DK Travel Guide versi Indonesia

Klook Kode Kupon 2019

Saya mempunyai sejumlah koleksi travel guide books versi English. Mencari travel guide versi Indonesia yang informatif bisa dibilang saat ini tidak ada, yang ada cuma buku-buku catatan perjalanan orang ke luar negeri yang mau irit sehingga terkesan miskin di rumah host.

Untunglah saat ini tersedia edisi terjemahan. Beberapa waktu lalu saya ke toko buku Gramedia, takjub menemukan 3 seri DK Eyewitness Travel Top 10 dalam bahasa Indonesia yang diterbitkan Penerbit Erlangga. Ada Top 10 Hong Kong, Beijing, dan Roma. Setelah saya Google, sebenarnya telah diluncurkan 5 seri buku ini pada April lalu, selain 3 yang disebutkan tadi masih ada Top 10 New York dan Bangkok.

Saya adalah penggemar buku travel keluaran DK Publishing, sejumlah koleksi seri Eyewitness Travel saya beli murah lewat Internet dengan harga USD 4-7 per buku. Jangan kaget mengapa saya beli begitu murah, kategorinya adalah used books. Walaupun namanya bekas, sebagian besar saya terima dalam kondisi 99% mulus. Sedangkan harga buku ini kalau dibeli baru adalah USD 15-40 tergantung tebal dan serinya.

[

Kelebihan buku Eyewitness keluaran DK Publishing adalah halamannya yang semua full color menggunakan art paper. Setiap halaman hampir selalu ada foto yang melengkapi tempat wisata yang sedang dijelaskan. Slogan "The Guides that show you what others only tell you" rasanya sangat tepat menjelaskan kelebihan buku ini dibandingkan buku Lonely Planet atau Rough Guide.

Kadang kala dengan saya membaca deskripsi sebuah tempat dari LP, begitu tiba di tempat wisata tersebut merasa kecewa karena biasa-biasa saja. Sedangkan dengan buku Eyewitness, fotonya sudah ada sehingga kita cukup memutuskan apakah mau meluangkan waktu ke sana.

Kembali ke seri Top 10 Eyewitness, seri ini memang tidak terlalu tebal, sekitar 100-an halaman (mirip Lonely Planet Best Of..), menyajikan 10 tempat yang harus dikunjungi, 10 Restoran, 10 Rute jalan, dan dilengkapi peta lipat dan jaringan metro jika ada.

Harga buku Eyewitness terjemahan Penerbit Erlangga ini sekitar Rp 89.000 di Gramedia rasanya cukup murah dibanding buku edisi English yang dijual dengan harga USD 14-16. Sekaligus melengkapi rak buku genre traveling yang mulai menjamur di Indonesia. Tentu saja (menurut saya) kualitas buku seri Eyewitness jauh melampaui penulis lokal yang hobi menulis traveling dengan font besar dan satu setengah spasi dan dijual 50-60 ribu.

Mungkin penasaran bagi yang belum pernah pegang buku terbitan DK Publishing. DK singkatan dari Doring Kindersley,penerbit utama dari negara Inggris. Hampir semua buku DK dicetak full color, lumayan berat, namun sangat enak dibaca. Bagi ibu yang sedang hamil, ada juga seri Pregnancy.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama