Tips Mempercepat Pengumpulan Miles

Published on

Berikut saya coba share beberapa tips untuk mempercepat pengumpulan miles.

Fokus hanya pada 1-2 Frequent Flyer Program saja
Mengumpulkan miles itu tergolong proyek jangka panjang. Jadi kita harus fokus mengumpulkan point miles itu di satu atau dua keranjang saja. 1000 miles itu gampang, tapi 100,000 miles itu perlu waktu sangat lama kalau kita bukan business traveller yang selalu dibayarin kantor.

Stick to the airlines & partners
Pastikan menghafal semua partner airlines untuk membership kita. Misalkan kalau Garuda yang tergabung dalam SKYTEAM yah berarti partnernya adalah KLM, AirFrance, China Airlines, dll. Ini memberikan kita opsi untuk rute yang tidak dilayani Garuda, atau pas tiket Garuda Indonesia lagi mahal-mahalnya. Demikian pula jika Anda mempunyai membership di airlines yang tergabung di OneWorld atau Star Alliance, diingat nama-nama member airlinesnya.

Bonus Miles dengan non-airlines partners
Tiap-tiap airlines ada partner dari industri lain. Misalkan sewa mobil dengan Avis, bisa memberikan bonus miles ke account kita (setidaknya 500 miles per booking). Atau tinggal di hotel chain tertentu juga ada yang menawarkan miles tambahan diluar reward point hotel itu sendiri, berkisar 500 hingga 1000 miles.

Gesek Kartu Kredit
Nah, ini yang paling umum dipakai orang, tapi mungkin Anda belum tahu kegunaan lainnya. Point reward kartu kredit kita selain bisa ditukarkan dengan shopping voucher, panci, blender :) juga bisa ditukarkan ke Airlines Miles.

Untuk kita yang pakai kartu kredit terbitan bank di Indonesia, berikut saya list beberapa yang bisa convert point ke miles. Jika tipe kartu kredit Anda tidak ditulis di sini, artinya mungkin perlu point lebih besar. Silakan refer ke website airlines untuk lebih detil (Garuda).

  • CIMB Niaga Gold/Platinum, 4 Point X-tra ke 1 GarudaMiles. CIMB Niaga Visa Infinite bahkan konversi point-nya lebih menarik lagi.
  • HSBC Credit Card Platinum, ~~17.5~~ 19 point menjadi 1 Miles Garuda/Asia Miles, atau ~~15~~ 17 point menjadi 1000 Krisflyer.
  • ANZ Travel Platinum, 1 point menjadi 1 Miles Garuda/Asia Miles/Krisflyer
  • Danamon World Card, 12 point mejadi 1 Garuda/Krisflyer.
  • BNI Visa Platinum, 6 point menjadi 1 Krisflyer/Garuda.
  • BII Platinum, 1 point menjadi 1 GarudaMiles.
  • Citibank Premier Card, 1 point menjadi 1 Garuda/Krisflyer
  • Standard Chartered, 6 point menjadi 1 Garuda.

Untuk kartu kredit saran saya jangan buru-buru convert menjadi miles. Ingat bahwa Miles ada expiration 3 tahun sejak miles itu masuk. Jadi baiknya kumpulkan dulu di statement kartu kredit, sampai cukup signifikan atau mau expired di kartu kredit baru diconvert ke miles.

Anda punya tips lain? Silakan sharing di comment box bawah.