Panduan Jalan ke New Zealand

Kia ora,

ini adalah ucapan hello dari penduduk New Zealand, sekaligus cocok untuk membuka dan memperkenalkan Anda dengan pemandangan dan pertualangan fantastik di New Zealand.

Milford Sound

Kali ini JavaMilk akan membagikan pengalaman dan tips untuk travelling ke New Zealand. Seperti biasa, menunggu sampai semua artikel selesai bisa memakan waktu berbulan-bulan, bahkan tahunan. Jadi saya akan release artikel satu per satu sesuai dengan waktu dan mood saya :)

Artikel disusun sesuai urutan saya mengunjungi New Zealand, jadi bisa jadi tidak sesuai dengan rencana Anda. Namun setiap artikel bisa dibaca terpisah atau sesuai urutan rencana Anda.

  1. Queenstown
  2. Milford Sound
  3. Wanaka
  4. Christchurch
  5. Rotorua
  6. Auckland

Saya juga menulis beberapa artikel lain yang berhubungan

Bagaimana merencanakan perjalanan ke New Zealand?

Yang pertama perlu dipastikan adalah tiket pesawat dan visa. Tiket termurah ke New Zealand dari Indonesia kemungkinan cuma 2, yaitu pakai Jetstar dan AirAsia. Keduanya harus transit dulu di hub airlines masing-masing yaitu Singapore atau Kuala Lumpur, baru ganti pesawat direct ke Auckland atau Christchurch. Yang saya pakai di tahun 2011 adalah Jetstar, kebetulan lagi promo.

Harga tiket pulang pergi setidaknya $300 ke atas. Jika ingin nyaman pakai full-service airlines seperti Singapore Airlines, Qantas, atau Air New Zealand bisa mencapai $700-1000. Penerbangan dari Singapore ke Auckland memakan waktu 11 jam, jadi pastikan punya entertainment yang kumplit biar tidak mati gaya di pesawat, atau minum obat tidur saja :)

Mengurus visa tidaklah sulit. Cukup lengkapi dokumen, foto, beserta copy tiket pesawat pp, lalu datang apply ke VFS NZ di Kuningan City.

South Island or North Island?

New Zealand terbagi menjadi 2 pulau besar, satu disebut North Island di mana Auckland, Hamilton, dan pusat pemerintahan Wellington berada. Sedangkan South Island menyajikan pemandangan yang lebih indah, lebih dingin tentunya, di mana Christchurch, Mt Cook, Queenstown, serta Milford dan Doubtful Sound yang terkenal.

Mau mulai dari mana sebenernya sama saja. Yang perlu disesuaikan tentu adalah jadwal dan rute pesawat pergi-pulang kita. Lebih enak jika bisa dapat tiket open jaw misalkan tiba di Auckland dan pulang dari Christchurch, sehingga tidak perlu bolak-balik antar kedua pulau ini.

Transportasi

Penerbangan antar kota antar pulau adalah sarana yang paling bisa diandalkan di New Zealand. Airlines yang tersedia adalah Air New Zealand dan Jetstar, umumnya rute yang populer pasti tercover. Misalkan Christchurch ke Auckland, Auckland-Queenstown, atau kota yang lebih kecil seperti ke New Plymouth, Dunedin, dll.  Tiketnya umumnya tidak terlalu mahal, dan bisa dibeli via Internet secara online.

Transportasi lain adalah kereta, namun frekuensinya tidak sering dan waktu tempuh cukup lama. Turis akan cenderung memakai/menyewa mobil untuk berpindah antar kota karena fleksibilitas serta bisa menikmati pemandangan alam. Jadi saya suggest sewa mobil, baca artikel tentang rental mobil ya.

Jika berencana sewa mobil, pertimbangkan jarak dan waktu tempuh. Berikut ilustrasinya: normalnya perjalanan dari Auckland ke Wellington ditempuh dalam waktu 3 hari, ini sudah termasuk banyak berhenti dan menginap di Rotorua. Lalu menyeberang dengan ferry ke Picton di South Island (mobil masuk ke dalam ferry). Dari Picton ke Christchurch bisa dikebut 2 hari, Christchurch ke Queenstown sebenarnya satu hari bisa tembus, tapi sebaiknya Anda break menjadi 2 hari, apalagi jika ingin mampir dulu di Dunedin. Jadi total dari Auckland sampai Queenstown perlu 7 hari, ini belum termasuk leha-leha dan jalan-jalan di dalam kotanya. Jadi intinya kalau ke New Zealand jangan hari-nya nanggung, udah mahal dan jauh, kepalang lama sekalian.

Pemandangan alam New Zealand

Hotel

Hotel juga bisa di-book secara online. Saya biasa memakai Agoda untuk urusan cari-mencari serta booking hotel. Jika ingin cari yang standard dan udah familiar, group seperti Accor (ibis, Mercure), Millenium hotels, tersebar di kota-kota wisata New Zealand.

Jika Anda ingin pengalaman unik, bisa pertimbangkan menyewa campervan (mobil dengan bed di belakang) atau tidur di camping site yang ada di hampir pelosok New Zealand.

Campervan

Well, selamat menikmati artikel lainnya :)