Tips Maksimalkan Hotel Point Reward untuk Menginap Gratis

Klook Kode Kupon 2019

Apakah Anda sering travelling dan menginap di hotel berbintang? Jika jawabannya iya, tentu harus mengenal lebih jauh tentang point reward untuk hotel.

Cara kerjanya kurang lebih sama seperti point reward kartu kredit, semakin banyak pakai/stay tentu point yang dikumpulkan akan lebih banyak dan pada akhirnya bisa ditukar dengan voucher menginap gratis.

Kali ini javaMilk akan menjelaskan 4 program reward yang terkenal dari hotel chain terbesar di dunia:

  • Le Club dari Accorhotels Group
    Jaringan hotel ini memiliki berbagai brand yang pasti sudah familiar di Indonesia: ibis, Formule1, Mercure, Novotel, Grand Mercure, Pullman, hingga yang paling tinggi yaitu Sofitel dan GalleryM.
  • IHG Reward Club dari InterContinental Hotel Group
    InterContinental adalah brand utama hotel ini, juga ada Crowne Plaza, Holiday Inn, HI Express, dan Candlewood.
  • HHonor dari Hilton Group
    Hotel Hilton sendiri sudah pasti kita kenal, brand lain mungkin hanya dijumpai di USA atau resort exotis: DoubleTree, Hampton, Home2,  dan Conrad.
  • Starwood Preferred Guest (SPG) dari Starwood Hotel Group
    Nama Starwood mungkin kurang familiar, tapi jika menyebut Sheraton akan ring-the-bell. Brand di jaringan ini antara lain Le Meredien, ALoft, Four Points, Westin, W, dan St. Regis.

Masing-masing program punya kelebihan sendiri, tapi bisa dibilang hampir semuanya menekankan loyalty.

Artinya kita harus stay sebanyak mungkin untuk dapat mengumpulkan point. Misalnya untuk $1 harga kamar yang kita bayar akan dapat 1 point atau 2 point. Pada umumnya kita perlu 10-20 malam menginap baru dapat free satu malam. Kadang bisa cepat alias accelerate, tergantung promo.

Biasa membership hotel ini ada leveling: entry level (mungkin kelas classic atau silver) hingga level Elite atau Platinum. Naik level didapat dengan stay sekian puluh malam dalam satu tahun. Semakin tinggi level membership kita, semakin banyak benefit yang didapat:

  • Automatic upgrade kamar,
  • dedicated check-in counter,
  • free breakfast, atau free internet (biasa semakin mahal hotel malah Internet mesti bayar),
  • hingga automatic late checkout.
  • accelerate point reward (untuk Le Club, IHG, HHonor)
  • No blackout untuk free reward night.

Nah, saya coba sharing beberapa tips untuk mempercepat pengumpulan poin reward ini.

  1. Fokus hanya pada 1-2 program reward saja.
    Untuk business traveller mungkin akan mudah mengumpulkan poin atas biaya kantor, tapi sebagai leisure traveller kita harus fokus hanya ikut 1 atau maksimal 2 program reward di atas. Tanpa fokus ini, poin yang dikumpulkan bakalan nanggung semua.
  2. Stick to the brands, alias usahakan selalu tinggal di jaringan hotel mereka di seluruh dunia.
  3. Langganan newsletter dari membership ini, ikuti program accelerate poin seperti "double point" atau point x2. Promo lain seperti booking lewat online, atau lewat mobile phone apps (HHonor Hilton) juga bisa dapat extra point.
  4. Semakin tinggi membership level, poin yang didapat semakin besar untuk harga kamar yang sama.

    1. HHonor dari Hilton, 4 stays atau 10 malam akan naik level ke Silver, level ini akan dapat bonus 15% poin tambahan. Gold level bahkan dapat 25% bonus poin.
    2. Accor Le Club Silver level otomatis dapat 50% tambahan poin.
  5. Gunakan partner untuk mempercepat penambahan poin.
    Mengumpulkan point tidak selalu harus dengan menginap. Bisa juga dari hanya dinner restaurant di hotel, book airlines, hingga sewa/rental mobil yang bekerja sama dengan hotel. Ada yang bisa untuk menarik poin ke hotel reward, ada yang untuk menambah poin di airlines miles.

    1. Accorhotels dengan Europcar, selain dapat poin bonus saat sewa mobil juga biasa dapat diskon khusus untuk member Accor 20-25%.
    2. Hilton dengan partner airlines (Air China, Cathay, dll) untuk miles, dan dengan Avis, Europcar, Budget untuk car rental.
    3. Starwood dengan Avis, Sixt
    4. IHG dengan Hertz
  6. Minimal tinggal satu malam dalam setahun untuk tetap menjaga poin yang dikumpulkan tidak hangus.

Untuk airlines miles, saya pribadi tidak terlalu prefer karena mengumpulkan poinnya cukup lama dan perlu biaya besar (baca: travelling dengan modal sendiri). Tapi jika Anda sedang mencoba mengumpulkan poin atau airlines miles, bisa baca kisah inspiratif tentang orang yang mengumpukan 1 juta miles hanya dengan \$3000 untuk membeli pudding.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama