Sewa Pocket Wifi Sebelum Berangkat Wisata

Published on

Hal pertama yang biasa dilakukan orang-orang jaman sekarang begitu mendarat di negara lain adalah mencari Internet connection. Mulai dari cari wifi gratis dari airport setempat, hingga membeli sim card atau menyewa wifi. Biasa kalau saya cuma wisata 2-3 hari masih bisa pakai wifi dari hotel atau tempat umum, tapi untuk jumlah hari lebih lama tentu perlu punya Internet connection supaya bisa eksis (eh.. buat kerja).

Kali ini saya menemukan provider wifi router yang bisa kita sewa di Indonesia, sebelum berangkat berarti sudah pegang pocket wifi ini. Namanya Javamifi.com. Walaupun namanya mirip dengan travel blog saya tapi mungkin kemiripan hanya kebetulan belaka hahaha.

Cara rentalnya cukup simpel. Pilih negara yang ingin kita tuju, tentukan lama hari pemakaian. Nanti perangkat portabel wifi akan dikirim ke alamat rumah atau kantor kita. Nyalakan device ini begitu mendarat di negara tujuan dan siap pakai! Simple kan.

Saat saya dikirimin unit reviewnya, rencana akan saya bawa pakai di Australia. Paket dikirim oleh kurir dalam box rapi. Selain itu (ini tambahan) saya juga mendapat Global SIM Card (bisa dipesan di java-sim.com).

Btw, Kotak ini nanti juga dipakai untuk pengembalian unit. Di dalam kotak terdapat satu pouch yang berisi pocket wifi, kabel charger, dan satu buah travel adaptor (ini membantu banget di negara yang colokan listriknya aneh2). Terakhir satu buah manual guide.

Pocket wifi ini jangan dinyalakan saat di Indo yah, tidak ada gunanya. Nanti begitu tiba di negara tujuan baru dinyalakan dan bisa langsung pakai.

Saat saya mendarat di Perth International Airport, langsung deh dinyalakan. Perlu sekitar 3-4 menit baru sinyal dapat dan pertama dapat sinyal 3G. Proses join wifi ini juga sangat mudah; nama wifi ssid dan password sudah ditulis di perangkatnya. Oh ya perangkat ini support sampai 5 connecting device.

Begitu sampai Perth CBD baru dapat sinyal 4G nya. Baru speednya wush wush dan selanjutnya tinggal dibawa terus di dalam tas.

Australia LTE

Untuk perangkat yang saya pakai ini bisa hidup seharian. Dari pagi bawa sekitar jam 8-9 dipakai terus oleh 5 handphone dan kira-kira sampai jam 7 malam baterai sebenarnya masih ada sekitar 25%, jadinya hari-hari berikutnya saya tidak bawa lagi kabel chargernya.

Summary

In summary, bawa pocket wifi dari Javamifi.com ini benar-benar mudah dan hassle free. Anda tinggal pilih negara tujuan pemakaian, biasa yang SIM Card atau Internetnya mahal2 seperti di Eropa, Jepang, Australia, atau Amerika Serikat.

Nantikan artikel Javamilk tentang Perth dan Western Australia, ini oleh-oleh foto dulu dari Busselton Jetty.

Busselton Jetty Train