Transportasi di Singapore

Artikel sebelumnya : Panduan Jalan Hemat ke Singapura

Singapore adalah salah satu negara dengan transportasi publik terbaik di dunia. Tersedia berbagai moda transportasi yang memungkinkan baik penduduk maupun turis menjelalah negara pulau ini secara efisien dan tepat waktu, mulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT, Bus Kota, dan taksi.

Sebagai turis, Anda tidak perlu takut nyasar atau lost, karena selain kecil, informasi rute dan petunjuk jalan sangan jelas dan mudah ditemukan. Bagi kebanyakan orang, naik MRT adalah cara yang paling enak dan mudah untuk menuju suatu lokasi, namun menurut saya sebenarnya menjelajah dengan bus kota lebih baik karena bisa melihat pemandangan di sekeliling dan suasana di tiap distrik.

Taxi

Taksi di Singapura diatur dengan sangat baik oleh pemerintah. Sebagai penumpang kita dijamin akan mendapatkan pelayanan yang sama saat menggunakan taksi apa pun perusahaannya. Selain itu tidak perlu cemas dibawa berputar-putar untuk melebihkan argo. Untuk menjadi supir taksi di Singapore sendiri sangat sulit karena mereka harus menghapal semua nama jalan dan rute di negara tersebut, tahu rute tersingkat, hingga tahu jam-jam diberlakukannya surcharge dan road pricing.

Per Oktober 2009, tarif awal taksi adalah SGD 2.80. Kadang Anda akan dikenakan surcharge (biaya tambahan) jika : memanggil via call centre, naik dari tempat tertentu seperti terminal ferry atau airport, jam malam, dll.

Tips: Untuk group bertiga atau berempat, bisa jadi naik taksi malah lebih murah dibanding naik MRT jika jarak tempuh Anda tidak terlalu jauh.

Maksimal hanya boleh 4 orang yang menjadi penumpang taksi.

MRT & LRT

MRT adalah pengangkut massal serta transportasi yang paling dapat diandalkan di Singapore. Sedangkan LRT tersedia di kawasan tertentu yang belum dijangkau MRT, berbentuknya monorail dengan gerbong 2-3. MRT dikelola dan diatur oleh perusahaan milik pemerintah yang namanya SMRT.

Menurut saya Singapore MRT adalah salah satu MRT terbaik di dunia dalam hal kebersihan maupun pelayanannya.

Hingga akhir 2009, terdapat 4 jalur MRT dan 3 jalur LRT yang beroperasi. Jalur MRT diberi warna berbeda di dalam peta sehingga mudah dibedakan. Circle Line (warna kuning) adalah line terbaru dan belum beroperasi penuh (garis putus-putus berarti belum beroperasi). Klik gambar di bawah untuk memperbesar.

Sebagian rute, terutama di tengah kota, dibuat di bawah tanah (underground), dan sisanya adalah elevated. Di jam sibuk terutama di stasiun interchange, kereta bisa sangat ramai dan penuh. Hindari perjalanan di jam 8-9 pagi dan 5-7 malam.

Tarif perjalanan dengan MRT dihitung berdasarkan jarak/jumlah stasiun yang dilewati. Untuk jarak satu stasiun dikenakan SGD 0.60 hingga 0.80. Untuk jarak yang terjauh dikenakan biaya hingga SGD 2. Anda boleh bebas tukar line asalkan belum keluar dari ticket gate.

Ada dua macam cara pembayaran; point-to-point yang berarti Anda hanya beli ticket untuk satu perjalanan, dan satu lagi adalah menggunakan ez-Link card. Kartu ini adalah kartu chip yang dapat diisi dengan saldo tertentu (top-up). Nilai minimum yang dapat di top-up adalah SGD 10 dan maksimum SGD 100. Membayar point-to-point jatuhnya akan lebih mahal dibanding menggunakan EZ-link card.

Kartu ez-Link dapat dibeli dari ticket office di semua stasiun atau dari ticket machine. Jika antrian ticket office sangat panjang, sebaiknya Anda beli langsung dari ticket machine, cukup ikuti petunjuk di layar lalu masukka uang kertas atau coin SGD, kartu akan keluar dari mesin. Sisa uang di dalam kartu dapat dimintakan refund saat Anda ingin pulang dari Singapore, atau disimpan untuk kedatangan berikutnya.

Changi Airport juga dilayani oleh MRT (jalur hijau). Lokasinya terletak di Terminal 2. Ikuti papan petunjuk “Train” jika Anda baru mendarat dan keluar dari Arrival hall dari terminal mana pun.

Bus

Tidak semua kawasan dicakup oleh jalur MRT. Bagi penduduk umumnya, perjalanan ke kantor ditempuh dengan bus kota dari rumah/apartemen menuju stasiun MRT terdekat, baru dilanjutkan dengan naik kereta MRT. Jika Anda tidak terlalu mengejar waktu, bus kota menawarkan pemandangan di sepanjang jalan.

Ada beberapa perusahaan bus yang mengoperasikan bus di Singapore, namun pelayanan, biaya dan sistem yang digunakan adalah sama. Kartu EZ-link dapat dipakai di semua bus, pastikan Anda melakukan tap / sentuh ke mesin pembaca kartu saat naik maupun saat turun. Tarif ditentukan oleh banyaknya halte bus yang telah dilewati.

Walaupun menghafal nomor bus cukup sulit, tersedia buku panduan rute bus yang dapat dibeli di stasiun atau toko buku. Selain itu ada juga aplikasi iPhone atau PDA phone yang dapat Anda download untuk mendapatkan rute bus.

Selain itu Anda dapat mencari rute bus dengan mengunjungi website SBS Transit.

Artikel Berikutnya:

Cari Hotel Murah:
  • http://andhikaekananda.net/ Dhika

    untuk jarak yg sama, sebenernya lebih murah naik bus / mrt sih ?
    baik pembayaran secara tunai maupun dgn kartu ez-link

  • M1

    Ada tambahan informasi, bagi yang ingin membeli kartu ez-link dapat diperoleh di ticket office MRT biayanya kira2 15 $ SGD (10 $ SGD untuk pulsanya dan 5 $ SGD untuk deposit non refundable).

  • apriyan

    maap numpang tanya,jadi ez link card itu bisa kita dapet di tiket machine?bukan harus ke petugas dl ya kl untuk pembelian pertama?
    terus sempet baca blog org juga katanya kalo di changi MRT station adanya di terminal 3 tp semantara disni dikatakan terminal 2…tolong pencerahannya ya hehe

    • Alist

      @apriyan, EZ-link card dibeli di loket yang ada petugasnya, dan khusus utk Changi Airport setahu saya tidak menjualnya. Jadi seolah dipaksa beli tiket MRT one-way dulu untuk ke city, begitu udah di stasiun lain umumnya punya loket penjualan.

      MRT Station di Changi Airport terletak antara Terminal 3 dan Terminal 2. Ikuti saja papan petunjuk, sangat mudah ditemukan.

  • aryanti

    Halo mas Alist
    Aq berencana awal tahun nanti dgn teman” mau ke Singapore, mohon panduannya..krna ini merupakan perjalanan pertama saya ke sana.
    kira” penginapan dmn y mas, yg harga terjangkau dan akomodasi dari bandara..????

    Trimakasih

    • iwan widia kristanto

      saya punya petanya mas

  • thiaaa

    selamat malam mas,aku mau nanya nanya nih soalnya aku baru pertama kali ke luar negri :)

    kira-kira mas Alist tau ga ya penginapan yang murah di sekitar Singapore Indoor Stadium.soalnya bulan januari 2011 aku mau kesana sama temen-temenku tapi bener-bener “buta” Singapura..trus untuk 5 hari selama disana,aku butuh uang berapa ya untuk biaya hidup disana?

    mohon bimbingannya ya mas..
    Terima Kasih

  • Linda

    Halo Mas Alist..

    Saya penggemar blog anda sejak akhir 2008, waktu mesti ke London dan temen saya batal ikut, jadi deh cuma sendirian. Panik juga saya mas sendirian ke London untuk pertama kali. Tapiii pas browsing2 ketemu blognya mas Alist yg sangaaattt informatif, efektif, efisien tapi gak berlebihan ngiritnya. Pokoknya style travellingnya mas Alist cucok banget ama saya (bukan style backpacker, tapi bukan juga style traveller yg boros banget/hura-hura banget kan? jadi apa ya? enjoy ajah style-lah ya istilahnya… hehehe… setuju kan?

    Nah Mas, November & Desember 2010 ini saya mau ke tokyo-yokohama-kyoto 23 hari. Apa mas Alist punya ulasan jalan2 hemat di Jepang/kota2 itu? harap sharingnya ya… thanks..

  • errie

    nunggu artikel tempat belanja di singapore nya nih…. hehehehe

  • Pingback: SUSTAINABLE TRANSPORT-SUBWAY AND ELEVATED « sintarizky

  • http://putusukmakurniawan.blogspot.com Putu Sukma Kurniawan

    Wah, jadi pengen ke Singapura nih. Soal nya transportasi massal nya sudah sangat baik. Jadi kalau kemana-mana gampang. Sudah terhubung antara satu jaringan dengan jaringan yang lain

  • iwan widia kristanto

    singapore memang bagus banget, saya kalau perpindahan ke luar negeri gak di persulit pingin pindah
    seandainya org indonesia kerja tdk mementingkan kantong pribadinya dahulu, indonesia sebenarnya bisa sperti ini, jajahan belanda memang susah apalagi sekarang pajak naik terus, padahal uang pajak gak tau lari kemana, semoga yang memakan uang rakyat di balas 90 keturunanya miskin terus
    tp biasanya rata2 yang pegawai2 makan uang haram sakitnya jantung, strok, pokoknya berat2 deh
    alhamdulillah saya sales bisa PP singapore jd pemikiran2 luas masukan tmn2 dr singapore banyak
    thanks temen2 dr singapore atas support dan training pekerjaanku
    iwan
    principal GUHRING area asia pacific

  • Laurentius

    Salam kenal,
    bisa tolong bantu saran kalo pergi kemana2 di singapur dengan 4 org dewasa dan 1 balita mendingan naik taxi, bus or mrt ya yg paling murah? tqu atas sarannya

    • Laurentius

      oya sekalian mo tanya kalo apartemen lucky plaza bisa ga booking jauh2 hari mis 8-10 bln, tqu sekali lg atas sarannya

    • Puji

      Salam kenal, bisa tolong bantu saran kalau jalan2 disingapore dengan 4 orang dewasa dan 1 anak mendingan naik taxi, bus or mrt yang paling murah? Tks atas sarannya

      • Alist

        @Puji, lebih hemat naik taksi. Kapasitas taksi adalah maximal 4 penumpang. Jika balita mestinya tidak masalah.

  • lala

    minta info dunk mas klau tiket mrt one way dari changi itu belinya dimana? mesin atau ada locket?

    trism

    • Alist

      Ada mesin tiket di stasiun MRT Changi untuk membeli one-way ticket. Loket tidak melayani pembelian.
      Opsi lain adalah beli ez-link di Singapore Visitor Center di Arrival Hall.

  • katri

    mau tanya mas,

    untuk jam operasional bus serat MRT paling malam jam brp y?

    thank u

    • Alist

      @katri, jam 23.30 biasa adalah trip terakhir, jika ada transfer line, pastikan juga sebelum jam itu.

  • Puji

    MU nanya lagi mas, apaboleh pake 1 taxi utk 4 dws + 1 anak umur 9 thn? Gmn cara naik mrt dari cangi 1 menuju ke orchad? Lebih baik mana beli voucher hotel di indonesia ato lgsg beli di bandara canggi? Tks

  • Puji

    Apa boleh 1 kamar hotel disingapore diisi 4 orang? Bagaimana kebijakan di singapore? Terima kasih atas sarannya

  • sri

    Mas, untuk 1 kartu ez link apakah untuk satu penumpang, atau bisa sekaligus untuk pembayaran beberapa penumpang? Saya berencana ke sana bersamma 3 orang lainnya.

    • Alist

      @sri, satu kartu ez utk 1 orang, jadi tdk bisa sharing.

  • sri

    Kalau naik taxi, apakah harus booking dulu atau bisa kita stop di pinggir jalan?

    Kalaung dari airport ke Serangoon Road lebih baik naik MRT atau taxi ya mas (maksudnya lebih murah yg mana?)

  • Robby

    hi,mas alist

    td saya baca blog anda yg blg kalo pake ezlink bs utk byr di bus tp kalo bagi pendatang baru nga punya ezlink gmn ya mas? kemudian saya kan rencana brgktnya by ferry dari tanjung pinang – tanah merah, gmn caranya mas spy saya nga kebingungan dan sampe di mrt tanah merah? thanks

    robby

  • Mandy

    Hai blognya bagus bgt, mudah-mudahan cita-cita saya keliling dunia spt mas Alist kesampaian. Ganbatte :)

    Buat teman2 jgn takut bingung naik MRT cos org singapore helpful bgt, bbrp kali saya salah(uang kebesaran or what) tanpa diminta mereka lgsg bantu. Rame2 mending taxi, cm untuk ukuran jakarta terlalu ngebut so blm nikmatin scenery tau2 udh sampe.

    Tp mas Alist sy blm coba bus-nya, apa harus pakai ez link? ga bisa dgn coin or 1way ticket? n gimana depositnya, sm spt mrt (di machine station or what).. So many thing i wnt 2 ask but mybe i js googling. Please answer riteaway cos i’l b flying this friday.. Thank u alist.

  • Lanny

    Selamat siang….

    mohon bantuannya donk saya dan temen2 rencananya mau ke Singapore dan Kuala Lumpur awal tahun depan.

    Mohon info hotel yang murah di sekitar oechard Singapore dan untuk KL kita blm tau mau nginap di mana mohon sarannya.

    Kita-kita berencana akan berlibur selama 4 hari ke dua negara tesebut kira2 budget yang dibutuhkan untuk hotel, makan dan jalan-jalan kira-kira berapa ya?

    Mohon bantuan dan infonya ya…

    Terima Kasih

    • donny xue

      @Lanny,
      kalau di ORCHARD road semua hotel adalah mahal , dalam pengertian minimal 800 900 rb IDR keatas, bilamana membeli voucher dr agent lokal di Indonesia

      kebanyakan untuk menghemat biasanya dapat tinggal di lucky plaza aprt. ataupun ada rumah2 yang kamar nya di sewakan perhari.
      anggaran nya sih sekitar 20-40an SGD per nite

      sedangkan di KL
      tergantung lokasi yang anda inginkan
      misal nya di daerah kota raya, maka bisa mengambil hotel ancasa express
      bilamana di daerah imbi, bisa mengambil berjaya time square

      sebenarnya ada cara mudah untuk menghemat biaya
      membeli voucher dari travel agent indonesia ataupun ketika tiba di airport setempat, anda bisa membeli voucher hotel yang di inginkan
      biasaya lebih murah dari pada published rate ketika kita walk in

  • donny xue

    kalau saya secara pribadi sangat setuju dengan artikel ko satu ini
    singapore memang surganya transportasi massal

    bilamana kita mau untuk bertanya dan bisa mengerti cara pindah MRT, maka sangat di sarankan untuk menggunakan MRT selama perjalanan.
    MRT padatnya kebanyakan di MRT ORCHARD
    sisa nya standard, sesuai dengan jam kerja masuk dan pulang.

    taxi sebenarnya last resort bagi yang belum pernah berpergian ke singapore, tetapi satu yang patut di ingat, kadang uncle uncle taxi disana agak sedikit “licik” kalau kita kurang jelas untuk menyebutkan destinasi kita.
    oia, naik taxi bila melewati jalan2 tertentu akan di charge extra, karena berdasarkan ERP

    untuk summarize;
    naik bus paling murah, tapi memakan waktu lama, hanya saja bisa melihat pemandangan
    naik taxi, paling gampang menuju 1 lokasi, hanya biaya lebih tinggi
    naik MRT, adalah terbagus karena seperti subway, tube , MTR , dsb —> memberikan akses yang lebih luas dengan biaya pas (tinggal pandai2 lihat rute , asal jangan buta huruf dan buta warna :peace )

  • Titiek

    Salut dng blog ini, mau tanya:
    1. Cara naik MRT dr bandara (naik air asia) ke Geylang (tolong serinci2nya, mulai beli tiket, cara pindah dan turunnya. Biaya?. Kalau naik taksi, biaya? oya sy perginya sendirian. Oya cara balik juga ya, dr Geylang ke bandara
    2. Dari Geylang ke suntech Singapore, naik? cara?jdan sebaliknya. biaya
    3. Kalau hanya punya waktu sedikit utk jalan jalan/wisata, maks sehari? sy nginapnya di Gaylang. Saran?
    4. Cara cari makanan halal di Geylang, gimana?
    Terima kasih banyak ya

    • febiola

      @Titiek, , aduh kalo bawa anak anak jangan ke daerah geylang deh mba, dari jam 10.00 malam-06.00 pagi masih banyak psk berkeliaran, saya aja gak nyaman walau bareng suami, ending cari di daerah little india, china town atau bugis…kapok saya nginap di area geylang…terutama lorong 18-20 banyak yang menyewakan kamar kamar berlampu merah…

  • http://caroline_puspa_sanajaya@yahoo.co.id Caroline Puspa Sanjaya

    Maamamm Mau tanya,kalau dr Changi airport ke Parc Sovereign Htl, 175 Albert Street, apa bisa naik MRT? berapa lama?dan kalau dr Htl ke Universal apakah bisa naik MRT juga?brp lama ?Harga per way sekitar brp SGD? Terima kasih sebelumnya Mas Alist

  • febiola

    dear mas alist,
    thanks banget ya buat tulisan di blognya…sebenarnya ini bukan perjalanan pertama saya ke spore tapi ini pertama kalinya saya menjadi guide buat ortu dan ponakan-ponakan kecil saya, dilawatan pertama saya selalu naik taksi, tapi kemarin saya 100% persen naik MRT, dan sungguh menyenangkan, buat yang mau wisata ke spore buat pertama kali jangan takut takut naik MRT, lebih murah dan aman (walau gak dapat duduk)…untung ada javamilk yang sangat membantu.. thanks ya…

  • pipi

    mas Alist, mau minta infonih… tgl 13 – 15 juni 2012 saya n keluarga ( 8 org , 3 anak , 5 dewasa) mau jj ke singapura..tinggal di festive hotel , rencananya mau ke merlion park, rafles place, bugi, orchard n uss..so tranportasinya gmn ya..soalnya baru pertama x ke sin..n dr aiport ke hotel bagusnya naik apa ya..

  • lina

    mau tanya,changi airport ada berapa pintu keluarnya?klu mau menjemput yg datang dr luarnegri(misal:hk),baiknya nunggu dipintu keluar yg mana?tolong pemberitahuannya:-)

    • http://Javamilk.com Alist

      @lina, tergantung terminalnya (1-2-3). Enaknya berdiri tunggu persis di depan arrival hall, jadi pas penumpang keluar dari ambil bagasi dan imigrasi bisa langsung terlihat.

  • http://twitter.com/cahyo_sment Cahyo Dewantoro

    Saya mau tanya kalau mau mendapatkan kartu Ez-Link itu bagaimana ? Dan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk mendapatkan kartu tersebut ? Terima Kasih

  • http://twitter.com/cahyo_sment Cahyo Dewantoro

    Untuk mendapatkan kartu Ez-Link bagaimana apakah distatsiun MRT semua dan berapa biayanya