5 Apps Penting iPhone untuk Travelling

Published on

1. Skyscanner

Membeli tiket pesawat sekarang sudah jamannya online. Hampir semua maskapai sudah menjual tiket lewat Internet, yang pasti sangat memudahkan kita. Tetapi akan lebih mudah lagi jika ada yang membantu kita memilih airlines yang paling murah untuk rute yang kita inginkan.

Skyscanner bekerja untuk kebutuhan ini. Cukup masukkan detil seperti destinasi dan tanggal, Skyscanner akan mencarikan airlines dan rute yang memungkinkan lalu diurutkan berdasarkan harga termurah. Kita bisa melakukan pencarian yang lebih detil seperti hanya rute direct, atau jam terbang pagi saja, dsb.

Skyscanner

Aplikasi ini kurang lebih sama seperti Kayak (yang lebih terkenal), kelebihan Skyscanner adalah bisa mendapatkan harga low cost carrier di Indonesia seperti Sriwijaya, Lion, dan Tiger. Kelebihan lainnya adalah fiturnya untuk melakukan mix-and-match flight pergi dan pulang, jadi ada kemungkinan harga termurah didapat dari maskapai pergi dan pulang yang berbeda.

Harga: Gratis.

2. TripIt

Tripit berfungsi sebagai penata itinerary kita. Semua booking pesawat dan hotel yang telah kita lakukan bisa dimasukkan ke dalam TripIt, baik secara manual maupun otomatis (TripIt melakukan scan inbox kita di GMail atau Yahoo, mencari semua booking confirmation). Yang dapat dicatat oleh TripIt mulai dari booking hotel, pesawat, car rental, hingga mampu menghitung mileage yang kita miliki dari airlines membership.

tripIt PlanDetail

Hasilnya adalah sebuah itinerary yang terpadu mulai dari jam keberangkatan, petunjuk jalan ke hotel, dan kapan waktunya check-in dan check-out. Jadi tidak perlu repot lagi mengingat jam terbang kita dengan mencari-cari kertas atau email booking confirmation. Cukup buka Tripit, bahkan beberapa counter checkin pernah saya tunjukkan booking number dari aplikasi Tripit saja.

Stat

Sebuah fitur tambahan yang saya sukai adalah adanya private calendar subscription, sehingga semua itinerary yang sudah saya susun akan muncul di kalender di komputer dan smartphone. Praktis dan efisien untuk mengingat kapan harus liburan :)

Sebagian fungsinya memerlukan Internet connection. Harga: Gratis. Tersedia versi PRO untuk bebas iklan.

3. Google Maps

Ke sebuah kota yang belum pernah dikunjungi mungkin merupakan sebuah tantangan tersendiri. Bagaimana mencari jalan ke hotel, menuju shopping street, atau yang sepele seperti mencari alamat rumah kerabat yang mau dikunjungi. Di sinilah perlunya peta, dan sudah tidak jaman lagi buka peta kertas yang berukuran besar. Google Maps menawarkan solusi yang gratis, praktis dan up-to-date.

Sebenarnya banyak aplikasi offline map yang spesifik, misalkan TomTom atau Navigon. Tanpa perlu koneksi Internet, peta di aplikasi tersebut dapat sewaktu-waktu dibuka dan ditelusuri. Sayangnya harganya yang kurang bersahabat, lumayan mahal dan dijual per-region, misalnya untuk TomTom region SE Asia sendiri dijual seharga \$59 di App Store.

Selain mencari alamat, kita juga dapat meminta bantuan untuk mencari rute jalan. Tersedia 3 pilihan moda: menggunakan mobil, public transit, atau jalan kaki. Menggunakan kendaraan pribadi tentu sangat dimudahkan, cukup masukkan point awal dan tujuan yang diinginkan, Google Maps dengan cerdas akan menggambarkan rute jalan dan biasanya yang paling singkat.

Maps

Untuk traveller menggunakan transportasi massal, Google Maps lebih hebat lagi. Misalnya saat saya keluar dari hotel di Balestier Road di Singapore ingin menuju Chinatown, Google Maps akan memberikan beberapa opsi jika saya pilih public transit: menggunakan bus disambung MRT, atau cukup bus saja. Informasi ini disajikan dengan sangat jelas hingga lokasi halte bus atau kapan harus ganti moda (interchange), bahkan bisa diperkirakan berapa menit yang diperlukan untuk perjalanan tersebut.

Harga: Gratis, include dalam semua iPhone.

4. XE Currency

Suka berbelanja tapi kurang lancar dalam hal tukar-menukar uang? Atau sedang berdiri di depan money changer dan ragu apakah rate yang ditawarkan sudah kompetitif? Jangan pakai kalkulator! Install aplikasi yang namanya XE Currency Converter (gratis). Begitu dijalankan, XE akan menarik data realtime nilai tukar antar mata uang yang telah kita pilih. Semua mata uang di dunia ada di sini dan bisa diconvert ke mata uang lain. Nilai tukar yang ditampilkan adalah nilai tengah, dan bisa ditukar misalnya IDR/MYR atau MYR/IDR.

XE

Juga bisa kita isi dengan angka, misalkan 120 British Pound berapakah nilai IDR nya? Caranya cukup tap di mata uang tersebut, ketik nilainya, maka semua mata uang yang sudah kita aktifkan akan dikonversikan.

Oh ya, jangan ke negara orang sebagai fakir Internet ya. Tarif Internet sebenarnya lumayan murah, bahkan bisa gratis, jika Anda tahu caranya. Coba google provider yang menawarkan kartu perdana dengan tarif data murah, atau bawa kartu GSM dari Indonesia. Lengkapnya bisa baca di artikel Keluar Negeri dengan Internet Unlimited atau tentang provider Internet di Malaysia.

Harga: Gratis dengan iklan.

5. Lonely Planet City Guide

Jalan-jalan di negeri orang tanpa membaca buku panduan bisa jadi ibarat tanpa tujuan. Buku Lonely Planet biasa adalah pegangan standar untuk mengetahui tempat wisata yang perlu dikunjungi, tempat makan, hingga hotel dan hostel yang direkomendasikan. Dan saat ini tidak perlu berat-berat bawa buku fisiknya lagi, karena Lonely Planet tersedia dalam aplikasi di iPhone, dan lebih murah! Biasa buku fisik dijual \$15 hingga \$30, maka aplikasi iPhone-nya hanya seharga \$5.99 per kota (coba buka contoh Amsterdam ini). Udah dikasih murah masih mau di Jailbreak? :)
[[
Versi iPhone bukan berarti isinya lebih sedikit yah, saya punya Lonely Planet Hong Kong & Macau versi buku fisik dan aplikasi iPhone, bisa saya katakan isinya sama. Hanya saja cara navigasinya berbeda karena disesuaikan format digital.

Kelebihan dibanding format kertas adalah adanya peta yang bisa dibantu GPS iPhone. Saat kita sedang jalan dan mungkin tersesat, cukup buka aplikasi Lonely Planet, maka peta yang sudah include dalam aplikasi ini akan terbuka dan menunjukkan lokasi kita, tanpa perlu Internet connection lagi.