Kartu 3G Internet Murah di Hong Kong

Published on

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Hongkong, akses Internet selama di sana tentu perlu direncanakan juga. Pakai kartu GSM apa untuk akses Internet, bawa kartu lokal Indosat/XL/Telkomsel untuk roaming atau beli kartu lokal.

Kali ini untuk Hongkong saya recommend untuk beli nomor lokal, best value.

Hong Kong tergolong pasar bebas untuk industri seluler, jadi jangan heran harga cukup murah dan bersaing dengan service yang rata-rata memuaskan. Ada beberapa operator yang utama yang menyediakan kartu prabayar (prepaid simcard) :

Kalau menurut saya tidak perlu terlalu dibandingkan fitur maupun harganya antar operator ini. Beti alias beda-beda tipis lah, kecuali Anda bakal sering nelepon orang selama di sana. Kalin ini saya bahas dua jenis kartu.

SIM Card Prabayar dari
PCCW

Discover Hong Kong Tourist SIM Card

Kartu SIM khusus buat turis ini cukup sulit didapat, Anda perlu niat cari saat tiba di Hong Kong International Airport, Hong Kong AsiaWorld Expo, atau di kota dicari ke Hong Kong Tourism Board’s Kowloon Visitor Centre (Star Ferry Concourse, Tsim Sha Tsui).

Kartu ini paling best-value sebenarnya, dengan starter-pack HK$ 69 kita bisa dapat akses 5 hari Internet (1.5GB), $118 untuk 8 hari Internet. Gratis local call, dan unlimited free csl wifi hotspot.

Kartu ini bisa coba dibeli online, tapi harus pickup di tempat yang ditentukan.

PCCW All-In-One Rechargeable SIM Card

Kartu ini paling gampang didapat, hampir semua mall besar di mana ada toko PCCW mobile pasti menjualnya. Juga bisa didapat di toko elektronik seperti Broadway, convenient store seperti Circle K dan 7-Eleven. Detil bisa lihat di sini.

Tersedia dalam 2 face-value, $98 dan $198, lalu nilainya bisa kita pakai untuk beli paket Internet. Biasanya petugas akan langsung membantu kita mengaktifkan kartu perdana ini dan membantu beli paket data, tapi jika mau coba sendiri tinggal ketik *131#.

  • 1 hari : $18/300MB
  • 3 hari : $38/500MB
  • 7 hari : $68/1GB
  • 30 hari : 188 /2.5GB

Semua pembelian paket data ini otomatis mendapatkan akses unlimited wifi PCCW yang bertebaran di mana-mana.

Three HK

Kartu GSM di Hongkong rata-rata memakai daily cap jika kita tidak berlangganan paket data mingguan atau bulanan. Seperti kartu prepaid Three HK, dikenakan cap $28/hari. Jadi tagihan Internet tidak bakal lebih dari ini.

Three juga memiliki starter pack untuk turis, namanya Three Visitor Card, seharga $128, dimana kita bisa aktifkan paket data utk 3 hari $88, dikurangi dari face value tadi. Jika Anda tidak dapat sim card model ini, cukup pakai starter simcard biasa $48 atau $98.

Roaming

Normalnya starter pack Hongkong tersedia dapat ukuran SIM normal dan nano. Kartu SIM provider Hong Kong ini bisa dibawa roaming ke Macau dan Shenzhen, tarif call jadi sedikit lebih mahal dibanding nomor lokal, tapi kita tidak repot lagi ganti kartu. Anda cukup topup value setidaknya $50 untuk dapat menikmati fasilitas roaming.

Jangan lewatkan : Panduan Jalan Hemat ke Hongkong dan Macau.