Jalan-Jalan di London (#2)

Sebelumnya: Jalan-Jalan di London](//javamilk.com/panduan-jalan-hemat-ke-eropa/jalan-jalan-di-london/)

Day #2 - London

Daftar tujuan hari ini:

  • St. Paul's Cathedral
  • Tower of London
  • London Tower Bridge
  • Harrods
  • Madame Tussauds

Bangun pagi dengan badan masih pegel-pegel, jam menunjukkan jam 9 GMT.

Tips hari ini: Gunakan peta rute bus yang tersedia di pintu masuk stasiun tube atau download di sini. Peta ini berisi nomor dan jalur bus-bus ke semua tempat wisata favorit. Kalau seharian berkeliling menggunakan bus, Oyster card akan dicharge maksimal ?3 karena aturan price capping.

St. Paul's
CathedralTujuan pertama hari ini adalah ke St. Paul's Cathedral. Menggunakan London Pass kami tidak perlu bayar (normal price ?9.50). Bangunan yang dibangun dari abad 17 ini cukup memukau. Di dalam hall gereja terdapat beberapa beberapa benda bersejarah, dan langit-langitnya dilukis oleh maestro seni. Kita juga dapat mendaki tangga sebanyak 530 steps hingga ke puncak Kubahnya dengan ketinggian sekitar 80m. Tangganya sempit dan dibeberapa tempat langit-langitnya juga rendah, badan harus cukup fit untuk naik hingga puncak kubah, saya harus berhenti beberapa kali karena kehabisan tenaga. Sedangkan di ruang bawah tanah gereja tersimpan banyak makam orang penting Inggris.

DSC04619Setelah makan siang sebentar di restoran Fresh Italy di depan gereja ini, naik bus (nomor 15) lagi ke Tower Bridge, berhenti di stasiun Tower Hill. Di sini terdapat Tower Bridge (biasa dipanggil London Bridge) dan Tower of London (bekas penjara). Lagi-lagi menggunakan kartu London Pass tidak usah bayar alias gratis.

Tower Bridge (normal price ?6) layak dikunjungi karena dari ketinggian bangunan ini kita bisa memotret kota London yang dibelah oleh sungai Thames. Lagipula kalau ke London tidak ke ikon kota ini, kurang dong. Bangunan ini istimewa karena jembatannya bisa diangkat secara hidrolik jika ada kapal besar yang lewat.

Tower of London (normal price ?16), dulunya digunakan sebagai penjara dan benteng. Tidak ada yang terlalu istimewa di dalamnya kecuali pemeran mahkota yang dipakai oleh raja dan ratu Inggris. Selebihnya adalah lapangan yang luas dan indah.

Berikutnya dari pinggir sungai depan Tower of London, menggunakan London Pass lagi kita naik boat gratis City Cruise menyusuri sungai hingga berhenti tepat di pinggir sungai depan stasiun tube Westminster. Ternyata naik boat ini feelingnya biasa aja (mungkin karena atapnya tertutup, jadi cuma bisa lihat pemandangan di dalam kabin).

Dari sini kita naik tube menuju Harrods (tube station: Knightsbridge), tokonya Alfayet yang katanya menjual apa saja. Tokonya sangat besar, dan memang semua barang kayaknya ada mulai dari baju, parfum, coklat, bakery, hingga elektronik. Harga barang seperti boneka atau tas merek Harrods ternyata luar biasa mahal, jadi kita hanya sanggup melihat-lihat dan berfoto di depan meja altar mengenang mendiang Lady Diana dan Dody Alfayet.

Hari mulai sore, saatnya jalan ke Madame Tussauds tempat semua bintang film dan tokoh dunia dibuat dalam bentuk patung lilin. Turun di Baker Street Tube Station, lokasi gedung ini persis disebelah stasiun.

DSC04695Tiket masuknya cukup mahal ?22.50 per orang jika dibeli lewat Internet. Tips hemat ke Madame Tussauds di musim off-peak adalah beli tiket After 5 Saver seharga ?12.50 lewat internet. Tiket ini hanya dapat dipakai masuk setelah jam 5 sore. Madame ditutup jam 6, jadi waktu Anda cuma 1 jam untuk memotret di dalam (dan saya rasa cukup walaupun agak diburu waktu). Kalo summer sih katanya ramai sekali, jadi mungkin baiknya beli tiket normal.

Oke, setidaknya Anda tetap dapat berfoto dengan bintang pujaan, mulai dari Leonardo Di Caprio, Nic Cage, Samuel L Jackson, hingga tokoh seperti Hitler dan Tiger Woods.

Selesai dari Madame Tussauds, saatnya pulang beristirahat.

Next>> Jalan-Jalan di London (#3)

Cari Hotel Murah

Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama