Wisata Bersama Keluarga Di Batu Malang

Salah satu hidden gem wisata di Jawa Timur, yang orang Indonesia tahu tapi biasanya tidak kunjungi, adalah kota Batu di Malang. Kota Batu hanya 15 km dari Malang, juga tidak terlalu jauh dari kota Surabaya, memang dikenal sebagai kota yang sejuk, dan hasil buahnya (Apel Malang anyone?).

Kota Batu ini adalah salah satu tempat yang saya recommend untuk wisata bersama keluarga.

Karena letak Kota Batu dan Malang berdekatan, dalam artikel ini akan saya tulis sebagai Malang saja supaya lebih mudah dalam pemahaman.

Jatim Park 1 area permainan air di foto dari kursi permainan

Cara Menuju Malang

Bagi yang datang dari provinsi lain, terlebih yang jauh seperti dari Jakarta atau pulau lain, sebaiknya pakai pesawat terbang. Kita bisa pakai rute direct misalkan Jakarta-Malang, tapi bisa juga Jakarta-Surabaya. Ada beberapa maskapai yang bisa dipakai: Garuda, Batik Air, dan Citilink mempunyai penerbangan langsung ke Bandara Malang. Anda bisa coba cari rute dan harganya di Wego.

Tiket Jakarta-Malang one-way normalnya sekitar 600rb-800rb (July 2016). Jika tiket pesawat ini lagi mahal, pertimbangkan terbang ke Surabaya yang biasa harganya lebih kompetitif. Nantinya bisa sambung dengan mobil sekitar 2 jam ke kota Malang/Batu.

Mobil

Karena angkutan umum dan taksi belum terlalu bisa jadi pegangan, pertimbangkan untuk menyewa mobil. Pada umumnya tersedia beserta sopir dengan harga yang terjangkau. Tapi karena saya tidak terlalu suka tergantung sama sopir, terakhir saya ke sana sewa mobil model lepas kunci alias tanpa driver. Jadi saat tiba di Bandara Malang mobil sudah standby, beresin administrasi, lalu setir mobil sudah di tangan. Nanti mobil dikembalikan ke bandara lagi pada hari terakhir.

Dengan adanya mobil kita bisa berpindah lokasi karena objek wisata di Malang dan Batu memang relatif berjauhan, tidak bisa saling dicapai dengan jalan kaki.

Hotel

Untuk masalah tidur, saya recommend pilih tinggal di Malang dibandingkan di kota Batu. Malang lebih enak untuk urusan cari makan malam, juga pilihan hotelnya bervariasi dari yang jenis homestay hingga berbintang 4. Tinggal Cari hotel terbaik di Wego.co.id sesuaikan dengan budget dan preferensi. Perjalanan mobil dari Malang ke Batu memakan waktu sekitar 30-45 menit one-way.

Tapi kalau Anda yang mau cari udara pegunungan, yah boleh juga cari penginapan di kota Batu, sudah pasti tidak perlu pakai AC udah dingin.

Terakhir saya tinggal di Harris Hotel Malang. Berbeda dengan jaringan Harris Hotel di kota lain, di Malang hotel ini kamarnya lebih luas dan dilengkapi dengan kolam renangnya yang sangat menarik buat anak-anak.

Harris Hotel Malang dengan tema resort

Jatim Park

Nah, sekarang mari kita bahas inti artikel ini yaitu tempat wisata buat keluarga. Yang paling beken dan menjadi tujuan utama adalah Jatim Park. Walaupun kita sebut sebagai Jatim Park saja, tetapi sebenarnya terdiri dari beberapa "park" atau tempat wisata yang lokasinya tersebar di kota Malang. Ada Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green Park, Museum Satwa, Museum Angkut, dan masih banyak lagi.

Kalau cuma punya waktu 1 hari sudah pasti tidak cukup untuk explore Jatim Park. Saya sarankan luangkan waktu 2-3 hari untuk menikmati theme park terbesar di Jawa Timur ini.

Tiketnya memang bisa dibeli terpisah, jadi kita bisa jalan sesuai keinginan kita. Jadi misalkan hari pertama mengunjungi Jatim Park 1, Museum Tubuh, dan malamnya ke Batu Night Spectacular. Lalu keesokan harinya baru ke Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo) plus Museum Satwa dan Museum Angkut.

Tiket masuk ke masing-masing taman ini saya bilang sangat 'reasonable' kok, jadi apa yang kita dapat sebenarnya lebih dari yang didapat. Misalkan Jatim Park 2 dengan koleksi hewan lebih komplit dari Taman Safari Cisarua, tiket masuknya hanya 75rb (weekday). Ada juga tiket paketan beberapa tempat: 300rb sudah komplit.

Semua tempat yang saya tulis di atas itu recommended loh.. jadi jangan tanya lagi yah mana yang paling bagus. Pokoknya harus luangkan setidaknya 2 hari saat di Batu.

Pintu Masuk Jatim Park 1, sebelahnya langsung adalah museum tubuh

Jatim Park mempunyai wahana kolam dan permainan air, pastikan bawa handuk saja

Museum Angkut

Salah satu museum yang saya hargai usahanya dan koleksinya di Indonesia. Berbagai jenis mobil antik sampai mobil mahal ada di sini, dan sepertinya semua adalah mobil asli bukan mobil mainan.

Race Car anyone?

Menyusuri area Museum Angkut perlu waktu 2-3 jam karena luas sekali, ada area bertema negara mulai dari English Garden, Italia, hingga tema Hollywood.

Setting di dalam Museum Angkut

Museum Satwa

Isi museum ini tidak mau saya bocorkan di sini, dan sebaiknya Anda tidak perlu google... pokoknya keren deh. Lokasinya persis di sebelah pintu masuk Batu Secret Zoo (Jatim Park 2).

Bangunan museum tampak depan aja udah keren begini... Apalagi dalamnya. Benar-benar yang buat museum ini melakukan riset dan usaha kerja yang luar biasa.

Selecta

Kalau Anda dulunya pemain Monopoli, tentu tahu ada tempat yang namanya Selecta, dan tarif beli tanahnya mahal. Nah walaupun jarang terdengar dalam dunia wisata, Selecta tetap layak dikunjungi saat ini, terutama bagi yang suka dengan taman dan bunga. Psst.. harga tiket masuknya murah juga. Btw, Selecta ini bukan bagian dari Jatim Park Group yah.

Kebun Bunga

Tujuan saya dan keluarga ke sini memang untuk menikmati udara sejuk pegunungan, juga melihat kebun bunga yang terkenal bagus.

Selain ada kolam renang, juga ada wahana lain seperti sepeda yang jalan dalam track ala roller coaster, juga kita bisa naik kuda tunggang.

Summary

So, bagi yang pusing cari tempat wisata untuk keluarga di Jawa, Malang dan Batu menjadi destinasi yang layak dikunjungi!

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama