Panduan Jalan Hemat ke Singapore

Selamat datang di JavaMilk Travel Series. Kali ini saya akan menampilkan artikel “Panduan Jalan Hemat ke Singapore” yang mudah-mudahan menambah informasi bagi Anda yang belum maupun sudah pernah jalan ke Singapore.

Mengapa Singapore? Saya sudah menulis beberapa Travel Series, mulai dari Panduan Jalan Hemat ke Eropa, Hong Kong dan Macau, Taiwan, rasanya kok tetangga yang dekat ini malah belum ditulis. Awalnya melihat banyak website lain yang sudah membahas negara kecil ini, sehingga saya tidak terlalu ingin menulisnya. Namun setelah sekian lama, rasanya saya perlu menelurkan sebuah travel guide juga tentang negara ini, Singapore.

Berbeda dengan artiket jalan hemat sebelumnya, Panduan Jalan Hemat ke Singapore ini tidak ditulis berdasarkan pengalaman per-hari, melainkan berdasarkan topik. Artikel ini akan ditulis dalam beberapa halaman yang akan saya lengkapi, jadi pastikan Anda bookmark alamat ini jika ingin terus menikmati travel series ini.

Airlines Murah ke Singapore

Saat ini rute Jakarta-Singapore dilayani oleh belasan maskapai penerbangan, sehingga bisa dibilang persaingan harga tiket pesawat lumayan keras. Namun tetap saja ekspektasi dan budget orang beda-beda, ada yang mau berangkat dengan airlines terkenal, ada yang ‘yang penting sampai’, dan ada yang menyesuaikan dengan jadwal.

Normalnya harga tiket pesawat Jakarta ke Singapore  adalah sekitar USD 140-300 pulang pergi per orang. Umumnya adalah full service airlines, berarti bagasi makan dan airport transfer sudah di-cover. Airlines yang berada di dalam kisaran harga ini antara lain:

Sedangkan untuk tiket pesawat yang lebih murah, tersedia beberapa budget airlines, yang harganya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1,500,000 untuk satu arah, tergantung promosi dan season. Sudah pasti namanya budget airlines ada saja yang dikurangi, mulai dari tidak ada minuman dan makanan, allowance bagasi yang terbatas, jam terbang yang pagi buta, hingga delay tanpa ganti rugi.

Dulu orang banyak terbang ke Batam dan dilanjutkan naik ferry ke Singapore supaya pembayaran fiskal dapat lebih murah, namun sejak diberlakukannya bebas fiskal dari Indonesia, rasanya terbang ke Batam harganya sudah sama dengan langsung ke bandara Changi. Pengecualian jika Anda tinggal di kota pulau Sumatera yang belum punya akses bandara International, biasanya harus ke Batam dulu.

Tiket pesawat rata-rata sudah bisa dibeli secara online, terlebih AirAsia yang memang specialist promo tiket pesawat lewat Internet. Anda harus rajin-rajin mengunjungi website airlines masing-masing untuk mendapatkan promosi tiket murah. Bahkan Singapore Airlines (SQ) juga punya harga promo, USD 128 perorang (minimal 4 orang) return. Tiket dibeli via Internet menggunakan kartu kredit, dan pastikan Anda memakai kartu kredit sendiri karena beberapa airlines melakukan pengecekan kartu kredit di airport.

AirAsia, SQ, Qatar, dan beberapa airlines lain mempunyai fasilitas web check-in, di mana Anda dapat menentukan nomor kursi, bahkan jenis makanan dalam 24-72 jam sebelum keberangkatan. Tinggal print boarding-pass di rumah, lalu tukarkan dgn boarding pass asli di counter airport, lebih praktis dan cepat!

Hotel Murah di Singapore

Kalau boleh jujur, umumnya orang Indonesia lebih suka tinggal di hotel mewah berbintang dibandingkan budget hotel, dan ini berlaku untuk turis ke Singapura. Dan memang pilihan hotel murah di Singapura sedikit terbatas, namun jika jeli dan rajin mencari kita bisa mendapatkan yang harga kamar yang murah.

Menurut saya, untuk kategori negara Singapore, hotel murah adalah hotel yang harga kamar double-nya kurang dari SGD 90 atau IDR 600,000. Kalau di Indonesia harga segini kita sudah bisa mendapat hotel minimal bintang 3, harga ini di Singore hanya dapat hotel yang umumnya bintang 2 ke bawah.

Pilihan lokasi sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah karena Singapore adalah negara yang kecil, dan dari ujung barat ke ujung timur pulau ini dapat ditempuh mobil dalam waktu 40 menit. Beberapa distrik memang khusus menjadi cluster hotel.

  • Balestier
    Awalnya daerah ini diperuntukan untuk private condominium yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia, lalu berkembang menjadi kawasan budget hotel.Boleh dibilang tempat ini sangat nyaman dengan banyaknya tempat makan di sepanjang Balestier Road. Satu kekurangannya adalah akses ke MRT lumayan jauh, stasiun terdekat adalah Novena dan Newton yang dicapai dengan jalan kaki sekitar 15 menit. Namun untuk pemakai bus kota, terdapat beberapa rute yang melalui kawasan ini.
  • Geylang
    Distrik Geylang terkenal dengan hiburan malamnya, serta banyaknya makanan enak yang dapat ditemukan. MRT terdekat adalah stasiun Kalang, dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit. Secara de facto, inilah red-light district di Singapore dengan banyaknya pekerja seks yang berseliweran di pinggir jalan. Jika Anda benar-benar mencari hotel murah dan cuek, boleh mempertimbangkan hotel di sini. Namun jika membawa keluarga atau anak-anak, saya tidak menyarankan tinggal di kawasan ini.Jalan di Geylang diberi nomor 1 hingga belasan. Jalan yang bernomor ganjil (1,3, dst) adalah surganya makanan enak, sedangkan jalan bernomor genap (2,4,dst) adalah red-light district. Hotel di Geylang menempati jalan bernomor genap, dan saran saya sebaiknya anda pilih hotel yang di lorong 2 sampai 8 yang relatif masih nyaman.
  • Joo Chiat
    Tidak jauh dari Geylang, Joo Chiat juga mempunyai banyak hiburan malam seperti bar dan club malam. Namun daerah ini bisa dibilang relatif ‘bersih’. Cukup banyak hotel murah di sini, sayangnya akses ke stasiun MRT juga cukup jauh.
  • Bugis
    Tidak banyak hotel murah di sini, terakhir saya tinggal di New 7th Storey Hotel (di belakang Bugis Junction) tapi sekarang sudah digusur untuk membangun jalur MRT baru. Namun Anda masih bisa menjumpai hostel. Kawasan ini enak menjadi basis tempat tinggal karena letaknya di tengah kota, banyak tempat makan dan shopping, dan aksesnya mudah.
  • Little India
    Daerah yang memang menjadi perkampungan orang India atau keling, menawarkan hotel murah dengan atmosphere berbeda. Anda juga dapat menemukan banyak makanan murah. Toko Mustafa, toserba yang terkenal dengan variasi barangnya yang banyak terletak di sini.
  • Orchard Rd,
    nah ini tentu saja daerah paling mahal untuk hotel. Minimal hotel di sini adalah bintang 3 dengan rate di atas USD 200. Tinggal di sini, belanja di sini, dan makan di sini, semua lengkap tapi mahal jika tinggal di kawasan Orchard.

Berikut adalah daftar hotel murah yang berhasil saya kumpulkan dan rekomendasikan.

  • Hotel 81 Chinatown, karena lokasinya yang cukup strategis dan dekat ke MRT Chinatown, hotel ini menjadi rekomendasi utama, walaupun kamarnya cukup kecil. Harganya kadang mahal dan kadang murah tergantung promosi.
  • Fragrance Hotel – Emerald, kamarnya cukup kecil namun bersih dan nyaman di kawasan Geylang. Biasanya menjadi hotel pilihan tour company.
  • Fragrance Hotel – Oasis, di kawasan Balestier juga, kualitas lumayan standar.
  • Fragrance Hotel – Joo Chiat
  • Value Hotel, sebenarnya terdapat 3 hotel di lokasi yang berdekatan. Terletak di Balestier Rd. Silakan coba Value Hotel – Thompson, Balestier, dan Nice.

Sedangkan untuk pilihan backpacker, ada juga hostel murah. Biasanya berbentuk dorm, jadi ranjang yang disusun bertingkat atau satu ruangan besar berisi 4-8 bed. Ada yang campur (male + female) ada yang khusus dorm female. Beberapa hostel memberikan fasilitas dapur sehingga ktia bisa masak sendiri. Keamanan barang tentu saja tanggung jawab masing-masing, tapi tidak pernah ada kasus kecurian kok.

  • Hangout @ Mt. Emily, di kawasan Little India, harga dorm sekitar SGD 40 / orang sudah termasuk breakfast
  • Footprint, tidak jauh dari Hangout, harganya juga sekitar SGD30-40 / orang.
  • Incrowded Backpackers Hostel, juga daerah Little India
  • Bugis Backpackers, harga SGD 20-40 / orang
  • ABCBackpackers, di daerah bugis

Anda ingin always-ON dan menikmati fasilitas Internet selama di Singapore dengan murah? Pertimbangkan opsi untuk membeli SIM Card untuk Internet di Singapore. Pesan dan ambil kartunya di Changi Airport.

Hotel Bagus di Singapore

Seperti yang saya singgung di atas, batas murah dan mahal tiap orang berbeda. Ada orang yang senang berhemat di belanja namun ingin tinggal di hotel berbintang. Di sini saya berikan daftar beberapa hotel berbintang yang termasuk sangat baik. Harga kamar adalah harga termurah tipe double, namun kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga lebih mahal.

  • Meritus Mandarin Hotel, 5*, Orchard, ~SGD 260/malam
  • Crowne Plaza – Changi, 5*, Changi Airport, >SGD170/malam.
    Satu-satunya airport hotel yang terhubung langsung ke terminal Changi, membuat hotel ini menarik bagi Anda yang ingin transit atau tidak ingin membawa koper ke tengah kota.
  • The Regents Singapore – Four Seasons, 5*, Orchard, ~SGD 210/malam
  • Siloso Beach Resort Hotel, 4*, Sentosa, ~SGD 200/malam.
    Lokasinya unik terletak di pulau Sentosa, kelebihannya adalah lebih tenang dan suasana resort, minusnya adalah mencari makan di luar hotel yang cukup sulit.
  • Holiday Inn – Atrium, 4*, Clarke Quay, ~SGD 160/malam
  • Grand Mercure Roxy, 4*, Marine Parade, ~SGD 140/malam.
    Tentunya pelayanan standar dari Accor menjadikan hotel ini sebuah pilihan menarik. Lokasinya di East Coast dan dekat dengan shopping center Marine Parade. Tersedia shuttle bus gratis ke airport.

Ikuti juga artikel berikutnya:

Cari Hotel Murah:
  • Pingback: New Travel Series: Singapore

  • Mario Tandiono

    artikel yang bagus, kalau boleh saya tambahin untuk backpackers ada tempat namanya SUMMER TAVERN di carpenter street dekat clark quay. lumayan ok..
    btw, saya ada rencana traveling bulan januari 2009. udah dapet tiket yg super duper murah dari air asia Rp. 320.000/ orang return… huehehehe… tapi anda benar, karena murah jadwal diubah seenak jidat..
    ada rekomendasi apartemen buat 6 orang ga yg murah? cukup buat tidur saja.. thank a lot and Gbu

    • Ika

      @Mario Tandiono, Wah, sama mas. Aku jg rencananya bulan January mo kesana. Nyari apartment murah yg bisa buat 6 org di daerah Little India & Orchard. ;)

      • http://javamilk.com Alisanta

        @Ika, Utk yang mau sewa apartment (1-3 bedroom) lengkap dgn dapur dan tv, silakan coba lihat2 di http://valuestayinsingapore.com/

        Mereka mempunyai beberapa lokasi apartment. Terakhir saya tanya, 1 bedroom apartment adalah SGD 180.

  • Ika

    Mau tanya dong.. Ada info hotel atau apartment murah untuk 6 org di daerah little india/mustafa nggak? Klo ada namanya apa dan biayanya brp ya per malam? Please send info ke aurora_icqha@yahoo.com
    Thanks b4 & after.

    BR//IKA

  • doyo

    Saya dan keluarga rencananya akan ke singapore pada tanggal 5 – 8 februari 2010. Apakah ada informasi dari rekan – rekan mengenai daily apartment dengan kisaran harga S$150 – 250 di daerah Orchard atau Somerset?

    Thanks..
    Doyo

  • Willy

    kalo mau hotel bagus, coba di THE FULLERTON, deket dengan patung merlion, esplanade, dan tempat2 wisata bagus lainnya, kalo da midnight bisa nyantai di promenade nya esplanade utk duduk2 sambil memandang gedung2 nan indah di spore, trus kalo uda ngantuk, langsung balik ke hotel pake jalan kaki karna deket banget..

    trus fullerton juga lumayan dekat dengan MRT (cityhall), hotelnya luar biasa banget (kamar, pelayanan, outstanding banget semuanya)

    utk rate nya, seingat saya, taon lalu bulan april saya beli di kantor travel di Medan, harganya sekitar 1,4juta / malam, bener2 value for money menurut gw..

    kalo ke spore lagi, so pasti gw akan tinggal di fullerton lagi.. :)

    advice: kalo ngga hobi2 banget shopping ato ‘window shopping’, ngga usa tinggal di daerah orchard.. kanan kiri mall semua.. membosankan banget kalo menurut gw..

  • Willy

    lanjutkan travel guide nya donk bro.. koq uda lama ngga diupdate.. hehehe

    bulan 4 ini saya mau ke HK, kebetulan taon lalu dapet tiket murah dari airasia, cuma 1,2 juta per org (PP), saya bener2 terbantu dengan travel guide bro yg di HK n Macau..

    lanjutkan bro.. travel guide bro emang paling top.. :)

  • Lindz

    WOw…love this blog! Terima kasih yah sangat membantu lho info2nya =))

  • Dani

    Boleh nanya?apa pertimbangan masuk hongkong lewat macau?knapa tdak JKT-HK-MCA-JKT?tks b4

  • may

    hi alisanta,

    kira2 kalo kita book room hotel via Agoda tuh biasanya aman ga ya?
    tq ^_~

  • soraya

    mau nanya ni,,, kalo satu kamar hotel boleh dihuni 3 orang nggak sih??? mau pesen fragrance oasis hotel, bisa dihuni 3 orang tidak ya?

  • Hosdan

    sedikit rekomend buat yang mau ke Sgp, di daerah Chinatown ada byk apartment yg disewain per kamar per hari tuh, di Gedung People Park’s Centre. Dari yang 1 kamar 1 org sampe yg bisa muat 5-6 org juga ada, harganya juga relatif murah sekitar S$30-50. lokasi gampang juga krn bawah tanahnya langsung stasiun MRT chinatown.

    • Lina

      @Hosdan, boleh tahu ngak no telp orangnya yang bisa dikasih sewa apartemennya? Kalo bisa yang ramahan dikit soalnya mereka jutek jutek…

      • Hosdan

        @Lina,di Peoples Park Centre – chinatown Singapore: Mrs Fu – 62250442 , 96283300, Mrs Liew #10-03(lt 10 room 3) Telp.62212671, #25-01(lantai 26 room 1) Telp.65341791.

        • Christy

          @Hosdan, itu no singapore apa indo?

        • Hosdan

          @Christy, nomor singapore tuh, pake +65 ya

  • fenisia

    Wahhh..thx yahh…panduan ke hk-macau nya…sukse nih…tanpa tour guide bisa jalan sdiri 2 bln yg lalu.. yg panduan ke s’pore lanjutin donk…uda dpt tiket murah airasia nih bulan maret 2011…thx yah….

  • dina

    hm…. tanya dong…
    d spore kebanyakan hotel check in time pkl 2-3pm trus kalo dtg pagi mw masuk hotel kena surcharge…. ((mahal))
    dsana ada gag y tempat penitipan barang ((mungkin semacam persewaan loker)), jadi sementara kita jalan- jalan kita titipin barang dsana nunggu check in time,,,,

  • http://www.support4ict.com Inell Irsik

    Long time viewer / 1st time poster. Really enjoy reading the blog, keep up the excellent work. Will most definitely start posting more oftenin the future.

  • upik

    terimakasih atas informasi yang sangat bermanfaat…

  • heni

    hai,
    ini ada beberapa no telp utk sewa apartment di lucky plz orchard road, untuk yang private bathroom (kamar mandi dalam) dengan 2 queen bed (bisa untuk 4dewasa) tarifnya SGD 170. extra bed hanya bisa utk tambahan 1org saja, SGD 10 per malam.
    Elsa: +6590068479, lily: +6590030863, madam soh: +6596391586, mbak nia: +6594678933, ms lee: +6596239250.
    enaknya di lucky plz, di basement ada foodcourt dan harganya murah, SGD 3 untuk nasi dengan sayur+lauk. pagi juga sudah ada yang jualan.
    selain itu 7 eleven juga di lantai bawah (di orchard road nya), pagi bisa beli roti kalo buru buru harus pergi.
    jika perlu private taxi (jika pergi lebih dari 4dewasa, atau ada yang pakai kursi roda) tarifnya sekali jalan SGD40-45.
    dan untuk peak hour (pagi sampai jam 9.00, sore jam 16.00-19) sebaiknya pakai private taxi ini karena taxi biasa tarifnya lebih mahal daripada tarif non peak hour.
    semoga bermanfaat.

  • heni

    oh ya, mau tambahkan informasi, jika kita menginap di lucky plz, kita bisa titip koper jika belum saat nya check in/out.
    dan aman kok. kita bisa pakai fasilitas dapurnya, bisa ambil air minum semau kita (lumayan utk mengirit beli air mineral, hehehehe).
    disediakan teh, kopi, gula, boleh masak, tapi gak bisa pakai mesin cucinya. waktu itu saya menginap di Elsa.
    setiap hari kamar dan kamar mandinya dibersihkan. ada fasilitas air hangat untuk mandi. mau pulang malam / midnight juga bisa.

    • passion4u

      @heni, kapan terakhir menginap di lucky plaza … ? soalnya terinformasi sekarang lagi ada penertiban apartemen yang dijadikan kamar sewa … betul nggak informasi ini ?

  • heni

    saya menginap di lucky plz 11-15des 2010. temen saya baru pergi di tengah januari 2011 ini masih bisa juga nginep di lucky plz.
    coba aja telpon/sms ke yang tadi saya tulis sebelumnya, jika sudah tidak bisa tentu mereka tidak akan terima customer lagi.

  • Hendry

    Bole nanya kalau mau booking dari indonesia, caranya gimana ya? pembayarannya gimana? atau ada no telp indonesia nya gak? kalo telp ke sana pake bahasa apa ya? terima kasih…

  • Yessi

    Mau kasih sedikit info, january kemarin tgl 9 – 12, 2011 saya sekeluarga liburan ke singapore beserta suami dan 2 orang anak usia 2 thn dan 5 bln, menginap di value hotel nice di daerah balestier, transportasinya mudah, dpn hotel ada halte bus jd gampang kl mo kemana mana, staff hotelnya jg ramah kok, ke orchard kurang lbh 10 mnt dng bus, kalau mau ke Universal studio jg bs naik bus dr dpn hotel sampai ke vivo city dari sana naik lagi monorail lanjut ke sentosa island, tempat makan jg gampang, kalo mau beli kebutuhan sehari hari ada fair price supermarket or 7/11 cm memang kamar hotelnya kecil, kalo bw keluarga agak sempit ;)

    • Alist

      @Yessi, thanks sharingnya. Saya juga pernah menginap di Value Hotel Nice. Kekurangannya yah hanya di ukuran kamar, jika bisa pilih tipe Deluxe instead of Superior.

      ps. Di sebelah hotel ada toko yang menjual Bakcang.. menurut saya rasanya top.

    • erni widyastuti

      @Yessi,
      yessi….nginep bw anak 2,,bisa satu kamar ga?..soalnya aku jg bw anak 2,satu 7thn,1lg 5thn..kt berempat plus suami..mohon infonya donk…mnta nmr hp nya donk…tx u

      • Yessi

        @erni widyastuti, mba erni anakku umur 6 bln dan 2 thn kamarnya sih kecil cuma lumayan bersih, kalau bisa minta kamar yang agak besaran aja mba biar nyaman, seperti kata pak alist pilih kamar deluxe or superior, kalau mau booking hotel coba click di hotelscombine.com disitu banyak pilihan dan harganya macam macam, kalau value hotel nice ada 3, kebetulan saya tinggal di hotel yang terkecil, sebelum berangkat banyak2 browsing biar bisa compare hotel2, slamat jalan2 ya mba oya kalau mau beli oleh2 di china town saja ga usah jauh jauh ke mustafa center, ribet krn bawa anak kecil ;)

    • meriantie

      @Yessi, apa boleh sekamar berlima di value hotel tadi?

      • Yessi

        @meriantie, kalau sekamar berlima di value hotel akan sangat tidak nyaman mba, waktu saya tinggal dengan suami dan dua anak umur 2thn dan 5 bulan itupun terasa pas pasan, lebih baik ambil kamar yang diatas standard, kalau mau jelasnya mba bisa browsing di internet, cari agoda.com or hotels combine, value hotel ada 3, jadi mba bisa membandingkan ke 3 hotel tersebut sebelum memutuskan utk reservasi, kalau mau ke universal studio salah satu hotel tersebut menyediakan transportasi juga loh, kalaupun tidak utk menuju kesana ga susah kok, bisa tanyakan dgn receptionist bis apa saja yg menuju vivo city :)

  • henny

    @yessy, thanks sharingnya btw july ini aku mau ke s’pore (2 org dewasa + 1 anak 5 thn + 1 anak 10bln) boleh tau no telp hotelnya?
    Many Thanks ya

    • Yessi

      @henny, mba maaf ya baru liat pesannya, kalau mau tau tentang hotel di singapore sesuai dengan harganya liat di hotelscombine or agoda, tapi sepertinya di hotelscombine.com lebih murah (menurut pengalaman) kalau mau pesawat murah buka di airasia.com selamat mencoba dan good luck ;0

  • jane

    Mau tanya.. di universal studio atau changi ada tempat penitipan barang/koper? berapa harganya? trus, ada yg sudah pernah nginap di ABC hostel? review-nya dong… makasih

    • Alist

      @jane, Penitipan bagasi ada di Changi Airport, terminal 2 atau T3. Harganya tergantung ukuran, kira-kira sekitar SGD 4-5 per piece.

      • jane

        @Alist,
        Tengkyu, Alist… Kalo review ABC hostel, bisa bantu gak ??

  • jane

    Nanya lagi nih… Airport tax di bandara Soeta ke Singapore berapa ya..?? Sama gak dengan airport tax penerbangan domestik ? Makasih

  • martha

    kk, mau tanya donk… plus minus nya kita book hotel sing lewat website or travel agent(beli voucher hotel) gt?

    thnX

  • Febri

    @jane, Terakhir saya naik Lion ke Singapura lebaran tahun lalu dari soekarno hatta kena airport tax 150rb per orang

  • Michael

    Hi Alistanta,

    Review perjalanan nya sangat berguna nich buat kita2….

    bisa tanya nich….saya sekeluarga ( 2 dewasa dan 3 anak SD ) mau berwisata ke SIN di Agustus nanti….untuk memesan hotel misalnya Ibis atau sejenisnya apakah diperbolehkan cukup 1 kamar saja ?
    Thank You ya…..

    • Alist

      @Michael, Aturan hotel cukup ketat, saran saya sebaiknya booking 2 kamar.

  • Michael

    Tq pak Alisanta,

    wah kl begitu mungkin lebih baik sewa apartemen harian saja ya…..

  • http://www.gmail.co.id andre

    Harga hotel 81 chinatown tgl. 26-28 april 2011 SGD 156.Lumayan enak sih kalo cuma 2 org, kalo bawa keluarga pasti sempit.Dekat dengan MRT Chinatown… Kalo mau ke orchad sekitar 10 menit.

  • Shinta

    Hiii,
    Boleh tau ngga itu kamarnya di lantai berapa?? Ada temenku yang punya pengalaman katanya didalem apt, kamarnya cuma pakai sekatan doang, jadi kalau ada yang ngobrol kedengeran ke sebelah.
    Thanks.

  • j3nny

    Hii Alist,

    Salam kenal.
    Dari sharing yang saya baca, dibahas bhw peraturan hotel sangat ketat.
    Kami bertiga, 2 dewasa + 1 anak SMP ber-rencana minggu depan ke SIN dan nginap di IBIS Novena, 1 kamar bagaimana ?
    Dan, tlg panduannya juga donk, kalau dari Changi ke Novena itu naik apa ? Kami brkt dari INDO sekitar pk 18.00.
    Thanks.

    • Alist

      @j3nny, Dari Changi ke Ibis Novena, cara paling mudah adalah dengan naik taxi, argonya sekitar 16-20 SGD sudah termasuk surcharge. Jika dgn MRT, turun di Novena lalu sambung dgn bus.

      Utk Ibis yg ini saya belum coba, namun triknya mungkin waktu check-in cukup ber-2 saja ;)

      • j3nny

        @Alist,
        Thanks ya untuk respons dan sarannya.
        Saya masih penasaran, yg dimaksud peraturan hotel sangat ketat itu, maksudnya bgm ?
        Seperti saya, kalau ternyata check in ber-3, apa sanksinya ?

        tolong guidance juga, kl Saya mau ke Nan Yang, naik apa ?

        Thks.
        Regards,

        • Alist

          Kemungkinannya hanya hotel akan charge biaya extrabed jika melihat jumlah org lebih dari kapasitas kamar.

  • j3nny

    Hii Alist,

    O ya, tlg guidance utk tempat2 / schedule yg sebaiknya kita kunjungi, naik apa ? kami disana 4 malam 3 hari. Dan saya pun bermaksud berkunjung ke Nan Yang, naik apa kalau dari Novena

    thks

  • meriantie

    Hai, saya merencanakan ke singapore dengan anak2 bulan september nanti..kami berlima (saya dan suami, anak2 umur 14,11 dan 7 tahun). Apakah boleh kami tinggal dalam satu kamar saja untuk berlima? bagaimana kebijakan hotel di singapore?

    makasih infonya

  • Kunang

    Hai,
    kalo ke singapur sebaiknya bulan apa ya yang bisa dapet hotel murah
    saya rencana (dewasa 3 ,1 anak umur 10 tahun). Apakah boleh kami tinggal dalam satu kamar saja untuk ber empat? bagaimana kebijakan hotel di singapore?

  • http://decoroo.blogspot.com/ ricodecoro

    wah… pengen lagi backpackeran ke singapore…… sumpah….. seru banget….

  • Elly

    Kalau bawa keluarga jangan lupa ke Universal Studio…ini tempat betul betul mengesankan..nice holiday..

  • http://Website... r@den J@¥@

    Mohon infonya tempat yg romantis untuk bulan madu & hotel murah & nyaman….

  • valen

    saya mao tanya..saya berngkt ke s’pore Sept ini.. saya pergi ber 3..Saudra dan ank saya..ank saya usia nya 13 thn.. Apakah bisa tinggal 1 kamar..karena saya sdh booking 1 kmr.. Terima ksh info nya..

    • ari

      @valen, dear mas valen, tanggal brpa yah k Singnya sy sept ini jg mo berangkat, cma lg cari temen.. Nubie juga.. jd klo cocok tanggal nya saya boleh join gak klo tdak keberatan sy brgkat tgl 26 sep -29 sep.. tku.. :)

  • anisyah

    Kalo penginapan murah untuk backpaker yang bersih sama akses jalannya mudah dimana ya?

  • yanti

    Bulan Sept 2012 saya ada rencana ke Johor Bahru, dari Yogja penerbangan ke Singapura. Nah, kalau saya hanya akan singgah 1 hari di Singapura, sebaiknya tempat murah mana yang saya kunjungi? Juga, transpotasi dr bandara Changi ke Johor Bahru yang murah dan mudah apa ya? Trimakasih infonya.

  • Elisa

    OMG, sy sdh bli voucher Hotel di New Happy di geylang lorong 10 dan sy hanya berdua dgn anak sy 4 y.o untuk 3 mlm lagi. separah apa sih lokasi red light district di geylang ??? tips apa yg bs anda berikan ke saya, krn sdh terlanjur ? Thank you

    • http://Javamilk.com Alist

      @Elisa, sebenarnya jika cuek saja tidak ada masalah. Memang hotel di lorong nomor besar ini banyak menyewakan kamar utk short time. Daerah Geylang tetap sangat aman kok.

      Mungkin saran saya adalah jangan pulang terlalu larut malam saja, atau pulang naik taksi supaya bisa langsung turun di hotel.

      • Elisa

        @Alist, i c..lagian sy bw anak kecil koq ya ? cuek aja ah…sy akan pake baju barong u/ lbh memyakinkan tampilan sy bhw saya adalah seorg turis dr Indonesia :D
        btw, tenkyu yah inputnya….GBU

  • Bobby

    Wah.. bner2 sngt membantu info na.. aq request pnjlasan SpaceTraveling bozz, he3x… tak tunggu… :)

  • Dedi

    Hi.. saya sdh pegang tiket MES-SIN-MES utk tgl 25-27 Agustus 2012. rencana sy mau cari hotel murah yg lokasinya mudah kemana2…
    mhn bantu/info donk… dimna dan CPnya skalian…

    Trims

  • wen wen

    hi. my tanya sy n pasangan berencana ke singapore 7 des – 11 des 2012. sy mohon saran hotel yg dekat dg singapore indoor stadium. sy tunggu jawabannya. makasih

    • http://Javamilk.com Alist

      @wen wen, lokasi stadium ini tdak terlalu strategis, juga tdk banyak hotel yang murah maupun bagus di sini.
      Saran saya cari saja hotel di lokasi lain seperti Chinatown, Novena, atau Little India utk budget hotel.
      Utk menuju Indoor Stadium cukup naik MRT circle line, turun di stasiun namanya Stadium.

      • wen wen

        @Alist,
        bagaimana klo membandingkan harga hotel & apartment? mana yg lebih baik? makasih

  • dewi cherry

    mau tanya dong, rencana aku kesana tgl 20 sep ini.
    dan saya sudah terlanjur beli hotel di geylang, untuk transportnya dari bandara ke geylang lor 15. lebih baik naik MRT / bus / taxi y?

    many tks u