Mencari rute penerbangan internal Eropa, Kereta, dan Hotel

< Prev post: Di mana beli tiket pesawat

Hal pertama sebelum booking pesawat, kerata, dan hotel di Eropa, kita perlu membuat daftar kota yang ingin dituju, berapa lama tinggalnya, dan bagaimana cara pindah dari satu kota ke kota yang lain. Buat beberapa alternatif, kalau saja tiket atau hotel di hari yang direncanakan lagi mahal. Pelajari peta Eropa untuk memastikan jalur perjalanannya berurutan dan logis, biasanya melingkar atau linier, jangan sampai bolak-balik. Bandingkan tiap opsi dan buatlah perubahan jika ternyata tiket kereta atau pesawat mahal.
to be continue…

Ingat pula, ada 3 moda transportasi di Eropa: pesawat terbang, kereta, dan bus/coach. Secara umum naik kereta lebih cepat dari pada naik pesawat untuk kota/negara bertetangga. Kenapa? Untuk pesawat, Anda perlu 3 jam untuk pergi ke airport dan checkin, lalu 1 jam lebih untuk ambil bagasi dan turun ke kota dari airport tujuan. Put in mind that it is usually faster, efficient, and cheaper by taking train instead of flight for adjacent countries. Ini berarti jika pakai pesawat, setengah hari sudah terbuang percuma, terlebih jika mengambil flight jam 11-13siang, maka hari itu Anda sudah habis.

Contohnya, waktu itu saya punya 3 opsi rute keliling Eropa (kasus saya: harus mulai dari London, harus berakhir di Frankfurt)

1. London, Amsterdam, Paris, Rome, Florence, Venice, Frankfurt

2. London, Paris, Rome, Florence, Venice, Amsterdam, Frankfurt

3. London, Rome, Florence, Venice, Paris, Amsterdam, Frankfurt

Option #1 adalah tingal di London, lalu pakai night ferry service (from Harwich) ke Amsterdam via Rotterdam, lalu pakai kereta ke Paris, dilanjutkan kereta malam ke Roma, kereta ke Florence, kereta ke Venice, dan dengan pesawat ke Frankfurt Hahn.

Option #2 adalah dari London ke Paris dengan kereta Eurostar, kereta ke Florence dan Venice, dan dilanjutkan penerbangan ke Amsterdam, dan kereta ke Frankfurt.

Option #3 adalah dari Lonton langsung terbang ke Roma, kereta ke Florence dan Venice, kereta ke PAris, kereta ke Amsterdam, dan Frankfurt.

Akhirnya saya memilih opsi #3, kereta malam dari Paris ke Venice atau Roma dan sebaliknya tidak bisa karena harus apply lagi Visa Swiss, dan memakai kereta di pagi/siang hari antar ke dua kota yang jauh itu hanya membuang wakt.

Setelah itu baru lakukan booking sesuai dengan moda transportasi yang dipilih.

Hotel reservation - Venere.com
Enter a city Hotel reservation - Venere.com
  or select a destination
 
Select dates
 
Arrival: Departure:
Guests and rooms
 
Guests: Rooms:
  • http://www.hellomotion.com arie

    ini adalah postingan yg amat sangat sangat berguna mas.. keren. komplit. rapi.
    kebetulan saya & suami ada rencana ke London bulan oktober dan mau mampir ke negara2 tetangganya kalau memungkinkan.
    tadinya saya blank banget tapi setelah baca2 postingan ini saya jadi tau dan ngerti.
    makasih mas buat postingannya

  • Sri

    Bung Alisanta

    wah benar2 hebat, dan sangat berguna, tks yah atas info nya
    saya pernah ke eropa thn 1999 tp ikut tour, dan ingin sekali pegi sendiri spt anda.

    keep posting yah

    tks

  • Yohanes

    Kalau boleh saya minta jadwal kereta api donk, rencananya saya dari barcelona tgl 19 nov 08 menuju Roma, tempat lain yg akan saya datangi venice, Florence, Pisa, milan…dari seluruh tempt tersebut, kami ingin ke venice lebih dahulu agar pada tanggal 23 dec 08 saya udah sampai di Roma, kalau boleh sekalian info perjalanan dan inputannya sangat membantu saya dalam mengatur waktu, transportasi agar samapai di roma tepat waktu, thanks ata bantuannya, dibals ya

  • alist

    @Yohanes:

    Schedule kereta di Eropa bisa diquery dari website jerman ini : http://reiseauskunft.bahn.de/bin/query.exe/en

    masukkan saja from-to, dan prefer time. Harganya memang tidak akan muncul, tapi Anda bisa dapat gambaran pasti mengenai waktu berangkat dan tiba.

    Rutenya mungkin: Barcelona – Milan – Venice – Florence – Pisa – Roma.

  • Gita

    Alist,

    jadi pengen mengikuti jejakmu, jalan2 keliling eropa, buat anak dan hepi2.. he he he…

    btw, selamat ya atas kelahiran anak pertamanya… :-)

  • alist

    @Gita Iya dong, kapan lagi jalan2 di masa muda :) Udah punya anak ntar udah gak bisa kemana-mana.

    Thanks for visiting this site.

    • eka

      @alist,
      mau nanya neh, sy ada rencana honeymoon ke eropa pertengahn desember ini. tp kita ga pake tour agent. kita pengen travelling sendiri aja.soalnya kita punya low budget neh.
      rencana negara yg dituju : milan-swiss (gunung titlis)- jerman, amsterdam, paris.
      enaknya klo dr jkt turun nya kemana dl neh bung alist?
      trus klo mau ke antar kota tsb prefer train or bus?
      btw, sktr tgl 20an desember itu high seasons yah? n lg winter ga?
      thanks infonya..

  • rahmawan

    saya salut sekali sama Pak Alisanta, sepertinya anda tidak memerlukan travel agent untuk buat paket tour, semua bisa di rencanakan sendiri.
    N saya terkesan sekali melihat foto2 anda di flickr.. sepertinya anda juga memiliki touch di fotography.. komposisinya lumayan.
    btw saya juga membuat blog dengan blogspot untuk reservasi tiket pesawat dan voucher hotel, paket tour dll.. siapa tau ada temen2 yang terlalu bingung untuk bikin tour sendiri, mungkin kami bisa bantu…
    London, Rome, Florence, Venice, Paris, Amsterdam, Frankfurt… lets go there…
    Semoga pak Alist dan istri honeymoon terus every day every where..
    cheers..

  • arizmha lestarie

    boleh minta informasi maskapai-makapai apa saja yg berangkat ke prague…
    trus nama badaranya apa yach??
    hm…city codenya apa??
    makasih yach…
    tolong jawabannya d kirim via e-mail yach…
    itu d atas alamat e-mail aq
    soalnya lagi butuh bagnet informasi
    d atas aq tidak mendapatkan informasi yang aq cari

  • http://www.endrysyamsuri.com/blog Endry

    Hai Alist,
    Sebelumnya salam kenal dulu yah!
    Wah pas dapet blog kamu ini dari google search, saya semakin terinspirasi dan mantab untuk jalan ke Europe ama bini akhir Mar to Apr 2009 ini gak melalui tour deh :) (tadinya memang mau jalan sendiri, eh trus ‘roni’ mau ikut tour aja biar gak pusing, eh ‘roni lagi setelah baca lebih dalam ulasan lugas, jelas dan blak-2an trip kamu ini hehehe..)
    Kita mau minta masukan kamu nih, kayanya kita mau jalannya mirip option# 1 diatas, tapi mau plus Lourdes dan Swiss (soale kita pny 17,5 hari efektif disana, diluar ‘on the air’), kalo gak keberatan gimana re-arrangement trip nya yang efisien n efektif. Sekalian mnta rekomendasi tempat paling ok di Swiss, since kalo kita lihat di penawaran bbrp tour beda-2 dikit, dan ada denger dari temen Interlaken ok bener tuh. What do you think bro..?
    Thanks in advance.

  • http://www.endrysyamsuri.com/blog Endry

    Alist,nanya lagi donk, soal visa schengen kamu apakah memang itu sesuai rencana pertama masuk di Italy ataukah karena jumlah hari paling lama disana? soalnya gini, klo kita apply & dpt schengen dari embassy Belanda, trus kalo ternyata kita ganti masuk negara schengen pertama di Perancis dulu, apakah bisa atau hrs sesuai itinerary pertama? thanks again.. :)

  • http://www.endrysyamsuri.com/blog Endry

    Ok sip! thanks a bunch utk semua masukan kamu yach. Really appreciate it. :)

  • FIZA Makassar

    sorry , ketikan yang atas mabok, maksud saya dari Budapest, Honggary mau lanjut jalan2 ke Italy,swiss,luxemburg, perancis/ paris, belgia,inggris lalu belanda n pulang ke Indo, apakah itu sdh benar urutan perjalannya?

  • devi

    Hi Alist,salam kenal…
    sy mau liburan ke eropa juni nanti dengan tujuan mau ke London,Amsterdam,Paris,Rome & Berlin…gimana ya rute yg bener nya..pertama masuknya dan untuk keluarnya dr negara mana? Rcn utk 2 mgg krn di london mau 4 hr an & pengen naik Emirates…bs nggak open jaws, maunya msk dr London trus pulangnya dari amsterdam bs nggak ya? krn saya mau apply visa schengen pengen nya lwt kedutaan belanda aja,denger2 lbh gampang ya syarat2nya…btw ,minta info jg dunk utk ke paris,rome,berlin bs pk apa? kl pake easyjet gmn? krn gk tau kalo mau pake kereta tuh booking tiketnya gmn? utk htl sdh lht2 di vivere,Thx sebelumnya utk info2nya ya….

  • Elfi Anis

    Wah bagus sekali informasi ini.

    Tolong ya saya diberi gambaran berapa harga tiket pesawat (kelas ekonomi) dari Jakarta ke Amsterdam kemudian ke LOndon Heathrow. Pada harga terakhir 2010 ini. Saya tunggu informasinya, terimakasih banyak

  • Petrina Anggriani

    Mohon info dong saya mau ke Zurich(Swiss) pake Emirates ternyata salah book hari keberangkatan (1 hari lebih awal) sekarang saya udah issued tapi turun di Frankfurt dan rencananya naik kereta ke Zurich, tapi visaku di apply di kedutaan swiss
    apakah harus pake visa Jerman juga?sebab kan dari Frankfurt ke Zurichnya mau naik kereta api, tolong dijawab secepatnya ya?karena berangkatnya tgl 24 ini. thanks

    • Alist

      @Petrina Anggriani, Visa yang dikeluarkan oleh Swiss mestinya adalah Schengen Visa, (coba cek passport), jadi sebenarnya bebas mau masuk Germany atau negara Schengen lain. Yang harus dipastikan adalah tanggal tiba di Frankfurt harus berada dalam validity yang tertulis dalam visa.

      • Petrina Anggriani

        @Alist,

        thank you banget ya! berhubung budget yang terbatas ada usul nggak transportasi ke zurich dari frankfurt pake apa yg termurah?
        bagaimana caranya?sebab aku & temenku belum pernah ke Zurich lewat Frankfurt.
        oh ya hotel apa di Zurich yang murah deket station.

        thanks & regards,

        Petrina

        • Alist

          @Petrina Anggriani, Frankfurt-Zurich di-cek saja kereta, mungkin kereta malam. Dari Frankfurt Flughafen/airport, cari counter Bahn (lokasinya dekat platform kereta) yang bisa tanya-tanya jadwal sekaligus beli tiket kereta.

          Hotel di Zurich rasanya mahal2 terlebih yang dekat stasiun. Terakhir saya tinggal di Mercure Stoller, naik tram 1 kali dari stasiun, harga sekitar 100 CHF.

  • mega

    @ Bung Alist,

    saya ibu rumah tangga dan berumur 47 th, saya berencana mau ke europe sendiri April 2011 maksudnya mau jadi backpacker seperti mimpi masa muda saya ,sorry yah bung tapi ini adalah mimpi saya , rencananya sih di mulai dari belanda , Paris , Loudres , Pisa , Rome dan Vatican diteruskan ke Salzburg tempat sound of the music dan dilanjutkan ke jerman dan pulang ke belanda lagi mohom advise apakah route saya sudah benar dan mohon info juga hotel atau losmen muhmer buat backpacker Thanks yah

    • Bulan

      @mega, Bu Mega, mau tanya apa ibu sudah jadi berangkat? Saya ada rencana mengikuti jejak ibu. tadinya ingin membawa anak (umur 6 tahun) tapi khawatir tidak bisa lincah bergerak sepertinya ingin berangkat sendiri. boleh berbagi pengalamannya bu kalo tidak keberatan. saya bulan, ibu rumah tangga, 45 tahun. trims. salam kenal

  • http://pakettour.org faiz

    Hi! salam kenal ya! ulasan tour nya oke banget, jujur, aku sering mampir disini buat memperluas wawasan ..great work, keep posting bro!

  • irma natalia

    Hi salam kenal,
    Tgl. 18-22 Juli sy akan pergi ke Barcelona, bagaimana caranya melampirkan booking tiket dan hotel utk permohonan visa di Spain embassy sedangkan visa kan belum tentu disetujui?sedangkan booking tiket dan hotel hrs dilampirkan.
    Dan apakah ada rekomendasi hotel murah di Paris,Belanda,Frankfurt dan Zurich?apakah sy bs pesan voucher hotelnya melalui website ini?
    terima kasih.

    Rgds,Irma

  • marwanti

    duh bgs bgt informasinya…..jd pengin jalan2 n keliling eropa dg harga murmer…..mau tanya dulu, kira2 yg hawanya gak begitu dingin disana bulan apa ya ? dan yg gak peak season……maaf ya pertanyaannya bego bgt, pengin jg spt bu mega….inget masa muda jd back packer…..spy bs mengulang kembali….thanks bgt….

  • iwa

    opsi mana yg paling hemat,bagus,n good view mas :
    1. Jerman(frankfurt)-swiss(zurich)-milan-venice-florence-roma-barcelona-madrid-paris-belanda(koukenhof)-london (by train)
    2. Frankfurt-belanda-paris-madrid-barcelona-roma-florence-venice-milan-zurich(by train) – london(by flight)
    3. Frankfurt-amsterdam(by train)- roma(by flight)-florence-venice-milan-zurich-barcelona-madrid-paris-london(by train)
    kalo menurut cerita mas diatas ke zurich ga bisa naik kereta malam ya, sarannya? visa swiss(schengen) utk pertengahan april-mei bisa?
    tq bngt.

  • kud

    wah, bung alisanta informasinya sangat memberi pencerahan ni..
    saya mau minta saran nya ni bung,
    kami sekitar 8 org akan berangkat ke eropa akhir mei ini, ada tugas kantor sekalian jalan2. untuk tugas kantornya cuman 3 hr saja di vienna dan di paris, sedangkang wkt yang dikasi 15hr pp, tket yg dikasi adl jkt-vienna-jkt.
    yang saya tanyakan, dengan schedule sep itu kira2 rute yang sebaiknya dipilih unt didatangi kemana saja ya?(tempat2 recommended apa saja),krn kan pilihan rutenya melingkar ya, kami hrs balik ke vienna lagi…mohon infonya ya..terima kasih banyak.

    • Alist

      Mas bisa saja mutar ke bawah: Vienna – venice – Roma- Paris – Munich – kembali lagi ke Vienna. Semuanya bisa ditempuh dengan kereta.

  • sansan

    sorry, nanya donk, maksudnya paragraf ini apa “Akhirnya saya memilih opsi #3, kereta malam dari Paris ke Venice atau Roma dan sebaliknya tidak bisa karena harus apply lagi Visa Swiss, dan memakai kereta di pagi/siang hari antar ke dua kota yang jauh itu hanya membuang wakt. yg mesti ngajuin visa swiss yg rute apa?
    trus kalo saya mau k london – amsterdam – barcelona – roma – venice – paris, yg betul rutenya gimana? kalo tiketnya sing – amsterdam gimana? thankssss before.

    • Alist

      @sansan, Artikel ini dibuat saat Swiss masih perlu visa terpisah. Saat ini Swiss sudah tergabung dalam Schengen, jadi tidak ada masalah lagi dalam lintas batas antara Itali-Swiss-Perancis jika menggunakan kereta.

      Barcelona letaknya cukup jauh, consider pakai kereta malam dari Paris atau Roma jika ingin hemat waktu, atau langsung pakai pesawat.

  • sansan

    thx banget yach jawabannya. tp sorry nih nanya lagi. saya masih bingung, kalo pake eurail pass itu bisa keliling2 di dalam kotanya pake pass itu? trus kalo beli yg perkota dari wwwseat61com itu bisa juga ga dipake buat keliling2 di dalam kota tujuan ato cuma utk antar kota aja? trus kalo ga bisa, berarti keliling dalam kotanya naik apa? thx before yach k :)

    • Alist

      @sansan, Rail pass hanya untuk kereta antar kota. Dalam kota baik bus maupun metro/subway masih harus beli tiket lagi.

      Beli tiket bus atau metro umumnya dijual di stasiun kereta.

  • sansan

    nanya donk, taunya bandara ga bisa dicapai pake metro ato sub gimana?

  • kristi

    mas, numpang info saya June 2012 nanti akan ke london lalu eropa dan terakhir dari Paris pulang ke jakarta, rute nya seperti ini:

    london-amsterdam-frankfrut-swizerland-milan-paris

    Apa visa schengen saja sudah cukup karena negara tujuan pertama saya adalah England??

    dan boleh saran untuk rute yang akan saya jalani dari London menuju eropa sebaiknya transportasi apa yang saya gunakan?(saya ingin backpacker) waktu travel saya 2 minggu dan seminggu pertama akan dihabiskan di london.

    Terima kasih sebelumnya
    kristi

  • Decilia Jong

    Thanks yah mas infony, ak mau nanya kalo rutenya hanya mau london, amsterdam, dan terakhir paris, karena hanya ada wkt seminggu utk kesana…….apakah bisa mas? Apakah cukup wktny? Thank u

    • Decilia Jong

      @ apakah transportasi yg bisa dicapai dari london ke amsterdam lalu ke paris? Terimakasih

      • http://Javamilk.com Alist

        @Decilia Jong, Naik EuroStar dari St. Pancras station di London, menuju Amsterdam (via Brussel). Dari Amsterdam naik kereta Thalys utk ke Paris

  • http://merryciateul.multiply.com merry

    halo bro.. aku mau tanya yah.. semoga bisa ksh suggest untuk trip ku tgl 13 january ini. Aku udah punya tiket to London pp berakhir tgl 23 di London lagi.. kalo boleh ksh saran better aku ambil route mana aja ya untuk Europe trip nya.. makasih sebelumnya ya..

  • fazida

    minta bantuan… bila sudah tiba di airport rome bagaimana cara untuk pergi ke venice

    • http://Javamilk.com Alist

      @fazida, perlu naik train ke Termini di pusat Roma dulu, lalu baru beli tiket utk train ke Venezia. Kereta ini jadwalnya cukup banyak dalam sehari, jadi bisa beli on-the-spot.

      • fazi

        @Alist, terima ksih… tapi saya kurang paham frm airport FCo to Termini macam mana?

        • http://Javamilk.com Alist

          @fazi, Dari airport ikuti saja papan petunjuk Train to City
          Nanti tinggal beli tiket. Jurusannya adalah Roma Termini Stazione.

  • fazi

    hai alist…maksudnya saya jalan kaki sahaja frm airport to Train termini?

  • dani

    salam kenal,, sy mau ada rencana perjalanan menuju amsterdam(belanda)(5hari)-madrid(spanyol)(2hari)-brugge(belgia)(5hari)-florence(itali)(5hari),,
    rencana saya mulai perjalanan tanggal 8 maret 2012,,
    sebaiknya transportasi seperti apa yg sy ambil?? yg murah,, nyaman,,

  • http://nuraenifitri.wordpress.com Fitri

    Mau tanya, klo dari salah satu kota di Britain (Cardiff), lalu ingin berkeliling negara2 eropa lainnya, bagaimana cara pengurusan visa Schengen nya?
    Terima kasih.

  • Amri Bakhtiar

    Saya ingin informasi penerbangan ke Florence-Itali sekitar tanggal 20 Juli 2012. Pesawat dan jalur mana yang murah ?

  • munira

    halo alist,sy rencana bulan mei 2012 ini mau ke eropa,bisa minta buatkn itinerary perjalanan gak? sy di sana kira kira 15 hari. krn ni baru pertama kali ke eropa,dan di sana musim apa,udah gak dingin lg kan,makasih

  • http://twitter.com/annymadhu anny madhu

    Salam Kenal Mas.Alist…….

    Saya berencana mau ke Belanda trus ke German di dua tempat itu saya sudah mendapat tempat tinggal. Dari German rencana saya dan teman saya ingin ke Paris, Swiss dan Venice. Kira-kira saya harus kemana dulu tujuannya biar tidak menghabiskan waktu lama, transportnya memakai apa, dan hotel apa yang low budget (lagi menghitung budget soalnya nich Mas heheheh).
    Saya tunggu panduannya ya Mas, Terima kasih banyak.

  • pter

    mas rencana sy mau ke eropa budapest cm sy jg mau keliling negara eropa lainnya…kira2 kl sy pake kereta antar negara gampang gak dptnya dan apakah tiap jam ada jam keberangkatanya…..

  • alist

    @Endry, Salam kenal juga. Utk ke Lourdes enaknya sih dari kota Paris dulu, book ticket kereta return langsung dari Paris ke Lourdes. Setelah itu baru naik kereta menuju Swiss (lucern atau geneva) dan dilanjutkan ke Interlaken hingga kereta naik lereng gunung. Baru deh sambung ke Milan atau ke Roma.

    Yah swiss memang bagus, cuma agak repot dalam bahasa.

  • alist

    @Endry, Aku apply di Germany Embassy waktu itu. Yah once visa sudah keluar sebenarnya kita bebas menentukan perjalanan termasuk mau masuk ke negara schengen mana pun.

    Waktu aplikasi visa kan mereka suruh kita buat itinerary perjalanan dan minta hotel booking. Nah, di sini mereka bisa tolak memproses jika tidak memenuhi syarat. Tapi kalo udah di-approve silakan saja mau ke mana dulu.

  • alist

    @arizmha lestarie, sorry telat balas krn terlewat baca comment Anda. Airport Prague namanya Ruzyne, Lufthansa dan Air France ada penerbangan ke sana. Sedangkan low cost carriernya adalah Wizz Air.

    Tapi kalau punya banyak waktu, mungkin bisa naik kereta saja dari eropa barat ke eropa timur. Walaupun harga mungkin lebih mahal, pengalaman perjalannnya lebih asyik. Dan kereta lokal di Eropa timur murah2 kok.