Sledging Anyone?

Klook Kode Kupon 2019

Bagi orang yang hidup dan tinggal di daerah tropis, impian terbesar jika ke daerah sub-tropis adalah bermain salju, atau bahkan main ski meluncur di atas es. Whew...

Lokasi impian? Biasanya Eropa, mungkin Swiss akan muncul sebagai top-of-mind. Juga bisa di Amerika, Canada, China, atau Korea.

Tapi tahukan Anda kalau ski itu olah raga yang mahal? Pertama harus beli peralatan ski. Tanpa ini otomatis mati gaya. Harga papan ski 'mulai' dari \$100 itupun masih yang ecek-ecek. Ini bisa akali dengan rental bagi turis yang mau coba-coba.

Kostum juga harus diperhatikan supaya tidak mati beku atau kram kaki. Kacamata khusus untuk ski, baju dan celana, syal leher, dan beberapa printilan kecil, semua harus ada baru bisa bermain dengan nyaman.

Nah, berikutnya baru masalah lokasi. Kita harus membayar ski-pass yang harganya ratusan ribu rupiah untuk 1 hari. Ada lagi yang namanya ski-lift, yaitu membawa pemain kembali ke atas.. emang mau jalan kaki naik? hehehe. Ini juga bayar, bisa yang unlimited atau dijatah.

[caption id="" align="alignnone" width="580" caption="Awal untuk beginner ski, Grinderwald, Swiss"][

Biasa ski resort punya area untuk beginner, ini untuk orang yang baru coba-coba belajar main ski, atau buat turis yang mau mencoba. Slopenya tidak terlalu besar, bahkan cenderung datar. Di sini kita baru belajar untuk berdiri stabil, dan belajar meluncur pelan.

Nah, kalau mau mencoba meluncur di es tapi tidak perlu peralatan dan biaya yang mahal, ada opsi lain. Sledging atau Toboggan. Bisa dimainkan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

[

Sledging menggunakan semacam kursi kayu/plastik yang kakinya dipasang bilah besi sehingga bisa meluncur di es. Sedangkan toboggan menggunakan papan mirip untuk renang, kadang bisa juga menggunakan lembaran plastik elastis.

Untuk peralatan kita cukup sewa, tidak terlalu mahal, dan include tiket sekali downhill. Di Swiss harga rental sekaligus sledge adalah CHF 8-10. Rutenya tentu berbeda dengan orang yang ski, karena tidak terlalu landai serta lebar hanya beberapa meter.

[

Kecepatan meluncur bervariasi, kadang bisa cepat bisa juga lambat tergantung slope. Jika kita merasa cukup kencang, cukup pakai rem kaki :) diinjak ke es untuk memperlambat laju kereta.

Jarak bervariasi ada yang panjang belasan kilometer ada yang pendek hanya beberapa kilometer, tergantung lokasi dan resort. Jadi perlu satu hingga beberapa jam untuk menyelesaikan rute sledging atau tobogganing.

Jika capek, tinggal minggir beristirahat sambil menikmati pemandangan pegunungan atau lembah bersalju. Kalau lapar? biasa di ujung finish ada kafe menjual sandwich atau coklat panas.

It's all about fun!

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama