TickTock Escape Room

Escape game area, permainan ala detektif berkelompok, semakin berkembang terlebih di Jakarta. Kali ini Javamilk mendapat kesempatan untuk mencoba menjajal teka-teki yang ada di TickTock Escape Room.

[

The Game

Bagi yang belum pernah mengikuti permainan model ini, kira-kira gambarannya adalah sebagai berikut. Kita akan memasuki sebuah ruangan dengan setting tertentu. Lalu akan di-brief tentang latar belakang cerita dan objectives. Dengan clue/petunjuk yang harus kita selesaikan di ruangan tersebut hingga tujuan akhirnya adalah menemukan cara atau kunci untuk bisa keluar dari ruangan itu dalam 60 menit.

Waktu yang terbatas memang memaksa kita perlu membagi tugas dan bekerja sama. Jumlah peserta yang di-recommended sebenarnya 2-6 orang, tapi menurut saya 3-4 orang adalah jumlah yang efektif. Dengar dari staff Ticktock ada juga 2 orang anak usia sekolah yang bisa menyelesaikan misteri kurang dari 60 menit, tertantang tidak?

Handphone dan gadget lain dititipkan di locker. Kita tidak diperbolehkan membawa bolpen, gadget apalagi kamera ke dalam 'arena' jadi kemampuan otak bener-bener harus dimaksimalkan. Karena itu juga Javamilk tidak bisa foto setting ruangan dan menampilkannya di sini.

Ada 3 room yang bisa kita pilih, masing-masing mempunyai setting dan tingkat kesulitan tersendiri.

[

The Mansion's Heist
Ini adalah ruangan yang diberi kategori untuk 'pemula', dengan misi mencari perhiasan dan kabur dari ruangan ini.

Walaupun begitu, tetap saja tidak mudah memecahkan teka-teki di sini. Perlu usaha menemukan petunjuk kecil serta mengubek-ngubek barang-barang di ruangan ini untuk bisa mendapatkan jawaban atas clue yang ada.

Pada akhirnya, teamwork akan menjadi modal penting untuk menyelesaikan misi.
[
Murder at Opera House
Liza Vinitti, seorang pianist yang terkenal telah dibunuh di belakang panggung Calopthene Opera House. Sebagai Diva Pianist dengan emosi yang labil dan sering marah, dia memang memiliki banyak musuh.

Dengan tingkat kesulitan menengah, kita telah ditugaskan untuk menemukan siapa pembunuhnya sekaligus mendapatkan kunci untuk keluar. Mungkin Anda lebih tertantang di area ini.

[
Asylum
Kali ini kita berperan sebagai siswa magang kedokteran yang sedang melakukan kunjungan ke rumah sakit jiwa ini. Namun tiba-tiba dikunci dari dalam oleh seseorang. Bisakah kita keluar dan menemukan siapa yang menjebak kita?

Whew, ini dikategorikan level 'hard' kalau di escape game.

The Verdict

Saya (dan rekan) mencoba 2 ruangan: Mansion's Heist dan Murder at Opera House. Dengan background music yang menambah suasana seru dan misterius, memang kita merasa seolah dipacu untuk mencoba berpikir merangkai semua petunjuk yang ada. Juga menurut saya pribadi Murder itu lebih susah dibanding The Mansion. Dari pengalaman, memang semua object yang ada are there for a reason, jadi jangan lewatkan detil paling kecil sekali pun.

Sebenarnya ada fasilitas untuk minta 'hint' saat di dalam ruangan, dengan cara menelepon. Kita diberi 2x kesempatan untuk minta hint, just in case sudah stuck. Tapi cobalah segala cara dan kemungkinan sebelum minta tolong... demi harga diri :) Juga kalau bisa keluar dalam 60 menit bisa bangga dong foto dengan papan 'we are escaped', jangan dengan papan stuck.

[

Setting dan properti ruangan patut diacungi jempol karena bisa menampilkan setting yang sesuai dengan cerita.

[

Film yang baik adalah yang setelah keluar dari menonton, kita masih memikirkan cerita dan plot film itu. Demikian juga untuk permainan ini, kita akan keluar masih dengan otak dan kepala masih kepikiran, walau pun sudah berhasil menyelesaikannya, jadi sofa di lounge ini is there for a reason juga :)

[

Harga

Harga TickTock diquote per orang, semakin banyak semakin murah. Untuk 2 orang adalah Rp 160,000/orang, hingga group 5-6 orang menjadi Rp 120,000/orang. Bagi yang statusnya pelajar, bawalah kartu pelajar untuk mendapatkan diskon 20%.

Sebaiknya Anda mencoba booking via telepon sehingga bisa mengamankan ruangan dan menghindari waktu tunggu.

Lokasi

[

TICKTOCK Escape Room terletak di kawasan Alam Sutera. Jika kita datang dari Jakarta Barat via Tol Tangerang, ambil exit tol Alam Sutera. Lokasinya di sebelah kiri jalan, kira-kira di seberang Nike Factory Outlet.

Alamat: Ruko Jalur Sutera, Kav 29A, No 22, Alam Sutera - Serpong
Telepon: 021-5314 0313
Jam buka: setiap hari 10am-10pm
Website: www.ticktockescape.com

[

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama