Hongkong dari Victoria Peak (day #4)

Javamilk Travel HK

<< Previous : Disneyland Hongkong (day #3)

Daftar Perjalanan Hari ini:

  • Victoria Peak
  • Madame Tussauds

Hari ini saya dan istri menjelajah daerah Hong Kong Island. Jika Anda sering melihat film Hong Kong yang menampilkan gedung pencakar langit di HK, mestinya itulah gambaran Hong Kong Island. Berbeda dengan daerah Kowloon yang ‘agak semrawut’ karena orang luar biasa banyak, Hong Kong Island ‘terlihat’ lebih modern dan rapi dengan gedung-gedung berarsitektur.

Untuk menuju Hong Kong Island dari Kowloon TST, kami menggunakan kapal Star Ferry. Sebenarnya ada cara yang praktis tapi sedikit mahal yaitu menggunakan subway / MTR, tapi sebagai turis jangan lewatkan kesempatan naik kapal ferry seharga HKD 1.70 menyeberangi laut selama lebih kurang 20 menit ini, sekaligus mendapatkan pemandangan gedung-gedung tinggi.
starferry hk
Dengan menggunakan ferry, kita tiba di pier Central. Jalan kaki menyusuri jembatan penyeberangan (yang lumayan panjang) kita masuk ke gedung stasiun Central. Gedung ini luar biasa besar, berupa titik temu 3 jalur MTR ditambah mall dan gedung perkantoran IFC.

Sebelum naik ke Victoria Peak, kami mencoba jalan-jalan dulu di daerah Central dan Causeway Bay. Pertama menggunakan MTR dari Central menuju Causeway Bay Station. Begitu keluar dari stasiun dan keluar dari eskalator kita langsung disambut dengan aroma belanja. Ya, SOGO department Store berada di atas stasiun Causeway Bay. Bisa dibilang saya tidak tertarik dengan SOGO di Hong Kong, tidak mewah-mewah amat dibanding SOGO di Jakarta (ya memang di Jakarta saja kita merasa SOGO itu mewah padahal sebenarnya cuma department store biasa). Keluar dari gedung SOGO kita juga disambut dunia belanja ala window dressing. Sepanjang kita melihat jalan raya, berarti kanan kirinya terdapat toko yang menjual aneka rupa barang.

Hong Kong TramNah, dari sini kami coba naik tram. Tram adalah salah satu moda transportasi tertua di HK, dengan mudah kita menemukan jalur tram di wilayah HK Island. Ticketnya cuma HKD 2 sekali naik tidak peduli jaraknya. Dan ingat, naik tram harus lewat pintu belakang karena pintu depan adalah untuk keluar. Jalur tram hanya ada beberapa dibedakan dengan warna (bukan nomor tram), dan mencakup sebagian besar HK Island yang berpenghuni. Bisa dibilang tram adalah transportasi paling murah untuk melihat-lihat daerah Central dan HK Island, kita bisa menuju ke Northpoint, Admiralty, bahkan Victoria Park (tempat pahlawan devisa Indonesia biasa berkumpul di hari minggu).

Puas naik tram konvensional, kami kembali menuju Central. Sekarang tujuan kami adalah menuju Victoria Peak. Untuk ke tempat ini, kita harus naik tram khusus yang namanya Peak Tram. Keluar stasiun Central kita cukup mengikuti petunjuk “Peak Tram”. Jarak stasiun tram ini dari stasiun Central lumayan jauh (utk ukuran kita), jalan kaki perlu setidaknya 15 menit karena jalannya menanjak.

Peak Tram adalah tram khusus yang jalan di jalur menanjak hingga 50 derajat kemiringan. Jalur tram ini sudah dipakai sejak 1888 dan masih awet dan bagus. Harga tiket pulang pergi adalah HKD 33 per orang, jika Anda sekalian ingin masuk ke dalam Madame Tussauds wax museum, terdapat paket combo tram + museum (HKD 170) yang lebih murah. Ada juga paket combo tram + sky terrace, yang menurut saya tidak terlalu mantap, jadi ignore saja paket sky terrace ini.

Jika biasa di dalam kereta umumnya kita dapat duduk hadap-hadapan, peak tram tidak memungkinkan karena bakal terjungkal. Semua harus duduk menghadap ke atas. Tram ini posisi stasionernya pun sudah miring, sehingga untuk mencari tempat duduk kita perlu berjuang ekstra keras.

Perjalanan dengan tram ini cukup mendebarkan, dengan tenaga mesin yang kuat mengangkut puluhan penumpang menanjak dengan kecepatan hingga 40km/j. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai Victoria Peak. Stasiun di tebing ini telah disulap menjadi ‘tempat resmi’ melihat Hong Kong dari atas. Tempat ini berbentuk mirip cawan, terdapat puluhan toko menjual cinderamata dan restoran juga.

Pemandangan dari tempat setinggi ini memang sangat indah, terlebih jika hari menjelang malam. Lampu gedung yang berpendar terang membuat Hong Kong pantas mendapat julukan Mutiara dari Timur.

Hongkong from Peak

Museum lilin Madame Tussauds juga terletak di dalam bangunan berbentuk cawan, di mana Anda bisa berfoto dengan ratusan tokoh dunia, terlebih selebritis Hong Kong. Koleksi patung lilin seperti Jay Chou, Andy Lau, Lesley Cheung, hingga Twins dan Cecillia Cheung adalah pajangan exclusive di sini. Tokoh dunia lain bisa dibilang sama seperti pajangan Madame Tussauds di London.
Jay Chou wax

Jika hari telah gelap, jangan lupa pulang yah :)

Next: Day 5 : Shopping Heaven

Cari Hotel Murah:
  • http://yahoo ade

    makaasih..skg sy dn klg lagih brada di kowloon..smoga smpe di The Peak dn Museum’nya..!

  • iris

    wah saya bawa balita nih enaknya jam brp ya kesini? tq…

  • boby

    lam kenal ya
    saya mau tny…setelah menikmati victoria peak, untuk balik ke hotel sy hrs menggunakan transportasi apa ya?

  • boby

    malam pak….
    mohon jawab pertanyaan sy donk…please… trims

  • Leni

    sebenarnya sdr/sdri bisnis apa sih koq bolak balik LN, spt teman saya kerjaannya jual bird nest tiap 2mmgg ke hk, nginepnya di sheung wan

  • Leni

    oya, ada lagi temen saya tiap bbrp bulan ke LN, dia bisnis nya jual ticket pesawat/ paket tour ke LN jadi dia nya dapet bonus ke LN juga hehehe, apakah benar tebakan sy?

    • Alist

      @Leni, kalau saya sih orang kantoran biasa kok.. :) Kalau mau jalan-jalan yah hari cutinya dikumpulin yang banyak biar liburannya bisa panjang.

  • mila

    mo tanya donk..tolong dijawab yach,kalo dari kowloon ke disneyland jauh nda yach?? sedangkan saya bawa anak2..menurut anda gimana yach? soalnya saya mo cari hotel yg murah..hehehe

  • ade sopian

    pa berapa biaya travelling ke hkng tiket,visa saat ini,, dan dokumen apa yg harus saya siapkan,,sekian dan trima kasih!

  • ade sopian

    dan untk lebih jelas saya sekalian no agen trvelling yg di indonesia

  • ade sopian

    ko ga di jawab,,,please saya inin segera kesana,,,!

    • Aming

      @ade sopian,

      Dear Pak Ade,

      Pak, kalau ke Hong Kong atau macau tidak usah pake visa..
      tetapi kalau mau ke China, misalnya shenzhen, bapak hrs apply visa dulu di jakarta. Dikarenakan sementara ini untuk china visa tdk bisa on arrival..(ada ASEAN GAMES)

      thanks

  • cipta

    mau tanya, permisi. kalo toko alat musik di Hongkong yang banyak dan murah di daerah mana? saya mau cari biola dan aksesorisnya :) terima kasih.

  • nuansa noorsadi

    hai…qlo dr jakarta ke hongkong,hongkong -jakarta berapa cih ongkos pesawat ny
    g usah pke visa kan
    kira2 berapa budget paling murah ,,hotel,selama disana 3 hari atw 1 minggu

  • lex

    Bro, ada trik n trip ke guangzhou ama shenzen gk?
    Tlg ajarin donk. Soalnya sy bln maret mo brgkat.

    Rute sy HKG-Macau-Guangzhou-zhenzhen-HKG.
    Apakah uda benar rute nya?
    Bagaimana menaiki ferry atau bus dari macau-Guangzhou? Guangzhou-shenzen?

    • Hosdan

      @lex, dr Macau mau ke Guangzhou dari perbatasan Gongbei(Zhuhai) aja, ada gedung imigrasi perbatasannya. dari Zhuhai baru naek bus ke Guangzhou.

    • erna

      @lex, km pasti udah balik ya dr sana…
      bisa bagi” schedule n cara perjalanan by MTR/ferry/bus nya ke saya ? Saya berangkat Sept 2011, rute kamu dan saya sama persis.
      Thanks b4 !

  • dewi.hartini

    Salam kenal

    Kalo saya dari ngongping (tidak lama setengah hari saja) terus mau lanjut ke victoria peak naik apa ya ??
    dari victoria peak lagi mau balik ke tst naik apa..

    makasih

  • Ratna

    tq untuk sharingnya….rencananya awal september saya mau ke Hongkong bersama teman2. Saat ini saya sedang menyusun schedule untuk jalan2…yang saya mau tanya, kalau dari Tung Chung station (setelah dari Lantau Island) saya mau ke Victoria Peak, berarti saya harus naik MTR dari Tung Chung sampai ke Central. Tapi kalau saya lihat di MTR Map, jalur yang warna orange berakhir di Hongkong Station dan untuk menuju Central harus melewati subway (paid area). Kira2 berapa biayanya dan apakah jauh jalannya untuk ke Central ?
    Terima Kasih,….ditunggu infonya ya….bisa gak ya infonya dikirim ke email saya ? thanks before….

    • Arin

      @Ratna, Ratna..kamu kira-kira perginya bulan September tgl brp..?? boleh gabung gak..?? pengen ke sana tp belom ada temen nih yg bareng..

  • sp

    sori, mau tanya… kalo dari kowloon mau ke victoria peak pakai MTR itu rutenya apa ya? sama ada rekomendasi pasar malam yg keren di hongkong itu dimana ya? temple street sama ladies market itu bagus g? thx be4… sori pertanyaannya banyak hehehe :)

  • ratna

    @ Arin,….aku sih rencananya ke hkg tgl 7-12 sept tapi kita gak hanya ke hkg, kita juga ke macau plus shenzhen dan ghuangzhou. Aku jalan ber 9 ama temen2…tiket pswt plus penginapan udah beres, palingan tinggal visa doang..

  • erna

    dear all friends,
    Tgl 19-24 Sept 2011 sy berencana akan ke HongKong. Mau nya sih rutenya HongKong-Macau-Guangzhou-Shenzhen-HongKong. Minta tolong bantuan teman” utk schedule tempat” terbaik yg harus sy kunjungi. Di Shenzhen sy tdk ingin ke Window of the World. Minta info juga, ada ngga kenalan atau yg biasa menjadi tour guide selama disana ?
    Thanks infonya.

  • dicky

    salam kenal
    mau sharing aja nih…saya pernah ke hongkong dua kali, perjalanan pertama saya Jakarta – Hongkong – Guang ZOu – HOngkong – Macao – hongkong – Jakarta.
    ada tambahan mungkin di hongkong untuk wanita kayanya harus ke Ladies Market tempatnya gak jauh dari Causeway bay…tempat belanja khusus wanita…
    untuk Guangzou dan shen2 saya lebih seneng ke shen2 karena kotanya gak jauh dari hongkong dan untuk shoping malnya jauh lebih banyak..
    itu saja share dari saya..terima kasih

    • erna

      @dicky, thanks sharenya. Oya Dick, apakah di Guangzhou ada tempat yg menarik ? Krn byk yg bilang, lebih baik ke Shenzhen aja. Apa lebih enak dr Beijing baru ke Guangzhou ya… Aq cuma pikir, ke HongKong skalian aja ke Guangzhou. Brp jam perjalanan dr HK-Guangzhou ? Visa nya harus single or double klo kita akan ke Guangzhou n Shenzhen ?
      Sorry…kebanyakan nanya yach…thanks yaa

  • http://andhikaekananda.net/ Dhika

    rute tram tu ditunjukan dgn warna yah ?
    tapi kalo badan tramnya ditutupin semuanya sama iklan gimana cara ngliatnya tuh ?

    • Alist

      @Dhika, jurusan tram tertulis di plakat depan tram, warnanya tidak penting. Tram akan menulis ‘tujuan akhir’ rute tram itu, dan tiap halte ada peta, jadi make sure memilih rute yang benar

  • keysha

    Kbtuln says jg seeing ke hong kong. Terutama keep disneyland,ocean park,lantau island(big budha)chueng chau island, lama island,museum history of hongkomg,tapi tempat fav di victoria harbor n the peak,

  • boy

    mau nanya..klo mw k hongkong apakah hrus pake visa?
    proses msuk ke hongkong gimna..ribet gk??? thnks y

  • cakiwe

    gan mo tanya ? gw mo ke HK bulan depan …ada ponakan dan sodara nitip beberapa gadget/HP berapa maximal barang yg bisa gw beli disono dan dibawa ke indo dengan aman ? majsudnya gak berurusan dg imigrasi maksudnya …gimana trik nya gan ? thanks sebelumnya

  • http://lianajogja liana

    wah hebat bgat kota hkng ya kapan bisa kesana

  • arni

    Mau tanya, klu naik peak tram, bawa anak2 bisa nga ya ?
    tq

    • http://Javamilk.com Alist

      @arni, boleh kok. Cuma antriannya kadang bisa 1 jam untuk naik tram (baik yg ke atas mau pun yg turun ke bawah)

      • http://Javamilk.com Alist

        Test

  • http://www.nasirames.com Mas Koki

    Untuk trem konvensional, apa ada informasi jalur atau petanya gak? makasih

  • dessy

    Salam….
    Mohon info untuk harga visa dr HK ke shenzhen, dan bagaimana cara mendapatkannya.
    Apakah menyediakan tour HK_Macau_Shenzhen?
    utk 6 hari 5 malam.
    Utk tiket HK-Jkt_Hk sudah ada termasuk tiket ferry HK-Macau_HK.
    Atas info nya saya ucapkan terima kasih.

  • http://javamilk.com Alist

    @ade, sampe dong mestinya :) good luck. Kalau ada info yang belum ada di page ini silakan post di comment.