Panduan Jalan Ke Krabi - Phi Phi Island

Maya Beach - Phi Phi
Island

Previous : Panduan Jalan ke Bangkok

Salah satu idaman orang yang ke Thailand adalah ingin jalan jalan ke Phi Phi Islands. Apa istimewanya? Silakan baca artikel ini.

Ada 2 pilihan untuk menuju Phi Phi Island, yaitu dari Phuket atau dari Krabi. Secara jarak, Krabi lebih dekat namun kota Krabi tidak terlalu istimewa. Namun jika Anda berencana melakukan perjalanan circular, mungkin rute Anda menjadi Jakart - Bangkok - Krabi - Phi Phi - Phuket - Jakarta, atau sebaliknya.

[

Krabi & Menuju Phi Phi Island

Kota Krabi adalah salah satu pintu gerbang menuju daerah dan pulau indah di selatan Thailand, seperti Ao Nang atau ke pulau seperti Koh Lanta, termasuk Koh Phi Phi.

Krabi memiliki airport yang dilayani oleh maskapai Thai dan AirAsia. Tersedia penerbangan direct dari Bangkok, Singapore, dan Kuala Lumpur ke Krabi. Krabi International Airport (KBV) jaraknya adalah 15 km dari pusat kota, dan tersedia shuttle bus untuk menuju pusat kota maupun boat pier. Bahkan Anda bisa menuju Phuket dengan naik mobil 2 jam dari Krabi.

Harga tiket shuttle bus menuju Krabi town dan Tharua boat pier (untuk lanjut ke Phi Phi) adalah 90 Baht. Tiket ke Ao Nang beach adalah 150 Baht. Anda bisa beli langsung di counter begitu tiba di Krabi Airport.  Jika ber-4 pertimbangkan menggunakan taksi dengan tarif 350 Baht.

Jika Anda punya hari yang banyak, sebelum ke Phi Phi Islands, Anda bisa mempertibangkan untuk menginap semalam di daerah pantai Ao Nang. Lokasinya berada di barat daya Krabi Town.

Krabi Boat
Pier

Dari Krabi Tharua boat pier ke Ton sai pier (dermaga di Koh Phi Phi Don) adalah 1.5 jam dengan ferry. Jadwalnya sehari paling cuma 3x dengan harga tiket 400-450 Baht one way. Penjelasan dan schedule bisa baca di website operator Ferry.

Sepanjang perjalanan kita akan melewati beberapa pulau pulau kecil seperti Poda dan Chicken Island. Pulau berpantai ini dapat dikunjungi dengan menyewat longtail boat dari Ao Nang atau Tharua boat pier.

Phi Phi Islands

Dalam bahasa Thailand disebut Koh Phi Phi ('Koh' berarti pulau), sebenarnya terdiri dari 2 pulau: Koh Phi Phi Don yang lebih besar dan Koh Phi Phi Leh. Koh Phi Phi Don adalah base untuk menginap sedangkan Phi Phi Leh tidak perpenghuni namun setiap hari boleh didatangi. Turis yang ke sini harus pulang paling tidak sore harinya karena tidak ada infrastruktur sama sekali selain toilet umum. Biasanya tujuan utama turis menuju Phi Phi Islands adalah untuk menuju Maya Beach.

Phi Phi Leh

Maya Beach menjadi terkenal setelah menjadi lokasi syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo di Caprio. Sebuah pantai yang tenang dan terlindung sehingga menyerupai hidden beach. Airnya yang berwarna hijau turqoise menambah indah pantai ini. Pulau Phi Phi Leh ini sebenarnya cuma seluas 6 km persegi, berupa pegunungan limestone yang materinya mengandung calcium carbonate, makanya air di sini berwarna kehijauan.

Untuk menuju ke sini, kita dapat menyewa speedboat atau long boat dari Phi Phi Don. Boat ini dapat disewa dari puluhan agen yang bertebaran di dekat ferry pier Phi Phi Don. Supaya murah, Anda dapat melakukan mencari partner sharing 8-10 orang (sebelum masuk ke kantor agent) atau memilih boat umum.

Maya Beach - Phi Phi
Island

Untuk kenyamanan, sebaiknya tiba ke sini sebelum jam 9 pagi. Lewat dari jam ini Maya Beach sudah diserbu ratusan turis yang datang dari Phuket menggunakan kapal ferry besar sehingga tidak bisa bebas berfoto lagi.

Praktis tidak ada infrastruktur di pulau ini selain toilet, jadi jika Anda cuma ingin datang berfoto rasanya cukup 30 menit sudah selesai. Supaya berkesan, Anda sebaiknya berenang atau melakukan snorkeling di sini. Masak ke sini cuma berfoto-foto? Peralatan snorkeling bawa sendiri, atau sewa sebelumnya dari Phuket atau Phi Phi Don.

Simak video berikut, sekilas movie tentang suasana di Maya Beach.

Selesai dari Maya Beach, sempatkan pula boat Anda mampir ke sisi lain yang disebut Pi-le Lagoon, airnya berwarna hijau bening, membuat orang pasti ingin terjun berenang.

Pi-Le
Lagoon

Phi Phi Don

Jika ada yang bilang tinggal di Phi Phi Island, pastilah yang dimaksud adalah tinggal di pulau Phi Phi Don. Luasnya 28 km persegi, kebanyakan adalah hotel, restoran, serta toko-toko. Tidak ada kendaraan karena jalanan berupa pavement selebar 1-3 meter. Menjelajah pulau ini cuma bermodal jalan kaki, mau pakai baju atau telanjang dada ala bule. Satu lagi, jangan salah kostum di sini, tidak ada yang pakai celana panjang kecuali petugas hotel.

[

[

Terdapat beberapa pantai namun yang dikenal adalah Ton Sai Beach dan Loh Dalam. Ton Sai adalah dermaga tempat boat dan ferry bersandar, jika ingin main air dan berenang sebaiknya ke Loh Dalam. Garis Ao (Pantai) Loh Dalam cukup panjang, mau berjemur (ada yang naked lho) atau berenang hingga puas. Jika suka hiking, bisa naik ke viewpoint di atas bukit.

Bekas tsunami rupanya sudah bisa dikatakan lenyap, jika mengingat pulau ini disapu air setinggi hingga 20 meter pada saat bencana tersebut. Setelah dibersihkan dan ditata ulang, warga yang masih tersisa kembali membangun hotel dan sarana untuk wisata, satu-satunya sumber pemasukan di pulau ini.

Makanan utama di pulau ini lagi-lagi adalah seafood. Namun jika Anda mencari ke downtown ada juga restoran steak atau western menu. Ada juga restoran buffet seharga 300 baht untuk makan dinner sepuasnya.

Hotel di Phi Phi Island

Tidak ada resort yang 'wah bener' di pulau ini. Umumnya hotel dikelola dan dimiliki oleh warga maupun investor lokal. Beberapa hotel coba saya list di sini

  • Phi Phi Cabana Hotel, mengaku hotel termewah di Phi Phi karena punya kolam renang besar dan meeting room (ada yang mau meeting?). Lokasinya di depan ferry pier.
  • Phi Phi Hotel, hotel dengan room terbanyak di pulau, letaknya di depan ferry pier.
  • Phi Phi Banyan Villa, ini tempat saya menginap, hotel kedua terbesar di pulau ini. Terdapat 62 kamar dengan range 1500-3000 Baht per malam. Hotel cukup luas, tingkat 3 namun tidak ada lift. Tersedia fasilitas gym dan free internet di dalam gym.
  • Andaman Beach Resort. Lokasinya cukup jauh dari pier, namun jadi lebih dekat kalau mau ke Long Beach. Tersedia type bungalow 2 kamar untuk family. 1000-3000 baht.

Guest house bertebaran dan sangat banyak, umumnya terletak 'agak dalam' disebut downtown, tidak dipinggir pantai. Kebiasaan turis bule biasanya adalah go-show, tidak perlu booking dulu, namun untuk peak season di bulan Desember-January occupancy pulau ini 100%, sampai-sampai ada yang bermalam di pantai. Jadi saran saya adalah book hostel sebelum datang, silakan coba ke HostelBookers.

Next> Jalan Jalan di Phuket

Cari Hotel Murah

blog comments powered by Disqus