Membeli SIM Card Perancis dan Paket Roaming Eropa

Published on

Jika Anda berencana untuk wisata ke Eropa, mempunyai akses Internet bisa jadi adalah hal yang penting (terlebih utk akses Google Maps). Mengandalkan wifi gratis dari hotel atau restoran bisa jadi tidak cukup, kita perlu melengkapi smartphone dengan paket data supaya bisa online terus.

Ingat! Membawa dan mengaktifkan data roaming SIM Card lokal Indonesia (Telkomsel, XL, Indosat ooredoo) sangat tidak disarankan karena tarif paket data perhari bisa di atas 75,000 rupiah.

Artikel SIM Card Perancis ini adalah satu dari serangkaian artikel yang membahas kartu prabayar di Eropa. Untuk artikel tentang SIM Card Italia silakan langsung buka linknya.

Kita beli SIM Card di mana tentu kembali kepada kebutuhan, apakah begitu mendarat di negara itu langsung mau bisa Internet, atau bisa 'tahan' hingga sampai di negara yang Internetnya paling murah. Sebagai info, Italia adalah salah satu negara yang operatornya punya tarif paket data Internet paling murah.

France SIM Card

Cara beli SIM Card di Perancis sedikit berbeda, mereka mengenal 2 jenis: rolling contract (forfait sans engagement) dan prepaid (prépayée mobicarte). Rolling contract ini istilahnya semi prepaid karena kita bayar di muka untuk paket, dan otomatis potong kartu kredit saat masa kontrak 1 bulan berakhir. Sedangkan mobicarte kerjanya mirip prepaid kita.

Operator yang paling besar adalah Orange, diikuti oleh SFR, Bouygues, dan Free Mobile. Sebagai informasi Orange ini operator yang juga beroperasi di Spanyol.

Kartu dari SFR mungkin yang paling mudah dibeli karena dijual di toko minimart Relay yang banyak ada di Paris dan di CDG Airport. SFR menjual Welcome Pack, seharga €34.99, 2GB data khusus Perancis.

Menurut saya Orange adalah operator yang sebaiknya Anda pilih karena coverage-nya adalah 95% populasi. Kita beli beli kartu Orange di Boutiques Orange, jangan lupa bawa passport. Karena kesulitan komunikasi, pastikan Anda sudah menulis paket apa yang mau dibeli di secarik kertas.

Ada 2 pilihan kartu yang bisa kita beli. Cara pertama adalah beli kartu kosong (La carte prépayée mobicarte) seharga €3.90 (dapat kredit pulsa €5), lalu beli isi ulang khusus Internet (Les recharges Internet Mobile) ada yang €5 (300Mb seminggu), €10 (1GB, 2 minggu), €25 (3GB sebulan). Akses ke wifi Orange juga gratis (dial #125# untuk dapat passwordnya).

Terakhir untuk bisa dipakai roaming ke negara tetangga Eropa, beli lagi paket La recharge Orange Holiday seharga €20 utk 2 minggu, dapat 1GB roaming Eropa, 500 sms, dan 60 menit telepon.

Cara kedua yang biasa akan ditawarkan staff (yang paling gak ribet) adalah Orange Holiday, seharga €39.99 berlaku 14 hari, mendapat 1GB data yg bisa dipakai roaming Eropa (termasuk Perancis sendiri), 120 menit telepon, dan 1000 sms ke seluruh dunia.

Notes: Orange akan block tethering, jadi jangan berpikir bisa sharing Internet lewat handphone (tested on iPhone). Walaupun kadang habis restart menu Internet sharing muncul, beberapa waktu kemudian menu ini hilang lagi.

Mobile Wifi Router

Jika Anda ingin melakukan sharing/tethering Internet, opsi yang lebih baik adalah dengan menyewa wifi router. Salah satu provider yang cukup terkenal adalah Hippocket Wifi.

Tarifnya dihitung perhari, semakin lama sewa tarif semakin murah (€4.90/day utk sewa di atas 14 hari). Wifi akan dikirim gratis ke alamat hotel/rumah di Perancis, sedangkan ke kota lain di Eropa dikenakan biaya.

Wifi router ini datang dengan paket Internet unlimited selama di Perancis dan 3GB utk roaming di negara Eropa. Walaupun namanya unlimited, akan kena FUP di 500MB per hari.