Mencicipi Dim Sum Restoran Tim Ho Wan

Last updated on

Tim Ho Wan adalah restoran yang mendapat predikat the world cheapest Michelin-starred restaurant. Rata-rata yang mendapat bintang Michelin adalah restoran fine-dining, dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per course, sedangkan dimsum satu porsi hanyalah puluhan ribu.

Kali ini JavaMilk menjajal restoran dim sum ini di hometown-nya langsung: Hong Kong.

Awalnya bermula di restoran daerah Mongkok. Karena jumlah pengunjung tidak seimbang dengan jumlah kursi dan space, expansi hingga sekarang restoran Tim Ho Wan mempunyai beberapa outlet di Hong Kong. Sedangkan restoran di Mongkok sudah ditutup karena masalah harga sewa.

Pertama bisa kita datangi adalah di Sham Shui Po, lalu North PointOlympian City sebagai tempat pindahan dari Mongkok. Sedangkan yang paling mudah dicapai turis adalah di IFC Mall.

](http://www.telegraph.co.uk/travel/foodandwineholidays/7145607/Tim-Ho-Wan-restaurant-Hong-Kong-the-hottest-meal-ticket-in-town.html)

Antrian Tim Ho Wan di  pada jam makan siang kabarnya melegenda, perlu 3 jam untuk mendapatkan meja makan. Jadi pastikan Anda punya mental dan fisik untuk antri pada lunch hour. Strategi orang berbeda-beda, ada yang datang sepagi-paginya untuk ambil nomor, ada yang prefer opsi take-away tapi makan di depan tokonya (yup!)

Saya sendiri datang ke IFC Mall pagi-pagi sekali, sebelum tokonya buka jam 9 pagi. Saran saya datang sekitar 8.30, walaupun masih gelap tokonya, tapi orang-orang sudah pada antri. Lokasinya sebenarnya seperti di basement IFC mall, tepatnya di Podium Level One, shop 12A, di atas area Hong Kong MTR Station. Jika kesulitan cukup tanya siapa saja pasti bisa mengarahkan.

Antri Chasiu Bun

Daftar Menu Tim Ho WanPada saat antri ini kita sudah bisa mulai melakukan order dengan mengisi di secarik kertas yang disediakan. Mintalah kertas yang ada English translation untuk kemudahaan bersama hehehe. Menunya sebenarnya tidak banyak, tapi rata-rata memang enak semua.

Menu paling favorit dan must try adalah Bake bun with BBQ (Pork), 3pcs seharga HKD 19. Yang lain juga enak kok seperti har-kaw, siew-may, cheung-fan.

Yang pasti makan di sini tidak bisa santai-santai karena antrian panjang di luar. Lagian petugas bekerja cukup cepat dan sigap sehingga serving saat kita dapat meja tidak terlalu lama.

Memang BBQ Bun-nya cukup luar biasa, crispy di luar namun lezat di dalam.

Crispy outside Chasiu Pau

Enak inside Chasiu Pau

Terus terang untuk menu yang selain bbq bun ini, saya tidak bisa membandingkan enaknya dengan restoran dim sum yang lain, enak dan enak banget selisihnya tipis :)

Harga menu-menu dim sum juga bisa dibilang sama (atau sedikit lebih mahal) dengan di Jakarta, tapi kita mendapat porsi yang lebih besar (baca: udang), juga rasa yang lebih wuenak.

Di Singapore

Bagi yang belum kesempatan ke Hong Kong, Tim Ho Wan juga punya beberapa outlet di Singapore. Jelas harganya sudah meroket (3 pcs bun menjadi SGD 4.5) dan taste menurut reviewer tidak otentik lagi. Tapi boleh dicoba kok, asalkan sabar antri juga :)

  • TimHoWan Westgate Jurong East #01-13/14
  • TimHoWan Bedok Mall #B1-51/52
  • TimHoWan Plaza Singapura #01-29A/52
  • TimHoWan Toa Payoh #02-02

Di Indonesia

Rencananya restoran Tim Ho Wan akan buka di Indonesia mulai April 2015, tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Websitenya belum terbuka semua, tapi sudah ada alamatnya.

Alamat: Ruko Crown Golf Blok D No. 8-10, Pantai Indah Kapuk.

Siap-siap antri gila yah.