Internet Roaming dengan XL Pass

Published on

Pemandangan yang umum terlihat saat tiba di bandara luar negeri, terakhir pengalaman saya di KLIA, sebelum ambil bagasi checkin orang-orang pada antri di stand yang menjual SIM Card lokal. Karena yang turun satu pesawat penuh yah lumayan juga antriannya. Yah namanya sudah kebutuhan dasar, akses Internet memang bisa dibilang wajib punya saat wisata di luar. Tapi membeli kartu seluler negara setempat perlu effort dan (kalau saya) perlu riset mana yang paling murah dan paketnya menguntungkan.

Sebenarnya ada opsi lain yang lebih praktis yaitu memakai nomor lokal dari Indonesia. Mungkin bagi pengguna XL sudah tahu atau pernah pakai salah satu paket dari XL Easy Roaming. Produk XL Easy Roaming berupa XL Pass, Roaming Combo, dan XL Umroh. Yah intinya tanpa ganti kartu, tetap pakai kartu XL saat di luar negeri untuk akses Internet, dengan nomor yang sama bisa terima telpon dan SMS tanpa kena biaya.

Kali ini Javamilk bahas khusus XL Pass. Ini adalah paket roaming XL yang memungkinkan kita tetap memakai SIM Card XL nyala dan aktif di luar negeri, dan yang terpenting akses Internet tetap nyala dan pakainya semudah di Indonesia. Jadi gak perlu ribet cari-cari toko yang menjual SIM Card setempat, membandingkan harga dan paket Internet.

XL Pass bisa dipakai untuk user yang mempunyai paket Hotrod dan Xtra Combo. Kuota Internet yang dimiliki di Indonesia itulah yang dipakai untuk akses Internet di negara tujuan. Terlebih yang punya paket Xtra Combo tetap bisa Youtube Tanpa Kuota di negara tujuan sama seperti di Indonesia. Ada 39 negara roaming partner XL, dengan jaringan yang handal dan terpercaya seperti Vodafone (Eropa), SmarTone (Hong Kong), dan SoftBank di Jepang.

Bagi yang belum jadi pelanggan XL yah bisa juga khusus beli kartu ini sebelum berangkat (kartu perdana Indonesia itu tergolong paling murah di dunia), yang penting membeli paket data Xtra Combo dulu baru aktifkan XL Pass.

Cara mengaktifkan XL Pass, bisa dari handphone dengan dial UMB *123*747# atau bisa juga lewat aplikasi myXL (iOS/Android) sebelum berangkat. Bisa juga kita aktifkan saat di negara tujuan lewat nomor UMB yang sama, cuma saran saya tetap sebaiknya aktifkan sebelum berangkat.

Ada 3 pilihan XL Pass tergantung mana yang paling sesuai buat kita:

  • 3 hari - Rp 150,000
  • 7 hari - Rp 200,000
  • 30 hari - Rp 350,000

Speed yang didapat tergantung operator lokal, jika operator di negara tersebut sudah support jaringan 4G, otomatis speed browsing kita juga kencang.

Begitu tiba di negara tujuan, langsung nyalain dan biasanya kurang dari 1 menit sudah masuk ke jaringan operator lokal mitra XL, dan siap browsing dan chatting. Nyaman dan praktis!

Saat di luar negeri, bisa cek kuota Internet lewat apps myXL. Bagaimana kalau masih ada sisa kuota? Kuota kita tetap bisa dipakai saat kembali ke Indonesia.