Klook Kode Kupon

Zurich Part 2

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya : Zurich part 1.

Transportasi di Zurich

Tram adalah moda transportasi utama di samping bus untuk kota Zurich. Transportasi sungai juga ada jika kita ingin pergi agak jauhan.

Silakan refer ke website ZVV, di mana kita bisa download peta jaringan kereta, tram, dan bus. Sekilas mapnya terlihat rumit, namun sebenarnya kita cukup pakai beberapa line saja. Untuk jalan-jalan seharian bisa beli tiket day pass seharga CHF 5 untuk zone pusat kota.

[

Tiket bisa dibeli di mesin tiket otomatis. Cara pengoperasian kurang lebih sama seperti mesin tiket di Jerman. Tekan kode destinasi, lalu harga akan tertera di LCD. Kita pilih kelas, lalu masukkan uang. Jika Anda merasa ribet, cukup datangi counter di stasiun, yang akan dilayani oleh petugas yang ramah.

[

Jangan lewatkan pula kesempatan naik cruise jika ada waktu. Enaknya saat summer, menyusuri Lake Zurich. Naik dari Burlikplatz kita bisa menuju Thalwil hingga Rapperswil pulang pergi.

Makan

Jalan-jalan di Swiss tergolong bukan jalan hemat. Untuk biaya hidup seperti hotel, makan, dan transportasi tergolong mahal. Jadi perlu planning yang cukup lama untuk mendapatkan hotel yang cukup baik namun tetap murah. Opsi lain adalah tinggal di hostel, yang untuk ukuran Zurich (kota terkaya di Swiss, kota termahal di Eropa) sepertinya non-existent di sekitar pusat kota. Sudah baca tentang transportasi dan seputar Swiss Pass juga kan? Jelas tidak murah.

Nah untuk urusan makan, ini adalah bagian yang bisa di-'press' dalam pengeluaran. Makanan yang kenyang dan 'murah' adalah fast food restaurant, terutama yang menjual sandwich.

[

Jika bingung mencari tempat makan di Zurich, tidak perlu jauh-jauh. Kunjungi Zurich Hbf atau stasiun kereta pusat. Di sini dilabeli RailCity, yang artinya stasiun sekaligus mall, bisa kita jumpai di beberapa stasiun besar seperti Luzern, Bern, dan Geneva.

Di lantai yang sama dengan platform kereta, atau lantai di bawahnya (underground) terdapat berbagai toko yang menjual kebutuhan utama traveller: restoran, minimarket, toko seluler, hingga toko souvernir. Harga makanan di sini cukup 'manusiawi' lah kalau kita tidak terlalu mencari kualitas.

Makan malam saya di dekat hotel Mercure Stoller Zurich, sebuah restoran kebab. Sebuah kebab seharga CHF 7-9 sudah bikin perut kenyang. Sedangkan breakfast keesokan paginya (tdk include dalam roomrate) juga di corner dekat hotel. Sepotong croissant dan segelas kopi, total CHF 4.

Shopping

Tidak bisa beli apa-apa, kurang lebih itu yang bisa saya ungkapkan melihat price tag barang-barang di Swiss. Jalan utama shopping adalah Bahnhofstrasse, konon shopping street termahal di Eropa, tepat di depan stasiun. Berbagai butik fashion dan luxury watch ada di sini. Jalan ini membentang 1.4km hingga Burlikplatz.

[

Untuk keperluan shopping dan cuci mata, coba singgah ke toko department store besar seperti Globus, Jelmoli dan Manor. Mencari jam tangan, pakaian, atau souvernir bisa di sini walaupun tidak disarankan.

[

Simak juga artikel berikutnya ke Zug dan Luzern.