Internet Data Roaming di Korea dengan Telkomsel

Berencana berlibur ke Korea Selatan dan tetap mau exist? Kita perlu akses Internet yang always on :)

Korea Selatan tergolong negara yang cukup mahal untuk kategori Internet. Ada beberapa pilihan mobile Internet.

Pertama, yang disarankan adalah membeli EG SIM Card begitu mendarat di Incheon Airport, Seoul. Harga starter packnya mulai dari 25,000 Won (setara IDR 270,000), lalu tinggal kita aktifkan Internet 3G/4G nya. Anda perlu membeli secara online, lalu pickup di toko yang ditunjuk karena stock bisa dibilang terbatas.

[

Opsi berikutnya adalah dengan menyewa Mobile Wifi, atau kita sebut Mifi, atau di sana lebih terkenal dengan "wifi egg" karena devicenya ada yang bundar mirip telur. Rental ini dihitung perhari, sekitar 5000 Won per hari untuk LG U+ Wifi Egg. Device ini bisa disewa di  Incheon Airport atau toko resmi LG.

Opsi lain adalah roaming dengan SIM Card Indonesia kita. Walaupun bisa menjadi lebih mahal, kita tidak direpotkan untuk swap card jika ingin jaga-jaga terima telepon atau sms dari kampung halaman. Nah opsi ini yang akhirnya saya pilih.

Provider GSM XL bekerja sama dengan Olleh by KT menawarkan unlimited Internet data roaming sebesar IDR 100,000 per hari. Cukup mahal memang, tapi percayalah begitu di Korea uang segitu tidak ada rasanya :)

Sedangkan Telkomsel juga bekerja sama dengan SKT menawarkan roaming Internet dengan harga yang sama, yaitu IDR 100,000 per hari. Tapi kita bisa beli paket Internet yang lebih murah, yaitu IDR 300,000 untuk 5 hari dan IDR 400,000 untuk 7 hari. Tinggal kita hitung dan bandingkan mana yang lebih ekonomis sesuai jadwal. Paket ini berlaku untuk pemakai kartu Halo maupun Simpati / As.

Mengaktifkan paket data ini adalah dengan menekan menu UMB *266# , pilih negara roaming, lalu pilih paket yang diinginkan. Masa 1 hari yang dipakai adalah sesuai WIB. Jadi pastikan Anda mencocokkan waktu dengan waktu di Indonesia.

Pengalaman dengan roaming Telkomsel Halo ini cukup baik walaupun speednya tidak super kencang seperti yang dibayangkan (FYI, Korea Selatan adalah negara dengan bandwidth Internet terkencang di dunia). Sepertinya kena seperti paket social: chatting, Instagram, twitter, dkk tidak ada keluhan, tapi saat browsing tidak terlalu menjanjikan. Jadi basically cukuplah untuk pemakaian selama di Korea.

Side note: Ada opsi lain yaitu membeli akses Olleh Wifi, dijual di gerai 7-Eleven, CS, atau GS25. Anda cukup cari kartu wifi ini di rak toko, bayar, lalu tinggal gosok untuk mendapatkan PIN/pasword wifi. Harganya 3,300 Won untuk pemakaian 1 hari, atau 10,000 Won untuk 4 hari. Untuk di Seoul bisa dibilang Olleh Wifi ini ada di hampir seluruh area, tapi begitu keluar misalkan ke Jeju atau Suwon, spot wifi mulai sulit. Apalagi kita harus nempel di wifi hotspot ini selama pemakaian.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama