9/11 Memorial Museum

9/11 Memorial Museum

"No day shall erase you from the memory of time", -Virgil

Melewati dinding dengan huruf raksasa bertuliskan kalimat yang begitu kuat membuat badan sedikit merinding, serta memberikan rasa damai dan optimisme pengunjung yang datang ke 9/11 Memorial Museum di kota New York.

Tepat di ground zero ujung Manhattan, tempat terjadinya peristiwa 11 September 2011, dibangunlah sebuah memorial serta gedung museum untuk mengenang tragedi yang menyedihkan sekaligus penghormatan kepada pekerja NYPD dan FDNY yang kehilangan nyawa dalam tugas.

Gedung WTC 1 dan 2 memang runtuh habis, dan sisa puingnya yang mempunyai nilai cerita ditampilkan di dalam Memorial Museum ini. Mulai dari topi pemadam kebakaran, puing badan pesawat, mesin jet pesawat, mobil pemadam, hingga besi dan tangga bekas reruntuhan WTC.

Memorial adalah 2 buah kolam air raksasa outdoor dengan gravir nama-nama orang di sepanjang sisinya.

9/11 Memorial Pool

Sedangkan 9/11 Museum ada di dalam gedung yang untuk masuk ke dalam museum ini kita harus beli tiket dulu, dan akan melewati serangkaian pemeriksaan ketat sama seperti di bandara Amerika Serikat.

Mengunjungi 9/11 Memorial Museum yang dibuat dalam full underground ini, persiapkanlah waktu minimal 2 jam. Exhibit yang dipajang sangat banyak, jika kita ikuti satu persatu (dibaca) bisa tanpa sadar setengah hari sudah berlalu.

Cerita September 11

Exhibit yang ada tidak bisa di foto, jadi mungkin saya ceritakan saja ya. Basically semua kisah detik demi detik menjelang peristiwa pesawat United Airlines menabrak gedung WTC 2 (South Tower) dan AA menabrak WTC 1 (North Tower) diceritakan dengan detil dalam foto, tulisan, serta visual video/wawancara.

Tiang/kolom terakhir reruntuhan tidak dihancurkan seperti yang lain, tetapi yang ini tetap dipertahankan, juga diberi tulisan kenangan dan foto oleh keluarga, lalu menjadi "The Last Column". Last Column

Mengikuti exhibit di sini membuat perasaan campur aduk. Yang pasti ada sedih yang mendalam, respek, juga sekaligus kagum atas keberanian dan dedikasi pekerja terutama Fire Department dan Polisi yang mempertaruhkan nyawa dalam menyelamatkan orang.

Ada satu bagian namanya "Wall of Face" yang menampilkan foto lebih dari 3000 orang yang meninggal dalam peristiwa ini. Nama satu per satu dibacakan lewat speaker, ini adalah rekaman saat upacara memorial. Disediakan meja untuk mencari nama, biodata, foto, serta rekaman video atau kenang-kenangan dari keluarga masing-masing.

Tiket Museum

Harga tiket masuk 911 Memorial adalah $24 per orang dewasa, dan $15 untuk anak 7-17 tahun.

Tips: Jika pas punya waktu di hari Selasa, datanglah setengah jam sebelum jam 5 sore. Di waktu ini tiket masuk digratiskan alias free admission.

Lokasi dan Transportasi

Gunakan New York Subway ke lokasi memorial ini, ada beberapa di sekitar. Misalkan naik line 1 atau line R dan turun di Rector St Station. Bisa juga line A, C, 1, 2, 3 turun di Chamber Street.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama