Tips dan Cara Perpanjang Paspor Online 2022

Klook.com

Setelah pandemi terlihat mulai ending-nya, saatnya Anda kembali memperpanjang paspor yang sudah expired atau mungkin bagi yang belum, buat paspor baru untuk pertama kali.

Melakukan pembuatan passport secara walk-in (datang dan antri langsung) ke imigrasi tidak saya sarankan kecuali Anda sudah terdesak waktu dan banyak waktu (antri dari subuh), itu pun kalau dapat masuk kuota. Lebih baik memakai aplikasi antrian untuk mendapatkan jadwal yang pasti.

Sepertinya standar Indonesia, setiap periode selalu berbeda birokrasinya. Untuk membuat paspor juga begini. Dulu 5-6 tahun lalu pakai aplikasi Antrian Paspor Online, namun sejak tahun 2021 aplikasi ini sudah tidak dipakai lagi.

Muncullah aplikasi M-Paspor (iOS AppStore atau Android Store).

Download aplikasi ini di smartphone Anda, dan siapkan dokumen-dokumen ini untuk di-foto upload:

  1. Akte Lahir
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga
  4. Paspor lama jika ada

Setelah masuk dan registrasi akun di aplikasi ini, saaatnya Anda melakukan pengisian data.

Pertama, tap tombol Pengajuan Permohonan. Yang akan dibuat adalah paspor reguler. Mengenai mau buat paspor biasa atau elektronik, itu nanti ditahap terakhir. Ikuti saja langkah-langkah yang diperlukan, foto KTP, dokumen lain hingga selesai (langkah 1-7).

Layar M-Paspor

Setelah pengisian, tahap terakhir adalah memilih jadwal dan kantor imigrasi yang diinginkan.

Anda bebas menentukan lokasi, tidak dibatasi oleh domisili. Tetapi tidak semua tempat melayani pembuatan paspor elektronik.

Nah, persoalan terbesar biasanya adalah kuota yang terbatas hampir di seluruh kantor imigrasi (Jakarta/Tangerang dalam kasus saya). Jika saat Anda mengisi dan ternyata semua slot sudah penuh, coba lagi besok hari, dan seterusnya. Progress pengisian yang sudah dilakukan tidak hilang kok. Mungkin sebelum bulan Juni memang slot sangat terbatas, tetapi saya lihat mulai Juni 2022 kuota sudah melimpah di Jakarta.

Tips pertama: biasanya kuota akan diisi pada hari Jumat sekitar jam 1-2 siang. Terlebih di Jumat minggu terakhir, untuk bulan berikutnya. Namun tiap kantor imigrasi bisa punya jadwal pengisian kuota yang berbeda.

Tips kedua: jika Anda spesifik mengincar kantor imigrasi tertentu, follow saja akun instagram kantor imigrasi itu, misalkan imigrasi_jakbar, imigrasi_jakut, imigrasi_priok, dll, semua yang centang biru ya. Tunggu saja posting atau instastory dari masing-masing kanim.

Layar M-Paspor

Terakhir, jika sudah sukses mendapat slot jadwal dan lokasi, Anda akan mendapatkan kode permohonan dan kode billing (contoh seperti layar kedua di screenshot saya di atas, yang warna kuning).

Kode billing dipakai untuk pembayaran, disalin ke tempat yang aman, lalukan pembayaran di online banking seperti CIMB Octoclick, Permata, dll. Biasa nama menu-nya: pembayaran Pajak MPN G2.

Setelah pembayaran sukses, jangan lupa tap tombol Download Surat Pengantar (contoh layar ketiga di screenshot atas). PDF itu harus Anda print dan bawa saat nanti datang ke kantor imigrasi bersama bukti bayar.

Akhir kata, jangan anggap mengisi data di aplikasi ini smooth sailing. Aplikasi ini bisa crash, atau timeout saat upload, atau anda frustasi karena tidak ada slot di mana-mana. Untuk pengisian saya sarankan lakukan di jam non-office hour, misalkan malam hari. Sedangkan untuk memilih jadwal ya biasa di antara hari Jumat sampai Senin berikutnya dipantau terus.

Begitu ada jadwal tersedia sebaiknya jangan berpikir 2x, langsung book saja. Jika berhalangan, kita diberi kesempatan mengganti jadwal satu kali, maksimal H-1 sebelum jadwal.

Selamat berjuang!

credit feature photo : ANTARA FOTO

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama