Lautan Manusia di Kowloon (Day #1)

Javamilk Travel HK

Previous: Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong

Daftar Perjalanan Hari ini:

  • Shopping di Mongkok
  • Nonton Symphony of Light di Tsim Tsa Tsui

Daerah Kowloon adalah wilayah selatan daerah mainland, ibaratnya sebuah wilayah seperti Jakarta Barat – masih dibagi lagi menjadi daerah yang lebih kecil, seperti Tsim Tsa Tsui di paling selatan, Jordan, Yau Ma Tei, Mongkok, Hung Hom, dll.

Kowloon (九龙) adalah daerah paling padat di seluruh dunia, 2 juta orang. Dalam matematis terdapat 43000 orang/km2. Bagi kita yang tidak biasa tinggal di daerah padat mungkin akan ‘agak kaget’ melihat lautan orang di mana-mana.

Menggunakan MTR dari TST kami menuju Mong Kok. Rencananya mau shopping termasuk beli kamera digital. Setiap stasiun MTR memiliki banyak pintu exit yang diberi label A1,A2,B1,B2, hingga E1, E2. Perhatikan label ini jika Anda ingin kembali ke tempat semula. Setiap pintu exit akan keluar di blok yang berbeda, contohnya seperti di peta berikut.

Begitu keluar dari stasiun kita langsung disambut oleh kepadatan. Kepadatan gedung, jalan yang hanya 2 lajur, orang yang berseliweran sana-sini. Padahal hari masih siang tapi sepertinya mereka adalah anak muda, enterpreneur atau pedagang, hanya sedikit pegawai (pegawai kantor kebanyakan dijumpai di daerah HK Island).

Beberapa bagian jalan di daerah Mongkok ini akan menjadi surga pejalan kaki begitu menginjak jam 6 sore, di mana tidak ada mobil yang boleh melintas lagi. Dan orang-orang akan bebas berseliweran di tengah jalan raya tanpa takut ada motor atau mobil lewat.

Mau beli apa saja mungkin ada di sini, mulai dari elektronik, hifi, kamera digital, hingga produk fashion. Tujuan saya adalah mencari tempat termurah untuk membeli kamera Sanyo Xacti, dan secara kebetulan saya berhasil menemukan gedung Mongkok Computer Centre.

Papan namanya hampir tidak kelihatan, apalagi sebenarnya Mongkok Computer Centre ada di lantai 2 hingga lantai 3. Isinya mirip seperti Glodok Plaza atau Dusit di Mangga Dua, menjual semua barang elektronik kecil dan komputer. Harganya bisa dibilang murah (saat itu kurs 1 HKD=IDR 1240), saya survey barang yang murah disini adalah kartu memory (SD Card, dll), iPod, Kamera, Video cam, dan terutama aksesoris photography.

Toko resmi elektronik yang cukup ternama antara lain Broadway dan Fortress. Kalau mau cari barang elektronik, opsi lain adalah ke Wanchai Computer Centre.

Tetapi Anda perlu cermat mengenai garansi, ada garansi toko (berarti barang paralel import) dan ada garansi dari Distributor (resmi). Harga garansi toko pasti lebih murah, bayangkan aja pabriknya cuma di belakang rumah (China Daratan), jadi Hong Kong bertindak sebagai ruang tamu nya. Barang garansi toko berarti di-import langsung tanpa lewat distributor resmi. Tetapi jangan takut, karena kebijakan pemerintah Hong Kong, semua barang yang dibeli di HK otomatis mendapat perlindungan konsumen berupa garansi mengembalikan barang dalam 10 hari. Jadi jika Anda merasa tidak puas atau kecewa atas produk yang dibeli, tinggal bawa kembali ke toko beserta semua paketnya dan kita mendapat uang kembali. Hal ini berlaku juga untuk semua barang termasuk baju.

Bayangkan saya berhasil membeli video cam Sanyo Xacti HD1010 seharga HKD 3800, padahal harga resminya di atas HKD 5000 di toko Broadway. SDHC memory card 8GB hanya seharga HKD 16. Murah bener.

Tak lupa Anda harus mencoba makanan di toko Hui Lau Shan (許留山). Jaringan toko ini ada di mana-mana jadi pasti Anda akan mudah menemukan toko ini, tidak perlu sengaja dicari. Menu utama adalah mangga / mango, dan dibuat bervariasi mulai dari jus hingga puding. Favorite saya adalah Mango Pudding in Mango Juice with extract Mango. Triple mango dalam satu gelas seharga HKD 30 ini. Ini cemilan mangga terenak yang pernah saya makan, menu wajib kalau datang ke Hongkong.

Malamnya kita menuju ke Tsim Tsa Tsui untuk menyaksikan Symphony of Light. Sebuah pertunjukan laser yang ditembakkan gedung-gedung tinggi yang tidak boleh dilewatkan sebagai seorang turis yang diadakan setiap hari jam 7 malam. Kita dapat menyaksikan pertunjukan gratis ini di pinggir laut yang membelah Hong Kong, bisa dari TST (melihat ke HK Island) atau dari HK Island (melihat ke Kowloon).

SANY0352

Next : Ngong Ping Village dan Giant Budha (Day 2)

Cari Hotel Murah:
  • http://n/a Roni

    Very nice presentation. I like it.

  • Linda

    Mau tanya, kalau di hongkong enaknya tinggal di daerah mana yah yang strategis ? lalu hostel yang murah tp bersih apa yah ?
    Thanks

    • ZYL

      @Linda,

      mongkok strategis banget buat turiss

  • beni

    ska house hotel tuh di mana yah alamatnya, kok searching di internet gak dapat

  • han

    Mohon info nama toko yang jual Sanyo Xacti. Tks

  • http://www.banyumurti.net Banyumurti

    just wonder, bukannya symphony of light itu jam 8 yah? diatas koq ditulisnya jam7?

  • http://agungalit2009.blogspot.com/ Agung Alit

    thanks banget atas info nya

  • Erwin Koo

    Selama anda di Hong Kong dan Macau , komunikasinya pake bahasa apa ? Dulu 2007 saya ke Macau agak kesulitan sama bahasanya , banyak yang gak ngerti bahasa Inggris..

  • Tina

    BTW SDHC memory card 8GB nya beneran asli? Maksudnya ngak cuma claimnya 8GB tapi ternyata cuma bisa nampung 2GB spt produk2 Cina pd umumnya yg ilegal? Aku curiga abis kok murah banget

  • http://yahoo rizki

    kalau dari airport hongkong langsung ke macau ada ferry kan ? apa tetep harus naik taxi dulu?
    wkt saya di airport hongkong saya lihat ada orang lagi duduk nunggu ferry ke macau ?
    di macau hotel apa yang bagus
    untuk muslim makan yang aman dimana
    trimakasih penjelasan diatas sangat detil dan bagus

    • Aming

      @rizki,

      numpang nanya.

      1) Hong Kong airport – Macau, ada ferry.
      2) Sepertinya di Macau tidak ada Restaurant Muslim

      Thanks

  • Alist

    @Tina, Bener kok barang asli, memang accessories kamera dan memory dijual dengan harga murah di HK.

  • Alist

    @rizki, Betul ada ferry langsung dari Airport HK ke Macau, jadi tidak perlu melewati imigrasi HK.

    Di HK, di daerah Causeway Bay cukup banyak makanan Indo. Kalau mau paling gampang, bisa ke Chungking Mansion, bawahnya ada restoran arab dan sejenisnya.

  • Vina Tjajadi

    Alist, aku sudah selesai melakukan perjalanan yang sangat sukses ke macau dan hongkong sesuai panduanmu,
    walaupun pertama tapi sukses.

    tolong bantu apakah ada panduan untuk ke Bali karena sudah lama aku gak ke Bali. ditunggu jah terima kasih banget

    • Alist

      @Vina Tjajadi, Belum ada waktu nih riset dan nulis tentang Bali. Tapi kayaknya udah ada buku traveling ke Bali di Gramedia terbitan lokal.

      Boleh lho coba posting pengalaman ke HK di sini :)

    • susan

      @Vina Tjajadi,

      sy org bali, kalo butuh info buat jln2 di bali…bole kok nanya ke sy, sy akan bantu sebisanya…
      btw sy jg butuh info buat ke hongkong…bisa kan..?hehhehe

      • Vina Tjajadi

        @susan, Trims banget susan sebelumnya, saya merubah perjalanan menjadi ke bangkok, next trip ke Bali saya kontak deh.

        klo mau info ke hongkong-macau boleh-boleh saja deh, saya juga baru 2x kesana.

        susan bisa kontak ke mail saya wivinatjajadi@yahoo.com.

  • Vina Tjajadi

    Perjalananku ke Macau dan Hongkong sukses berkat panduanmu, ini perjalananku jah :
    Hari ke 1 (satu)
    Macau : Tiba Malam Jam 21.00 LT selesai urusan cek in, kami sempat jalan2 ke Senado mau minum susu sesuai panduanmu tapi sudah tutup jadi aku lanjut ke Grand Lisboa (cuma sekedar cuci mata) gak masuk kasino ha ha ha soalnya dollar lagi dijemur belum kering alist, oh jah aku cek in dihotel Metropole ( hotel sih kurang bagus & kurang nyaman jah menurutku,soalnya harga gak murah-murah amat cuma lokasinya prima banget dekat senado dan St.Ruin jalan kira2 5 menit dari hotel tsb.

    Hari ke 2 (dua)
    sesuai panduanmu aku coba2 naik shuttle bus gratisan tapi hati2 ada petugas jg meminta booking hotel terkecuali Bus City of The Dream dan The Venetian agak longgar sedikit, walaupun ditanya modal PD aja deh, hari ini kami ke City of The Dream – pertunjukannya oke banget dan gratis pula he he he kemudian dilanjut ke The Venetian Window shopping dan makan siang. kemudian balik ke hotel untuk melanjutkan perjalanan ke Hongkong karena aku booking hotel daerah Nathan Road – Kowloon maka aku naik First Ferry (sampai sini Sukses). Cek in di Hotel Nathan eh dapat Up Grade kamar lagi. Hotel ini bagus dan kamar gak sempit-sempit amat nyaman terang dan free wifi cuma lift agak lemot deh bikin pegel nunggunya, makan pagi sih standar gak ada jg istimewa.

    hari ke 3 (tiga)
    Jadwal ke Disneyland bertepatan dengan Ultah 17 anakku yang dirayakan disana, karcis masuk sekarang naik menjadi HK 350 he he. aku datang menjelang makan siang disana dan dilanjutkan sampai malam kembang api. Aku berangkat dari Hotel Nathan menuju stasiun MTR Jordan ambil jurusan Tsuen Wan ganti kereta di Lai King untuk menuju jurusan Tung Chung ganti kereta kembali di stasiun Sunny Bay untuk jurusan disneyland pokoknya ikut panduanmu gak akan nyasar deh…… Modal Octopus Card HK 200.

    Selesai Disneyland kalau jang kakinya belum pada encok alias pegel itu bisa jalan lagi di Temple Street night market dari hotel jalan sebelah kiri kira2 500 meter ada Subway atau sebelah kanan nyebrang di lampu merah kelihatan ada Mc.Donald dibelakang jalan itu Temple Street ( maaf klo gak tepat2 meterannya maklum gak diukur) belanja di Temple Street lebih familiar tawar gak sampai 70%an harga beda gak banyak deh masih fair asal jangan di Mongkok musti tawar minimal 60% tuh, bisa2 kita kejeblos beli barang mahal tapi kualitas rendah ).

    Hari Ke 4 (tiga)
    Hari ini aku ke Lantau Island Ngong Ping naik cable car menuju Tian Tan Buddha : MTR Jordan ganti di Stasiun Lai King jurusan Tung Chung sampai sana ke luar gedung cari deh stasiun Cable Car (gampang koq sesuai panduanmu jelas), karena disana sampai sore sekitar jam 4 sore balik ke hotel aku istirahat deh lumayan cape juga.

    Hari ke 5 (lima )
    jurusan The Peak & Madame Tussaud dari hotel ke MTR Jordan kejurusan Central keluar di Exit J2 jalan lumayan menanjak menuju stasiun Peak Tram stasiun (petunjuk di jalan juga jelas).

    sore aku ke mongkok, cuma ramenya betul-betul bisa saling tabrak karena aku bersama anak & ponakan takut hilang jadi kita hanya makan daerah tersebut dan pulang kembali ke hotel.( saran kalau ke mongkok jangan sabtu n minggu dan jangan bawa anak-anak jg terlalu kecil takut hilang dan kasian deh sangat gak nyaman )

    Hari ke 6 (enam)
    Hari ini khusus Shopping ceritanya.

    Di Times Square maksudnya mau makan di Rest. IKEA ternyata ikea – nya kecil gak terlalu menarik eh apa mau di kata rest gak seperti di Singapore, kita hanya bisa beli dan makan sambil berdiri atau dibawa jalan……… he he he . Terpaksa makan ditempat lain.

    sore udah pegel banget nih, gak bisa diajak kompromi lagi dah, aku dihotel untuk kemas-kemas untuk cabut ke Singapore.

    Hari ke 7 (tujuh)
    Santai dah di Singapore. Jalan-jalan aja sekitar Orchard dan Ke Ikea makan, rencana besok mau ke Universal Studio.

    Hari ke 8 (delapan)
    Di Universal Studio. Prinsip sih oke lah cuma panasnya minta ampun dan lagi kayanya belum rapi benar deh masih ada yang diperbaiki dan dibuat permainan baru . Jalan2 aja boleh cuma jangan belanja karena menurut aku sih barang gak bagus-bagus banget tapi mahal juga harganya. Alist, rute MRT Singapore tidak aku jelaskan karena peta dan rute bis Singapore jelas dan gampang, gak seruwet Hongkong, karena Singapore kalau minta penjelasan lebih mudah dari segi bahasa.

    Hari ke 9 (sembilan)
    Aku pulang deh, udah kangen sama Gado2 kita jg enak. ha ha ha
    Sorry ja Alist klo ceritaku gak sebagus kamu maklum bukan penulis oke sampai jumpa di acara jalan2 jg lain jah kalau ada pengalamanmu jg lain rute China boleh dong aku dikirimin jah ……..

    • Laurentius

      @Vina Tjajadi,mbak saya mau tanya ya,kan mbak datangnya malam di macau, dari bandara ke hotelnya naik taxi atau bus??kalo naik taxi cara ngasih tau alamat hotel taipa square tmpt saya nginep nanti ke sopirnya bgm ya??oya waktu ke disneyland itu beli tiket masuk ditempat langsung atau via internet??kalo langsung ditempat, antrinya panjang ga ya kalo hari sabtu gitu,tqu

    • imam Y

      @Vina Tjajadi, mau nanya vina dari tst ferry terminal ke nathan hotelnya naek apa yah? saya juga rencannya nginep di sana..

      terima kasih

      • Vina Tjajadi

        @imam Y, dari tst terminal ke nathan naik taksi karena saya tiba sudah cukup malam dan bawa anak2 dan koper. naik taksi deket kok turun kelantai basement aja. kalau takut nyasar nanti minta satpam mall tuliskan hurup mandarin untuk nama hotel tsb, atau anda bawa no tel hotel.

        • imam Y

          @Vina Tjajadi, berapa biayanya yah bener ga cuma 25 HKD kalo di webnya kan segitu yah? trus kalo mesen satu kamar diisi bertiga boleh ga yah?

          Ohh hotelnya itu di dalem mall yah vina?

          thanx for reply nya yahh

    • alpih

      @Vina Tjajadi, mbak saya mau tanya, ada yang blg kalo mau ke Disneyland lebih baik belinya dengan agen tour dari Jkt aja nti kenanya lebih murah daripada bli langsung pada saat dsana, Bener gak sih ya??

      • Vina Tjajadi

        @alpih, saat ini masuk disney HK 350 untuk anak dan ortu 65 tahun keatas lebih murah, nanti kamu cek di travel jkt berapa ?, kemungkinan kalau rombongan disc.

  • http://www.nings14.wordpress.com febrie

    Alist, rencananya okt nanti saya dan teman (4 orang, semuanya cewek) akan ke hongkong naik mandala air, jadi tibanya di bandara hongkong, cuma sekitar jam 22.55 waktu hongkong. kita mau nginap di guangdong hostel, kalo ga di bridal tea house (itu 2 tempat yang rencananya salah satunya mau dibooking). nah dari bandara hongkong ke kedua penginapan itu apa ya transportasi yang paling enak? dan apakah aman pada jam segitu? kalo menurutmu ga aman, kami milih ganti pesawat aj deh pake airasia transit KL :). kalo pake air asia sampai hongkong masih jam 17.45. makasih ya alist atas jawabannya :D

  • lea

    salam kenal Alist,
    sebenarnya IRIT mana sihh ke hongkong?? pake tour & travel atau jalan sendiri?? kalo pake tour biayanya paling murah USD 650/px (hkg-shenzhen-macau) utk 5D…kalo jalan sendiri, apa bisa lebih murah dr USD 650??? thanx b4 utk penjelasannya..

    • Vina Tjajadi

      @lea, berdasarkan pengalamanku jah lea aku kasih info kalau ikut tour bisa jadi lebih murah tapi gak beda jauh banget, kalau jalan sendiri bisa2 lebih mahal tergantung hotel jg kita pilih dan menu makan kita.

      Tapi kalau ikut tour kita tidak puas karena tiba disatu tempat tour hanya hitungan jam sementara kita belum menikmati udah harus pindah tempat lagi.

      Disamping kalau ikut tour banyak waktu terbuang untuk jadwal ke toko obat, toko berlian dan giok dan toko sutra..

      Kalau jalan sendiri kita bisa menikmati tempat jg kita kunjungi serta bisa kita sesuaikan dengan kondisi kita & santai.

  • Vina Tjajadi

    @Laurentius, tiba malam dimacau lebih baik naik taksi. jg penting alamat hotel dan tel hotel tercantum agar jika sopir gak jelas alamat tsb, dia bisa call ke hotel langsung.

    Tiket disneyland enak beli ditempat lansung gak repot amat biar antri mereka kerjanya cepat kog.

  • Vina Tjajadi

    alist, sorry nih aku no excuse sama kamu waktu numpang jawab untuk beberapa pertanyaan diatas.

    kapan berkunjung ke gading nih…. mail ke aku jah nanti aku kirim alamatku.

    • Alist

      No worries.. Silakan saling sharing, banyak hal yang aku juga tahu dari comment2 di sini..

      Hahaha.. Belum sempat nih ke gading.. Hidup cuma di rumah dan kantor :)

      • ivana

        @Alist, hi blh minta alamat emailnya, biar gampang nanya2 :) tq

  • imam Y

    @ alist , salam kenal yahh..

    mau nanya kalo dari airport hongkong saya mau lgs ke macau itu naek ferrynya dari mana yah kalo yang sky pier hkg international airport itu lokasinya dmna yah? soalnya saya search di google maps yang deket itu chep lap kok ferry pier itu bisa ke macau ga yah?

    terima kasih

  • Reine

    @ Alist…

    ini pertama kali saya berpergian ke HK. saya berencana dengan mama saya ke HK – Shenzhen akhir september ini, keberangkatan dari jakarta, tiba di hongkong sekitar jam 11 malam. tujuan saya ke sana berlibur & shopping tentunya. hehehe.
    pertanyaan saya:
    1. karna tiba pada waktu malam hari, saya harus naik apa ya ke hotel di daerah nathan road? waktu check in sudah malam, apa masi diperbolehkan untuk late check in?
    2. dari HK- shenzhen naik apa ya? disana saya mau menuju ke daerah Lou Hu & Dong Men? penginapan mana yang murah dan strategis ke daerah itu ya?

    makasi untuk jawaban nya :-)

  • Vina Tjajadi

    @Imam Y
    Taksi lebih dari HK 25 tapi murah koq. kalau malam ada charge tersendiri, tapi prinsip masih wajar.

    Nathan hotel tidak didalam mall, lokasi bagus karena begitu keluar hotel kita menemukan mall dan deket temple street dan ke MTR jordan deket, staf hotel nathan baik dan ramah pelayanannya 1(satu) kamar diisi bertiga bisa kog dengan extrabed karena kamarnya gak kecil2 amat.

    Oke selamat berlibur…….

  • erna

    boss, ska house hotel tuh di mana yah alamatnya, kok searching di internet gak dapat ?

    mohon di jelaskan :)

    thanks

  • yanti

    hai salam kenal
    keren info2nya, mau tanya dong ferry terakhir balik dari hongkong ke macau jam berapa? soalnya saya mau nginep di macau tapi pengen jalan jalan ke hongkong juga. thank you yah

  • Heidy

    salam kenal.

    saya berencana ke makau..pulang jakarta via hongkong…bisa ngga ya? apa harus jakarta makau PP?mohon advis ,tks

  • dewi

    hai…. salam kenal ya
    saya ada rencana mau ke hongkong bln januari 2011, sy pergi sekeluarga dengan 2 orng anak (5thn dan 3thn), kira2 hotel mana ya di daerah kowloon yg bs muat utk 4orng/kamar (kl bs yg murah & bersih :) )saya naik mandala dan kira2 sampai hongkong jam 23.00, transportasi msh ada nga pd jam segitu? taxi msh ada nga ya?
    kl mau ke macau hrs urus visa dari indo atau bs on arrival?
    sori ya nanyanya agak banyak, kl ada yg bs membantu… thank u so much

    • Aming

      @dewi,

      Dear Dewi,
      Untuk hotel di Hong Kong kalau satu kamar ber empat (suami istri + 2 anak lecil) kayak nya sich ga masalah.
      Coba metropark mongkok.

      Jika pesawatnya tiba di Hong Kong jam 2300, mungkin bus nya dah ga ada,,karena nanti nya kamu belum lagi keluar dari imigrasi.
      tapi kalau taxi masih ada kok.

      Ke Macau tidak usah pake visa, so seperti masuk ke Hong Kong aja,
      visa on arrival

      Thanks

      Aming

      • ivana

        @Aming, taxi kira2 berapaan yah dr airport HK ke tsim tsat sui? tq

        • Aming

          @ivana,

          Kalau jam segitu lumayan juga sich, perkiraan HKD 300 – 400.

          Kalau sewa mobil dari aq (Alphard) juga agak lumayan juga karena dah malam..HKD 800,sopirnya akan ke atas menunggu di arrival.

        • ivana

          @ivana, aku sampenya pagi hehe….tp 800 lmyn jg, bs naek bus ato MTR jg yah, yg mana lbh murah….klo nginep di bridal tea house yg di wingleys street, kowloon jauh ga yah dari keramaian?tq

  • REVA SABRIBA

    Dear….
    Salam kenal….kami rencananya bln febr 2011 besok mau ke Hk naek mandala yg sampe disananya kira2 jam 11…( 12 org..cewe’ semua ).
    Minta infonya dong Hotel Nathan rate nya brp ?
    Kalo kita cuma 3d/2n disana…..(kondisi sampe hari pertama jam 11 malem)…besoknya kita bikin ke-2 tempat bisa ga ? seperti paginya ke Ngong Ping…terus lanjut ke Peak ??? memungkinkan ga ? soalnya rencananya besok minggunya mau nyebrang ke Macau (PP) balik ke jkt dg penerbangan jam 11.30 malem….plis info nya yaa…

    • Aming

      @REVA SABRIBA,

      Dear Reva,untuk hotel rate nya tergantung lho, bintang berapa gitu.
      kalau hari ke dua mau ke Ngong Ping + the peak waktunya cukup kok.

      thanks

  • hada

    mau tanya, kan banyak hostel di Chungking Mansion, kalau saya mau menginap disana, kira2 perlu booking dari skrg tdk ya? saya ragu dalam memilihnya. karena kalo dr internet sepertinya tidak seperti aslinya. ada masukan? terima kasih

  • Marsel J

    Guys, ada advice ga, saya rencana mau ke Macau bulan feb 2011 naik Mandala dari Jakarta. Tiba di MFM (Macau Airport) jam 00:25 dini hari. Saya ada rencana langsung ke Hongkong juga, apakah saat saya landing di Macau jam 00:25 dini hari saya langsung naik Taxi ke Pelabuhan Ferry atau sebaiknya saya stay istirahat di airport macau sampai Pagi atau terang baru naik Taxi atau Bus ke Pelabuhan Ferry ?

    Terima Kasih

  • Endang M

    Mohon sarannya dari orang yang pernah keHongkong!
    Saya rencana tanggal 20 des 2010 dari shenzen mau ke Hongkong selama 4 hari 3 malam. Saya liburan bersama keluarga ( ada anak umur 6 tahun). Kira-kira tempat mana yang sebaiknya saya kunjungi, dan kapan waktu yang tepat. Yang sudah masuk agenda pasti : disney land, Ngongping, the peak. Ada yang pernah ke Noah’s Ark katanya tempat rekreasi baru? sebaiknya ke ocean park atau ke Noah’s ark?
    Info dapat juga diemail ke endangpkt@yahoo.com
    Sebelumnya trims banyak.

  • indah

    guys…..ada yang mau ke HKG tgl 17feb ~ 21 feb 2011 gak?
    naik mandala sampai di HKG sekitar jam 23.00, kalau booking hotel start date tgl 17 feb~ 21 feb, or 18feb~21 feb? mohon petunjuk….n’ kalau ada yang rencana pergi tgl tersebut diatas mohon info ya biar senasib sependeritaan…hehehe

  • lia

    Salam kenal…
    @Indah,rencana saya mo ke hkk d tanggal yang sama dg penerbangan yg sama :)
    untuk teman2 mohon informasinya dong apakah aman menggunakan taxi dari airport di malam hari menuju kowloon?
    thanks before…

    • ZYL

      @lia,

      Aman …. di hk aman kok pastii

      tp kok hotel nya jauh banget di kowloon napa nggk di mongkok kan bnyk yg murah

  • titin

    alow, mau tanya ni. Di cosmic guest house mislnya pesan buat 1 org tapi nyusupin 1 org lagi boleh ga si? jadi 1 kamar tidur rame2 biar. ketahuan ga? thx

    • wewew

      @titin, BISA AJA SIH… PALING2 KETANGKEP HANSIP HONGKONG… wakakaakkakaka

  • yenny

    haiiii….salam kenal…. mau tanya2 donk…..bagi yang sudah pernah jalan ke hongkong-macau…
    aku ada rencana ke hongkong-macau-jakarta bln apr 25-30 apr naik mandala….sampainya jam 23.00 wib…kira2 naik taxi ke hotel kowloon brp harganya??? apakah bahaya gak?? terus untuk makanan yang halal adanya di mana aja… please shared donk????

    kalau dari hongkong ke macau naik ferry atau turbo jet bagusnya???hotel yg paling murah di daerah taipa bkn?? mau donk infonya….thx

    • suryono

      @yenny, Dari hongkong airport ke kowloon dapat menggunakan airport express train, bayar pakai octopus card lebih murah, jatuhnya kalau tidak salah sekitar HK$50. Turun di stasiun kowloon bisa lanjut naik MTR, kalau dekat hotel bisa langsung jalan kaki aja. Hongkong aman. Bila tinggal di kowloon dan akan ke makau lebih dekat pake star ferry, kalau turbo jet harus nyebrang dulu ke central. Kemarin di makau menginap di venetia jadi tidak bisa kasih komen hotel yg murah.

  • yenny

    oh iya ada yg ketinggalan..kira2…ada yg pergi tgl segitu gak yach??? bisa join lebih enak nich….aku cuma berdua nich… :(

  • jackD

    kl dr nathan road (saya tinggal di sini), ke bandara naek apa y?

    • Alist

      @jackD, Ada airport bus (rutenya bisa dilihat dari website HK Airport), ini opsi termurah dan mungkin sedikit lebih lama.

      Bisa juga naik MTR red line TST ke Central, lalu sambung dengan kereta AirportExpress

  • Latif

    Halo Salam Kenal…
    Saya rencaan berangkat ke HK via MFM tiba jam 2 pagi dan rencana lanjut ke TST. Masalahnya saya lihat di web Ferry, jam segitu belum beroperasi. Apakah sebaiknya nunggu di airport MFM atau di Macau ferry terminal, atau ada saran lain? Thanks mas

    • Alist

      @Latif, sebaiknya menunggu di Airport, dan sekitar jam 5 baru turun ke TST.

      di dekat Ferry terminal ada MacD jika mau sarapan pagi.

  • dewi.hartini

    Halo salam kenal,

    Buka webnya jadi semangat untuk jalan tanpa traveltur

    mau tanya..

    saya rencana dan temen2 (4 orang) mau ke Hongkong-Macau 4 hari sesuai your reference dapat tiket murahny tiger airways

    1. sampai di HKG jam 19.30, dari airport rencana mau ke Nathan Road,Guangdong Guess House itu dari airport ke hostel..paling enak naik apa
    2.Keesokan harinya (Hari 1, 3 juni )keliling HKG, karena waktu mepet
    Ngongping, madame tusaud terus lanjut ke daerah central/the peak
    nah sebelum pulang baru deh ke mongkok..
    bisa kasih rute naiknya ga…
    3. hari 2,4 juni..mau ke disneys dari pagi sampe sore,malamnya di tST aja…ok kah ?? ini naik apa yach dari hostel
    4. hari ke 3, 5 juni go to macau…only one day..rencana berangkat pagi…pulang dari macau go to singapura (sd sing malem)
    5. hari ke 4, 1 day di singapura…sampai sore…ada suggest ke mana aja..

    thanks.maaf tanyanya banyak…he3x..

  • Nay

    Salam kenal…

    Saya ada rencana ke Hkk-Shenzen-Macau Bulan Maret 2011, sebenarnya skrg lagi bingung karena ada 2 opsi :

    1. Paket Tour 5D4N Hkk-Shenzen-Macau = USD 357/pax (tanpa disneyland)-stay di Rambler Garden Hotel
    2. Paket Tour 4D3N Hkk-Shenzen = USD 165/pax (tanpa disneyland-tanpa Macau)- stay di Rambler Garden Hotel dan extend 1 malam lagi USD 57 ber-2.

    Mohon petunjuknya donk, lebih baik ambil paket 1 atau 2 ya ? apabila ambil paket 2, ke Macaunya saya berniat pergi sendiri pp, susah gak sih pergi sendiri ke Macau tanpa ikut tour (secara saya baru pertama kali ke Hkk)dan apakah harganya jadi jauh lebih mahal apabila pergi sendiri.

    Thank you ya…..

  • Nay

    sorry.. pertanyaannya boleh tambah ya…

    1. Mohon petunjuknya transportasi dari Rambler garden Hotel menuju Macau bagaimana ?
    2. Di Macau tempat yang wajib dikunjungi itu apa aja ?
    3. Dari Macau saya ada rencana mau ke Avenue of Star,transportasinya jg gmn ?

    Thanks ya….

  • ZYL

    Hongkong The best lah

    mantab selama 3 bulan disana rasa nya kurang n nggk mau pulang xixixixi

    mantab mantab ….

  • sylvia chen

    Salam kenal mas,
    Mo ty,bln mei mndatang sy ad rncana ke HK dgn tujuan HK-guangzhou-shanghai-guangzhou-shenzen-HK dr tgl 13-25/05,mohon petunjuknya gmn caranya agar dpt lbh hmat ke msg2 t4 n apakah ad tour untuk perjalnn tsb?kami pergi 10org dan hotel ap yg murah untuk msg2 t4?alamt email mas brp ???ª?Thanks atas blsannya..

  • fobianto

    hi, tanya dong klo octopus card 1 kartu 1 orang apa bisa 1 kartu ramai-ramai.trima kasih

    • hsan

      @fobianto, 1 card octopus hanya berlaku 1 org, gak bisa pakai ramai ramai

  • widi

    Hi, rencana aq mo ke Hkg-Szx-mfm di bulan april, mo nanya nih, klo dari HK airport ke Senzhen, enaknya naik apa ya ? Train or Ferry ?
    sampe Hkg jam 05.50 pagi, klo naik kereta, apa bener rutenya :
    HKIA –> MRT brenti di Kowloon station –> naik shuttle bus yg ke Hunghom station –> naik train ke lowu senzhen, ada suggest cara yang lebih ga ribet gak ? Coz aku bawa 2 anak kecil.
    Tq

  • Jenni

    Salam kenal,
    Saya ada rencana ke Taipei, stlh browsing kayaknya yg plg murah itu naik Tiger Airways, mo tanya bila tiba di Sin jam 12.45 connecting ke Taipei 15.45 kira2 waktunya mencukupi? Kemudian plgnya tiba Sin 01.00 connecting ke Jkt jam 08.00, apakah ada tempat beristirahat di airport dan apakah keadaan sekitar aman? Berhubung sy blm pernah ke LN dan sy travel seorg diri. Terimakasih

    • TJ

      @Jenni, June 4, 2011 – 7:56 pm
      Jenni, untuk Sin – Taipei jika emang dapat jadwal pesawat yang sudah conecting, pasti cukup,karena biasanya kalau di Changi kan kopernya gak keluar , langsung ke penerbangan berikut, kecuali kalau pindah pesawat. kalau pulangnya tiba di Changi jam berapapun, pasti AMAN, jangan kawatir. tapi tentu kewaspadaan harus tetap menjadi prioritas. di airport banyak kursi buat leyeh-leyeh kog…dan changi itu 24 hours active…jadi jangan terlau kawatir…

      smoga dapat mententramkan….

  • Maia Annas

    Bulan depan saya ke hongkong tp nginepnya di east hotel daerah northtown kayanya jauh dari mongkok.gmn akses kendaraan kesana ya kl malem

  • Marini

    hai alist salam kenal,
    mau tanya dong saya berdua suami pingin jalan ke Macau – HK – Shenzen kira2 susah gak ya berhubung kita tdk bisa bahasa mandarin dan inggris pun pas2an , saya juga ingin lihat2 brg accecoris untuk dijual lagi kira2 didaerah mana ya?thanks

  • Marini

    mau tanya juga kalo mau ke guangzhou dr hongkong jauh ga, gimana kesananya?

  • Inge

    Hi frens,
    sy rencana ke macau-guangzhou-shenzen-hongkong selama 8 hari.
    mau minta pendapat dong routenya yang bagus gimana?
    tinggal di venetian hotel semalam trus ke guangzhou semalam( belum dapat hotel) trus besoknya ke shenzen and sorenya ke hongkong( nginap di royal plaza mongkok) selama 5 hari.

    karena bawa anak umur 10 taon, total berempat, route tournya kemana aja ya? trus dari macau ke guangzhou trus shenxen.. ada yg tau paling enak pake apa nih?

    thanks yaaa

  • jefry

    mau tanyaa donk.. di hk ada yg bisa sewain mobil gaak buat city tour? tp private..misal sewa avanza+sopir gitu slama 10 jam…

    thanks yaa :)

  • Aming

    Dear Pak Jeffry,

    Sewa mobil di Hong Kong mahal banget, karena di sini itungan nya per jam.

    kalau bapak butuh / sewa mobil di hong kong atau yang lain nya, coba bpk kirim email ke saya. Karena travel tempat kami juga ada penyewaan mobil.

    thank / aming

    • Rizky Mubarak

      @Aming, Dear pak Aming. Saya sekeluarga berencana ke Hongkong tanggal 16-20 Januari 2012. Berapa harganya sewa mobil perharinya? Kami ada 5 orang ke Hongkong. Thanx infonya…

  • Arin

    dear al…salam kenal semua… , saya ada rencana mau ke Hongkong Agustus ini, ada yg barengan mau ke sana gak..??

    • meli

      @Arin, saya mau ke hongkong bulan agustus

  • TJ

    Jenni, untuk Sin – Taipei jika emang dapat jadwal pesawat yang sudah conecting, pasti cukup,karena biasanya kalau di Changi kan kopernya gak keluar , langsung ke penerbangan berikut, kecuali kalau pindah pesawat. kalau pulangnya tiba di Changi jam berapapun, pasti AMAN, jangan kawatir. tapi tentu kewaspadaan harus tetap menjadi prioritas. di airport banyak kursi buat leyeh-leyeh kog…dan changi itu 24 hours active…jadi jangan terlau kawatir…

    smoga dapat mententramkan….

  • Diana

    ada yang tahu peta HK yang lengkap ?

  • mexicojawa

    bos sy rencana bunal november jalan jalan di hongkong ,,sy baru pertama kali ke sana ,.sy sudah pesan lewat agoda ,.di hotelRoyal Plaza Hotel
    Address: 193 Prince Edward Road West, Kowloon,…….karena banyak orang indonesia review bagus ttg hotel itu di agoda ,.kira kira bagus nggak tempatnya ,,.buat jalan jalan ,,or window shoping dan apakah jauh ke tsim tsau tsui,…?

    • Aming

      Royal Plaza Hotel Mongkok itu sangat bagus karena hotel itu hotel bintang 5.
      Dan di dekat hotel ada shopping mall..dan kalau mau ke Shenzhen naik train juga dekat.

      Thanks / aming

  • Suli

    Hi Alist,

    mo nanya di hongkong ada gak hotel yang 1 kamar bisa tinggal 5 orang
    ( 2 dewasa, 3 anak2 -14, 11 dan 1 tahun )

    thanks

    Suli

    • Alist

      @Suli, Sepertinya harus cari kamar minimal triple, dan ini pun bisa kena extra charga. Saran saya sebaiknya book 2 kamar ukuran double saja.

  • Erwin David

    Dear Alisst and others travelers,

    tgl 21 sept ini gue akan visit HK via Phuket. rencana nya akan 3hr 2 malam di HK dan lanjut ke Maccau by ferry.
    gue akan stay di New Hongkong Hostel di Chung King Mansion,Nathan, Kowloon. Kalau dr HKIA sebaik nya saya menggunakan bus atau MTR ya bos?

    berikut adalah route plan gue :
    Day 1 : Kowloon – Tsim Tsa Tsui untuk menyaksikan Symphony of Light
    Day 2 : Ngong Ping Village dan Giant Budha
    Day 3 : Hong Kong dari Victoria Peak – Macau

    sudah efisien kah ?
    mohon advice nya yah bos..

    thx

    cheers,
    -erwin

    • Aming

      @Erwin David,

      Kalau naik lebih murah, akan tetapi bapak harus tahu turun nya dimana.

      Jikalau naik MTR Express ticketnya lebih mahal,akan tetapi lebih cepat..hehhe

      saya rasa naik bus lebih bagus, karena selain murah nanti bisa kelihatan kota Hong Kong.

      Thanks / aming

  • Nuvi

    Haii.. Sy mau tanya.. Kl d HK itu mereka pake bhs apa aja yach? Trims

  • Yessika

    Hi Alisst,

    Saya mau minta sarannya, kira2 lebih efektif cari hotel di hongkong atau di tsim sha tsui ya?mengingat harga transport nya sepertinya cukup lumayan mahal.

    Transportasi di macau jelas ga ya? karena baca2 dari cerita2 temen2 yg lain, sepertinya sulit sekali hingga ada yg harus nyasar2. Lalu klo naek bus di macau harus pakai koin ya? ga bisa pakai oyster card. Kalau saya bayarnya untuk berempat (karena saya pergi berempat), ga masalah kan ya?

    Di holiday inn macau ketat ga ya untuk urusan orang dalam 1 kamar, kemungkinan 4 orang mau dijadiin satu kamar aja.hehe..

    Rencananya mau pakai google map di hongkong dan macau, gimana caranya ya? apa harus beli no sana dulu? atau mengandalkan wifi sudah cukup? (FYI, mau bawa ipad atau galaxy tab).

    Sorry klo kebanyakkan pertanyaannya.. Semoga berkenan untuk dibalas.Thank you.^^

    • suryono

      @Yessika, hotel di TST atau hongkong island sebenarnya sama aja, tergantung tujuan kita mau main kemana. Biaya transport di hk nggak mahal kok, malah menurut saya lebih murah dibanding di indo kalo kita bandingkan dengan kenyamanan yg kita dapat. Bila kita ada rencana ke ocean park dan the peak mungkin lebih dekat kalo cari hotel di area hongkong island. Kalau TST lebih dekat ke arah avenue star, ladies market di mongkok, dan Symphoni of Light. Harus beli octopus card bila ke hk, lebih murah buat bayar mtr, bis, ferry atau airport express train.

  • hary

    @Vina tjajadi..Saya mau tanya dong? km kan sempet stay dulu di sing, baru itu trus pul ke jkt ya..cara pesen tiket pesawatnya g mana caranya? trus pake pesawat apa? apa bener kita musti booking pesawat dari jkt-Sing itu just one way ya..bagaimana dengan sing-jkt nya apa di beli one way juga..krn kalo booking nya jkt-sing pp pasti mahal ya..krn sya rencana nya mau ke macau-hkng..thanks sbmlnya..

  • uwie

    Dear JavaMilk

    Mohon bantuannya bagaimana cara booking hotel dari jakarta untuk di sana ( HK) daerah kowloon…..Thx u

    • Aming

      @uwie, cara book hotel gampang aja kok, kamu bisa lewat internet, dan juga bisa lewat saya.

  • Eva

    Haiiii… senangnya nemu link panduan ke HK ini..
    kebetulan 2 minggu lg mau ke HK
    boleh tanya ga dimana saya bisa booked Ska House Hotel ya?
    saya cari2 ga ada….
    maap merepotkan ^^ thanksss….

    • Aming

      @Eva, kayaknya Ska House Hotel ga ada..apa mungkin Sky House Hotel yang di Nathan Road..??

      • Eva

        @Aming, Oppsss iya Sky House maksudnya =p

  • Eva

    Oppsss iya Sky House maksudnya =p

    • http://Javamilk.com Alist

      @Eva, Ska House yang saya mention sekarang sudah tdk beroperasi sendiri, dia bagian dari Cosmic Guesthouse. Booking di Cosmic tidak menjamin akan mendapat kamar di gedung ska house

  • Kaka

    Saya pernah mnginap dicosmic,ranjang singleny cukup besar ya bisa buat 2 org.. Shgga waktu sy ber10 saya hanya pesan 2kamar twin bed 1kamar doble bed sudah cukup lega..

    • yenni

      @Kaka, mohon bantuannya… cosmic ini terletak didaerah mana? trims

    • Kaka

      Di daerah tsim tsa tsui,mirador mansion klo g salah, yg punya org indo bs berbahasa indo :) gucluck ya

  • david

    salam kenal, rencana sy dan 11 teman (bagpackers) akan tiba di hk tgl 26 maret 2012 (pagi hari) dan akan pulang ke jakarta tgl 27 maret 2012 (malam hari)
    mohon sarannya: untuk waktu yang sangat singkat, tempat wisata gratis (lokasi menarik seperti ladies market) mana yang harus saya kunjungi dan harus stay di guesthouse atau hostel mana yang murah dan strategis..mohon info dan sarannya
    terima kasih.

    • Aming

      @david, wow, mepet banget waktunya…biasanya tempat yang di kunjungi itu Avenue of Star, Golden Bauhinia Square, sebenarnya masih banyak tempat wisata yang gratis..tapi transportasinya harus mbayar..hahhahha

  • YENNI

    Ska House / Cosmic Guesthouse itu lokasi nya di daerah apa? saolnya aku bener bener mau ikuti panduan ini. jadi mau menginap di daerah sini juga biar ga bingung. trims

  • http://rerere.wordpress.com rerere

    makasih buat semua ulasannya… udah pulang dengan selamat dari HK berbekal tips2 di javamilk, juga udah makan hui lau shan nya, enakkkk… thank you, GBU

  • tjin huat

    bro…mohon bantuan kami berangkat ke hkg melalui shengzhen,mau ke jln nathan road naik bus atau mtr lebih hemat dan mau tanya RIDOR GUESTHOUSE dimana biar gak bingung,thanks.

  • sylvi

    kalau dr airport hongkong ke daerah tsim tsa tsui tepatnya ke hotel butterfly naik apa ya, yg murah dan ga ribet trus ongkosnya brp ? kami ber3
    pls and thanks

  • shanti

    wah kalau liat ulasannya seneng bgt. Sy ada rencana pergi ke hongkong tgl.17 Mei 2012 & kembali ke Jakarta tgl. 20 Mei 2012. Mau tanya tempat belanja utk para cewek/fashion di daerah mana ya…apakh kita perlu menggunakan guide setempat u/tawar menawar krn yg saya dengar dari bbrp teman mereka cenderung menggunakan bahasa setempat.

    thx

  • cekbung

    mas Alist mohon bantuannya,
    sy udh siap psen tiket promo AA utk akhir Jan 2013 utk 6 org dgn rute PLG-KL, KL-HKG, MFM-KL, KL-PLG. kl penginapan sy ada kenalan d sana. yg sy takutin ini kl dr AA ngumumin kl pnerbangan sy dcancel ato dreschedule. tkutnya mengganggu flight yg laen jd malah gak bs pergi mas, mnrt mas gmn sy booking aja ato gmn? krn sy bawa ortu tmen sy takut mreka kecewa kl smpe dreschedule ato batal.
    makasih mas

    • http://Javamilk.com Alist

      @cekbung, Kalo beli tiket separate di AirAsia, memang resiko schedule change bisa saja ada, apalagi masih lama hingga 2013.
      Jadi memang tdk ada yg perlu dikhawatirkan saat ini, toh tidak bisa apa-apa lagi.
      Biasanya jika ada schedule change, AirAsia memberi opsi utk mengganti ke jadwal flight lain di hari yang sama, mestinya bisa diatir supaya tetap nyambung ke HK.

      • cekbung

        @Alist, oh gitu yah mas. udh dpsen nih tiketnya smoga aja gak dcancel :D
        oh ya mas kl pnginapanny d Jordan, k TST kr” kl jln kaki brp lama? kl org tua jln kaki dr jordan k avenue star mending naik MTR ya?

        • http://Javamilk.com Alist

          @cekbung, mending naik bus kalau menuju Avenue of Star, ada kok dari Jordan dgn jurusan China Ferry terminal.

          Kalau jalan kaki dari MTR TST malah cukup jauh menurut saya.

  • Rudy

    Dear Alist, mau tanya apakah cosmic guest house keamanan dan tempatnya cukup nyaman? saya ke HK tanggal 1 june ini, dan memutuskan untuk tidak ikut travel tapi mengikuti petunjuk2 dari perjalananmu :) oh iya mau tanya kalau dari airport menuju cosmic guest house lebih efektif menggunakan apa ya? dan juga kalau ke macau pulang hari apakah memungkinkan?
    thx

  • vionny

    kaka mau nanya dong itu kan kalo kita pesan buat dua orang apa boleh diisi bertiga,soalnya ada sebagian hotel yg tidak menyediakan buat 3 orang,:) thanks infonya

    • http://Javamilk.com Alist

      @vionny, kalau tinggal di Hostel biasanya akan kena charge lagi per person. Sedangkan kalau utk hotel bintang 4-5 biasanya tdk mengecek terlalu ketat.

  • yantilie

    halo pak, sy sudah book tiket ke hk tgl 9 agst 2012 tiba jam 7 malam, lebih baik nginap di hk dulu ato apa ya. Rencana ke macao dan zhencen. oh iya saya sampe 18 agst pagi.
    Rencana nginap di Mapple leaft Guesthouse,
    Dari bandara lebih baik naik bis ato mtr, saya berangkat 5 orng.
    Tolong dipandu rutenya ya, tx.

  • harlinda tedja

    Hai pak, menarik bgt cerita diatas. Bisa ksh info lokasi toko hui lan shan ada di daerah mana? pengen bgt icip2 disana nih. Btw, sy dan teman2 mau ke hk bln des, kl bulan des di hk bisa brp derajat yah? Trims

  • jananuragadi

    selamat pagi, pak.. Kami berencana ke HK Tgl 20 agt 2012. Dewasa 3 orang plus anak usia 11 th dan 9 th. rencana menginap di daerah Causeway bay. Bisakah kami menggunakan 1 taxi dari airport. ? Atau transportasi mana yang paling baik dan murah? Tks.

    • Aming

      @jananuragadi, naik taxi juga bisa, klo mau murah naik bus. Kalau mau nyaman naik mobil sewa dari saya.
      tq, oh ya says juga ada jualan ticket disneyland/ocean park all. klo bpk in gin beli, bias email says.

      • Emil

        @Aming, Saya akan ke hongkong 25 Agustus, saya tertarik menyewa kendaraan dari anda. Bisa tau brp harga per harinya dalam Rupiah? Tiket ocean park dan disney juga boleh kalau murah. Rencananya Dewasa 10, anak2 4. Tq

      • Eva

        @Aming, saya bisa minta alamat emailnya, saya juga ada rencana mau ke Hongkong bulan Agustus

  • Andra

    Alist saya mau tanya, untk sanyo yg dibeli dapet international warranty card gak? Membelinya dengan tawar menawar atau udah ada price tag nya? Thx

  • andre

    dear Alist, mau numpang nanya nich, sy ada rencana ke HK lsg ke Macau, trus ke shenzhen balik lagi ke Hk. Apakah bisa masuk Shenzhen dr macau keluar ke arah Hk?
    Apakah VOA hanya bisa didapatkan di perbatasan HK-Shzn?
    Tq ya…

    • Aming

      @andre, numpang jawab…visa china (VOA) masuk ke shenzhen lewat macau dan keluar ke arah hong kong…tdk ada masalah..karena saya sering menguruskan visa seperti itu.

      • andre

        @Aming, tq atas jawaban sebelumnya. Saya ingin tanya lagi. Kalo ambil Visa On Arrival di Luo hu, kemudian masuk shenzhen,dan ketika keluar dari Shenzhen lewat Shenzhen Shekou Ferry terminal menuju Macau ferry terminal apa bisa juga?
        Mohon penjelasannya. Tq

      • andre

        @Aming, Apakah VOA di Luo Hu bulan dec 2012 buka?

        • Aming

          @andre, buka kok VOA shenzhen tetap buka,,,biasanya klo di tutup, 2bln sebelumnya akan di kirimi surat.
          emang berapa org yang akan berangkat ?

      • andre

        @Aming, tq atas jawaban sebelumnya. Saya ingin tanya lagi. Kalo ambil Visa On Arrival di Luo hu, kemudian masuk shenzhen,dan ketika keluar dari Shenzhen lewat Shenzhen Shekou Ferry terminal menuju Macau ferry terminal apa bisa juga?
        Mohon penjelasannya. Rencana saya ber empat aja ke sana.Tq

        • Aming

          @andre, visa on arrival (VOA) seperti yang kamu tanyanyakan itu bisa kok.
          apa kamu perlu aq yang nguruskan dari sini, tp kamu hrs ikut tour di shenzhen walapun hanya ikut sehari, karena peraturan dari china sperti itu.
          jadi aq bisa uruskan visanya skalian.

          • Aditya Kesha Wijayanto

            Halo koh Aming, saya dan keluarga (istri plus satu anak usia 4,5th) berencana ke HK pada minggu pertama Desember 2013. Destinasi utama adalah HK Disney dan Ocean Park. Bisa tolong dibuatkan itinerary dan di-arrange tiket pesawat, hotel, HK Disney, Ocean Park dan airport transfernya gak? Kalo bisanya hotelnya yang baru dan value for money ya. Infonya bisa dikirim melalui email ke aditya.kesha@gmail.com. Makasi.

      • andre

        @Aming, terima kasih atas infonya, saya akan mencoba jalan sendiri krn kami adalah backpackers, shg perlu menekan biaya yg kami keluarkan. Saya hanya memastikan dan meriset saja mengenai VOA. karena ada yang ngomong tdk boleh.
        tq

  • jhoni

    dear Aming. VOA apakah juga bisa di dpt di Shekou ?

    • Aming

      @jhoni, VOA bisa di dpt di Shekou juga,,cuma skrg katanya mau ada peraturan baru bahwa voa akan di perketat di karenakan byk tourist yg ilegal di sana.

  • monica

    Mohon infonya, saya mau ke hongkong 16-21 okt 2013 bertiga. Rencana nginap di hotel metropark dengan kamar untuk 2 orang. Kalau 3 orang yang masuk tanpa extra bed boleh ngga ya di Hongkong? hehe mau hemat nih ceritanya

    • Aming

      kalau tidak ketahuan sich kayak e tidak apa2, karena kalau 3 dewasa pesen sekamar harus + extra bed.

  • http://www.facebook.com/untung.chandra Untung Chandra

    mohon info nya,saya mau kehongkong 20april2013

    • Aming

      Info tentang apa pak ?

  • BONS

    mohon infonya dunk, saya rencana mao ke HK nop ini… 4 dwasa 1 anak umur 3thn,,, kepengennya se hk-mc-szn dlam waktu 5hari bisa gak ya???…tq

    • Aming

      5hari/4malam, Hong Kong-Macau-Shenzhen, cukup.

    • Aming

      kalau ke Shenzhen bpk harus apply china visa di jakarta atau di border china.
      kalau lewat saya juga bisa, dan harganya lebih murah.

      • raka

        Aming, Kalau apply visa china sama anda berapa, saya rencana mau ke shenzhen bulan depan

  • Dita

    Sy ke HK tgl 30 okt-3 nov,bs tau hog sewa takao dr anda?sy Dan rombongan 5 dewasa,2 anak” Dan 1bayi…sy menginap di Paris guest house TST..mhn biayax segera di infokan ke email ditaaprianti@gmail.com

    • Aming

      Bu, tolong di check emailnya…thanks

  • Paul

    Halo Aming, salam kenal. Saya ada rencana, ber-8 mau ke HK tahun depan. Inginnya sih durasi stay-nya sekitar 6D/5N atau 5D/4N. Destinasi kami inginnya sekitar HK (Ocean Park, Disneyland, Madame Tussaud, etc.) – MC – SZ. Kalau di luar ticket pesawat, untuk estimasi biaya transportasi kira2 berapa ya?terimakasih atas bantuannya sebelumnya. Kalau bisa dishare alamat e-mailnya supaya bisa lebih enak bertanyanya. Thx

  • Hartono

    Ada PIN bb?

  • jeans

    Hai… tahun depan saya berencana akan ke HK – MC – SZN. landing di HK saya langsung ke Macau. Stay 1 malem di Macau langsung ke Shenzhen. dengan tipe backpacker seperti saya, kira2 moda transportasi apa yang murah dari Macau ke Shenzhen… makasih banyak

    • Aming

      Kalau dari Macau ke Shenzhen transportasinya hanya ada 2 pilihan,
      1. Naik ferry
      2. Naik bus melewati Zhuhai.

      Kalau menurut saya mending naik ferry, trs masuk ke china hrs pake visa lho, apakah dah buat china visa.

  • ayu

    Halo Aming, mau tanya trasport dr bandara ke hoter di dekat konvention centre lebih murah naik taxi atau kereta cepat ya?saya berencana ber3 ke hongkong akhir nov,ini.oya pasport saya habis 4 bulan lg,masalah gak ya kl berangkat blm diperpanjang?

    • Aming

      Mau pergi yang di Wanchai atau yang di dekat airport ?
      naik airport express / kereta cepat lebih murah akan tetapi harus naik turun tangga dan ganti train.
      kalau mau sewa mobil alphard juga ada, biayanya hkd 680
      mengenai passport, biasanya minimal masa berlakunya minimal 6bln, klo 4 bulan mudah2 an ga masalah, yang penting sebelum masuk ke imigrasi hong kong, alamat hotel/penginapan selama di hong kong + ticket pesawat pp di tunjuk khan ke imigrasi.

  • Lili

    Mohon info, harga tiket disneyland hongkong dan ocean oark untuk adult brp ya? Kalo misalkan beli di cie aming bagaimana cara ngambil tiketnya? Trims.

    • Aming

      Disneyland
      Dewasa: HKD 380 (di counter hkd 399)
      Anak : HKD 270 (di counter hkd 285)
      (ticket ini tidak bisa di gunakan pada tgl 11 Feb 13-14 Feb 13)

      Ocean Park
      Dewasa: HKD 265 (di counter hkd 280)
      Anak : HKD 135 (di counter hkd 140)

      ini alamat email saya, aming1338@yahoo.com
      kalau sampai hong kong tlp saja nanti ticketnya saya siapkan, thanks

      • hewin

        pak aming kalau mau order disneyland utk tgl 13 Agustus 2013 bisa ngak , mohon informasinya terima kasih

  • http://twitter.com/IndahMell Amelia Indah Lestari

    kira2 untuk harga makan malam berkisar berapa yah di hongkong?

    • Aming

      Tergantung mau makan apa bu..klo M.donald (1 set) hkd 26 ke atas

  • Rudy

    sya ke macau dan hkg bulan Maret 2013 ini, mhn info cuaca pd bulan ini panas atawa dingin, tq

    • Aming

      Cuacanya perkiraan mau ke musim panas, karena bln feb (akhir) 16-26

  • NUNJK AGUSTINA

    Mohon infonya saya mo pergi ke hongkong dengan teman2 semuanya ada 12 org , enaknya dr bandara menuju tempat hostel kami daerah Nathan Road
    Naik apa yg aman dan hemat biaya , mohon info nya selain klu ada sewa mobil berapa kira2 harganya kantuk perbandingan ongkos , terima kasih saya tunggu jawabannya.

  • Sil

    Mohon info, kalo misal dari hk ke shenzhen bulan april ini, apakah masih bisa
    Kalo ambil Visa On Arrival di Luo ?karena ada yang bilang tahun ini sudah tidak bisa voa

    • Aming

      Sudah bias kok, tapi tetep bayar dan juga hrs memenuhi persyaratan, krn klo tidak entar ga di kasih masuk.

  • http://www.facebook.com/vincentia.hardini Vincentia Hardini

    hai Aming, saya mau pergi di bulan juni 2013 7d6n dengan 3 dewasa 2anak. planning tujuan HK – senzhen, macau. penginapan yg bagus dan murah apa ya? maklum kami harus berhemat. di macau sebaiknya bermalam apa langsung pulang ke HK? VOA bisa di urus di sana?

    • Aming

      Di Macau sebenarnya berangkat pagi dan pulang malam juga boleh, tapi kalau seandainya mau nginap di Macau, ibu jangan milih weekend, karena hotelmya mahal.
      Ke macau tidak usah pake visa, tapi kalau ke Shenzhen harus pake visa, dan masalah visa saya bisa nguruskan dari sini.

  • liena

    kalau paket tur hongkong u 3 hari kena berapa ya

  • juliani

    Hai aming,kalau mau booking cosmo guesthouse untuk tgl 14 sampe 16 mei 2013 gimana ya? Untuk 2 kamar. Tarifnya brapaan ?Tq

  • citra

    Kalo di macau tempat penginapan yg murah dmn ya..? Any recomended?

  • idha

    bisa minta contact personnya ga? jadi bisa aku hubungi sesampainya aku disana. thank you

  • Lia

    Hi Aming, mau tanya harga sewa mobil untuk 6dewasa dan 4anak dibawah 11 tahun biayanya berapa ya per hari ? untuk bulan Juni 2013. saya tunggu jawabannya. thanks.

    • Aming

      alamat email ibu apa ??? atau bias add Pin BB saya. 28BD968E

      • Lia

        sudah saya add ya bu.

      • Markus Karjadi

        saya ikutan add yah, mau tanya2 juga nih

  • Rocky

    Bos Aming , saya ada rencana ke HKG sekeluarga : suami, istri dan 2 anak perempuan usia 13 dan 11 tahun , kami akan berangkat dari JKT awal Bulan Agustus,( tglnya TBA ya …) kita mau kunjungi lokasi wisata di HKG + Disneyland , Macau dan Shenzhen . Tolong saya di berikan info apa Bapak jg menyewakan kamar apartement /hotel murah dan bersih dan ticket masuk arena wisata..? , saya ambil waktu 7 hari di hongkong/macau ( nginap sehari /shenzhen brp bayar visanya ?
    kalo card Octopus , atau kartu perdana apa bisa dibeli di bapak ?
    supaya bisa hemat , tlg saran2nyay Bos… Thank yu

  • linda

    halow ko Aming, hari raya agustus depan kami berencana ke HK – Macau start dari jakarta (4 Dewasa dan 2 anak 13 th dan 11 th).
    Mohon info dong hotel atau hostel yang moderat murah-meriah-bersih buat keluarga di Hongkong atau Macau.

    • Aming

      alamat email ibu apa ?

  • Maya Hapsari

    Hai Koh Aming.. akhir bulan ini saya ada rencana ke HK bersama keluarga (4 dewasa + 2 kids). Mohon informasi terkait penyewaan mobil di HK termasuk T&C-nya. Oiya, saya juga sudah add PIN BB koh Aming dan email juga. Mohon balas yaa.. terima kasih..

  • andre

    Halo om,
    Saya rencana awal juli ini mau ke HK, tp msh pilih2 hotel…sekeluarga berempat dgn 2 anak umur 12 dan 9 thn (msh bisa 1 kamar kan kl di HK?)….tolong rekomendasi hotel di daerah tsim sa sui atau causeway bay…budget $100-150 smlm…
    Trm ksh,
    RK

    • Aming

      coba bpk check imperial hotel tsim sha tsui (www.imperialhotel.com.hk), normalnya kamar di hong kong sekamar ber 3, tp klo mau di isi 4 juga gpp asal tidak ke tahuan..

  • putri

    halo koh aming.. saya mo ke hk tanggal 27sept ini rencanaya 5d/4n tapi hanya di hongkong. pergi dengan suami dan anak saya (3th). bisakah kasih saran saya kemana saja?

  • rendy

    bro, bole bagi info nya? saya cek guest house seperti yg disarankan ( cosmic guest house n yiu fai guest house ) Itu harga per kamar ato per kepala? agak bingung di web nya ter tulis “Prices displayed per person per night in Indonesian Rupiah (IDR)” thanks bro ..

    • http://javamilk.com/ alisanta

      Untuk website hostelbookers atau hostelworld memang dihitung per orang. Jadi harganya mesti x2 jika datang berdua untuk satu kamar private.

  • meliana

    Hi Pak Aming,
    Saya mau tanya, kalau dari the peak saya mau ke ocean park rutenya bagaimana kalau menggunakan bus ato mtr? Dari the peaknya saya tidak mau naik peak tram.
    Thanks before

  • Markus Karjadi

    kami mau ke HK akhir juni 2014, bole tanya2? bisa minta pin BB ? sy uda email juga ke alibabaholiday@yahoo.com
    mohon reply, trims a lot.