Mengurus SIM Internasional

[
Tahun lalu saat berlibur ke New Zealand saya mempunyai kebutuhan untuk mengendarai mobil untuk menjelajah negara yang luar biasa indah ini. Sewa atau rental mobil adalah pilihan yang sangat menarik karena tarif sewanya yang cukup murah.

Nah salah satu persyaratan mengendarai mobil di negara orang tentu harus mempunyai Driving License alias SIM. Beberapa negara mengizinkan kita untuk menunjukkan kartu SIM Indonesia langsung dan dianggap sah (karena di kartu SIM kita sudah ada kata "Driving License"). Namun jika tidak ingin ambil resiko ditolak oleh staff rental mobil atau ditilang polisi, baiknya kita membuat SIM Internasional sebelum berangkat.

Pengurusan Surat Izin Mengemudi Internasional ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan sendiri (tanpa perlu biro jasa). Yang penting kita perlu meluangkan waktu sekitar 3 jam untuk menunggu antrian dan proses pencetakan buku SIM Internasional itu, langsung jadi dan diambil saat itu pula.

  1. SIM dan Passport Asli dan fotokopi
  2. Pas Foto 4x6 dengan latar belakang biru, pria pakai dasi, wanita pakai blazer
  3. KTP Asli dan fotokopi
  4. Biaya pembuatan SIM Internasional baru adalah IDR 250,000 dan perpanjangannya IDR 225,000
  5. Bawa materai 6000 untuk pengisian form.

Lokasi pembuatan SIM ini ada di Jl. MT Haryono, diseberang Menara MTH, tepatnya di kompleks Korlantas Polri. Loket pembuatan SIM terletak di gedung belakang, di sebelah gedung NTMC yang baru. Jika kurang jelas cukup tanya petugas jaga.

Ambil nomor antrian, lalu tunggu hingga dipanggil. Saya datang jam 9 pagi, ada kurang dari 10 orang yang sedang menunggu antrian. Kita akan diminta mengisi formulir serta melampirkan persyaratan di atas.  Petugasnya juga ramah melayani (citra Polri yang baik). Setelah formulir diserahkan maka kita hanya perlu menunggu buku SIM dicetak dan di-stempel, katanya perlu 2 jam, ini tergantung jumlah pemohon jadi sepertinya bisa sangat cepat jika kita mengambil nomor antrian awal. Saat jam 1 siang saya coba ternyata sudah bisa diambil. Beres!

Update Januari 2013: Kali ini saya datang cukup pagi sekitar jam 9. Antrian di depan saya cuma 3 orang sehingga antrinya cepat. Dan kali ini 20 menit setelah saya difoto dan ambil sidik jari, SIM Internasional sudah jadi. Dan kabar baiknya lagi: SIM Intenasional yang dikeluarkan berlaku 3 tahun. Cihuy..!

[

Buku SIM ini berlaku hanya 1 tahun setelah pembuatan. Isinya sebenarnya adalah terjemahan dari kartu SIM kita ke dalam beberapa bahasa: English, Russia, Espanyol, Chinese, Italia, Deutch, Arab, dan French. Tapi yang pasti sudah diterima di seluruh negara yang menerima International Driving License Permit.

Baca pula artikel menarik tentang Tips Rental Mobil di New Zealand.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama