Train Booking

Swiss Train

Untuk urusan kereta, baca dulu website ini, panduan lengkap naik kereta Eropa yang ditulis oleh Mark Smith ‘Seat61? (www.seat61.com). Semua informasi yang diperlukan ada di situ, dari nama kereta, jenis, waktu, dan harga.

Kereta Eropa dioperasikan oleh perusahaan (kebanyakan dimiliki negara, semacam BUMN) dan berdasarkan pengalaman saya tidak akan saling bersaing satu sama lain karena rute mereka tidak ada yang overlapping. Contohnya untuk London-Paris, cuma ada kereta TGV and EuroStar, TGV untuk tujuan kota di Perancis. TGV dan Thalys melayani rute Paris – Brussels/Amsterdam, etc. Faktor ‘murah’ ditentukan dari kapan kita membeli tiket itu, jam berangkat (peak/off-peak, weekday/weekend), dan comfort class. Untuk ukuran kita, cukup naik gerbong kelas 2, itu sudah lebih bagus daripada kereta eksekutif di Jawa.

DSC05294

Kereta Trenitalia

Kereta di Eropa berangkat sangat tepat waktu, pastikan jam tangan disetel mengikuti jam di stasiun atau airport, setidaknya harus sudah ada di stasiun 20-30 menit sebelum keberangkatan untuk mencari nomor platform dan gerbong/coach. Karena letak stasiun biasanya di tengah kota, anda bisa pergunakan waktu dengan efisien.


Saya melakukan riset yang lama untuk urusan kereta ini, melihat banyak website dan membandingkan harga, dan terakhir dibandingkan lagi dengan tiket pesawat. Lagi-lagi Internet yang cepat jadi kebutuhan utama di sini, saya memerlukan hampir 4 minggu untuk menyelesaikan semua booking. Sebaiknya gunakan hari Sabtu untuk riset ini karena memakan banyak konsentrasi dan emosi :) Hitung total biaya yang diperlukan untuk setiap alternatif rute, dan pastikan Anda masih punya waktu utk explore kota, jangan dihabiskan untuk perjalanan.

Perusahaan kereta Jerman: Bahn, ( http://reiseauskunft.bahn.de/bin/query.exe/en ) menyediakan fasilitas untuk melihat rute kereta se-Eropa dan timetable-nya. Gunakan web ini untuk memperkirakan jam berangkat, lamanya perjalanan, nomor kereta, termasuk saran untuk connecting. Anda tidak bisa membeli tiket selain destinasi kota Jerman di sini, dan harganya juga tidak muncul.

Jika memungkinkan, lebih baik menggunakan kereta malam (disebut sleepers). Kereta malam selalu menyediakan sleeping-car, semacam kamar yang dishare beberapa orang. Cara ini selain efisien (tidur di Roma bangun di Paris), tentu menghemat uang daripada tinggal di hotel. Untuk jelasnya bacalah deskripsi berikut tentang macam-macam kamar di kereta.

A sleeping-car is the equivalent of a hotel: A cosy bedroom, with comfortable beds, washbasin, and room service. For the daytime parts of a journey, the beds fold away to reveal a sofa. Sleepers come in 1-, 2-, 3- and (sometimes) 4-berth varieties, depending on the route, whether you have a 1st or 2nd class ticket, and the price you want to pay. If you are traveling alone and don’t want to pay for a 1st class single room, you can normally book just one berth in a 2- or 3-berth room and share with other passengers of the same sex (sometimes mixed). In addition to the normal lock, sleeper compartments have a security lock which cannot be opened from outside, even with a staff key, so you’ll be both safe and snug.

A sleeper costs about £20-£39 in western Europe or £11-£20 in eastern Europe per person per night for a berth in a 3-berth in addition to the relevant 2nd class ticket or railpass. A berth in a 2-berth costs about £35-£49 per night, plus either a 1st or 2nd class ticket or railpass depending on the route and type of sleeper. A single room costs around £70-£90 per night and you must have a 1st class ticket or railpass. On an increasing number of routes (e.g. Paris to Madrid, Barcelona, Italy, and Brussels to Berlin), good-value inclusive fares are now charged, covering travel, sleeper and breakfast.

Contohnya anda bisa pakai kereta malam dari Paris ke Roma (lewat Swiss border, ingat Visa Swiss diperlukan), Milan ke Barcelona, dll. Sedangkan Paris ke Brussel hanya perlu 2 jam, tidak mungkin ada kereta malam.

Di mana tempat membeli tiket kereta Eropa?

  • www.RailEurope.co.uk – UK RailEurope, can book major west europe train.
  • www.bahn.de – Semua kereta bisa dicek disini, namun yang bisa dibeli adalah yang rutenya dari dalam Germany.
  • www.voyages-sncf.com – SNCF France, sama seperti RailEurope, dapat membeli tiket ke seluruh kota di Perancis, termasuk Italia.
  • www.trenitalia.com/en/index.html – Trenitalia Italy, melayani semua kota di Italy (contoh: Rome to Venice), dan ke negara tetangga seperti Swiss, Perancis, bahkan Jerman.
  • www.sbb.ch – Swiss Train, membeli semua kereta jaringan Swiss, termasuk Swiss Pass, hingga destinasi Eropa dari Swiss. Baca juga artikel khusus Swiss Pass.
  • www.nshispeed.nl – Untuk semua rute yang dimulai dari Netherland.

Begitu menemukan tiket murah yang dicari (pastikan semua kota sudah tersambung), pilihannya cuma beli. Tidak ada opsi untuk booking dulu. Tiket kereta sama seperti tiket pesawat, ada ticket-class, paling murah berarti non-refundable non-reroutable, semakin mahal berarti semakin fleksibel dan bahkan bisa refund 100%.

Saya membeli tiket menggunakan website Trenitalia dari Roma ke Florence dan Florence ke Venice. Pembayaran dengan kartu kredit (aman kok), dan jika berhasil akan diberikan halaman untuk di print (atau bentuk PDF) untuk jurusan domestik Italia. Cetak halaman itu ke kertas dan nanti langsung dapat ditunjukkan ke kondektur. Kertas print ini dianggap valid lho, tidak perlu dituker tiket asli di loket lagi. Staff kereta akan datang ke kursi penumpang dan melakukan scan tiket menggunakan barcode scanner and PDA.

Untuk Paris ke Amsterdam, saya menggunakan SNCF website untuk membeli tiket. Karena ini punya Perancis, bahasa awal di web ini adalah bahasa Perancis, tetapi ada icon untuk ganti ke bahasa Inggris di bawah, lalu saya membagi perjalanan menjadi 2, Paris-Brussel dan Brussel-Amsterdam (lebih murah cara ini). Untuk SNCF, ada beberapa metode pengiriman tiket, tetapi sebaiknya pilih opsi untuk mencetak tiket di rumah, lalu nantinya ditukar tiket asli di loket SNCF begitu Anda tiba di airport atau stasiun kereta Paris. (Catatan penting: jangan gunakan kartu kredit pinjaman, karena kartu kredit yang dipakai di website harus ditunjukkan ke loket untuk dapat ditukar tiket asli). Kantor tiket SNCF ada di Charles De Gaulle Airport, stasiun kereta besar (seperti Gard Du Lyon atau Gard Du Nord), and stasiun di Disneyland.

Membeli online di website SNCF dan memilih ticket pickup di France, Anda akan dipaksa masuk ke website versi Bahasa Perancis. Baca update 2013 di bawah. Baca posting saya tentang cara membeli ticket kereta TGV dalam bahasa France.

 

Mungkin setelah banyak browsing, Anda akan mendapati banyak orang yang menyarankan Anda membeli Euro Rail Pass, pass untuk naik kereta sepuasnya di negara tertentu dan sejumlah hari tertentu. Mungkin menggunakan pass lebih murah jika Anda banyak menggunakan kereta, tetapi bisa jadi malah lebih mahal. Jadi bandingkan saja.

Update Mei 2013:

Ada perubahaan di website SNCF. Saat masuk ke website SNCF, pilih region Other Countries (Europe) di pojok kanan atas, maka otomatis akan menjadi bahasa Inggris untuk semua menu. Lalu pilih rute dan jadwal kereta yang diinginkan. Untuk kereta TGV, idTGV, intercities di Perancis, dan kereta Thalys (rute ke Belgia dan Belanda), di opsi Contact Info kita pilih Ticketless. Metode ini akan mengirim email konfirmasi setelah kita sukses melakukan pembayaran. Print email ini ke kertas sebagai e-ticket kita, langsung bisa dipakai untuk naik kereta.

Opsi untuk collect tiket di ticket machine juga tersedia, tapi pastikan Anda membawa kartu kredit yang dipakai saat booking.

  • arie

    mas alisanta mau tanya, waktu melakukan booking online, di kolom “country” pada bagian data kartu kredit diisi apa ya ? karena Indonesia tidak ada di option nya. saya baru menyadarinya waktu mau booking eurostar.
    terimakasih sebelumnya..

    arie octaviani

  • arie

    maaf mas, kl tidak sibuk tolong reply ke email saya ya.. mau tanya tentang pemesanan tiket di eropa.

    trims…
    arie octaviani

  • Arlanda

    mas saya juga mau tanya hal yg sama dengan arie octaviani , waktu melakukan booking online, di kolom “country” pada bagian data kartu kredit diisi apa ya ? karena Indonesia tidak ada di option nya. Malah afganistan, papuanugini malah ada dlm list tetapi indonesia, malaysia singapore tidak ada yah ? apaka boleh saya isi asal aja ?saya baru menyadarinya waktu mau booking eurostar.
    terimakasih sebelumnya..

  • alist

    @Arlanda Isi aja countrynya France atau UK, asalkan transaksi ini sukses, tinggal di print dan nanti bisa dibawa ke loket SNCF untuk ditukar tiket beneran.

  • alist

    Sekedar update tentang Bahasa Perancis yang mengganggu di website voyages-sncf, kalau kita memilih collecting country : France, maka Anda dipaksa masuk ke halaman bahasa Perancis, termasuk halaman booking dan pembayaran.

    Nah, Mark Smith ‘seat61′ telah membuatkan terjemahan dari layar booking, lengkapnya baca page ini tentang bagaimana booking kereta dengan bahasa perancis

  • Nani Noha

    Mas,
    mau tanya dong dari CDG Aeroport Paris ke lourdes itu ada TGV yang langsung ya? kalau mau cek jadwalnya kemana ya? tahu jadwalnya ga mas? kalau ga ada yang langsung, jarak dari CDG ke TGV station berapa jauh ya mas?
    Terima kasih mas

    Regards

  • sari

    mas Alisanta, sy ingin bertanya sbb:

    1. sy sudah browse harga tiket train dari Paris ke Brussel termurah seharga 22 euro + asuransi 2.6 euro = 24.60 euro. apakah nanti ketika sy menukarkan hasil print ini di salah satu station kereta di Paris, sy harus membayar handling fee dan fee2 yg lain?

    2. apakah sy bisa mendapatakan tiket (jk sy membeli langsung di station kereta) dengan harga yg sama dibandingkan dengan apabila sy membelinya via internet?

    2. sy masih bingung ttg istilah “eurail pass”.

    sy berencana membeli “Eurail Select Saverpass 3 countries – 5 days” melalui “eurorailways.com”. Negara yg sy pilih : Spanyol – Prancis – Benelux dgn total harga USD 392 per org (sy berencana membeli utk 2 org)

    Setelah sy ikuti form yg harus diisi dan sampailah pada hasil akhir ternyata muncul item:

    “Barcelona to Paris Tourist Cabin T4-Full Fare-Special Promotion” seharga @ USD 152.

    Sebelumnya sy berpikiran bahwa “Eurail Select Saverpass 3 countries – 5 days” sudah bisa membiayai biaya travel sy dari spanyol hingga amsterdam dalam waktu 5 hari.

    Kenapa muncul item seharga @ USD 152 tsb? Mohon pencerahannya Mas Alisanta. Kalau begitu apa yg dimaksud dgn eurail select saverpass tsb?

    3. Apabila memungkinkan sy ingin mendapatkan email Mas, utk bertanya lebih lanjut ttg traveling around Europe ini.

    terima kasih banyak Mas Alisanta!

  • Aditya

    Dear Alisanta,

    Saya rencana akhir Nov ke eropa, saya dapat informasi dari salah satu blog kalo kita beli tiket eurail global pass saver bisa dipake group 2-5 org, kalo ga salah harganya 435e (checked website eurail),btw itu harga per-orang atau harga 1 ticket pass u/ maksimum 5 orang. Mohon bantuan pejelasannya. Terima Kasih

    • Alist

      @Aditya, Eurail Saver Pass berlaku untuk group 2-5 orang yang traveling selalu bersama-sama. Harga yang ditampilkan adalah harga pass utk ke-5 orang tersebut.

      • Aditya

        @Alist, Kalo bgt sy cukup beli 1 eurail saver pass untuk pergi dengan istri saya ya? Btw apakah tiket eurail dapat dibeli dari Indonesia, kalau ya, apakah ada travel agent yang menyediakan? Mohon bantuannya

        Many Thanks,

        Aditya

  • vina

    Pak, makasih dg artikelnya. aku kurang ngerti dg eurail pass. ktnya msh ada hidden cost, trus utk KA malem perlu uang booking, dll. apa emank murah? klo pake global pass selain perjalanan melintasi negara, bisa utk KA dlm kota jg?

    klo aku liat harga eurail pass mahal banget gitu. tolong pak perbedaan pake pass ama tiket single bagaimana? supaya kita bisa membandingkan

    tx b4

    • Alist

      @vina, Kalau beli eurail pass, sekalian minta buku kecil yang berisi jadwal perjalanan seluruh kereta di eropa. Dan setiap kereta ada kodenya, apakah ada kode R yg artinya ‘reservation mandatory’, jika ya maka harus membayar supplement fee EUR 5 untuk mendapatkan nomor kursi. Lalu untuk kereta malam umumnya harus membayar supplement fee lagi untuk bed. Ini sebenarnya bukan hidden cost, semuanya sudah dijelaskan detil pada saat membeli Eurail Pass.

      Tapi jika tidak ada kode R ini, maka Eurail Pass sudah mengcover perjalanan ini.

      Eurail hanya meng-cover kereta antar kota, Kereta/MRT/Metro dalam kota tidak dicover.

      Untuk harga, memang pekerjaan melelahkan untuk membandingkan point to point dengan harga pass. Tapi di sinilah seni naik kereta Eropa. Pengalaman saya kalau cuma mengunjungi kota-kota utama, misal Paris-Brussel-Amsterdam-Frankfurt-Roma, untuk jangka waktu yang panjang sebaiknya beli point-to-point, tapi kalau tiap hari pindah kota terus mungkin pass lebih murah.

  • arifin

    Mas mo nanya, bulan depan saya mo ke berlin, kl dari berlin mo paris naik apa ya ? kira2 yg murah :) kalo bisa yg point to point aja mas…kira2 ada gk ya mas dari berlin? mohon petunjuk

    terimakasih

  • http://www.maecrite.wordpress.com imie

    Dear Mas Alisanta,

    Thx utk postinganya, benar-benar membantu mas.

    Oya untuk mengetahui jadwal kereta thalys dari Belanda ke Brussel dan Brussel ke Paris adakah link yg bisa sy kunjungi? Lalu apakah rute tsb ada perjalanan malam hari?

    Mohon reply ke email japri saya ya mas imie_imita@yahoo.com, thx pencerahanya

    Imie

    • Winarno

      @imie,

      Sebagai bahan perbandingan saja, tiket dan informasi dapat anda dapatkan di Indonesia melalui Rail Europe Indonesia, telpon 0216305645/70681681/82 atau info@eurobytrain.com. Mereka melakukan pembukuan on line dan penerbitan tiket dari Indonesia.

  • Dandy

    Halo Mas,
    Pencerahan banget ketemu website ini. Kebetulan saya dan sahabat saya mau pergi ke Eropa akhir tahun ini.
    Ingin bertanya sedikit. Jujur saya agak bingung untuk urusan transportasi.
    Rencananya kita akan tiba di Paris kemudian ke London, lanjut ke Lucerne, Pisa (inginnya tidak nginep), Roma, Venice dan kembali lagi ke PAris.

    Menurut Anda, untuk mengunjungi kota-kota tersebut dengan naik kereta apakah cukup bijaksana? Jika ya….sarannya better ngambil pass kereta yang mana ya? Eurail atau Rail Europe?
    Mengingat kami berada di Eropa selama 2 minggu. Jadi ingin menghemat waktu serta cost transport.

    MOhon infonya ya.

    • Alist

      @Dandy, Kemungkinan beli pass 2 country. France + Italy, dan negara lain beli point-to-point. Namun feeling saya kayaknya jika beli point-to-point semua juga lebih murah dibanding beli pass. Jadi coba disimulasikan aja dulu.

      Paris – London – Lucerne, apakah Mas punya visa schengen multiple entry? jika iya ya ok aja.

      Memang pakai kereta adalah paling efisien dalam hal waktu, kecuali rute London-Lucern, mungkin mesti pakai pesawat. Venice-Paris bisa pakai kereta malam, dan ini lumayan hemat ongkos dan hotel.

      • Dandy

        @Alist, Sip. Thank you. Kalo gitu saya akan coba bandingin dulu deh. Terima kasih sebelumnya ya.

        Ah…masih boleh tanya-tanya donk kalo misalnya ada pertanyaan lagi? :-) thank’s lagi ya, bos.

  • fitri

    halo mas, terima kasih banyak atas masukan dan saran mas diatas. saya benar2 merasa terbantu dengan penjelasan mas.

    rencananya tahun depan saya+suami saya akan short stays sekitar 15 days to europe dan rencananya akan kita combine pakai kereta dan pesawat untuk hemat waktu. dan setelah saya baca-baca komen diatas saya malah tertarik pakai kereta aja, selain murah just bisa lihat2 pemandangna tanpa harus pay the hotel. amazing.

    my sister live in amsterdam, so saya akan beli tiket jkt-ams-jkt dan karena kakak saya mau nganterin ke brussel setelah istirahat dirumahnya, saya berharap saya dapat menghemat eurail pass saya, he2.

    minta pencerahannya boleh mas, rencananya saya akan beli tiket eurail select pass 2nd class untuk saya dan suami, dan routenya karena saya belum bisa akses schedule, harapan saya (ehm) dari brussel, paris, interlaken-switzerland (tapi masih pikir2 soalnya jaraknya jauh dari geneva dan nyambung lagi dan lagi baru nyampe), milan, florence and heidelburg. nah, dari heidelburg saya mau ambil easyjet balik ke amsterdam. menurut mas, apakah route tersebut cukup hemat dan menarik di lihat, karena pinginnya saya bisa melihat kota2 sebanyak mungkin tapi gak mau stay di hotel terlalu lama, karena saya pikir wasting time and over budget.

    terima kasih mas sebelumnya.

    • Alist

      @fitri, Belanda-Belgia : tiket kereta bisa dibilang tidak terlalu mahal, jadi sebaiknya beli point-to-point.

      Yang paling menguntungkan adalah Swiss Pass, karena tiket kereta di dalam swiss lumayan dan Swiss Pass 4 hari (sekitar CHF 240) bisa travel dari ujung ke ujung (Geneva-Interlaken-Zurich) dan transport dalam kota (tram/bus) juga included.

      Perkiraan saya utk rute belgia-paris-geneva-interlaken-milan-florence-venice-heidelberg mungkin menghabiskan sekitar 3-5 juta utk tiket kereta per orang. Utk 15 hari mungkin cukup sih.

  • fitri

    mas, thank you yah atas advicenya. terima kasih banyak.

    menurut mas, kota2 di eropa yang sangat menarik di lihat itu apa aja dalam waktu singkat tapi berkesan (siapa tahu saya bisa nyontek, hehe..)and kalau 15 hari kira2 budget yang dibawa sekitar eur 5000 untuk berdua cukup gak yah.
    saya rencananya uang segitu tidak termasuk tiket pp, tiket transport (eurail akan saya beli di sini, kec/point to point atawa swiss pass) dan hotel2 sudah di pre-advance payment semua di indonesia. kira2 cukup gak yah mas untuk budget travel ber-2. oia, hotel sih saya booking yang di bawah euro 100/malam, hehe….
    cuma di paris aja yang bingung cari hotelnya yang murah tapi aman, soalnya saya rada takut denger cerita2 di bloggers soal beberapa daeah yang rawan.

    thank you mas

  • Erol

    Hi Ali,

    Im back… hehehehe.. Mau nanya sesuatu lagi. Boleh ya ?
    Saya sudah beli tiket pesawat Jakarta – Paris, Roma – Jakarta untuk bulan maret 2011.
    Nah problemnya adalah paris -roma.. hahahahaha.. Kita memang rencana stay diparis kira2 seminggu baru lanjut ke Itali dan spent 3 hari disana.
    Dari Paris niatnya sih naik kereta untuk menghemat biaya, tapi inginnya singgah di Milan dulu at least 1 hari…
    Jadi kira-kira perjalanannya Paris-Milan-Roma.
    Nah bisa dishare ngga details paris to milan dan milan to roma dengan kereta..? Berapa lama kira2 lama perjalanannya ? Rencana sih naik kelas 2 aja… :D

    Thanks a lot !

    • Alist

      @Erol, jika mau hemat hotel 1 malam, ada kereta malam Paris-Milan. Berangkat 8.33pm tiba di Milan 5.38am (tujuan akhir kereta adalah Venezia). Harganya berkisar 35 Euro – 100 Euro utk kompartemen isi 6 orang. Tapi kalau mau day train juga ada TGV rute Paris – Torino – Milan.

      Dari Milan ke Roma cukup banyak keretanya, sebenarnya bisa dibeli langsung di Milano Centrale, tapi kalau mau murah bisa booking di Trenitalia website (eticket)

      • Erol

        @Alist,

        Thanks for your quick reply :D
        Sepertinya kereta malam would be nice… :)
        Jadi ongkos hotel transfer jadi tiket kereta, + tidak buang waktu… hahahahaha…
        Milan – Roma sepertinya ada 2 jenis kereta ya ? Yg ekspress ( sekitar 3 jam ) dan regular ( 6 jam )…
        Base on your experience, lebih baik booking via internet or beli pada saat disana ?
        Klo beli internet jadwal 2011 sepertinya belum keluar deh.

  • Maya

    Halo mas,

    saya rencana april 2011 mau ke eropa route :JKT-Amsterdam, Roma-JKT, rencana route saya :
    1) Amterdam 3 malam, nah selama tiga malam saya mau :Brussel & Frankfrut Jerman naik kereta thayls ‘or’ eurostar tp PP.
    2) Amsterdam-Paris by thayls or eurostar, bermalam di paris 1 malam.
    3) Paris – London by Eurostar, bermalam di london 1 malam
    4) London-Paris-Swiss by eurostar or thayls, bermalam di swiss 1 malam
    5)Swiss-venece-pisa-roma bermalam di roma 2 malam by thalys or eurostar (di venese & pisa hanya jalan2 saja tdk bermalam, bisa ga ya?) kira2 berapa jam perjalananya ya?, yg saya mau tanya baiknya booking keretanya di jakarta atau distasiun disana ya & pesan pass atau point to point, mohon petunjuknya mas, Thx.

  • http://twitter.com/restydgafshrn Resty

    Hello mas Alisanta! :D
    keren banget blognya. lengkappp!

    mau nanya juga dong. saya besok summer (July 2011) mau ke barcelona buat summer course. nah kan mau naik airasia, adanya flight cuman sampe paris (orly). saya bingung nih dari paris ke barcelona naik apa. denger2 sepuluh jam perjalanan ya?
    saya pengennya naik kereta malem. nah bagusnya saya naik apa? harganya berapa? trus booknya di Indonesia bisa apa ga?
    muchas graciasss :)

    • Alist

      @Resty, Ada kereta malam Paris-Barcelona dengan nama Elipsos Train. Harganya bisa dicoba lihat/beli dari tgv-europe.com. Kereta ini sudah berupa trainhotel, berarti modelnya adalah compartment dengan bed isi 4-6 orang (Tourist class).

      Perjalanan sepertinya 12 jam, berangkat dari Paris Gare d’Austerlitz jam 20:37 melewati Figueres 06:24, Girona 06:54 dan tiba Barcelona França station jam 08:24. Walaupun perjalanannya cukup lama, tapi karena tidur di dalam bed jadi tidak melelahkan. Tersedia juga gerbong Gran Clase yang kamarnya dilengkapi shower.

  • http://yahoo Myra

    Hai Mas Alist,

    terima kasih sebelumnya utk panduan detail eurotournya. Luar biasa.
    saya sudah bikin itinerary buat perjalanan saya akhir bulan ini.

    Saya ada rencana jalan, ikut tugas suami di flo selama 3 hari. Rome-flo (D1), FLo-Ven-flo (D2), Flo-Pisa-Flo dan malamnya ke Paris (D3). 2 hari berikutnya saya rencana stay di Paris (D4-D5). next trip Paris – Amsterdam (D6). karena pulangnya dari amsterdam.

    1. mhn info, dengan tujuan kota2 tsb, sebaiknya saya beli tiket point to point (melalui operator kereta apa?) atau eurailpass? bagaimana cara ambil tiketnya?
    2. Flo – Par dan Paris _ Ams sebaiknya pesawat atau kereta?

    Terima kasihhhh sebelumnya. mhn reply nya ya masss..

    • Alist

      @Myra, Coba saja dicompare dengan penggunaan kereta intensive seperti ini apakah lebih murah menggunakan eurail pass 1 country (cukup Italy saja) dibanding point-to-point.

      Sebagai informasi, satu trip (misal Flo-Ven) sekitar 30-40 Euro. Belinya langsung di sana saja karena bukan peak season.

      Florence – Paris, bisa pakai kereta malam, atau pesawat dari Roma-Paris. Tergantung preferensi sih.

  • http://yahoo Myra

    dear mas alist,
    oya masss tanya lagi, kebetulan saya baca mas ada jurusan par – ams juga. klo g salah singgah di brussel, apakah ini masuk dlm VISA SChengen mas? Visa saya, schengen multi entry.

    Mhn info mas yaaa. much much thanks.

    • Alist

      @Myra, Brussels ikut Schengen jadi boleh keluar masuk bebas kok. Cheers

  • http://www.mucglobal.com ita

    Dear Mas Alist,

    Salam kenal. First thing, my sincere gratitude for the complete guidance to Europe. Bulan April 2011 mendatang akan jadi kali pertama sy berkunjung ke Eropa, dgn tujuan utama Barcelona (5 hari di sana). Selebihnya kami (sy n suami) ingin berkunjung ke negara terdekat selama 2-3 hari. Ingin rasanya ke salah satu kota di Italy (venice, perhaps) dan di Perancis (paris, or else). Ada sarankah jalur n transportasi (train or plan) berikut di kota mana sebaiknya kami nginap di hotel dgn cara yg hemat n waktu yg singkat spt? Really need great advise from a very smart n nice person like you….thanks b4hand.

    • Alist

      @ita, Dengan 2-3 hari tambahan, tidak banyak yang bisa dikunjungi jika sudah di wilayah Spanyol. Paling hanya 1-2 kota. Kalau mau coba, mungkin kota sekitar Barcelona saja, misalkan daerah Granada atau Figueres.

      Dari Barcelona, bisa ke Madrid, 3-4jam dengan kereta, dilanjutkan Madrid-Paris dengan kereta malam.

      Namun bisa juga Barcelona – Roma/Milan/Venice dengan kereta malam, untuk rute ini silakan check schedule dan connectionnya. Dengan kereta malam tentu sudah menghemat hotel 1 malam.

  • ana

    Halo…mas saya mo nanya sy mo brkt k eropa 4-20 april 2011 by air asia turun di Orly.Pertanyaan saya:
    1.bagaimana caranya dari Orly ke downtown paris?
    2.dari Orly ke Lourdes?
    3.dari Orly ke amsterdam?krn kita masi bingung jadwalnya mo lsg ke lourdes ato ke amsterdam dl.
    4.kalo rencana kita paris-lourdes=2hr
    lourdes-amsterdam=5hr
    di amsterdam kita mengunjungi negara2 spt Frankfurt,Berlin,hamburg,jerman…tapi base camp kita ttp di amsterdam karena ada uncle di NL…terakhir kita ingin ke swiss dan dari swiss langsung balik paris. apakah jadwal saya tsb lebih hemat kalo beli tiket point to point ato bl eurail pass?Makasi bantuannya mas….

    • Alist

      @ana,

      1. Bisa naik Orly Train (kereta bandara), turun di Anthony station. Ganti kereta regional RER B menuju tengah kota. Tiket € 9,60.
      Opsi yang lebih murah adalah naik Orly bus, sekitar € 6,40.

      2. Ke Lourdes Mesti dari stasiun Gare du Montparnasse, naik TGV (silakan confirm ke web mereka), ke Amsterdam dari statiun Gare du Nord.

  • ana

    hai mas TQ replynya…saya mo nanya kalo dari Lourdes mo amsterdam apakah kita harus transit di paris lagi ganti kereta?ato langsung ada train direct dari Lourdes-amsterdam?

    • Alist

      @ana, Lordes – Paris dan Paris-Amsterdam adalah beda kereta, DAN beda stasiun. Kereta Paris ke Amsterdam lewat Gare Du Nord.
      Tidak ada direct train utk lourdes – Amsterdam

  • yendra

    Hai Mas Alist,
    Thanks banget nih info blognya luar biasa semoga Tuhan selalu memberkati mas atas segala kebaikannya utk berbagai.
    Saya berdua sama istri rencana 10 hari di eropa dengan Rute Jakarta-Paris-Swiss-Amsterdam-Berlin-Copenhagen- London..kira2 transportasi kereta pas engga dan pilih yg mana ya ?
    apa semua tiket itu sudah bisa kita beli saat sebelum brkt di jakarta
    Thanks ya

    Salam hangat,
    yendra

    • Alist

      Tiket kereta umumnya murah, namun bisa cek juga penerbangan budget. Tiket dapat dibeli online, beberapa berupa eticket (biasa kereta domestik), beberapa rute tetap harus ambil tiket fisiknya di stasiun.

      Kalau bukan peaj season sebenarnya bisa beli tiket on the spot.

  • Petra

    Halo Mas Alist,

    Saya ada rencana untuk bepergian naik kereta api dari Paris ke Brussels, kemudian 2 malam di brussel, dan lanjut dari Brussel ke Amsterdam.

    Waktu saya booking online di Thalys.com dengan kartu kredit Visa Citibank Indonesia, ternyata ditolak terus. Setelah saya cek, dikatakan Thalys.com pakai sistem security 3D secure. Setelah saya cek ke Citibank indonsia, dikatakan bahwa 3D secure belum disupport oleh Citibank Indonesia.

    Mohon saran dan solusinya.

    Terima Kasih

    • Alist

      @Petra, Kalau mau silakan coba pakai kartu kredit yang lebih standard, misalnya BCA, Mandiri, atau Mega. Ketiga penerbit kartu ini belum menerapkan proteksi ala HSBC Citibank.

      Namun jika masih tidak bisa juga, coba beli via voyage-sncf.com

  • Nurin

    Hello mas Alist ,

    Utk perjalanan train akhir Sept. 2011 apa sdh tmsk ” peak season ” ya ? rencana : Amsterdam – Brussels – Amsterdam karena ticket pulang Ams – Jkt ( kalau ticket kereta P/P ada guidance sampai berapa ya mas ? )

    Thanks

  • achwan

    mas, minta ID YM atau emailnya dong mau bnyk nanya nih atau kl boleh contact personnya mas Alist, thanks

  • Stefanus

    Pak Alist saya rencana mau ke England (London, Manchester, Liverpool), France (Paris), Spain (Madrid, Barcelona), Italy (Rome, Vatican, Florence, Venezia, Milan), Switzerland (Zurich), Germany (Munich, Frankfurt), Netherland (Amsterdam), Belgium (Brussels) selama kurang lebih 20 hari ++:
    1. Urutan negara yang dikunjungi bagaimana ya?
    2. Transportasi yang murah naik pesawat (EasyJet & Ryan Air) atau naik kereta secara efisiensi?
    3. Apakah ada paket tiket kereta yang bisa mencakupi semua negara itu dan apakah harganya lebih murah dr pesawat?
    4. Jika memakai kereta atau pesawat apakah ada transportasi kereta atau bus sesampai di tempat tujuan?
    5. Hotel2 yg di sharing diatas apakah semuanya dekat dengan transportasi kereta atau bus?

    Sori kalau banyak nanya.. Thanks You

  • Natalie

    Pak alist…
    Please help me…saya berencana ke europe ngan detail:
    berangkat : JKT-Amsterdam, pulang: Roma-Jakarta

    nah saya berencana jalan-jalan di beberapa negara:
    Amsterdam-Paris-swiss (saya mau ke lucerne)-venezia-Roma.

    gmn ya pak untuk transportasinya kalo pake kereta.
    saya bingung soalnya. tolong infonya ya pak….thx

  • Janny

    Hallo mas…sy mau tanya..klo sy rencana ke eropa dan naik ttain yg dr website tgv europe, kan ada pilihan tiket collection…apakah klo sy pilih indonesia atau singapur itu bearti sy hrs ambil di lokasi tsb atau bisa diprint pake e-ticket?? Klo dr website rail europe, saya pilih tiket global yg 10hari..atau kusus wilayah italy selama 4hari..apakah itu bearti slama 4hari bturutt2 sy dpt menggunakan train tsb tanpa hrs byr lagi..ke segala tujuan?? (global) ataupun segala tujuan di italy (pass italy)Lalu klo tujuan awal saya london..berakhir di rome..apakah ada pesawat yg sy perlu naik roundtrip? Atau saya akan selalu naik yg one way??
    Thanks sebelumnya ya mas…..

    • Janny

      Oh ya mas alist, sy bertujuan utk ke london-amstdam-brussel-paris-swiss-monaco-italy (venice,pisa,rome).bs tolong dibantu untuk info tujuan trainnya?? Trims banyak yaaa.

  • Ferdi

    Hai, ada yang mau ke europe mulai 14 – 25 november 2011 ngga ya? kalau ada info saya siapa tahu bisa jalan bareng, saya sendiri soalnya ada training di stockholm tp mau lanjut ke amsterdam – brussel – paris – geneva dan ada keinginan ke milan dan vienna… thanks

  • evi

    mas kalo kita beli eurail pass 3 negara..itu bisa dipakai untuk train regional juga nga? maksudnya kalo pas kita lagi di paris mau ke daerah A,B,C…msh di city or areanya paris.

    • Alist

      @evi, Kereta regional ikut di-cover dalam rail pass. Perhatikan ada rute yang perlu seat reservation, ini akan ada tambahan sekitar 5 Euro yang dibayar di stasiun on top of pass yang sudah dimiliki.

  • evi

    untuk beli tiket eurail di indonesia lewat mana ya mas? sekalian yg ngurusin reservasi seat nya jg. thx u

  • marie

    tolong nanya…. dari amsterdam urutannya lewat mana kalau mau ke germany, swiss, dan mohon saran yang baik dan murah naik apa? terima kasih

  • aryo

    shalom mas alist,
    sy renc rombongan ke persh ke paris tgl 2sd4 des, tgl 5 by bus ke interlaken swiss selama 2hr, tgl 7 mnj milan, tgl 9 balik ke indonesia, pertanyaan : 1. saat itu peak season nggak? 2.renc curi waktu ala backpacker by train ke lourdes tidur di kereta ambil hr apa ya? 3.cost ama scedule train yg murmer supaya pagi bisa ikut misa dan ke mandi di sendangnya

    • Alist

      @aryo, Paris – Lourdes perlu 6 jam lebih dengan kereta, mungkin harus punya waktu yg benar2 luang untuk ke Lourdes.
      Utk jadwal keberangkatan kereta, coba cek di http://www.rail-europe.com

  • http://@masinusina ibnu

    Salam,bro. Kira2 kalo ambil eurail global pass,ke tujuan mana aja yg gratis tanpa bayar lg seat reservation fee? Sy pikir setelah beli pass itu,kita udah totally free naik turun kereta,ternyata mesti bayar lg meski kadang cuma 1/3 harga.

  • Nanny

    Haloo,

    mohon bantuannya kalau dari Barcelona mau ke Lourdes sebaiknya naik kereta apa ? dari stasiun mana dan turun dimana ? karena kami belum pernah ke Lourdes

    • Alist

      @Nanny, sepertinya tidak ada direct train menuju Lourdes dari Barcelona, setidaknya perlu ganti 3x kereta.
      Dari Barcelona Sants ke Figuerres, lalu Narbonne, Toulouse-Lourdes.
      Total sekitar 8 jam 30 menit.

      • Nanny

        @Alist, terima kasih atas informasinya. untuk membeli tiket eurotrain apakah sebaiknya di Indonesia ataukah di barcelona ?

        • http://Javamilk.com Alist

          @Nanny, karena banyak ganti kereta seperti ini, baiknya beli di sana saja saat di Barcelona. Biasanya mereka bisa bantu book semua leg dalam perjalanan.

  • http://158mrz.wordpress.com Mirza

    Salam kenal mas, saya sudah sampai tahap akhir booking tiket Amsterdam – Brussel di thalys.com, eh ternyata kartu kredit saya ditolak dgn alasan semua CC diluar eropa tdk diterima.. Cb dgn ? CC yg berbeda, hasilnya pun sama.. Pernah mengalaminya jg ga? Gimana solusinya ya? Maaf kalau pernah ditulis di laman lain.. Apakah apply visa bisa tanpa bukti booking kereta ini ya?
    Apakah gunakan data CC kerabat di Belanda bs menjadi solusi? Kalau sdh print email ticketlessnya yg lengkap dg barcode, apakah msh harus tukar dgn ticket dgn menunjukkan CC tsb?
    Terima kasih sebelumnya..

    • http://Javamilk.com Alist

      @Mirza, kalau harga yang didapat bukan harga promo, saya suggest utk beli di stasiun saja karena kereta semacam ini jarang penuh.
      Tapi bisa coba juga beli via website http://www.ns.nl . Biasa tiket international harus diambil ke stasiun, bukan dalam bentuk print di rumah.

  • Vonny

    Mas, kalau posisi aku lagi di brussel mau jalan2 ke koln (pagi berangkat,pulang sore) opsi kereta mana yg murah (direct train) Adakah perbedaan harga antara book online versus langsung beli di stasiun brussels? Mana yg lebih murah : berangkat weekdays atau weekend? Terimakasih sebelumnya !!

    • http://Javamilk.com Alist

      @Vonny, Kalau beli jauh-jauh hari book online biasanya lebih murah.
      Tapi kalau sudah di sana yah tinggal beli di stasiun saja. Coba minta staff stasiun mencarikan saja tiket termurah. Ada beberapa kali direct train kok dalam sehari.

  • Lily

    Mas, rencana saya dengan teman2 di bulan april dapat mau jalan2 ke swiss, rencana mau ke zurich-lucerne-mt.titlis, kalau keburu mau ke milan dan venice.
    posisinya kami ada di Paris, selesai acara kantor tgl 16 April, 2 mlm stay lage di Paris untuk menjelajahi yg belum, tgl 19 april rencana nya ke zurich,jj bentar lalu ke lucerne stay 1 malam, bsk pagi ke mt.titlis. tgl 21 ke milan lalu ke venice, stay 1 night, lalu kembali ke Paris, tiket kami pulang tgl 23 April, sekiranya jadwal kamu terlalu padat tidak?
    dan kalau mau naik train dari Paris ke zurich berapa jam? atau naik pesawat lebih murah? sesampai lucerne, mau booking ke mt.titlis belinya di hotel atau travel?

    tks yah

  • puput

    Mas,mau Tanya yg Ryan Air itu aku cb Googling, dr venesia ke London cm 45 euro,meyakinkan ga tuh pesawatnya mas?ato jgn2 tar ada biaya tambahan lagi,aku mau book via credit card,tks mad

    • http://Javamilk.com Alist

      @puput, harga RyanAir itu mesti dilihat totalnya di menu paling akhir, karena ada tambahan biaya koper dan biaya kartu kredit.

      Tapi airlinenya oke kok, low-cost airline. Alternatifnya adalah easyjet.

  • Inx

    Kalau dari Airport Amsterdam mau ke Brussel, sebaiknya rute : Schipol by train langsung ke Brussel Central atau Schipol by train ke Amsterdam Central baru cari train lagi ke Brussel Central?

    • http://Javamilk.com Alist

      @Inx, Seharusnya Schipol ke Amsterdam Centraal dulu (ini belinya on the spot saja). Utk Amsterdam – Brussel suka ada tiket promo jika beli via Internet jauh2 hari via website http://www.Ns.nl

  • deta

    Hi Alist

    Mau nanya kalo family trip ke frankfurt- netherlands-belgium-france-italy-switzerland-frankfurt bulan juni 2012 ini lebih enak pake euro pass saja atau lebih baik dan murah beli tiket terpisah sendiri? kira2 untuk mencari rute paling enak juga ada website2 rujukan tidak?
    Trimakasih

  • marisa

    Hi Pak Alist,
    tlg share pengalamanya, saya akan k lisbon portugal rencana akan terus k spanyol-perancis-italy-venice..rute by train seperti apa y pa & brp biayanya +-?

    terima kasih

    • http://Javamilk.com Alist

      @marisa, tergantung mulai di eropa dari mana. Saya asumsi dari Lisbon, maka enaknya naik pesawat dulu ke Barcelona/Madrid, lalu baru naik train ke Paris, train ke Milan/Venice.
      Biaya sangat relatif, silakan diquery di website train masing-masing.

  • Martha

    @Alist, Mas, klo kereta jerman, beli di Internet kok opsinya Cuma ticket dikirim ke rumah ya? Dan byr ongkir. Pilihan di print gak Ada, please info ya, tks

  • Liza

    Hallo Mas. Mau tanya banyak nih. Aku ada acara di Rennes, Prancis. Sampe bandara Charles DG, naik TGV, bisa beli langsung ga ya?Dengan visa ke Prancis, bisa mengunjungi negara terdekat mana saja, dan naik apa?Saya ada waktu 2 mlm di Paris. O ya, hotel yang ok dan tdk mahal dekat Eifell apa ya?terima kasih sebelumnya.

  • phillia

    halo om.. saya mau tny.
    train antar negara itu tiket nya harus saya beli dr indonesia apa sampai eropa saat ingin ke negara tertentu br beli? mahalan beli di indo apa uda disana?
    sebaiknya langkah apa yg harus saya ambil.
    tq

    • http://Javamilk.com Alist

      @phillia, bisa beli di Indonesia lewat agent, atau via Internet (lebih murah). Tapi kalau jadwal masih bisa berubah sebaiknya beli di stasiun sana saja.

  • Ju Teng

    Hallo pak Alist sy mau tanya
    Eurail itu Nama kereta ya?

  • alist

    @Nani Noha, Untuk menuju Lourdes, harus masuk ke kota Paris dulu. Tepatnya berangkat dari stasiun Gare Montparnasse.

    Jadi urutannya naik kereta RER line B dari CDG Aeroport dan berhenti di stasiun St-Michel, di stasiun ini tukar kereta line 4 (jurusan Porte d’Orleans) turun di stasiun Montparnasse. Keluar dari stasiun (naik ke atas) Anda sudah berada di stasiun kereta luar kota Gare Montparnasse.

    Perjalanan ke Lourdes memakan waktu 5 jam 47 menit dengan kereta TGV, sehari ada beberapa keberangkatan: 7.45am, 10.10am 2.40pm, 4.10pm dll. Harganya sekitar USD 90-110 per orang kelas ekonomi termurah.

  • http://javamilk.com Alist

    @sari,

    1. Semua biaya sudah dibayar langsung via internet. Jadi saat collection hanya benar2 ambil tiket. Dan setahu saya asuransi itu opsional, tidak perlu di beli.

    2. Utk harga SNCF tipe tiket Prem, atau Smilys (warna kuning kalau di category ticketnya), harga ini hanya didapat via Internet. Harga kalau beli di stasiun adalah harga Base / Normal.

    3. Eurail Pass hanya membebaskan kita untuk naik kereta. Benar-benar Gratis untuk kereta yang tidak ada tanda “Reservation Mandatory”. Tetapi kebanyakan perjalanan, terlebih antar negara, ada biaya tambahan yang namanya Supplement atau Seat Reservation (ada icon R jika di-query), berkisar 5 Euro hingga 20 Euro utk kereta malam.

    “Barcelona to Paris Tourist Cabin” mestinya tidak ada dalam paket Eurail Pass, mungkin Anda salah memilih item.

    Anyway beli Eurail Pass sebaiknya di website resminya : http://www.eurail.com/

  • Martha

    @Alist, Di web kereta jerman yg disarankan, pilihan ticketnya Cuma dikirim ke rumah dg biaya ongkir. Apa ga bisa di email ya? Pls info Nya. Tks