Seputar Perubahan Detil Tiket AirAsia

Saat Anda membeli tiket AirAsia yang murah, sebenarnya pasti secara sadar sudah tahu beberapa resiko jika ada halangan. Namanya tiket murah itu pasti banyak restrictionnya, terlebih utk tiket budget airlines (bahkan kelas economy promo nya Garuda juga).

Secara umum, mengganti apa pun yang ada di dalam tiket, seperti mengganti tanggal berangkat, ganti nama, atau salah ketik nama, akan dikenakan biaya yang cukup besar, sampai mungkin Anda bakal rela buang tiket itu dan beli tiket baru.

Itinerary tiket
AirAsia

Perubahan pada tiket bisa diselesaikan dengan menelepon Call Centre AirAsia di +62-21-2927-0999 atau +62-8041333333 (6am - 10pm), atau bisa juga lewat online web chatting. Opsi lain adalah dari menu Manage My Booking dari web AirAsia.

Berikut saya terangkan beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, solusi dan biaya yang mungkin di-charge.

Ganti Tanggal Keberangkatan AirAsia

Untuk mengganti jadwal keberangkatan di tiket, akan dikenakan 2 biaya:

  • Selisih harga antara tiket yang sudah dibayar, dan harga tiket di tanggal yang diinginkan. Jika tiket barunya malah lebih murah tidak ada refund.
  • Biaya perubahan tanggal sebesar IDR 315,000 per orang per sector untuk rute International dan IDR 220,000 untuk rute domestik.

Perubahan ini hanya dimungkinkan diluar 48 jam sebelum jam keberangkatan.

Sebelum Anda mencoba ganti tanggal, coba cek dulu harga tiket kalau beli baru, kadang harga tiket baru ini lebih murah dibanding biaya Anda mengganti tanggal di tiket lama.

Ganti Nama Penumpang

Dulunya bisa, tapi mulai Juli 2014 proses ganti nama (ganti orang) sudah tidak dimungkinkan lagi.

Yang bisa dilakukan hanya mengganti kesalahan ketik (typo) pada nama, atau ganti jenis kelamin/gender.

Batal Terbang

Sudah pasti tidak ada refund. Katanya Airport Tax yang include dalam tiket bisa di-refund, tapi ini perlu banyak doa deh kayaknya :)

Tambah Add-On

Ini yang paling gampang, Anda cukup cari link Manage my Booking di website AirAsia, lalu pilih kode booking Anda. Next step kita bisa merubah atau menambahkan beberapa macam add-on:

  • Bagasi checkin
  • Meal (makanan dan minuman)
  • Pilih kursi (hot seat)

Setelah ditambah dan confirm, proses pembayarannya kurang lebih sama, bisa bayar pakai kartu kredit atau online debit ebanking pakai CIMB Niaga atau BCA.

Tips tambahan dari saya: Kalau Anda booking tiket AirAsia, usahakan hanya beli tiket saja. Jangan beli bagasi, pick-a-seat (pilih kursi), apalagi beli prepaid meal. Semua add-on ini dibeli saat web checkin saja, atau beberapa hari menjelang keberangkatan. Jadi jika terjadi pembatalan terbang, kerugian Anda hanya berupa hangus di tiket, bukan di add-on.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama