Rotorua - Part 2

.. lanjutan dari artikel Rotorua Part 1, bagian dari Panduan Jalan ke New Zealand.

Itinerary Hari Ini:

  • Agrodome
  • Kuirau Thermal Park

Agrodome Agricultural Theme Park

Salah satu tempat wisata yang populer di Rotorua adalah Agrodome. Terletak sekitar 10 menit perjalanan mobil dari kota Rotorua, sebenarnya akan terlihat saat kita akan memasuki kota Rotorua jika datang dari utara (Tirau/Hamilton/Auckland).

Di sini menu utama yang dijual adalah live sheep show. Selain itu ada juga farm tour menggunakan bus (tidak saya coba karena sepertinya kurang menarik). Tiket cukup di beli on-the-spot, seharga NZD 70/adult, tapi jika tiba di hotel Rotorua dan menemukan kupon diskon (biasa ada di map atau booklet), jangan lupa bawa kupon ini sebagai diskon.

Ada beberapa schedule sheep show dalam satu hari, jadi pastikan Anda datang di jam yang tepat, 9.30, 11.00, dan 14.30. Pertunjukan dimulai dengan menampilkan belasan jenis biri-biri yang ada, mulai dari yang kecil hingga kelas superior/jumbo yang namanya Merino dengan bulunya yang tebal.

Agrodome

Juga ditampilkan peragaan bagaimana farm dog bisa menjaga dan menggiring biri-biri ini masuk ke dalam kandangnya. Acara peragaan mencukur bulu biri-biri adalah puncak acara di sini, dikerjakan kurang dari 10 menit untuk seekor sheep. Bulunya nanti akan dibagi-bagi ke penonton (boleh bawa pulang).

Nantinya akan dipanggil beberapa sukarelawan dari penonton yang tugasnya memerah susu sapi, dan ada juga memberi minum baby lamb. Pokoknya seru dan sangat menghibur!

Perah Susu

Jangan lewatkan mampir ke souvernir shop karena di sini juga ada peragaan cara memproses dan memintal bulu biri-biri menjadi benang dengan mesin sederhana. Tentu saja akan very tempting untuk tidak membeli setidaknya syal yang terbuat dari wool ini.

Di sini pula terjadi incident atas mobil saya. Karena pagi hujan rintik-rintik saya menyalakan lampu kecil mobil. Saat parkir di Agrodome, saya tidak ingat untuk mematikan lampu ini (Cruze di rental sebelumnya dan Captiva mobil di rumah bisa otomatis mati kalau kunci dicabut), jadi aki-nya tekor. Deg-degan juga karena mobil mogok di tanah orang, di negri orang pula. Setelah menghubungi AA Road Side Assistance, dalam 1 jam teknisi datang dengan mobil dan melakukan 'jumper', 5 menit dan uang NZD 70 melayang.

Kuirau Thermal Park

Sebuah taman yang cukup luas, terlihat saat kita memasuki pusat kota Rotorua, dan yang paling menarik perhatian adalah asap sulfur yang mengepul terus-menerus dari beberapa titik di taman ini.

Cukup cari parkir (gratis) di sekitar taman ini, lalu saya dan istri berjalan santai 'menghirup' udara khas belerang di taman ini. Di beberapa titik lokasi terlihat lumpur panas yang terlihat mengeluarkan gelembung udara, lalu muncullah asap belerang ke udara. Lokasi ini ternyata aman, karena daerah 'panas' telah dipagari.

Objek Wisata Rotorua lainnya

Visitor Information office (Fenton St) layak Anda kunjungi saat datang ke Rotorua. Gedungnya yang khas ala Tudor, bagus untuk dijadikan objek foto. Di dalamnya kita bisa minta peta/map gratis, membeli tiket objek wisata, atau langsung menukar kupon diskon (biasa ada di dalam booklet turis).

Polynesian Spa, sayangnya tidak sempat saya coba, tempat untuk berendam hot-spring. Air mineral dari 33-43 derajat Celcius tentu cocok untuk melepas lelah, atau sekedar memberi vitamin ke kulit.

Waiotapu Thermal Wonderland adalah tempat kita bisa menyaksikan Geyser yang menyembur ke udara tepat jam 10.15am setiap harinya. Selain itu kita bisa melakukan mini hiking mengelilingi area geothermal atau bisa menyaksikan keindahan alam berupa kolam berwarna orange yang disebut Champagne Pool.

Next Trip: Auckland.

Klook.com

Cari Hotel Murah

Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama