. Visa juga kalau nggak mau repot bisa minta travel agent yang mengurusi. Cukup siapkan dokumen yang diperlukan.

    Visa schengen berlaku tergantung kedutaan yang mengeluarkan dan kebaikan hati mereka. Ada yang strict hanya valid dari tanggal kita tiba hingga kita pulang, ada yang valid 3-6 bulan.

  • http://javamilk.com Alist

    @Rachma, Kalau Visa sudah di tangan, mungkin menurut saya bisa sedikit santai. Kadang airline memberi diskon lumayan kalau tanggal sudah dekat. Tapi kalau sudah menemukan airline yang cocok dan harga masuk budget, sebaiknya langsung di-book saja. Harga ticket antara USD 950-1300 return ke Eropa. Saat ini sedang ada promosi di Lufthansa.com silakan dicek.

    Kalaupun confirm akhir Juni, belum mepet hitungannya, masih banyak waktu utk persiapan. Lonely planet saya belum pernah coba.