Hongkong dari Victoria Peak (day #4)

Javamilk Travel
HK

Artikel sebelumnya : Disneyland Hongkong (day #3)

Daftar Perjalanan Hari ini:

  • Causeway Bay
  • Victoria Peak
  • Madame Tussauds

Hari ini saya dan istri menjelajah daerah Hong Kong Island. Jika Anda sering melihat film Hong Kong yang menampilkan gedung pencakar langit di HK, mestinya itulah gambaran Hong Kong Island. Berbeda dengan daerah Kowloon yang 'agak semrawut' karena orang luar biasa banyak, Hong Kong Island 'terlihat' lebih modern dan rapi dengan gedung-gedung berarsitektur.

Untuk menuju Hong Kong Island dari Kowloon TST, kami menggunakan kapal Star Ferry. Sebenarnya ada cara yang praktis tapi sedikit mahal yaitu menggunakan subway / MTR, tapi sebagai turis jangan lewatkan kesempatan naik kapal ferry seharga HKD 1.70 menyeberangi laut selama lebih kurang 20 menit ini, sekaligus mendapatkan pemandangan gedung-gedung tinggi.

Star Ferry bersandar di Tsim Sha Tsui Terminal

IFC Mall: Apple Store Pertama di HK

Dengan menggunakan ferry, kita tiba di pier Central. Jalan kaki menyusuri jembatan penyeberangan (yang lumayan panjang) kita masuk ke gedung stasiun Central. Gedung ini luar biasa besar, berupa titik temu 3 jalur MTR ditambah mall dan gedung perkantoran IFC.

Mumpung lagi di IFC Mall, kalau lapar coba datangi Tim Ho Wan, dim sum restoran yang enak tapi harus sabar antriannya panjang.

Causeway Bay

Kawasan shopping Causeway Bay

Sebelum naik ke Victoria Peak, kami mencoba jalan-jalan dulu di daerah Central dan Causeway Bay. Pertama menggunakan MTR dari Central menuju Causeway Bay Station. Begitu keluar dari stasiun dan keluar dari eskalator kita langsung disambut dengan aroma belanja. Ya, SOGO department Store berada di atas stasiun Causeway Bay.

Kawasan Causeway Bay ini ibarat shopping district. Selain SOGO yang jadi landmark, di belakangnya tergolong penuh dengan toko-toko fashion, kosmetik, dan jewerly. Sedangkan di seberang SOGO juga terdapat shopping centre baru bernama Hysan Place dengan Apple Store di lantai dasar. Anda jalan lebih jauh lagi akan ketemu Times Square, juga sebuah shopping mall besar. Sebaiknya Anda spare satu hari di daerah ini jika ingin shopping sampai puas. Hindari ke sini hari Minggu ya.

Victoria Park

Sedangkan di sisi Timur terdapat Victoria Park, mungkin bagi orang Indonesia terkenal sebagai tempat berkumpulnya TKW di hari Minggu. Taman ini sangat luas, oase di tengah kota. Jika kita ke sini hari Sabtu biasa akan menjumpai berbagai bazaar atau aktivitas, yang pasti arena orang untuk berolahraga atau sekedar jogging.

Victoria Park

Tram

Hong Kong Tram

Nah, dari sini kami coba naik tram. Tram adalah salah satu moda transportasi tertua di HK, dengan mudah kita menemukan jalur tram di wilayah HK Island. Ticketnya cuma HKD 2.30 (per 2014) sekali naik tidak peduli jaraknya. Dan ingat, naik tram harus lewat pintu belakang karena pintu depan adalah untuk keluar. Jalur tram hanya ada beberapa dibedakan dengan warna (bukan nomor tram), dan mencakup sebagian besar HK Island yang berpenghuni. Bisa dibilang tram adalah transportasi paling murah untuk melihat-lihat daerah Central dan HK Island, kita bisa menuju ke Northpoint, Admiralty, bahkan Victoria Park (tempat pahlawan devisa Indonesia biasa berkumpul di hari minggu).

Puas naik tram konvensional, kami kembali menuju Central. Sekarang tujuan kami adalah menuju Victoria Peak. Untuk ke tempat ini, kita harus naik tram khusus yang namanya Peak Tram. Keluar stasiun Central kita cukup mengikuti petunjuk "Peak Tram". Jarak stasiun tram ini dari stasiun Central lumayan jauh (utk ukuran kita), jalan kaki perlu setidaknya 15 menit karena jalannya menanjak.

Peak Tram dan Victoria Peak

Peak Tram adalah tram khusus yang jalan di jalur menanjak hingga 50 derajat kemiringan. Jalur tram ini sudah dipakai sejak 1888 dan masih awet dan bagus. Harga tiket pulang pergi adalah HKD 33 per orang, jika Anda sekalian ingin masuk ke dalam Madame Tussauds wax museum, terdapat paket combo tram + museum (HKD 170) yang lebih murah. Ada juga paket combo tram + sky terrace, yang menurut saya tidak terlalu mantap, jadi ignore saja paket sky terrace ini.

Jika biasa di dalam kereta umumnya kita dapat duduk hadap-hadapan, peak tram tidak memungkinkan karena bakal terjungkal. Semua harus duduk menghadap ke atas. Tram ini posisi stasionernya pun sudah miring, sehingga untuk mencari tempat duduk kita perlu berjuang ekstra keras.

Perjalanan dengan tram ini cukup mendebarkan, dengan tenaga mesin yang kuat mengangkut puluhan penumpang menanjak dengan kecepatan hingga 40km/j. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai Victoria Peak. Stasiun di tebing ini telah disulap menjadi 'tempat resmi' melihat Hong Kong dari atas. Tempat ini berbentuk mirip cawan, terdapat puluhan toko menjual cinderamata dan restoran juga.

Pemandangan dari tempat setinggi ini memang sangat indah, terlebih jika hari menjelang malam. Lampu gedung yang berpendar terang membuat Hong Kong pantas mendapat julukan Mutiara dari Timur.

Hongkong difoto dari Victoria Peak

Madame Tussauds

Museum lilin Madame Tussauds juga terletak di dalam bangunan berbentuk cawan, di mana Anda bisa berfoto dengan ratusan tokoh dunia, terlebih selebritis Hong Kong. Koleksi patung lilin seperti Jay Chou, Andy Lau, Lesley Cheung, hingga Twins dan Cecillia Cheung adalah pajangan exclusive di sini. Tokoh dunia lain bisa dibilang sama seperti pajangan Madame Tussauds di London.

Jay Chou wax

Sweet breakfast

Jika hari telah gelap, jangan lupa pulang yah :)

Next: Day 5 : Shopping Heaven

Cari Hotel Murah