Tips Rental Mobil di New Zealand - Part 2

Published on

Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang rental mobil di New Zealand (Part 1), ada satu jenis mobil yang mungkin tidak pernah kita lihat di Indonesia. Jenis mobilnya dinamakan Campervan atau Motorhome.

Campervan ini ibaratnya rumah berjalan. Jadi mobil ini berukuran cukup besar, dan area di belakang driver row diatur sehingga dapat menampung bed (2 hingga 4 bed tergantung jenis mobil), toilet & shower berdiri, termasuk peralatan memasak seperti microwave dan kompor gas.

Campervan New Zealand

Menyewa campervan menjadi pilihan yang cukup menarik karena kita bisa menaruh mobil di alam bebas lalu bermalam di sana. Tentu saja ini menjadi salah satu trik untuk menghemat biaya kamar hotel/motel. Hanya saja biaya rental campervan mencapai 2x harga rental mobil biasa, sekitar NZD 80-150 per hari.

Untuk menjadi catatan, ada beberapa area yang melarang free camping. Area mana yang boleh dan tidak boleh camping terdaftar di website Department of Conservation NZ. Dan setiap beberapa hari kita harus bermalam di area yang namanya Holiday Parks (tersebar di seluruh South maupun North Island NZ), di mana kita bisa charge aki, mengisi air bersih, dan membuang sampah/kotoran dari toilet campervan. Rate Holiday Parks ini berkisar NZD 20-45 per malam untuk 1 lot parkir campervan.

Ada 2 kategori perusahaan rental mobil di New Zealand. Yang pertama adalah business oriented, yang mereknya pasti sering kita lihat di hampir seluruh dunia. Harganya sedikit lebih mahal dibanding rata-rata, namun pelayanan dan kualitas mobil umumnya lebih baik karena segment mereka untuk business trip.

Sedangkan kategori perusahaan rental lain adalah leisure oriented, harga umumnya lebih murah dengan jenis mobil yang beragam, termasuk adalah pilihan campervan.
- [Britz, Maui, Backpackers](http://www.britz.co.nz/), ini adalah perusahaan rental terbesar di NZ. Mereka mempunyai 3 brand utama, silakan cek langsung di website. - [Omega Rental](http://www.omegarentalcars.com/) - [Go Rental](http://gorentals.co.nz/) - [A2B Car Rental](http://www.a2b-car-rental.co.nz)
Sebaiknya kita compare satu-persatu rental untuk jenis mobil yang sama, dgn jumlah hari rental yang sama. Tidak ada perusahaan yang paling murah, karena mereka punya promo sendiri-sendiri, misalnya sewa 6 hari gratis 1 hari, atau gratis bensin 1 tangki, dsb.
Untuk melakukan booking, caranya sangat mudah karena bisa melalui Internet. Cukup masukkan data kita, beserta nomor kartu kredit (hanya sebagai jaminan), serta tanggal dan jam pickup dan drop-off. Booking rata-rata tidak dikenakan biaya, dan bisa dibatalkan hingga 24 jam sebelum hari sewa.
Untuk ultimate tips rental, akan saya bahas pada bagian terakhir (Part 3) yang akan menyusul :)